Pulau Pasumpahan Padang, Mengenal Pulau Terindah di Sumatera Barat

Pulau Pasumpahan Padang, Mengenal Pulau Terindah di Sumatera Barat
Biaya Wisata: Mulai Rp 150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Tak dapat dipungkiri bahwasannya Indonesia memang memiliki alam yang begitu kaya akan keindahannya. Salah satu yang begitu indah bisa Anda temukan ketika mengunjungi Pulau Pasumpahan. Pulau tersebut memang dikenal mempunyai pantai dengan panoramanya yang begitu menawan, eksotis dan tentunya sangat memukau.

Oleh karena keindahannya tersebut pulau ini dijuluki sebagai Pulau Maldive di Indonesia yang terletak di kota Padang. Banyak sekali pengunjung yang berdatangan ke tempat tersebut dan ingin menyaksikan secara langsung keelokan dari bibir pantai dan hamparan lautnya. Selain karena pemandangan yang begitu indah, bawah laut juga akan memanjakan mata Anda.

Banyak sekali kegiatan seru yang dapat dilakukan selama berlibur ke Pulau Pasumpahan. Salah satu aktivitas tersebut seperti contohnya bermain pasir ataupun berenang. Pasir di tempat ini dikenal begitu halus dan bersih. Hal itu merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu libur di tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pasumpahan

Daya Tarik Pulau Pasumpahan Padang
Image Credit: Google Maps Beginer Subhan

1. Pulau Terindah di Sumatra Barat

Pulau Pasumpahan adalah salah satu pulau yang memang cukup populer di Provinsi Sumatera Barat. Keindahan dari pulau ini memang tak main-main, bahkan banyak pengunjung asing yang sengaja datang ke tempat tersebut untuk menyaksikan keelokan dari pulau.

Oleh karena potensi wisata bahari yang ada di sini benar-benar indah dan dapat dikembangkan, maka wajar saja jika tempat ini sangat direkomendasikan. Hamparan pasir di area sepanjang pantai disertai dengan deburan ombak menjadi daya tarik utama yang ditawarkan tempat ini.

Pulau mungil yang melayang di area lapas pantai jadi pemandangan lain yang bisa Anda saksikan. Area pantai yang cukup landai serta dilapisi oleh banyak butiran pasir putih serta suasananya yang begitu tenang, hening, merupakan daya tarik unggulan dari pulau tersebut.

Para wisatawan akan merasa tengah terisolasi ketika berada di tempat ini. Padahal sebenarnya lokasi dari Pulau Pasumpahan tersebut tak terlalu jauh dari kota. Mengeksplorasi area pulau tentu akan menjadi ide yang menarik untuk dilakukan.

Dengan di sini Anda berjalan kaki, maka nantinya Anda akan bisa menyaksikan keindahan alam yang meliputinya dan tentu membuat Anda merasa dimanjakan. Oleh karena itulah, tidak berlebihan rasanya jika pulau yang satu ini disebut juga sebagai salah satu pulau paling indah yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

2. Spot Snorkling

Tak kalah seru lagi hal yang bisa ditemukan ketika berkunjung ke Pulau Pasumpahan yaitu di sana Anda akan menemukan Spot Snorkeling terbaik. Untuk Anda yang memang hobi sekali melakukan kegiatan snorkeling, maka pulau tersebut mempunyai keindahan area bawah laut yang begitu memukau dan menawan.

Ekosistem bawah lautnya memang masih sangat asri serta terjaga dengan terumbu karang yang begitu indah, sehingga menjadikan kegiatan snorkeling Anda di pulau ini jadi terasa begitu menyenangkan.

Bahkan di sini para wisatawan yang berasal dari luar negeri yang datang ke area pulau tersebut tidak mau melewatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan snorkeling di sana. Berdasarkan informasi yang diperoleh, pulau tersebut mempunyai luas setidaknya 5 hektar dan mempunyai hamparan pasir berwarna putih dan air laut yang sangat jernih.

Yang tak kalah menarik lagi yaitu area permukaan laut dari pulau tersebut terbagi menjadi tiga bagian, yaitu warna hijau, warna bening dan beberapa bagian lagi berwarna biru yang terletak di bagian tengah.

Untuk pengunjung yang nantinya ingin menikmati keelokan dari alam Pulau Pasumpahan, maka waktu yang paling tepat untuk datang yaitu ketika sunrise ataupun Sunset.

3. Fasilitas Memadai

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Pulau Pasumpahan yaitu fasilitas yang ada di tempat tersebut sudah sangat memadai. Anda nantinya akan menemukan banyak warung yang menjajakan berbagai macam menu nikmat. Warung tersebut merupakan milik warga sekitar yang menjual minuman dan makanan.

Tidak hanya itu saja, di pulau tersebut juga telah disediakan beberapa area penginapan bagi pengunjung yang berniat untuk bermalam di tempat tersebut. Mulanya pulau ini memang dikenal sebagai pulau yang tidak berpenghuni, tapi lama-lama Pulau Pasumpahan mempunyai potensi wisata yang sangatlah memikat.

Maka dari itulah, warga sekitar yang tinggal di area tersebut mulai mengelola tempat ini menjadi semakin menarik. Dan saat ini fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pasumpahan Padang
Image Credit: Google Maps Gito Pramagista

Untuk pengunjung yang tertarik berlibur dan menghabiskan waktu saat liburan bersama dengan keluarga di Pulau Pasumpahan, maka perlu diketahui pantai ini berada di bibir pantai sebelah barat Sumatera. Kota Padang jadi kota yang paling penting di Sumatera Barat dan juga sekaligus sebagai pusat pemerintahan dari Sumatera Barat.

Selain menjadi pusat pemerintahan dan kota bisnis, Kota Padang juga menjadi area persinggahan yang sangatlah menarik untuk wisatawan sebelum akhirnya mereka menjelajahi lokasi lain oleh karena adanya beberapa wisata di sekitar tempat tersebut.

Pulau yang satu ini merupakan pulau yang ada di area perairan Kecamatan Bungus, Kota Padang. Maka dari itu, pulau yang satu ini dekat jika pengunjung memakai speed boat dari arah Teluk Bungus. Karena keindahan lautnya yang sangat memukau tersebut, maka banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara yang sering datang ke tempat ini.

Pulau Pasumpahan berada kurang lebih sejauh 200 m dari area Pulau Sikuai. Pulau yang satu ini mempunyai objek wisata berupa pantai dengan warna pasirnya yang putih serta terumbu karang yang begitu terjaga ke alamiannya.

Tidak hanya itu saja, pulau tersebut menjadi tempat berteduh dan juga berkumpulnya nelayan. Di pinggir pantai Anda dapat menyaksikan banyak sekali aktivitas para nelayan yang tengah menangkap ikan ataupun mereka yang sedang menjaring ikan.

Biaya Wisata ke Pulau Pasumpahan

Tiket Pasumpahan Padang
Image Credit: Google Maps Afna Jamaludin

Mengenai jam bukanya sendiri Pulau Pasumpahan tersebut hingga saat ini memang masih dibuka hingga 24 jam. Penyeberangan malam hari bisa dilakukan ke tempat tersebut. Sedangkan untuk Anda yang merasa penasaran dengan harga tiket masuknya, maka untuk bisa masuk ke wilayah pantai ini Anda tidak akan dikenakan tiket sama sekali.

Hanya saja di sini Anda nantinya harus membayar biaya untuk menaiki perahu menyeberang ke pulau. Untuk biaya atau tarif menaiki perahu tersebut memang terbilang cukup variatif, tergantung dari seberapa pintar nantinya Anda bernegosiasi.

Saat Anda telah sampai di area dermaga, maka nantinya akan banyak orang yang menawarkan pulau mana saja yang nantinya ingin Anda kunjungi. Anda bisa mengikuti paket wisata yang ditawarkan di tempat tersebut, beberapa mematok harga Rp 150.000 hingga Rp 300.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Pasumpahan

Kegiatan Pasumpahan Padang
Image Credit: Google Maps Edi Suhendra

1. Berkemah di Kawasan Pulau

Dengan segala keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Pasumpahan ini, maka ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Salah satu kegiatan tersebut yaitu berkemah. Anda nantinya bisa membawa tenda sendiri dari rumah dan mendirikan kemah. Menyaksikan keindahan pantai saat malam hari tentu merupakan pengalaman yang seru.

Terlebih jika Anda datang ke tempat tersebut dan berkemah bersama dengan rombongan keluarga ataupun teman-teman Anda. Pastinya Anda akan memperoleh pengalaman berlibur yang tak akan pernah terlupakan.

2. Menyegarkan Pikiran

Masyarakat Provinsi Sumatera Barat memang harus bangga karena telah memiliki pulau yang begitu indah ini. Tempat wisata bahari yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri, menyegarkan pikiran dengan mengasingkan diri dari hiruk pikuk daerah perkotaan.

Percayalah ketika Anda datang ke tempat tersebut untuk berlibur maka nantinya Anda akan memperoleh pikiran yang lebih segar. Dengan menginjakkan kaki Anda di Pulau Pasumpahan, Anda seperti berada di suatu tempat yang masih begitu alami.

3. Abadikan Momen

Keindahan alamnya yang mungkin tak bisa Anda temukan di tempat lain akan begitu memanjakan mata. Pantainya berpasir putih, air laut yang berwarna jernih serta panorama laut lepas yang sangat eksotis merupakan kombinasi yang tak bisa Anda lewatkan begitu saja. Karena itu, akan sangat sayang sekali Jika Anda tidak mengabadikan momen di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pasumpahan Padang
Image Credit: Google Maps Dino Eka Putra

Seperti yang telah disinggung, fasilitas di Pulau Pasumpahan sudah sangat memadai dan begitu lengkap. Hal itu tentu dilakukan guna menarik pengunjung berdatangan ke pulau yang satu ini.

Anda akan menemukan fasilitas berupa penginapan dengan harga yang cukup terjangkau ketika berlibur ke pulau. Tidak hanya itu saja, fasilitas lain akan membuat Anda semakin betah seperti gazebo, area perkemahan, spot snorkeling, penginapan, bangku untuk bersantai.

Untuk Anda yang merasa lapar maka bisa segera merapat ke warung yang ada di area pulau. Warung yang ada di sana menawarkan beragam makanan seafood yang nikmat dan juga lezat.

Saat liburan tiba, maka tak perlu ragu bagi Anda untuk segera mengagendakan kegiatan berlibur ke Pulau Pasumpahan di Kota Padang. Dipastikan Anda beserta dengan rombongan tidak akan menyesal dengan segala daya tarik yang ditawarkan oleh pulau tersebut.

REKOMENDASI DESTINASI