Pulau Samosir, Pulau Unik & Menawan di Tengah Danau Toba

Pulau Samosir, pulau vulkanik yang memesona di tengah Danau Toba yang menarik untuk dieksplor. Pulau yang kaya pesona ini menyuguhkan beragam objek wisata alam yang mampu memanjakan mata wisatawan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Pulau Sumatra cukup banyak dikenal oleh berbagai kalangan bahkan hingga ke tingkat dunia. Hal tersebut dikarenakan pada bagian tengah pulau tersebut terdapat sebuah pulau yang memang terletak di dalamnya. Pulau di dalam danau tersebut dikenal sebagai pulau Samosir. Sebuah karya Tuhan yang begitu mempesona siapapun yang mendatanginya.

Pulau yang begitu menakjubkan ini berada tepat di pertengahan area air yang besar di Sumatra. Di mana lagi kalau tidak pada Danau Toba. Sebuah bentangan alam air di tengah pulau yang mempesona dan juga memiliki luas yang cukup besar. Pulau yang berada di dalamnya sendiri juga terpampang jelas manakala pengunjung melawat ke sana.

Jika ditelusuri lebih dalam lagi, di dalam Pulau Samosir juga terdapat beberapa titik wisata yang layak untuk dikunjungi. Samosir memang sudah dikenal sejak dahulu sebagai salah satu objek wisata unggulan yang ada di tanah Batak. Berbagai hal dapat dinikmati di sana serta ada juga beberapa pertunjukkan tradisional yang sayang untuk dilewatkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Samosir

Daya Tarik Pulau Samosir
Image Credit: Google Maps (Kemal Sabnani)

1. Mempelajari Budaya Batak di Desa Tomok

Lokasi area ini terletak pada jalan masuk menuju pulau tersebut. Dengan keberadaannya yang cukup strategis tersebut, ramai orang mengunjunginya untuk sekadar melihat-lihat adat istiadat dari suku Batak yang ada di sana. Pengunjung akan mendapati banyak sekali rumah adat khas suku tersebut berderet-deret di sana.

Terdapat pula patung sigale gale yang amat tersohor akan mitosnya tersebut. Patung yang konon katanya memiliki kekuatan magis tersebut banyak ditemukan pada kebanyakan bangunan tradisional di sana. Di desa yang satu ini para wisatawan juga dapat menikmati berbagai kebudayaan suku lokal dengan mengunjungi sebuah museum di sana.

Siapapun pasti akan merasa terkenang saat mengunjungi desa ini. Banyak sekali ornamen-ornamen lokal yang menunjukkan ciri khas dari masyarakat di sana. Ada pula area yang digunakan sebagai peristirahatan terakhir para leluhur masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Ini merupakan kawasan yang dilindungi sebagai bukti budaya dan kekayaan tradisi yang tersebar di seluruh nusantara.

2. Bukit Holbung

Bukit ini merupakan daerah yang cukup dikenal oleh banyak orang. Hal tersebut mungkin karena pemandangan yang disajikan oleh tempat tersebut begitu indah layaknya area-area terkenal yang ada di luar negeri. Pemandangan padang rumput yang terhampar luas seolah berpadu indah dengan dataran tinggi yang ada di samping perairan.

Banyak orang menyebut kawasan ini sebagai bukit teletubbies karena memang nampak seperti lokasi tempat shooting film anak yang fenomenal tersebut. Berkunjung ke objek ini akan membuat pengunjung merasakan sebuah pengalaman yang dapat menyegarkan pikiran dan jiwa. Angin yang berhembus di sana membuat suasana menjadi lebih nyaman dan tubuh pun menjadi rileks.

BACA JUGA:  Rumah Bolon, Rumah Adat Suku Batak di Sumatera Utara

Di tempat ini, pengunjung akan mendapati para nelayan lokal yang merupakan warga asli pulau tersebut melakukan kegiatan memancing mereka. Danau Toba memang memiliki beberapa biota sehingga berburu ikan dapat menjadi salah satu hal yang bisa menunjang kehidupan masyarakat sekitar.

3. Bukit Beta

Ada lagi bukti di Pulau Samosir selain yang telah disebutkan sebelumnya. Dataran tinggi memang menjadi salah satu aspek unggulan yang dapat ditemukan di pulau dengan luas lebih dari 600 kilometer ini. Letak titik ini berada pada daerah yang memang sangat dikenal sebagai lokasi wisata di sana. Nama daerah tersebut adalah Tuk Tuk Siadong.

Pada bukit yang menawan ini, para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang pastinya wajib untuk dilakukan. Kegiatan tersebut tak lain adalah mengabadikan momen bersama dengan beberapa kerabata ataupun aktivitas liburan di sana. Titik ini juga sering dipakai sebagai salah satu tempat favorit untuk melakukan sesi pemotretan pra pernikahan bagi beberapa pasangan.

Daya Tarik Samosir
Image Credit: Google Maps (Laurentiu Morariu)

4. Danau Sidihoni

Meskipun Pulau Samosir sendiri berada tepat di tengah sebuah danau, namun di dalamnya juga terdapat danau yang berukuran mini. Tempat ini merupakan salah satu tujuan rekreasi yang unik dan tentu saja akan membuat siapapun yang datang menjadi terkesan. Siapa yang menyangka akan mendapati pulau di dalam pulau, dan juga danau yang ada pada pulau tersebut?

Meskipun ukurannya cukup kecil dan mungkin hanya nampak seperti kubangan air biasa saja, akan tetapi daerah tersebut tetap layak untuk didatangi. Pasalnya, objek wisata ini menawarkan sebuah pemandangan yang cukup indah dengan kombinasinya bersama dengan dataran tinggi serta beberapa vegetasi alam.

5. Sensasi Berendam di Rianiate

Ini merupakan sebuah tempat pemandian yang memiliki suhu air yang hangat. Objek yang satu ini dapat menjadi salah satu tujuan berlibur saat berada di Provinsi Sumatra Utara. Tempat ini dapat membuat pengalaman berkunjung ke tempat ini menjadi lebih mengesankan karena pelancong tidak akan kesulitan saat mencoba menikmati air di sana.

Tersedia berbagai fasilitas yang mendukung seperti diantaranya adalah bilik untuk membasuh badan seusai menikmati kehangatan berendam. Air yang mengalir di sana merupakan sumber air panas yang berasal dari pegunungan. Beberapa orang meyakini bahwa khasiatnya mampu menghilangkan beberapa penyakit bagi orang yang mandi di sana.

6. Menikmati Air Terjun

Di pulau hasil letusan dahsyat gunung berapi ini juga bisa ditemui beberapa air terjun yang mengalir bebas. Salah satu objek wisata air yang mengalir dari ketinggian adalah air terjun sampuran. Ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati sesuatu yang berbeda dari Pulau Samosir. Air terjun tersebut memiliki beberapa batu yang di tengahnya sehingga membuat penampilannya berbeda.

BACA JUGA:  40 Tempat Wisata di Medan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain itu, ada juga Binanga Bolon yang ada pada daerah Simalungun. Letakanya di bagian pojok pulau. Air terjun yang satu ini memiliki sesuatu yang berbeda dari objek wisata serupa. Hal itu dikarenakan, lokasi tersebut dikelilingi oleh berbagai tanaman hijau yang tumbuh rindang seolah menjadi penjaga dari sungai yang ada di sana.

Pada tempat wisata tersebut, pelancong dapat menikmati sebuah tempat asri nan indah yang di bagian dalamnya terdapat air sungai yang mengalir dari atas dan jatuh ke bawah. Ini membuat sebuah penampakan seolah seperti lokasi yang digambarkan pada kebanyakan dongeng.

Terdapat satu lagi air terjun yang mengalir pada pulau ini. Yaitu danau yang dinamakan dengan Situmurun Binangalom. Tempat tersebut merupakan sesuatu yang unik jika disandingkan dengan beberapa objek wisata serupa lainnya. Hal tersebut karena aliran air yang ada tidak jatuh ke sungai namun secara tepat menuju ke danau terbesar di Indonesia tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Pulau Samosir

Alamat Pulau Samosir
Image Credit: Google Maps (Іpnhа Неwbа)

Secara spesifik untuk mengetahui dimana letak Pulau Samosir adalah berada persis di tengah Danau Toba. Letaknya berjarak lebih dari 200 kilometer dari Kota Medan. Pulau hasil dari aktivitas vulkanik jaman dahulu ini berada di provinsi Sumatra Utara, dan sudah menjadi kabupaten tersendiri.

Jika ingin berkunjung ke sana, pengunjung dapat menempuh jalan darat terlebih dahulu untuk sampai ke tepian Danau Toba. Terdapat berbagai alternatif bisa digunakan oleh pelancong. Jalan yang dilalui saat ini memiliki kondisi yang baik. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa mobil ataupun bus jika ingin membawa rombongan.

Ada beberapa titik penyebarang untuk menuju pulau tersebut, diantaranya yaitu Dermaga Muara, Pelabuhan Ajibata, dan juga titik Tigaras-Simanindo. Di lokasi tersebut, Anda akan dengan mudah menemukan kapal feri yang akan mengantar diri ataupun beserta kendaraan yang ditumpangi menuju ke pulau yang ada di tengahnya.

Biaya Wisata ke Pulau Samosir

Biaya Wisata ke Pulau Samosir
Image Credit: Google Maps (Agripa Sidabutar)

Untuk mencapai pulau yang menawan itu, pengunjung perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Jumlahnya mungkin sedikit tinggi, akan tetapi hal itu sepadan dengan apa yang akan didapatkan dari perjalanan wisata ke sana. Biaya penyebrangan menggunakan kapal di sana hanya berkisar seratusan ribu saja. Itu merupakan biaya untuk kendaraan yang digunakan.

Untuk tarif tiap orangnya tentu dapat lebih rendah lagi daripada itu. Jika ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata di sana juga dapat dijangkau dengan harga yang relatif rendah. Untuk menikmati sebagian besar tempat tersebut, rata-rata hanya diperlukan biaya kurang dari Rp 15.000.

Pulau Samosir sendiri tidak memiliki tarif spesifik tertentu sehingga tentunya akan membuat para pelancong tidak perlu khawatir akan biaya liburannya akan bertambah banyak hingga membengkak. Cukup dengan biaya akses menuju dan juga beberapa tempat saja.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Asahan yang Paling Populer

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Samosir

Kegiatan Menarik di Pulau Samosir
Image Credit: Google Maps (CV. Makmur)

1. Mengelilingi Pulau

Ini merupakan suatu kegiatan yang wajib untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan Pulau Samosir sangat menakjubkan. Mengunjungi sebuah pulau vulkanik mungkin tidak akan pernah ditemui pada belahan dunia yang lain. Bahkan jika mengitari seluruh tempat di permukaan bumi sekalipun.2. Berfoto-Foto

Ini tentu menjadi sesuatu yang akan dilakukan oleh kebanyakan orang jika berwisata, tak terkecuali saat berkunjung ke tempat yang satu ini. Pasalnya, pemandangan yang begitu eksotis disuguhkan di sana membuat siapapun berdecak kagum.

Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, teman, ataupun hanya sendirian merupakan sebuah momen yang indah. Hal tersebut tentu saja harus diabadikan untuk menjadi kenangan tak terlupakan pada album-album foto di rumah.

3. Menikmati Kesegaran Airnya

Terdapat banyak sekali sumber air yang tersedia di pulau itu. Beberapa diantaranya yaitu sungai, danau, air terjun, hingga pemandian air panas. Pengunjung yang datang pastinya dapat menikmati air yang ada di sana dengan berbagai pilihan yang ditawarkan tersebut.

4. Mejelajahi Objek Wisatanya

Pulau Samosir terkenal dengan objek wisata alam dan budayanya yang menarik untuk dieksplor saat berkunjung. Mulai dari panorama bukit, air terjun, danau dan desa budaya yang dapat membuat liburan Anda lebih seru dan menyenangkan.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Samosir

Penginapan Murah Pulau Samosir
Image Credit: Traveloka.com

1. Herman Delago Villa

Ini merupakan salah satu tempat kelas menengah yang dapat disewa sebagai tempat bermalam sementara para pengunjung yang datang. Fasilitasnya cukup lengkap diantarnya yaitu area parkir yang memadai serta lain sebagainya.

2. Samosir Cottages Resort

Berada di daerah Tuk Tuk, penginapan ini mempunyai fasilitas yang lengkap. Diantarnya yaitu tempat parkir, restoran, jaringan internet, serta kolam renang. Harga sewanya pun juga tidak terlampau tinggi.

3. Toba Village Inn

Berada tidak jauh dari lokasi sebelumnya, tempat ini memberikan beberapa sarana yang dapat dinikmati oleh pengunjung dengan harga yang cukup rendah. Beberapa diantaranya yaitu restoran, tempat parkir, dan kolam renang.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Samosir

Fasilitas Pulau Samosir
Image Credit: Google Maps (Thecute Wild)

Berbagai sarana dapat digunakan tatkala melawat ke salah satu objek unggulan dalam negeri itu. Di Pulau Samosir sendiri memiliki jalan-jalan dengan aspal yang relatif masih cukup bagus. Selain itu, ada juga berbagai fasilitas umum dan fasilitas penunjang yang lain yang disiapkan pemerintah pada kebanyakan objek wisata di dalamnya.

Mengunjungi Pulau Samosir merupakan sesuatu yang pastinya mengesankan bagi banyak orang. Dengan uniknya bentukan alamnya serta adanya beberapa macam panorama yang tersaji membuat Kabupaten ini harus menjadi salah satu dari daftar tujuan rekreasi impian.