Pesona Pulau Mengkudu, Surga Bahari Tersembunyi di Lampung Selatan

Pesona Pulau Mengkudu, Surga Bahari Tersembunyi di Lampung Selatan
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Apabila Anda sedang berada di Lampung Selatan, Anda wajib sekali berwisata ke Pulau Mengkudu. Sebab kawasan wisata pulau ini menyimpan berbagai keindahan alam yang begitu menarik untuk dikunjungi. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan ditemani indahnya panorama alam yang tersuguh di pulau ini.

Pulau mungil yang hanya memiliki luas sekitar 2 hektar ini memiliki keunikannya tersendiri. Salah satunya penamaan Mengkudu pada pulau ini, nama ini diambil dari salah satu nama buah yang dulunya banyak tumbuh di kawasan pulau cantik ini.

Selain itu, terdapat keindahan batuan karang yang memiliki bentuk berlapis di pulau ini. Keindahan alamnya menjadikan kawasan wisata ini cocok dikunjungi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua akan merasa nyaman saat berlibur di sini. Pulau Mengkudu bisa juga menjadi tempat liburan untuk mengisi waktu liburan panjang Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Mengkudu

Daya Tarik Dimiliki Pulau Mengkudu
Image Credit: Google Maps Ghulam Dzaky Aditya Gumah

1. Pohon Bakau Sebagai Rumah Tinggal Ikan Kecil

Pohon Bakau yang berada di kawasan wisata pulau cantik ini memiliki daya tariknya tersendiri. Menjadi tempat hidup ikan ikan kecil membuat area yang ditumbuhi po hon bakau ini terlihat asri.

Anda dapat melihat ikan dengan berbagai bentuk menarik di celah celah akar pohon bakau ini, misalnya ikan dengan insan yang dapat digunakan untuk berjalan di darat. Adanya hewan unik ini pastinya semakin menambah daya tarik yang tersaji.

Terdapat pula banyak burung bangau cantik yang menggunakan pohon bakau ini sebagai tempat tinggalnya. Burung bangau yang ada di Pulau Mengkudu merupakan burung yang sedang bermigrasi dari daerah lain.

Terlepas dari itu, pohon jenis bakau ini adalah salah satu tumbuhan khusus yang mampu bertahan hidup walaupun terendam oleh air. Akar kuat yang mencengkram tanah di kawasan pantai pulau ini dapat mencegah datangnya ombak besar, sehingga menambah keamanan kawasan pulau.

2. Suasana Tenang Pulau

Daya tarik selanjutnya yang ditawarkan adalah suasananya yang jauh dari kebisingan. Pulau yang tidak memiliki penghuni asli ini dapat menjadi tempat yang pas untuk sejenak menenangkan dan merileksasikan pikiran dari segala penat yang setiap hari Anda rasakan.

Pulau ini hanya dapat didatangi dengan cara menyebrang terlebih dahulu, maka dari itulah suasananya terasa tidak begitu ramai dan bising. Setelah berada di kawasan pulau, Anda bisa bersantai di pinggir laut dengan menikmati hembusan angin laut yang menyegarkan. Suara ombak dari kawasan laut juga akan semakin memberikan suasana tenang di pulau cantik ini.

3. Kehadiran Pasir Timbul

Munculnya pasir timbul ini menjadi daya tarik utama yang ada di objek wisata pulau ini. Letaknya pasir timbul ini berada di ujung pulau. Kehadiran pasir timbul yang dapat menjadi jalan penghubung menuju pulau kecil lain di sekitar Pulau Mengkudu ini sangat jarang ada di kawasan pulau-pulau lain, hal ini menjadikannya daya tarik utama di pulau ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Pulau Mengkudu
Image Credit: Google Maps Wike Oktafin

Pulau Mengkudu berlokasi di Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten. Lampung Selatan. Apabila Anda masih bingung dengan titik lokasi pulau ini, Anda juga bisa mencarinya di pencarian google maps. Tentunya hal ini dapat mempermudah Anda mengetahui lokasi tepat dari kawasan pulau ini.

Sebenarnya untuk mencapai pulau ini terdapat dua rute, yakni jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur darat Anda bisa menuju Pelabuhan Bakauheni kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan jasa ojek motor dengan waktu tempuh berkisar 45 menit.

Anda disarankan menempuh perjalanan menggunakan jalur laut, sebab medan yang dilalui lebih mudah dan tidak berat. Untuk menyewa perahu Anda bisa datang ke lokasi penyewaan perahu yang ada di pesisir Lampung Selatan, seperti yang terdapat di Desa Waymuli dan Desa Kunjir. Perjalanan jalur laut akan memakan waktu sekitar 20 menit.

Pada sepanjang perjalanan di atas perahu, Anda dapat menikmati pemandangan hamparan laut indah dengan warna kehijauan. Perjalanan ini akan terasa lebih singkat dengan disuguhkan keindahan alam yang menakjubkan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Mengkudu
Image Credit: Google Maps Wike Oktafin

Biaya yang Anda keluarkan untuk bisa menuju lokasi ini yakni biaya sewa kapal yang terbilang relatif murah, hal ini tentu dapat menghemat pengeluaran. Sedangkan untuk memasuki kawasan Pulau Mengkudu Anda akan dikenai biaya 10 ribu rupiah per orangnya. Harga ini bisa dibilang sangat terjangkau untuk wisata pulau.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan di daerah daratan sekitar, Anda akan dikenakan biaya antara 2 ribu sampai 5 ribu rupiah. Setelah memarkirkan kendaraan, Anda bisa langsung menyebrang untuk sampai di kawasan pulau. Tidak perlu khawatir, sebab pengelola akan menjaga kendaraan Anda dengan aman.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Mengkudu

Image Credit: Google Maps sahabat kaliandaig

1. Melakukan Snorkeling

Ketika berwisata ke pulau ini jangan sampai lupa untuk mencoba melakukan kegiatan snorkeling. Sebab pemandangan bawah lautnya yang eksotis dapat memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Terdapat berbagai jenis ikan dan juga terumbu karang cantik yang akan menemani Anda di bawah permukaan laut.

Untuk melakukan kegiatan snorkeling ini, Anda bisa membawa peralatan snorkeling dari rumah. Atau apabila tidak ingin repot membawa peralatan snorkeling, Anda juga bisa menyewa di tempat penyewaan alat-alat snorkeling yang disediakan pengelola.

2. Hunting Foto

Rasanya kurang lengkap jika datang ke Pulau Mengkudu tanpa mengambil beberapa foto yang dapat menjadi kenang-kenangan. Menariknya banyak spot foto cantik dan instagramable di kawasan wisata pulau ini yang bisa Anda jadikan latar belakang ketika berfoto.

3. Berenang

Pulau ini memiliki ombak pantai relatif tenang yang bisa digunakan untuk berenang. Anda bisa berenang atau hanya bermain air di pesisir pantai yang memiliki kedalaman air cukup dangkal. Apabila merasa kurang puas, Anda bisa berenang agak ke tengah laut dengan kedalaman yang lebih dibanding di area pesisir.

Kegiatan Menarik di Pulau Mengkudu
Image Credit: Instagram Tempat Wisata Lampung

4. Berjalan ke Pulau lain Melewati Pasir Timbul

Pasir indah yang menjalur di laut ini terlihat seperti pasir yang timbul dari dalam perairan. Memiliki spot pasir timbul yang unik membuat pengunjung merasa tertarik untuk bisa berjalan jalan di area pasir tersebut. Keadaan ini bisa Anda dapatkan ketika air laut sedang surut.

Momen yang hanya terjadi saat air laut surut ini jarang ditemukan di pulau lain, maka dari itu sangat disayangkan jika Anda tidak meluangkan waktu untuk sekedar berjalan-jalan atau mengabadikan kenangan di area pasir timbul ini.

5. Piknik Bersama

Ketika berada di Pulau Mengkudu, Anda juga bisa melakukan piknik bersama keluarga atau teman. Tentunya Anda dapat menyantap berbagai perbekalan makanan sambil menikmati indahnya pemandangan alam yang sejuk. Kegiatan piknik ini cocok dilakukan pada sore hari, sebab paparan cahaya matahari sudah tidak terlalu panas dan cenderung lebih sejuk.

Penginapan Murah Dekat Pulau

Penginapan Murah Dekat Pulau Mengkudu
Image Credit: Google Maps Riza Muhammad

1. Resort Wisma Belerang

Penginapan yang berjarak sekitar 27 km dari kawasan Pulau Mengkudu ini menawarkan biaya sewa kamar yang cukup murah, hal ini dapat menjadi alternatif penginapan dengan budget minim bagi Anda. Walaupun dikatakan sebagai penginapan dengan harga murah namun tempat ini memiliki fasilitas dan layanan yang sudah cukup untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

2. Hotel Kalianda

Penginapan bintang 3 ini berjarak sekitar 25 km dari kawasan pulau cantik ini. Berada di tengah kota membuat penginapan ini mudah ditemukan. Hotel ini memiliki gaya desain klasik ala tempo dulu. Walau merupakan bangunan lawas, namun hal ini justru dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

3. Hotel Kahai Beach

Penginapan yang berjarak sekitar 8,5 km dari pulau eksotis di Lampung ini menawarkan desain menarik dengan suasana tenang yang dilengkapi spot cantik untuk menikmati sunset dan sunrise. Selain itu pelayanan yang ada di penginapan ini juga cepat dan ramah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tersedia di Pulau Mengkaudu
Image Credit: Instagram Tempat Wisata Lampung

Pulau Mengkudu memang tidak memiliki penghuni asli yang tinggal di area sekitarnya, ini disebabkan karena luas pulaunya yang terbilang sangat kecil apabila dijadikan kawasan pemukiman. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab untuk fasilitas yang tersedia di pulau ini sudah cukup lengkap.

Masyarakat desa sekitar memanfaatkan pulau ini menjadi tempat usaha mereka. Terdapat warung-warung makan yang dikelola warga, dan menyediakan berbagai makanan kecil, seperti snack, kopi dan aneka minuman botol. Dengan adanya warung yang dikelola masyarakat desa sekitar ini Anda tidak perlu lagi susah-susah mencari tempat makan untuk mengganjal perut.

Fasilitas lain yang tersedia di kawasan pulau ini diantaranya gazebo untuk bersantai, toilet umum, tempat ibadah atau mushola, hingga tempat penyewaan alat-alat snorkeling juga tersedia di sini.

Itulah beberapa informasi tentang Pulau Mengkudu di Lampung Selatan. Tempat ini bisa menjadi referensi objek wisata pulau dengan budget minim ketika Anda menjelajah keindahan di Provinsi Lampung.