Pulau Rubiah, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Sabang

Pulau Rubiah, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Sabang
Biaya Wisata: Mulai 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Rubiah, Kota Sabang, Aceh.

Aceh merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan letaknya di ujung barat. Aceh sendiri terletak di Pulau Sumatera bagian ujung utara. Di Aceh terdapat banyak wilayah dengan daya tariknya masing-masing. Salah satunya adalah Pulau Rubiah yang berada di Kota Sabang.

Pulau ini kerap dikunjungi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara sebagai destinasi wisata karena menyimpan pesona alam yang indah dan mempesona. Tidak hanya pemandangan alam di daratan saja yang menakjubkan, pulau ini juga dikenal dengan keindahan pesona alam bawah laut yang membuat wisatawan betah untuk berlama-lama.

Meski tidak berpenghuni, akan tetapi para wisatawan tidak takut untuk mengunjunginya. Jauh dari kesan seram, Pulau Rubiah ini justru menyuguhkan suasana tenang dan damai. Nuansa alamnya masih sangat alami karena memang belum banyak terjamah ulah tangan manusia. Wisatawan pecinta bawah laut akan sangat bahagia ketika mengunjungi pulau tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Rubiah

Daya Tarik Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Itsnain

1. Merupakan Surga Taman Bawah Laut

Indonesia populer akan destinasi wisatanya yang beraneka ragam sehingga banyak wisatawan mancanegara yang berbondong-bondong mengunjungi Indonesia untuk berlibur. Termasuk salah satunya Provinsi Aceh yang lokasinya dekat dengan lautan, disana ada banyak destinasi wisata bahari yang bisa dikunjungi, seperti Pulau Rubiah.

Pulau tersebut dikenal sebagai surganya taman bawah laut yang ada di Aceh. Tentu saja wisatawan yang hobi menyelam sangat bahagia ketika mengunjungi pulau ini. Saat menyelam, beragam biota laut dapat disaksikan dengan nyata oleh para wisatawan karena memang keadaan alam di bawah lautnya sangat alami dan asri.

2. Berbagai Biota Laut Bisa Ditemukan di Bawah Laut Pulau Ini

Pulau cantik seluas kurang lebih 2600an hektar tersebut menyimpan berbagai biota laut yang tersebar luas hingga kedalaman 15 meter. Ada banyak sekali jenis ikan dan biota laut lainnya yang berenang kesana-kemari di bawah laut. Terumbu karangnya bermacam-macam, baik karang bertekstur keras sampai yang empuk pun ada.

Berbagai jenis ikan yang kerap ditemukan disana yakni ikan Putri Bali, ikan warna, ikan bendera, ikan botana biru, ikan kerapu, ikan kepe-kepe, ikan mayor, ikan sersan, kerang, dan masih banyak lagi. Terdapat juga jenis biota laut lainnya seperti terumbu karang tanduk dan meja, bunga lili laut, bintang laut, hingga cumi-cumi.

3. Asal-Usul Nama yang Menarik

Asal-usul nama Pulau Rubiah yakni dari seorang aulia atau pemuka agama yang bertempat tinggal di Kota Sabang bernama Ummi Siti Rubiah. Beliau kerap dipanggil dengan sebutan ‘Cut Nyak Rubiah’. Dulunya pulau ini merupakan tempat yang digunakan untuk karantina orang-orang yang akan melaksanakan ibadah haji.

Saat itu, ada dua tempat karantina untuk calon jamaah haji, yakni Onrust di Kepulauan Seribu, dan di pulau ini. Para wisatawan yang pernah mengunjungi pulau tersebut pasti pernah melihat adanya pondasi bekas bangunan untuk karantina haji. Sehingga bangunan tersebut menjadi bukti bangunan karantina haji tertua di Indonesia.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps niza zulfan

Untuk menikmati pemandangan bak lukisan alam dalam bentuk nyata, wisata ke pulau ini merupakan pilihan yang tepat. Perjalanan ke lokasi bisa melalui Banda Aceh tepatnya Bandara Sultan Iskandar Muda menggunakan mobil sewaan atau rental mobil dengan tujuan Pelabuhan Feri Ulee Lheue. Waktu tempuh perjalanannya kurang lebih 35 menit.

Sesampainya di Pelabuhan Ulee Lheue, para wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki transportasi kapal cepat. Sekitar 45 menit, para wisatawan akan tiba di Pelabuhan Balohan Sabang. Kemudian perjalanan dilanjutkan dari Pelabuhan Balohan Sabang menuju ke Pantai Iboih dengan menaiki minibus selama kurang lebih 45 menit.

Ketika sudah sampai di Pantai Iboih, para wisatawan dapat menyewa transportasi boat kaca atau boat dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 10-15 menit untuk bisa sampai di Pulau Rubiah. Pulau ini dikelilingi kawasan wisata Taman Laut Rubiah yang merupakan kawasan konservasi bertema laut dengan luas wilayah sekitar 2600 hektar.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Tiket Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Bhekti Lestari

Salah satu destinasi wisata yang menarik di pulau ini yakni Taman Laut Rubiah. Untuk menikmati keindahan taman laut tersebut, para wisatawan diharuskan melalui perjalanan yang cukup panjang.

Letak taman laut tersebut kurang lebih 350 meter jika diukur dari Pantai Iboih. Perjalanan dari Pelabuhan Balohan Sabang ke Pantai Iboih bisa menggunakan minibus.

Tarif minibus tersebut yakni kurang lebih Rp 50ribu per orang. Sesampai di Pantai Iboih, perjalanan menuju ke pulau tujuan dapat dilanjutkan dengan menyewa glass bottom boat atau perahu dalam waktu kurang lebih 20 menit. Terkait transportasi yang bisa disewa, biayanya menyesuaikan dengan berapa lama waktu menyewanya.

Apabila para wisatawan memilih menggunakan perahu, biaya sewanya bervariasi mulai dari Rp 150ribu-200ribu untuk biaya yang paling rendah. Untuk biaya sewa selama 30 menit adalah Rp 300ribu. Sementara itu untuk biaya sewa perahu selama satu jam yakni Rp 750ribu. Perahu dapat menampung dengan kapasitas penumpang maksimal 15 orang.

Perahu tersebut hanya bisa mengantarkan para wisatawan ke Pulau Rubiah dan akan menjemput para wisatawan kembali dengan menyesuaikan kesepakatan. Agar lebih hemat, pasangan yang hanya berlibur berdua saja bisa ikut menyewa perahu bersama dengan rombongan wisatawan lainnya supaya bisa saling berbagi terkait biaya untuk sewa perahu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Rubiah

Aktivitas Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Sofyan Adam

1. Diving atau Snorkeling

Kawasan wisata ini dikenal sebagai surga wisata bawah laut dengan jenis biota lautnya yang beraneka ragam. Apalagi di bawah laut Rubiah ini terdapat 14 dari 15 jenis terumbu karang langka yang ada di Indonesia.

Baik diving maupun snorkeling, kedua aktivitas tersebut sangat menyenangkan karena ketika menyelam para wisatawan akan menemukan beragam jenis biota laut seperti tumbuhan, terumbu karang, hingga ikan yang berbagai jenis. Biota laut yang bervariasi itulah yang menjadi tujuan utama para wisatawan diving atau snorkeling disana.

2. Selfie dengan Kamera Underwater

Berwisata ke Pulau Rubiah tidak puas rasanya jika tidak membawa pulang hasil jepretan dengan kamera underwater ketika melakukan aktivitas diving atau snorkeling. Momen berfoto selfie bersama dengan aneka ragam jenis ikan dan biota laut lainnya menjadi aktivitas seru dan menyenangkan bagi para wisatawan.

Hobi diving atau snorkeling akan lebih lengkap rasanya jika dibarengi dengan aktivitas berfoto selfie bersama beragam jenis ikan dan biota laut yang lain. Tentu saja hasil fotonya sangat menarik ketika dibagikan ke sosial media. Salah satu kamera underwater yang banyak digunakan para wisatawan adalah kamera GoPro.

3. Menaiki Perahu Berkeliling Pulau

Setiap sudut pulau tampak begitu indah. Oleh karena itu, tidak puas rasanya jika para wisatawan tidak mencoba untuk berkeliling kawasan pulau dengan menaiki perahu. Disana terdapat tempat untuk penyewaan perahu yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Ada dua jenis perahu yang bisa disewa ketika berada di kawasan pulau.

Jenis perahu yang disewakan adalah perahu biasa dan glass bottom boat. Untuk jenis glass bottom boat, setiap penumpang dapat menikmati pesona keindahan yang ada di bawah laut Rubiah meskipun hanya duduk di atas perahu. Glass bottom boat tersebut merupakan perahu dilengkapi kaca yang menghadap bagian permukaan air.

Aktivitas Seru Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Arbie Samudra

4. Berziarah ke Makam Cut Nyak Rubiah

Asal usul pemberian nama Pulau Rubiah yakni dari seorang pemuka agama bernama Cut Nyak Rubiah atau Ummi Sarah Rubiah. Beliau termasuk salah satu tokoh yang berhasil menyebarkan agama Islam di wilayah Aceh. Nama pulau ini menggunakan nama beliau untuk mengenang jasa-jasa beliau sewaktu masih hidup.

Selain menikmati pemandangan alam di daratan dan bawah lautnya, tidak sedikit wisatawan yang berziarah ke makam Cut Nyak Rubiah. Di pulau tersebut, para wisatawan tidak hanya menemukan makan Cut Nyak Rubiah saja, namun juga bangunan gedung bekas tempat karantina haji pertama yang ada di Indonesia.

Fasilitas yang tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Ahmad Gunawan

Berwisata ke Pulau Rubiah yang cantik ini tidak akan mengecewakan. Faktanya, disana terdapat fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan. Fasilitas tersebut adalah seperti tempat penyewaan alat yang digunakan untuk menyelam dan penyewaan perahu.

Selain itu, disana juga terdapat warung makan berukuran kecil yang dibuka sejak pagi sampai malam hari. Penjual warungnya merupakan penduduk setempat. Makanan yang dijual mulai dari makanan kecil hingga makanan berat.

Akan tetapi, karena pulau tersebut tidak berpenghuni, maka jarang sekali ditemukan gazebo yang digunakan untuk beristirahat maupun tempat menginap. Meski begitu, para wisatawan terutama para pecinta pemandangan bawah laut betah untuk berlama-lama disana.

Pulau Rubiah menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Kota Sabang, Aceh. Dengan adanya fasilitas-fasilitas yang tersedia, para wisatawan bisa memanfaatkannya dengan baik. Apalagi kawasan wisata ini menyuguhkan panorama alam bawah laut sehingga sangat menarik dikunjungi.