Pulau Poncan, Pulau Eksotis dengan Keindahan Biota Lautnya di Tapanuli Tengah

Pulau Poncan, Pulau Eksotis dengan Keindahan Biota Lautnya di Tapanuli Tengah
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasar Belakang, Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Pulau Poncan termasuk wisata alam yang populer di daerah Sibolga, Tapanuli Tengah. Keunikan dari destinasi ini dapat dilihat dari spot snorkeling dan memancing. Pengunjung dijamin terkesima ketika berada di dalam Pulau hits tersebut. Disana sudah ada air laut yang begitu jernih dengan kecantikan dari pemandangan alam.

Keelokan Pantai juga semakin bertambah karena banyak biota laut yang tersebar. Bahkan pasir yang ada di sepanjang Pulau terlihat bersih dengan corak putih. Traveller selalu melakukan aktivitas seru di area pasir dan laut Pulau Poncan.

Pada akhir pekan wisata cantik itu pasti ramai dikelilingi pengunjung dari mancanegara dan lokal. Spot memotret foto yang terlihat sangat banyak memang mampu membuat destinasi ini ramai. Apalagi tempat rekreasi tersebut juga sangat cocok untuk melepas penat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Poncan

Daya Tarik Pulau Poncan Tapanuli Tengah
Photo by Google Maps Nyana Bhadra

1. Kecantikan Pulau

Pulau Poncan masih menunjukkan kecantikan yang terpancar dari tiap sudut. Pulau belum banyak diketahui orang, sehingga terlihat masih natural. Lingkungan yang ada di area tampak begitu bersih jika dilihat dari dekat. Bahkan traveller bisa pula menikmati deburan laut yang jernih dengan warna biru kehijauan yang menunjukkan keindahan di Pulau ini.

Wisatawan yang sudah datang ke sini selalu terkesima. Apalagi tidak semua Pulau memiliki kecantikan yang masih alami dengan beragam panorama. Pengelola telah menjaga keberadaan Pulau agar tetap lestari dan bisa dinikmati sepanjang masa. Anda yang memilih berkunjung ke Poncan pasti senang karena dapat berburu spot yang terlihat natural.

2. Tempat Bersantai

Destinasi yang belum banyak dijamah pengunjung luar membuat Pulau Poncan semakin nyaman untuk bersantai. Anda bisa datang kapan saja untuk istirahat sejenak di sela-sela padatnya aktivitas. Area sekitar Pulau masih banyak yang menawarkan spot bersantai. Suara ombak yang menghantam batu karang dan semilir angin pasti semakin membuat tamu senang.

Tempat bersantai yang ada di dalam Pulau tampak menghadap ke laut biru. Pelancong selalu merasa terpesona dengan keindahan yang ada di dalam tempat rekreasi ini. Biasanya traveller juga sering bersantai sambil mengabadikan momen. Spot yang termasuk instagenic di sekitar pulau memang tidak boleh dilewatkan, apalagi pesona alam masih terjaga dengan baik.

3. Beragam Tanaman dan Biota

Pulau Poncan menjadi salah satu tempat yang memiliki beragam tanaman dan biota laut. Area pesisir banyak dipakai untuk tumbuhan kelapa dan rumput liar. Namun, ada pula spot tanaman bakau yang mempunyai fungsi cukup banyak untuk melestarikan Pulau. Pengunjung yang mencari tempat untuk duduk atau berteduh tentu tidak akan merasa sulit.

Bagi yang suka snorkeling pun bisa mencobanya saat disana. Biota laut dan terumbu karang masih menjadi salah satu daya tariknya. Anda bisa melihat biota yang cukup beragam mulai dari kepiting, lobster, ikan, dan masih banyak lagi. Perahu nelayan juga tampak berjejer di area dan tentu dapat dipakai sebagai spot foto untuk menghasilkan potret cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Poncan Tapanuli Tengah
Photo by Google Maps Maecenas Adhara Donnya

Pulau Poncan berlokasi di daerah Sibolga, Sumatera Utara. Wisata hits ini masih dekat dengan teluk tapian nauli karena menjadi salah satu deretan destinasi yang ada disana. Para tamu yang ingin mencoba datang ke Pulau dapat membawa kendaraan pribadi. Hal itu bisa membuat perjalanan lebih mudah agar Anda tidak perlu mencari angkutan umum.

Wisatawan dapat datang dari daerah Tarutung untuk menuju ke rute yang lebih dekat. Anda akan melintasi Jalan Sultan Sumurung dan bisa lurus sampai Jalan Putri Lopian. Arahkan saja ke Jalan Sm Raja untuk menuju ke Jalan Lintas Barat Sumatera. Kemudian traveller dapat menemukan jalan menuju pelabuhan Sibolga yang menjadi tempat penyebrangan Pulau.

Pengunjung yang telah berhasil menuju ke pelabuhan itu bisa memilih kapal untuk menyebrang ke Pulau Poncan. Biasanya sewa kapal ada yang umum dengan kapasitas banyak dan terdapat pula yang privat. Anda bisa sewa kapal untuk pulang dan pergi selama perjalanan. Lalu petugas akan mengantar ke area wisata dengan melewati laut lepas yang indah.

Biaya Wisata ke Pulau Poncan

Tiket Pulau Poncan Tapanuli Tengah
Photo by Google Maps Wahyu Setiawan

Pulau ini menjadi tempat berlibur yang tidak begitu mahal. Biaya wisata ke Pulau Poncan termasuk ramah di dompet karena cocok bagi semua kalangan pengunjung. Masuk ke dalam Pulau hanya tidak membutuhkan budget, Pulau cantik ini memang gratis. Wisatawan asing pun masih dibandrol dengan tiket yang sama, jadi setiap hari masuk ke Pulau masih gratis.

Pelancong yang berkendara dengan motor, mobil, atau bus dapat dititipkan dekat pelabuhan Sibolga. Tiket penitipan tergolong murah mulai Rp 5.000 per sepeda. Lalu kendaraan roda empat sekitar Rp 10.000 untuk satu hari parkir. Kemudian Anda dapat melanjutkan ke Pulau dengan memilih beberapa perahu penyebrangan di pelabuhan itu.

Biaya untuk menyewa perahu ini bervariasi mulai Rp 100.000 hingga Rp 300.000. Biasanya harga dipengaruhi oleh jenis perahu dan kapasitas. Pengunjung yang ingin mencari kuliner dapat membeli di warung sekitar pelabuhan karena tidak begitu mahal. Pulau itu masih belum menyediakan kios makanan, jadi Anda bisa menyiapkan dahulu sebelum kesana.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Poncan

Aktivitas Pulau Poncan Tapanuli Tengah
Photo by Google Maps Nuansa Indah Tour

1. Memancing

Biota laut yang menyebar di laut membuat kegiatan memancing semakin menarik dilakukan. Wisatawan yang suka memancing dapat mencari spot di pinggir batu cadas. Menangkap ikan di kawasan Pulau pasti semakin seru jika dicoba bersama kerabat. Setelah itu Anda dapat membawa pulang hasil tangkapan dari memancing tersebut.

2. Snorkeling

Pulau Poncan sudah memberikan tempat yang masih alami dan bersih. Bahkan air laut yang ada disana terlihat memukau karena masih biru. Snorkeling pasti membuat Anda senang, apalagi di bawah laut ada terumbu karang yang cantik. Deburan ombak yang ada di area juga tidak begitu tinggi, jadi sangat cocok untuk menyelam.

3. Berfoto

Wisata menawan ini mempunyai beberapa sudut yang begitu cantik. Para tamu tidak hanya bisa menikmati dari jauh saja, tetapi juga boleh berfoto di kawasan. Pengunjung selalu mengabadikan momen bermain dengan kerabat di Pulau cantik ini. Pemandangan alam yang ada di area pun juga dapat dijadikan background memotret foto.

4. Naik Perahu

Berkeliling ke sepanjang laut lepas sambil menyewa perahu milik nelayan pasti membuat kunjungan semakin berkesan. Traveller yang datang bersama teman atau keluarga sering naik perahu untuk melihat keindahan laut biru. Tenang saja naik perahu di Pulau itu masih aman karena petugas akan memberikan alat pelindung seperti pelampung.

5. Berenang

Pulau Poncan mempunyai deburan air laut yang tidak begitu besar. Hal ini menjadi daya pikat pengunjung karena bisa berenang di laut lepas tersebut. Menikmati air yang jernih dengan berenang di pinggir laut dijamin menyenangkan. Anda juga bisa membawa pelampung pribadi jika ingin lebih aman ketika mencoba kegiatan seru itu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Poncan Tapanuli Tengah
Photo by Google Maps Natural Resource Tapanuli 

Pulau Poncan memberikan fasilitas yang tergolong lengkap dan mampu menunjang kebutuhan pelancong. Kamar mandi yang menyediakan tempat bersih dan beberapa ruangan tampak disediakan di dalam wisata. Namun, disana belum tersedia loker atau penitipan barang. Tempat sampah sudah ada di beberapa sudut Pulau menawan ini.

Penginapan cukup dekat dengan kawasan wisata, jadi siapapun yang ingin lebih lama bersantai bisa langsung melipir ke resort. Perahu untuk keliling pantai telah tersedia cukup banyak di sekitar. Kios makanan dapat dijumpai oleh para tamu di area pelabuhan saja. Pulau hits ini belum mempunyai deretan warung karena masih terlihat sepi.

Kawasan pulau menyediakan tempat duduk dan beberapa gazebo sebagai spot istirahat. Permainan air masih minim disana karena belum banyak persewaan. Mushola pun masih cukup jauh dari Pulau, jadi Anda harus menumpang ke beberapa tempat bersih yang ada di area jika ingin ibadah. Perahu untuk menyebrang ke Pulau tentu telah disiapkan pengelola.

Pulau Poncan sering menjadi tempat berlibur pengunjung lokal dan turis. Pesona yang muncul di kawasan destinasi memang menarik hati. Apalagi kebersihan Pulau menjadi salah satu hal yang membuat para tamu lebih betah dan senang. Anda tentu dapat mencari spot yang cantik dengan latar dari air laut untuk berfoto bersama keluarga yang diajak kesana.

REKOMENDASI DESTINASI