Pulau Pasir, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Belitung

Pulau Pasir, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Belitung
Biaya Wisata: Mulai 431.700; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kelapa Kampit, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau Belitung merupakan salah satu lokasi wisata yang populer di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kepopuleran tersebut dikarenakan terdapat banyak sekali tempat wisata alam yang dapat anda jumpai di kepulauan yang berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan tersebut, salah satu contohnya adalah Pulau Pasir Belitung.

Tempat wisata alam yang satu ini terbilang cukup unik, karena dia bisa dikatakan pulau dan juga bisa dikatakan bukan pulau. Hal tersebut dikarenakan tempat wisata yang memiliki pasir putih cantik tersebut hanya bisa terlihat saat air laut surut saja, sedangkan saat air laut naik maka tidak akan terlihat pulau sama sekali.

Meskipun demikian banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata alam cantik ini. Keindahan pasir putih dan laut yang jernih merupakan sesuatu yang biasa ditemui di wisata menakjubkan tersebut. Berikut adalah beberapa penjelasan singkat mengenai salah satu tempat wisata alam yang populer di Pulau Belitung tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pasir

Daya Tarik Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Twitter @yukianggia

1. Pasir Putih

Seperti namanya Pulau Pasir Belitung maka pasir putih merupakan salah satu daya tarik utamanya. Pulau cantik tersebut terdiri dari tumpukan pasir putih yang muncul saat air laut surut, maka dari itu anda tidak akan menemui 1 pohon pun yang hidup di dalam lokasi wisata hits tersebut.

Ukuran pulau nan indah ini juga tidak terlalu besar, dimana besarnya tergantung tingkat surut air laut. Jadi semakin surut air laut maka semakin besar juga pulau menawan tersebut. Karena tidak ada 1 pohon pun yang tumbuh didalam pulau cantik asal Belitung ini maka sangat disarankan untuk menggunakan topi saat berlibur.

2. Air Laut

Beralih ke daya tarik berikutnya yang dimiliki wisata Pulau Pasir Putih tersebut yaitu air lautnya yang sangat jernih. Dikarenakan lokasi pulau yang berada cukup jauh dari pulau berpenghuni terdekat maka anda akan menemukan air laut yang benar-benar jernih dan sangat segar untuk berenang.

Maka dari itu, jangan lupa membawa pakaian renang karena berenang merupakan salah satu kegiatan wajib bagi setiap wisatawan yang datang berlibur ke sini. Selain itu dengan pasir putih yang menawan ditambah air laut yang jernih, jelas akan membuat siapa saja ingin mengambil gambar sebanyak mungkin untuk di posting ke sosial media.

3. Bintang Laut

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh Pulau Pasir Belitung adalah Bintang Laut. Hewan Invertebrata tersebut cukup mudah ditemukan pada tempat wisata alam cantik ini. Anda bisa mengambil dan berfoto bersama Binatang Laut namun pastikan setelah berfoto kembali letakan hewan tersebut ke tempatnya agar tidak merusak ekosistem laut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Twitter Backpacker Indonesia

Pulau yang oleh masyarakat setempat juga dikenal dengan nama Pulau Gosong ini berada diantara Pulau Babi, Pulau Kepayang, Pulau Batu Berlayar, dan Pulau Tukong Kelayang. Lokasi tepatnya berada di Kabupaten Belitung Timur, Kecamatan Kelapa Kampit, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk mempermudah traveler dari luar Provinsi Bangka Belitung maka patokan perjalanan akan dimulai dari Bandar Udara Depati Amir Pangkal Pinang (Ibukota dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung). Jadi dari bandar udara tersebut anda harus terbang lagi ke Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Selanjutnya untuk bisa ke Pulau Pasir Belitung di Kabupaten Belitung Timur anda bisa menyewa mobil (menggunakan jasa rental mobil atau penyedia travel untuk wisata) atau bisa juga menggunakan Taxi. Tujuan berikutnya adalah Tanjung Kelayang yang merupakan tempat penyedia penyeberangan laut baik menggunakan perahu atau kapal.

Jadi dari Bandar Udara Internasional H.A.S Hanandjoeddin silahkan ambil jalur dari Jl. Jenderal Sudirman menuju pertigaan dekat Lesong Panjang kemudian belok kanan. Terus ikuti jalan tersebut sampai menemukan bundaran dan ambil jalur keluar pertama lalu belok kiri di pertigaan Jl. Tj. Pandaan – Tj. Kelayang.

Ikuti Jl. Tj. Pandaan – Tj. Kelayang sampai anda menemukan pertigaan Jl. Kelayang Indah. Silahkan belok kanan di pertigaan tersebut dan anda akan sampai di Tanjung Kelayang. Rute perjalanan datar tersebut diperkirakan memiliki panjang sekitar 32 km dengan lama perjalanan bisa mencapai 38 menit.

Setelah itu anda tinggal menyewa perahu atau kapal dari Tanjung Kelayang menuju Pulau Pasir Belitung. Terdapat beberapa jenis perahu atau kapal yang bisa anda sewa sesuai dengan kebutuhan.

Biaya Wisata ke Pulau Pasir Belitung

Tiket Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Instagram Indonesia Traveler 

Untuk biaya menuju tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Pulau Gosong ini akan disesuaikan dengan perjalanan yang sudah disebutkan sebelumnya. Pertama-tama harga tiket penerbangan dari Bandar Udara Depati Amir ke Bandar Udara Internasional H.A.S Hanandjoeddin adalah Rp 431.700 per orang.

Kemudian untuk harga sewa mobil di Pulau Belitung adalah Rp 300.000 per hari (tanpa supir) jika dengan supir harus dibicarakan dengan penyedia jasa. Selain sewa mobil anda juga bisa menggunakan Taxi dari Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin ke Tanjung Kelayang dimana harganya adalah Rp 100.000 sekali jalan.

Dari Tanjung Kelayang anda harus menyewa perahu atau kapal untuk bisa mencapai Pulau Pasir Belitung. Harga sewa perahu atau kapal juga berbeda-beda dimulai dari Boat Kecil dapat menampung maksimal 10 orang dipatok dengan harga Rp 500.000, Boat Sedang dengan kapasitas hingga 15 orang seharga Rp 600.000.

Kemudian ada Boat Besar yang bisa menampung hingga 20 orang seharga Rp 800.000, terakhir ada Glass Bottom Boat berkapasitas 15 orang (ada life jacket) memiliki harga sewa sebesar Rp 1.500.000. Bagi wisatawan yang ingin menyewa peralatan snorkeling harus menambah Rp 15.000 per item.

Untuk bisa berlibur ke wisata alam cantik ini anda harus menyiapkan biaya paling sedikit Rp 1.031.700 terhitung dari Pangkal Pinang menggunakan pesawat ke Pulau Belitung kemudian menggunakan Taxi ke Tanjung Kelayang dan menyewa Boat Kecil dengan kapasitas 10 orang. Harga tersebut belum termasuk makan minum dan berlaku di bulan Maret 2022.

Aktivitas Seru di Pulau Pasir

Aktivitas Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Twitter @FajarReger245

1. Berfoto

Kegiatan menarik paling pertama yang bisa anda lakukan di Pulau Pasir Belitung adalah berfoto. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan wajib yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika mengunjungi tempat wisata hits tersebut karena memiliki pasir putih nan cantik serta air laut yang sangat jernih.

2. Bermain Air Laut

Karena tempat wisata alam ini merupakan sebuah gundukan pasir yang hanya terlihat ketika air surut membuat daerah sekitar lokasi wisata cantik ini sangat dangkal. Hal tersebut membuat wisatawan bisa bermain air sepuasnya, bahkan anak-anak juga bisa bermain air, meskipun begitu pastikan anda selalu memperhatikan anak kecil agar tetap aman.

3. Snorkeling

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yaitu snorkeling atau menyelam. Kegiatan ini bisa dilakukan untuk melihat keindahan bawah laut perairan sekitar Pulau Pasir Putih tersebut. Bagi wisatawan yang tidak membawa perlengkapan snorkeling tidak perlu khawatir karena setiap penyedia jasa sewa perahu atau kapal pasti menawarkan peralatan tersebut.

Aktivitas Seru Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Twitter Airy Indonesia

4. Melihat Indahnya Pemandangan Sekitar

Dari pulau yang memiliki pasir putih ini anda bisa melihat indahnya pemandangan sekitar mulai dari laut yang jernih hingga pulau-pulau yang berada di sekitarnya. Namun sebaiknya anda mengunjungi lokasi wisata alam ini saat sore hari karena tidak ada 1 pohon pun yang bisa digunakan untuk tempat berteduh.

5. Mencari Bintang Laut

Bintang Laut merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Pasir Belitung. Anda bisa dengan cukup mudah menemukan binatang laut yang satu ini di setiap sisi pulau, kegiatan mencari Bintang Laut bisa menjadi salah satu aktivitas yang seru untuk dilakukan bersama anak-anak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Twitter Afit 

Berbicara soal fasilitas yang ada di salah satu lokasi wisata populer asal Pulau Belitung ini maka bisa dikatakan tidak ada. Hal tersebut wajar saja karena tempat wisata cantik ini berada di tengah-tengah laut dan hanya akan muncul saat air laut surut saja.

Satu-satunya fasilitas yang bisa ditemui adalah penyedia perahu atau kapal. Fasilitas tersebut juga terletak di Tanjung Kelayang namun masih bisa digunakan sampai ke lokasi wisata Pulau Pasir Belitung.

Di dalam kapal atau perahu tersebut anda sudah mendapatkan pelayanan antar jemput, jadi selama anda berada di pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Gosong tersebut kapal atau perahu yang anda sewa akan menunggu sampai pulang. Anda juga bisa meminta untuk diantar ke pulau lainnya atau melakukan kegiatan snorkeling di perairan sekitar.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Pulau Pasir yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jika ingin berlibur ke lokasi wisata populer ini sebaiknya menghindari musim hujan karena bisa saja pulau tersebut tidak kelihatan meskipun air surut.