Pulau Rondo, Pulau Eksotis yang Unik di Sabang Aceh

Pulau Rondo, Pulau Eksotis yang Unik di Sabang Aceh

Pulau Rondo salah satu pulau eksotis di Laut Andaman termasuk dalam wilayah Kota Sabang, Provinsi Aceh. Pulau tak berpenghuni yang masih perawan, keindahan alam daratan dan bawah lautnya yang menawan, serta menjadi titik 0 Km Indonesia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Pulau Rondo adalah pulau paling luar yang berada di sebelah barat Sumatera dan berbatasan langsung dengan selat India. Pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni secara tetap. Namun, masih ada penjaga pulau dan para tentara yang berada disini. Pulau terluar di daerah barat Indonesia ini berdekatan dengan beberapa pulau lainnya seperti pulau Weh dan merupakan jalur pelayaran Internasional.

Rondo merupakan pulau tak berpenghuni secara tetap membuat pulau ini sangat tidak bersahabat dengan manusia. Dimana masih terdapat banyak binatang liar yang terdapat disini. Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan untuk para pengunjung yang masih amatir untuk datang ke pulau ini. Karena jarang dikunjungi pulau ini juga menyimpan keindahan bawah laut yang sangat luar biasa.

Untuk bisa mencapai pulau yang berukuran 0,42 km persegi ini akan memakan waktu 1 jam 40 menit menggunakan perahu dari Kota Sabang. Untuk perjalanan juga tergolong sulit karena arusnya yang lumayan kuat. Sebenarnya untuk 0 km Indonesia berada di pulau ini namun karena lokasinya yang sulit untuk dijangkau jadi dipindahkan ke Sabang agar lebih dalam menjangkaunya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Rondo

Daya Tarik Pulau Rondo
Image Credit: Facebook.com @BackpakerCosplayer

Pulau Rondo yang merupakan pulau terpencil dan sangat susah diakses ini memiliki beberapa daya tarik. Namun, hanya orang-orang tertentu yang boleh diizinkan ke pulau ini. Berikut beberapa daya tariknya tersendiri dari pulau tak berpenghuni yang masuk Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam ini.

1. Alam yang Masih Perawan

Hanya ada satu mercusuar yang ada di pulau ini, dimana itu digunakan untuk pos penjagaan dari para petugas setempat. Juga ada beberapa camp tentara dalam menjaga perbatasan Negara Indonesia. Hal ini membuat banyak tumbuhan dan hewan liar yang bisa ditemukan disini.

Namun, karena masih sangat alaminya pulau ini membuat asupan air bersihnya sangat susah ditemukan untuk suplai air bersih saja biasanya diambil dari pulau Weh. Sedangkan untuk para penjaga dan para tentara yang ingin buang air besar harus menuruni anak tangga yang berjumlah 500 buah untuk bisa mencapai bibir pantai.

Jadi untuk yang ingin mengekspos pulau ini adalah orang-orang yang sudah sangat ahli. Dan untuk para pemula sebaiknya tidak mencoba untuk menaklukan alam di pulau ini.

2. Surga Bagi Biota Laut

Dengan lokasi Pulau Rondo yang diapiti oleh dua selat yaitu selat malaka dan selat India membuat banyak hewan laut dan terumbu karang yang bisa ditemukan di pulau ini. Oleh sebab itu, membuat para nelayan Indonesia sering mencari ikan di sekitar pulau ini.

Bukan hanya nelayan saja yang sering berada di sekitar pulau ini, namun orang-orang yang suka memancing juga sering menguji kemampuan mereka dalam menaklukan ikan-ikan disini.

Buat para pencinta diving juga bisa menikmati indahnya terumbu karang bawah laut di tempat ini namun yang diizinkan melakukan diving disini hanya mereka yang sudah memiliki sertifikat master scuba diving atau mereka yang benar-benar sudah ahlinya tidak untuk para pemula.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Rondo

Alamat Pulau Rondo
Image Credit: Twitter.com @rapmafmums

Pulau eksotis ini termasuk dalam daerah kelurahan Ujung Ba’u yang berlokasi di Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Atau berada di sebelah barat pulau Weh yang berada di selat Malaka.

Untuk mencapai pulau terluar Indonesia di sebelah barat ini bisa ditempuh menggunakan perahu dari Sabang dengan lama perjalanan melewati selat Malaka selama 1 jam 40 menit atau menggunakan perahu cepat selama 30 menit dari Sabang. Sedangkan dari pulau Weh menggunakan perahu sekitar 40 menit sedangkan menggunakan perahu cepat bisa ditempuh selama 5 menit.

Untuk biaya menuju pulau tak berpenghuni ini berkisaran antara Rp 300.000 sampai Rp 400.000 menggunakan perahu sewaan. Karena tidak ada penyebarangan umum ke pulau ini maka cara satu-satunya untuk bisa menginjakan kaki ke pulau terluar Indonesia ini adalah dengan menyewa perahu setempat.

Perahu-perahu tersebut juga bisa di sewa untuk kegiatan diving atau memancing. Dari Rp 300.000 sampai Rp 400.000 tersebut sudah mendapatkan pemandu wisata dan seorang nahkoda. Jangan lupa membawa bekal agar tenaga tetap terisi ketika berlibur kesini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Rondo

Kegiatan Dilakukan di Pulau Rondo
Image Credit: Google Maps (Idrus Mahfoz)

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pulau ini. berikut mari kita bahas beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Rondo sebagai berikut.

1. Memancing

Pertemuan antara selat Malaka dan selat India membuat banyak jenis ikan yang bisa di temukan di tempat ini. Bahkan di sekitaran pulau ini pernah dijadikan tempat memancing sebuah acara tv yaitu mancing mania. Hal ini bukan tanpa alasan namun karena banyak predator laut yang hanya ditemukan disini.

Ditambah dengan terumbu karang yang indah membuat ikan-ikan yang berada disini sangat banyak. Tidak sedikit perahu yang berlayar di seputaran pulau untuk menangkap ikan. Baik itu nelayan atau para wisatawan yang sedang menguji kemampuan dalam mengadu kekuatan dengan para hewan bawah air disini.

2. Diving di Spot Terindah

Hal berikutnya yang bisa dilakukan di Pulau Rondo adalah diving. Karena terumbu karang dibawah lautnya begitu cantik membuat perairan di sekitar pulau ini cocok untuk melakukan diving. Namun hanya orang-orang yang sangat ahli atau mereka yang sudah mempunya sertifikat keahlian master dalam dunia diving yang diperbolehkan untuk melakukan kegiatan tersebut di perairan ini.

Ini dikarenakan laut di sekitaran pulau ini lumayan kuat. Dan sangat tidak dianjurkan untuk para pemula melakukan kegiatan diving di perairan sekitaran pulau terluar Indonesia ini.

Kegiatan di Pulau Rondo
Image Credit: Facebook.com @BackpakerCosplayer

3. Menaklukan Alam Liar

Untuk dapat melakukan kegiatan ini perlu ada izin khusus ke penjaga pulau dan ke tentara yang berjadi di pulau tersebut. Karena pulau ini kurang bersahabat dengan pengunjungnya agar ketika terjadi hal yang kurang diinginkan bisa langsung dibantu.

Dengan hewan liar yang masih bisa ditemukan di sekitaran pulau dan tidak tidemukan sumber air bersih membuat para pengunjung sangat sulit untuk menaklukannya. Hanya orang-orang yang bertenaga ekstra dan sudah benar-benar ahli yang di perbolehkan menaklukan alam liar di pulau ini.

4. Berburu Foto

Namanya liburan akan terasa kurang jika tidak mengabadikan moment tersebut. Oleh sebab itu cobalah untuk berpose di depan kamera selagu kamu melakukan kegiatan-kegiatan lainnya. Baik itu sambil berlayar menggunakan perahu, atau ketika kamu memancing.

Penginapan Murah Terdekat Lokasi Pulau

Penginapan Terdekat Pulau
Image Credit: Booking.com

Untuk kamu yang ingin bermalam tidak perlu cemas karena ada beberapa tempat penginapan di pulau Weh yang dekat dengan Pulau Rondo sehingga tidak perlu kembali ke Kota Sabang. Untuk fasilitas sudah bagus dalam menerima pengunjung. Sedangkan untuk pemandangannya sendiri tidak diragukan lagi. Berikut beberapa penginapan tersebut.

1. The Hawk’s Nest Resort

Yang pertama adalah sebuah resort yang berlokasi di pinggir pantai pulau Weh. Di resort ini menawarkan 1 kamar tidur, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi dan sudah ada ac dan wifi. Untuk harganya sendiri berkisaran sekitar Rp 800.000 permalam.

2. Freddies Santai Sumurtiga

Berikutnya adalah sebuah penginapan yang dekat dengan pantai Sumur Tiga yang ada di Pulau Weh. Terdapat restoran di dekat Freddies Santai Sumur Tiga yang membuatmu bisa mencari makan untuk menjaga stamina. Di Freddies Santai Sumurtiga juga sudah dilengkapi dengan AC dan wifi. Untuk harganya sendiri dimulai dari Rp 200.000 permalam.

3.  Pulau Weh Paradise

Berlokasi di Sukajaya penginapan ini juga menawarkan pemandangan laut yang sangat indah. Para pengunjung bisa menikmati sunset yang dapat disaksikan dari jendela. Untuk harganya sendiri berkisaran sekitar Rp 230.000 permalam dan sudah mendapatkan kamar berAC dan wifi gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Rondo Aceh

Fasilitas di Pulau Rondo Aceh
Image Credit: Traveloka.com

Tidak ada fasilitas penunjang para wisatawan di Pulau Rondo karena memang pulau tersebut bukan pulau untuk para wisatawan namun bukan berarti tidak bisa menginjakan kaki ke pulau yang satu ini. Para pengunjung bisa memasuki wilayah pulau ini namun perlu ada izin khusus.

Namun, untuk melakukan penaklukan alam di pulau ini tidak bisa dilakukan oleh orang baru atau pemula karena bisa membahayakan orang tersebut dan rekan-rekannya. Untuk diving sendiri perlu orang yang bersertifikat master dalam dunia diving yang diperbolehkan untuk melakukan kegiatan diving di wilayah perairan pulau tak berpenghuni ini.

Hanya terdapat satu mercusuar yang dijaga oleh pejaga pulau yang bisa ditemukan disini. Sedangkan ada beberapa camp tentara Republik Indonesia yang berjaga di pulau terluar sebelah barat Indonesia. Hal ini wajar mengingat pulau yang satu ini merupakan pulau terluar dan berbatasan langsung dengan Negara India sehingga perlu ada penjagaan khusus agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekian pembahasan mengenai Pulau Rondo pulau terluar di ujung Sumatera yang masih sangat alami dan tidak bersahabat dengan para pengunjungnya. Jika ingin berlibur ke pulau ini sebaiknya kamu benar-benar menyiapkan tenaga lebih agar bisa menjelajahinya lebih jauh. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.