Pulau Permata, Pulau Mungil dengan Keindahan Bawah Lautnya di Lampung

Pulau Permata, Pulau Mungil dengan Keindahan Bawah Lautnya di Lampung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laksamana R.E.Martadinata, Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Lampung menjadi salah satu Provinsi yang banyak ditemui wisatanya. Destinasi wisata di daerah ini menawarkan berbagai macam jenisnya. Ada kepulauan yang terhampar, ada juga perbukitan yang menghijau. Lampung juga memiliki destinasi wisata pulau yang cantik. Salah satu rekomendasi yang menarik yakni Pulau Permata di Bandar Lampung.

Pulau yang satu ini menawarkan keindahan khas perairan pantai. Lokasinya sangat strategis memiliki pemandangan yang menyuguhkan panorama indah pulau yang menjadi salah satu hal yang harus dilihat. Anda dapat menambahkan daftar pengunjung ke pulau yang memiliki tempat eksotis ini.

Anda dapat mengunjungi wisata alam pulau ini, karena pulau menampilkan pesona yang menarik untuk dikunjungi dan merupakan salah satu destinasi wisata Lampung yang indah dan menyimpan sejarah unik. Berikut ada beberapa ulasan yang menarik kenapa wajib untuk mengunjungi pulau yang indah ini, Yuk simak bersama!

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Permata

Daya Tarik Pulau Permata Lampung
Image Credit: Google Maps Wiriansyah Syiddin

1. Berbatu Karang

Daya tarik Pulau Permata adalah bebatuan karang-karang hijau yang saling menyatu di sekitar sisi kiri dan kanan pesisir pulau. Terlihat juga beberapa pekarangan. Pekarangan ini berulang kali diterpa ombak-ombak yang menerjang, walaupun dihempas secara cepat, pekarangan tetap kokoh berdiri tidak terpecah belah.

Pengunjung dapat menaiki karang-karang yang hijau ini hanya untuk sekadar duduk atau melakukan aktivitas memancing. Spot karang adalah spot terbaik karena berada di atas karang dapat melihat ke segala penjuru pesisir pulau. Saat ombak menerjang ke karang terlihat ikan-ikan kecil yang terjebak diantara karang besar.

Ikan itu terperangkap diantara pekarangan, berenang-renang dengan lincah. Anda dapat melihat langsung bagaimana ikan berenang dengan lincahnya berusaha untuk keluar dari sela-sela karang yang tinggi. Hal ini menjadi kesempatan baik untuk menangkap ikan langsung, menyaringnya ke alat yang sudah disediakan.

2. Berburu Sunset

Pulau Permata merupakan salah satu spot yang tepat untuk memandangi langit di sore hari. Pasalnya, menjelang senja matahari akan terbenam di pantai ini. Pemandangan inilah yang dinanti-nanti oleh banyak wisatawan yang berkunjung kesini.

Untuk bisa menikmati sunset dengan maksimal, Anda dapat melihatnya dari pesisir pantai yang indah dengan pasir putih. Pemandangan yang indah disertai dengan panorama lautan yang membentang tentu akan membius siapapun yang memandangnya.

Selain di pesisir pantai, terdapat jembatan kayu yang tidak memiliki pegangan. Di ujung jembatan tersedia sebuah pondok. Pengunjung dapat menikmati sunset di atas jembatan sambil berdiri maupun duduk di sisi kanan dan kiri jembatan, sambil menjuntaikan kaki ke bawah yang terdapat pasir pantai laut basah yang di aliri air laut.

3. Spot Pulau yang Tenang

Pulau Permata menawarkan hamparan air yang menyatu di laut, ditambah dengan pasir putih yang halus menambah spot cantik untuk dipandang. Salah satu poin penting yang didapat, pulau ini sangat cocok untuk anda yang mencari sensasi ketenangan dengan dapat duduk sambil menerawang pada hamparan laut yang luas.

Selain warna laut dan pasir yang cantik, pulau ini juga memiliki udara yang sejuk dan dingin. Warna pulau yang kehijauan dengan ditumbuhi oleh pepohonan-pepohonan yang rimbun. Pulau ini memang hanya pulau kecil tetapi pemandangan alam yang asri diberikan dapat menenangkan jiwa terlebih bagi yang ingin melepas penat.

Walaupun jarak ke pulau sangat strategis tetapi kunjungan ke pulau masih terbilang sedikit dengan padatnya waktu kunjungan pada akhir pekan. Pengunjung dapat mendatangi pulau di hari-hari biasa untuk dapat merasakan sensasi yang tenang, damai dan sangat menakjubkan.

Daya Tarik Lain Pulau Permata Lampung
Image Credit: Google Maps Ni Nyoman Ayu Saraswati

4. Keindahan Bawah Laut

Pulau Permata juga menampilkan keindahan dari segi bawah lautnya. Panorama alam bawah laut seperti terdapat rumput laut yang menghijau atau terumbu karang yang tumbuh dengan subur. Banyak aktivitas di bawah laut yaitu dapat melihat makhluk-makhluk kecil yang lincah berenang kesana kemari.

Pengunjung dapat melakukan aktivitas menyelam untuk menyaksikan keindahan di bawah laut. Menikmati waktu bersama dengan ekosistem laut yang indah. Anda juga dapat melihat beberapa ikan yang unik dengan warna-warni berenang dengan lincah atau sekumpulan kawanan ikan yang gemuk-gemuk.

Wisata alam bawah laut ini juga menyuguhkan keindahan khas dengan dinginnya air dibalut warna laut yang biru tercampur kehijauan rumput laut, menambah sensasi keindahan. Sayangnya pengunjung juga harus hati-hati karena ada beberapa binatang-binatang laut yang berbahaya untuk disentuh.

5. Cerita Unik

Pulau Permata memiliki cerita unik sekaligus cerita mistis yang masih sering terdengar sampai sekarang. Di pulau ini terdapat dua kuburan misterius yang masih belum diketahui identitasnya. Satu kuburan berada di atas bukit dengan panjang 2 meter serta satu kuburan lainnya berada di pinggir pesisir pantai.

Nama pulau ini pun dulu adalah pulau kubur. Selain itu sering terdengar suara tangisan yang tidak diketahui asalnya di Pulau. Masyarakat setempat meyakini suara tangisan tersebut merupakan suara dari makhluk halus yang mendiami pulau. Bagi pengunjung yang penasaran dan ingin mengulik kisah ini dapat langsung mendatangi pulau.

Selain itu, menurut masyarakat setempat juga , dahulu di pulau ini merupakan tempat pembuangan mayat pada masa penjajahan Jepang. Mayat-mayat tersebut tanpa identitas dibuang di sekitar pulau.

Sampai sekarang beberapa penduduk Tionghoa di kawasan sekitar menjadikan kawasan pulau sebagai lokasi untuk ritual pembuangan abu mayat dari keluarganya. Meskipun penuh dengan cerita mistis, tetapi tenang saja anda tidak perlu khawatir karena pesona pemandangan yang diberikan sangat indah.

Bahkan beberapa justru menjadikan cerita mistis ini menjadi daya tarik sendiri di Pulau Permata. Banyak yang penasaran akan kebenaran cerita.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Permata Lampung
Image Credit: Google Maps Herwin Heryadi 

Wisata alam pulau itu berada di Provinsi Lampung, tepatnya terletak di Jalan Laksamana R.E Martadinata, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin. Lokasi wisata ini berada di arah selatan dari pusat kota.

Untuk rute perjalanannya, dari pusat kota Bandar Lampung, ambil arah ke selatan menuju ke daerah lempasing. Setelah sampai dapat melanjutkan perjalanan menuju ke TPI yaitu tempat pelelangan ikan, pengunjung dapat mengikuti arah ke dermaga yang disediakan.

Dari dermaga tersebut, anda harus menyeberangi perairan untuk sampai ke Pulau Permata Lampung dengan menyewa beberapa perahu yang sudah tersedia untuk ke lokasi wisata.

Biaya Wisata ke Pulau Permata

Tiket Pulau Permata Lampung
Image Credit: Google Maps Lucky ST

Untuk dapat menikmati pemandangan indah Pulau diperlukan biaya retribusi tiket sebesar Rp 10.000 per pengunjung. Selain itu ada beberapa sewa pondokan yang disediakan pengelola dibayar sekitar Rp 30.000 per pondok. Biaya untuk menyeberang ke Pulau sudah termasuk Pulang Pergi dengan perahu di bayar sekitar Rp 15.000.

Sementara itu, untuk jadwal operasionalnya, Pulau Permata dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu selama 24 jam dengan waktu padatnya pengunjung ke pulau adalah di waktu pagi dan sore hari akhir pekan. Jika ingin mendapatkan suasana tenang dan hening dapat datang di hari-hari biasa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Permata

Aktivitas Pulau Permata Lampung
Image Credit: Instagram Tempat Wisata Lampung

1. Memancing

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan adalah aktivitas memancing di pinggir pantai. Anda dapat memancing di atas karang atau di atas jembatan kayu yang disediakan. Menunggu dengan santai sambil menikmati pemandangan pulau yang menarik. Jika lupa membawa alat, disediakan juga jasa sewa peralatan pancing untuk pengunjung.

2. Berenang

Aktivitas lainnya adalah berenang. Menyaksikan alam bawah air dengan pemandangan ekosistem yang menarik. Pulau Permata memiliki terumbu karang yang cantik, anda dapat melihat dengan jelas terumbu karang di air laut. Menyaksikan beberapa interaksi binatang-binatang laut yang lincah berenang.

3. Kemah

Walaupun pulau ini menyimpan cerita mistis, tetapi tak menyulutkan niat para pengunjung yang ingin bermalam di pulau sambil menikmati pemandangan. Suasana malam di pesisir pantai pulau sangat menarik dengan keindahan air laut ditambah dengan gemerlap bintang dan lampu warna warni dari penduduk di seberang pulau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Permata Lampung
Image Credit: Google Maps Syarifah S.R. 

Wisata ini terbilang memiliki fasilitas yang cukup. Saat memasuki kawasan Pulau Permata, tersedia beberapa tempat khusus untuk memancing seperti di atas bebatuan karang ataupun di atas jembatan kayu. Terdapat juga beberapa pondokan yang disediakan khusus untuk para pengunjung.

Di sekitar pulau juga memiliki fasilitas ayunan di dekat pepohonan-pepohonan yang rindang. Anda dapat berayun-ayun di ayunan sambil menikmati suasana pulau yang memiliki panorama eksotis.

Untuk ke depannya juga akan dibuatkan sebuah konservasi penangkaran penyu-penyu di sekitar pulau. Di antara pondokan tersebut juga akan dibangun restoran-restoran yang menarik. Sebenarnya di pesisir pulau sudah tersedia warung-warung kecil tetapi hanya menyediakan makanan dan minuman cemilan saja.

Pemandangan dari lanskap Pulau Permata di Bandar Lampung sangat memanjakan mata dengan panorama yang eksotis. Walaupun belum dikelola secara maksimal tetapi keindahan yang diberikan dengan pesona hijau perbukitan pulau ditambah hamparan laut yang berpasir putih menjadikan pulau ini layak untuk dikunjungi.