Pulau Pahawang, Wisata Bahari Nan Eksotis di Lampung

Pulau Pahawang, Wisata Bahari Nan Eksotis di Lampung

Pulau Pahawang salah satu wisata bahari terindah di Pesawaran, Lampung yang menarik untuk diekplor pesonanya. Pulau kecil yang memiliki keindahan bawah laut menawan dan menjadi tujuan favorit pecinta snorkling.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Pahawang, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung.

Pulau Pahawang berada di Lampung bagian Selatan. Pulau yang di jadikan tempat wisata ini disebut sebagai surganya orang-orang pecinta snorkeling. Keindahan alam di pulau ini masih sangat asri karena belum banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi ini.

Pulau ini terbagi menjadi dua lokasi yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pahawang Besar ini adalah tempat utama yang dikunjungi oleh wisatawan. Di pulau ini ditempati oleh penduduk sekitar 1600 lebih kepala keluarga dengan luas area sekitar 1000 hektar.

Pulau Pahawang memiliki berjuta keindahan yang akan membuat pengunjung terlena. Keindahan pulau ini menjadikan tempat ini menjadi primadona di Lampung. Wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya penduduk lokal Lampung saja, namun beberapa wisatawan dari luar daerah seperti Jakarta dan lainnya juga menjadikan tempat ini pilihan lokasi berlibur.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pahawang

Daya Tarik Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (sari sari)

1. Air Laut yang Jernih dan Indah

Kurangnya pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini menjadikan air lautnya tetap terjaga. Air laut yang jernih dan bersih membuat lokasi ini menjadi pilihan tempat berlibur. Selain itu, pemandangan di pinggir pantai yang indah. Keindahan laut pantai ini tidak terkalahkan. Suasana yang tenang dan damai sangat cocok untuk beberapa pengunjung yang ingin menghilangkan stress.

2. Keindahan Alam Bawah Laut

Keindahan alam bawah laut yang disajikan di Pulau Pahawang membuat wisatawan yang datang terkagum-kagum. Rumpun karang yang terlihat di bawah laut ini sangat indah. Terumbu karang yang tidak pernah tercemar ini menjadi tempat bermain berbagai jenis ikan-ikan kecil. Anda akan terkagum ketika berenang bersama ribuan ikan di dalam air.

3. Taman Nemo di Pulau Pahawang

Saat berenang, di bawah laut pulau ini memiliki jutaan Nemo yang berenang. Ikan Nemo ini menjadi daya tarik berkunjung ke pulau ini bagi pecinta laut.

Habitat asli dari ikan Nemo ini menjadi salah satu daya tarik di pulau ini. Banyaknya ikan Nemo yang berenang di sekitar pulau ini menjadikan lokasi ini dinamakan Taman Nemo oleh warga sekitar. Di taman ikan Nemo ini terdapat sebuah taman bawah laut yang dibuat oleh warga. Taman ini dituliskan Pulau Pahawang, Taman Nemo.

4. Tanjung Putus

Tempat ini menjadi salah satu dari banyaknya lokasi menarik yang ada di pulau eksotis ini. Tanjung putus ini merupakan sebuah jembatan pasir yang menjadi penghubung Pahawang Besar dengan tanjung ini. Jalan berpasir atau jembatan ini hanya bisa nampak saat air laut surut. Saat air laut pasang, jembatan pasir ini akan hilang dan tidak nampak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Pahawang

Alamat Lokasi Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (Tambang Raras)

Pulau ini terletak di Kecamatan Marga Punduh, bagian selatan dari Lampung. Dari kota Bandar Lampung butuh waktu dua jam untuk sampai ke pulau ini. Pengunjung dapat berkunjung dengan dua rute yaitu melalui pelabuhan merak. Selain itu pilihan lainnya yaitu dengan menggunakan pesawat menuju Bandara Raden Inten.

Pulau ini terbagi menjadi dua pulau yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pulau kecilnya memiliki luas sekitar 13 hektar dan tidak berpenghuni.

Untuk sampai ke pulau Pahawang ini wisatawan dapat menyeberang menggunakan kapal laut yang disediakan di dermaga Ketapang Lampung. Dari dermaga ke lokasi pulau ini akan ditempuh dengan waktu satu jam.

Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata keren ini adalah gratis tanpa tarif sepeserpun. Di sini pengunjung hanya akan membayar sewa perahu air yang digunakan untuk menyeberang dan sewa alat-alat olahraga air yang disediakan.

Untuk sewa perahu, dari dermaga Ketapang hanya membayar Rp 30.000 saja untuk sekali antar. Jika Anda datang bersama rombongan teman, Anda akan diberikan tarif lebih murah untuk menyewa perahu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Pahawang

Kegiatan di Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (Coryna Yusi)

1. Snorkeling

Di pulau indah ini snorkeling adalah salah satu kegiatan menarik. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warga yang menyediakan penyewaan alat snorkeling bagi wisatawan. Alat snorkeling yang di gunakan ini akan dikenakan tarif penyewaan sebesar Rp 50.000 saja dan Anda sudah dapat menikmati keindahan alam bawah laut pulau Pahawang.

Selian itu di bawah laut ini terdapat sebuah lokasi yang di jadikan sebagai tempat penangkaran ikan Nemo. Wisatawan dapat melihat ikan Nemo secara jelas dalam jarak yang dekat.

2. Banana Boat

Berkeliling pantai beken dengan banan boat. Jika bosan berenang, wisatawan bisa mengelilingi pantai ini dengan menyewa banana boat. Banana boat dapat di sewa di sekitar pantai dengan tarif Rp 30.000 saja.

Menikmati keindahan pantai primadona ini, menjadi salah satu kegiatan menarik lainnya. Bagi wisatawan yang datang berlibur bersama anak-anak. Bermain banana boat ini menjadi kegiatan seru dan menyenangkan.

3. Island Hopping atau Menjelajahi Pulau

Di sekitar Pulau Pahawang ini, para wisatawan sering menjelajah ke beberapa pulau terdekat di lokasi ini. Pulau tersebut yaitu Pahawang kecil, Pulau Kelagian Kecil, Pulau Kelagian Besar dan Cukuh Bedil.

Di setiap pulau ini terdapat keindahan alam yang unik dan menarik. Para wisatawan dapat snorkeling dan diving di setiap lokasi ini. Setiap lokasi ini memberikan keindahan laut yang asri dan mengagumkan.

Kegiatan snorkeling di beberapa lokasi ini tidak pernah mengecewakan. Ekosistem laut yang menakjubkan menjadi tempat snorkeling terkeren dan banyak disukai wisatawan dari manapun.

Pahawang Kecil ini adalah bagian dari Pahawang Besar. Di pulau kecil ini terdapat bukit yang digunakan sebagai spot berfoto para wisatawan. Dari ketinggian bukit ini wisatawan akan mendapatkan foto indah yang keren.

Ada pulau Kelagian Kecil dan Pulau Kelagian Besar. Pulau ini adalah bagian dari Island hopping di Pulau Pahawang. Dimana beberapa wisatawan lebih ramai mengunjungi Pulau Kelagian Kecil dibandingkan dengan Pulau Kelagian Besar.

Pengunjung lebih banyak singgah ke Pulau Kelagian Kecil ini karena memiliki suasana laut yang keren dan indah. Selain itu pulau ini juga dijadikan sebagai tempat berfoto ria.

Terakhir yaitu Cukuh Bedil. Di pulau ini dijadikan sebagai tempat snorkeling paling oke diantara tempat lainnya. pulau ini memiliki terumbu karang yang masih hidup dan menjadi tempat tinggal bagi ikan kecil.

4. Jalan-Jalan di sekitar Hutan Mangrove

Di sekitar pulau Pahawang ini terdapat sebuah hutan kecil, Hutan Mangrove yang unik dan menarik. Jika telah bosan dengan suasana pantai, wisatawan dapat berkunjung dan jalan-jalan di sekitar hutan mangrove ini.

Di hutan mangrove ini terdapat banyak jenis flora dan fauna yang akan memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung ke kawasan pulau eksotis ini.

5. Menanti Sunset atau Sunrise yang Indah

Jika ingin menikmati sunrise yang keren di pulau ini, Anda harus menginap di penginapan yang disediakan. Selain itu wisatawan juga bisa menyewa tenda dan tidur di dekat pantai dengan tenda.

Kegiatan ini sangat menjadi favorit bagi traveler yang datang dan lebih suka berbaur dengan alam. Selain itu Anda juga dapat menyaksikan suasana magic hours saat sunset di pinggir pantai di pulau cantik ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Pahawang

Penginapan Pantai Pasir Putih
Image Credit: Facebook.com @andreasresort

1. Batiqa Hotel Lampung

Penginapan ini memberikan tarif Rp 403.000 saja untuk satu malam. Hotel ini memberikan fasilitas lengkap bagi setiap tamu. Beberapa fasilitas umum yang disediakan yaitu berupa restoran, ruang untuk merokok, ruang rapat bagi tamu bisnis, wifi, lift, penyewaan mobil dan fasilitas kebersihan.

Selain itu, setiap tamu juga akan mendapatkan pelayanan ruangan yang baik dan nyaman. Di ruang tidur juga terdapat beberapa fasilitas gratis berupa kopi atau teh, perlengkapan mandi, dan sarapan. Hotel ini juga menyediakan layanan antar jemput bagi tamu.

2. Villa Andreas Resort Pulau Pahawang

Villa ini menjadi salah satu penginapan terfavorit, dimana villa ini mengangkat tema penginapan di atas air laut Pulau Pahawang. Di Villa ini para wisatawan akan merasakan suasana berada di Maldives. Tidak hanya wisatawan lokal yang menginap di penginapan ini, namun beberapa wisatawan dari luar daerah dan luar negeri.

Di penginapan ini tidak memiliki banyak kamar, namun setiap kamar diberikan beberapa fasilitas sesuai dengan kebutuhan tamu. Fasilitas terbaik adalah tamu akan menikmati keindahan laut dari belakang atau dari depan kamar. Tamu akan dapat menikmati keindahan malam di tengah laut.

Fasilitas di setiap kamar yang diberikan yaitu berupa, tempat tidur dengan ukuran besar, ada AC, toilet, sarapan dan minuman dan fasilitas lainnya.

3. Indahnesia Home Stay Pahawang

Penginapan ini berlokasi di dekat pantai. Penginapan ini menyediakan suasana laut dengan hembusan angin yang sejuk dan dingin. Penginapan ini hanya memberikan tarif Rp 650.000 untuk satu malam.

Penginapan ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang nyaman dan aman. Di Indonesia Home Stay ini memberikan banyak fasilitas dalam ruangan berupa lemari, tempat tidur, tv, Wc, dan kamar mandi. Selain itu penginapan ini juga memberikan pelayanan yang baik oleh pihak penginapan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pahawang Lampung

Fasilitas di Pulau Pahawang Lampung
Image Credit: Google Maps (achmad maulana)

Di Pulau Pahawang ini banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Untuk melakukan beberapa aktivitas tersebut, para wisatawan harus menyewa alat-alat untuk bermain. Di sekitar pantai terdapat warga yang menyediakan beberapa alat-alat untuk bermain air. Alat-alat bermain air seperti, perahu, banana boat, alat snorkeling dan alat lainnya.

Bagi wisatawan yang baru pertama kali datang berkunjung di Pulau Pahawang ini, bisa meminta bantuan tour guide. Tour guide ini dapat menemani liburan Anda selama di pulau ini.

Tour guide ini juga dapat menemani Anda mengelilingi beberapa pulau kecil di sekitar pulau ini. Untuk menjelajahi pulau dengan aman dan selamat, pastikan Anda bersama guide Anda selalu.

Jika bosan berendam dan berenang, Anda bisa menyewa perahu yang berjejer di pinggir pantai. Perahu-perahu ini dapat menemani para wisatawan berkeliling pulau. Untuk satu perahu bisa terisi 8 sampai 10 orang. Fasilitas lainnya di Pulau Pahawang ini berupa toilet umum, wisata kuliner halal.

Ulasan Pulau Pahawang tersebut belum dapat dituntaskan, karena keindahan pulau ini tidak dapat diutarakan dengan kata-kata. Untuk dapat menikmati keindahan pulau ini, langsung berkunjung ke Pulau Pahawang segera bagi Anda pecinta snorkeling.