Pulau Sembilan, Objek Wisata Bahari yang Memukau di Langkat

Pulau Sembilan, Objek Wisata Bahari yang Memukau di Langkat

Pulau Sembilan salah satu destinasi bahari di Langkat, Sumatera Utara yang menarik diekplor pesonanya. Pulau cantik yang memiliki kawasan hutan mangrove, pantai pasir putih dan pesona bawah laut yang menakjubkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Sembilan, kec. Pangkalan Susu, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Pulau Sembilan merupakan salah satu dari sekian pulau kecil yang berada di provinsi Sumatera Utara. Pulau yang satu ini memang terdiri atas kumpulan pulau kecil berjumlah sembilan, sehingga tidak mengherankan apabila namanya terdengar cukup unik seperti berhubungan dengan angka.

Pulau tersebut pun berderet dengan rapi dalam ukuran yang cukup kecil, namun bisa menerima beberapa jumlah wisatawan yang datang untuk bersinggah. Meskipun namanya memang belum begitu familiar di telinga para pecinta petualang, namun pulau ini memiliki beragam keindahan yang menjadikannya salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika di Sumatera Utara.

Tidak hanya indah, namun Pulau Sembilan pun juga memiliki pesona yang tiada bandingnya. Untuk itu, simaklah uraian tentang salah satu pulau yang terbilang unik ini pada bagian berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sembilan

Daya Tarik Pulau Sembilan
Image Credit: Facebook.com @srikandi.lestari.31

1. Berhadapan dengan Selat Malaka

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Pulau Sembilan adalah letaknya yang terbilang sangat strategis dan cukup efisien. Di tempat ini, Anda seolah-olah sedang berhadapan dengan Selat Malaka yang begitu luas sehingga terkadang Anda akan menemukan beberapa kapal yang datang dari daerah Malaysia.

Karena kedekatannya itu, membuat pulau ini memiliki laut yang cukup luas dan lebar sehingga ketika melihat menuju kejauhan Anda akan mendapati bahwa laut tersebut tampak tidak berujung. Tidak mengherankan apabila banyak sekali wisatawan yang memilih untuk menikmati keindahan laut yang ditawarkan oleh pulau ini.

2. Bekas Lokasi Pertambangan

Pulau ini bisa dibilang merupakan salah satu pulau yang memiliki sejarah unik. Hal tersebut bisa dilihat dari bukti-bukti peninggalan yang ada di sekitar pulau ini, sehingga ketika berkunjung wisatawan pun dapat memahami bahwa pulau ini dulu memang memiliki fungsi yang cukup berbeda daripada saat ini.

Beberapa tahun silam, pulau yang satu ini memang berfungsi sebagai lokasi untuk perusahaan pertambangan minyak. Sehingga, Anda pun dapat menemukan barang-barang tertentu yang menunjukkan bekas-bekas kehadiran perusahaan itu di tempat ini meskipun sudah lama dimakan oleh waktu.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Sembilan
Image Credit: Facebook.com @amroe.oemar

3. Ombak yang Seru

Tidak hanya memiliki sejarah yang unik, namun pulau ini pun memiliki ombak yang cukup seru. Ombak tersebut datang dengan kecepatan yang sangat sempurna dan tidak akan membahayakan para pengunjung, akan tetapi mereka pun harus tetap mematuhi protokol yang sudah diterapkan oleh pihak pengelola.

Ombak yang menyenangkan tersebut menjadi spot yang sangat diincar oleh para wisatawan yang memang hobi untuk menantang adrenalin yang dimilikinya. Selain itu, berselancar di tempat ini pun juga cukup mengasyikkan sebab Anda dapat bertemu dengan peselancar lain yang juga memiliki hobi yang sama.

4. Dikelilingi Hutan Mangrove

Karena fenomena abrasi dan daerah sekitar pulau yang semakin rawan oleh adanya kegiatan pabrik perusahaan tertentu, hal ini membuat pulau yang indah ini memiliki keadaan yang cukup menyedihkan. Akan tetapi, pengelola setempat pun berusaha untuk mengatasi keadaan tersebut dengan cara menanam ratusan pohon mangrove di sekeliling pulau.

Hal ini merupakan hal yang cukup penting sebab pohon mangrove mampu membuat pulau terjaga dari fenomena pasir yang tergerus oleh air laut. Selain itu, keberadaan pohon tersebut pun juga bisa membuat pulau ini menjadi tampak lebih sejuk sehingga pengunjung pun akan senantiasa berada di dalam lingkungan pohon ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Estimasi Biaya ke Pulau Sembilan

Alamat ke Pulau Sembilan
Image Credit: Google Maps (Nova Oldina)

Pulau Sembilan berlokasi di Kabupaten Langkat, lebih tepatnya berada di daerah yang berdekatan dengan Pulau Kampai. Pulau yang terletak di Pangkalan Susu ini memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat Kota Medan, dan membutuhkan waktu sekitar 5 jam agar sampai di lokasi.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat mencoba untuk memakai jasa transportasi darat seperti bus yang berangkat dari daerah Pinang Baris dan Amplas. Apabila Anda ingin berangkat menggunakan kereta, maka setibanya di lokasi Anda masih harus naik transportasi lokal terlebih dahulu.

Apabila Anda ingin berkunjung ke Pulau Sembilan, Anda tidak perlu khawatir sebab biaya masuk menuju tempat ini bisa dibilang gratis. Akan tetapi, Anda masih harus tetap mengeluarkan biaya untuk perjalanan mencapai tempat ini.

Beberapa di antaranya yaitu biaya untuk menaiki kapal laut yang terkadang dapat mencapai harga lebih dari 100 ribu rupiah. Hal ini tentu cukup wajar mengingat daerah yang harus ditempuh untuk mencapai pulau memang cukup sulit sehingga perlu kesabaran dan ketekunan agar bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Sembilan

Kegiatan Menarik di Pulau Sembilan
Image Credit: Facebook.com @(Mariana)

1. Bersepeda

Apabila Anda memiliki hobi bersepeda, maka melakukan kegiatan tersebut di pulau ini adalah hal yang tepat. Dengan menyewa sepeda yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, Anda pun dapat menyusuri kawasan sekeliling pulau.

Untuk menyewa sepeda tersebut Anda pun tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak karena harga sewanya bisa dibilang sangat bersahabat. Hanya dengan mengeluarkan beberapa ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati pemandangan yang ada di sekitar pulau ini dengan nikmat sambil mendapat keringat hasil bersepeda yang menggerakkan tubuh Anda.

2. Fotografi

Karena pemandangannya yang sangat indah, tak elok rasanya apabila tidak mengabadikan momen spesial yang didapat karena berkunjung ke pulau ini dalam sebuah potret. Foto-foto yang dihasilkan pun dijamin akan tampak berkelas dan indah sebab Pulau Sembilan memang memiliki beragam spot yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

Keindahannya itu pula yang menjadi tempat ini begitu dinikmati sebagai latar belakang ketika ingin melakukan pemotretan untuk pre-wedding. Para pasangan yang akan menikah tersebut dapat menyewa beberapa spot di tempat ini untuk foto, dan biasanya harganya pun berbeda tergantung dari seberapa banyak foto itu dilakukan.

3. Menikmati Pemandangan Malam

Hal yang tidak kalah menarik untuk dilakukan di tempat ini adalah dengan menikmati pemandangan yang tampak ketika malam hari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pulau ini memang merupakan pulau yang menjadi bekas dari aktivitas pertambangan.

Oleh karena itu, area di sekitar tempat ini pun penuh oleh beragam lampu-lampu yang senantiasa menghiasi pemandangan malam hari. Ketika Anda berkunjung ke tempat ini, saksikanlah pemandangan malam yang menakjubkan dan tampak seperti Anda sedang berada di area yang penuh oleh bintang-bintang yang gemerlap.

Kegiatan di Pulau Sembilan
Image Credit: Twitter.com @InfoTravellink

4. Memperhatikan Aktivitas Nelayan

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan di pulau ini selanjutnya adalah memperhatikan aktivitas nelayan lokal. Di tempat ini, bisa dibilang nelayan merupakan salah satu profesi yang paling utama, sehingga Anda dapat memperhatikan bagaimana mereka mempersiapkan hari-hari mereka untuk mencari penghasilan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, Anda pun juga ikut mengikuti kegiatan memancing bersama mereka. Karena tempat ini dikelilingi oleh ikan-ikan yang sangat banyak, Anda pun dijamin akan merasa kesenangan ketika berada di tempat ini sebab jumlah ikan yang akan didapat bisa sangat memuaskan.

5. Menikmati Fenomena Matahari Terbit dan Tenggelam

Kegiatan terakhir yang bisa dilakukan di pulau ini tentu saja adalah dengan menikmati fenomena matahari yang sedang terbit dan tenggelam. Pemandangan yang ditawarkan tersebut akan sangat menakjubkan, sebab warna langit yang perlahan berubah menjadi ungu kemerahan tentu akan memberikan sensasi yang berbeda apabila dilihat di pulau ini.

Karena itulah, waktu yang terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah ketika sore hari saat sudah menjelang senja. Anda dapat duduk santai di area sekitar pantai sambil menikmati matahari yang perlahan-lahan menghilang seiring perubahan waktu yang berubah menjadi malam.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Sembilan

Penginapan Terdekat Pulau Sembilan
Image Credit: Booking.com

1. OYO 2598 Hotel Chocolate

Lokasi penginapan yang pertama ini yaitu sekitar 50 kilometer dari Pulau Sembilan. Fasilitas yang bisa didapat pun bisa dibilang sangat lengkap untuk harga yang cukup murah yaitu 78 ribu rupiah per malam. Beberapa fasilitasnya adalah kamar mandi pribadi, AC, lemari pakaian, dan lain-lain.

2. Green Lodge Tangkahan

Penginapan yang selanjutnya ini memiliki jarak sekitar 53 kilometer dari pulau. Untuk fasilitasnya, pengunjung akan memperoleh kamar mandi pribadi, shower, parkir gratis, dan ramah hewan peliharaan. Harga per malamnya yaitu hanya 100 ribu rupiah saja.

3. Tangkahan Loudges

Untuk penginapan terakhir ini, harganya cukup terjangkau yakni 250 ribu rupiah per malam. Jaraknya pun bisa dibilang tidak terlalu jauh, yakni hanya 44 kilometer saja dari pulau. Pemandangan yang ada di penginapan ini pun tampak begitu menakjubkan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sembilan Langkat

Fasilitas di Pulau Sembilan
Image Credit: Facebook.com @wem.salim.33

Meskipun masih belum terlalu dikenal oleh pihak awam, namun fasilitas yang tersedia di Pulau Sembilan ini tidak boleh dianggap remeh. Di pulau ini, sudah tersedia beberapa fasilitas yang sangat berguna bagi pengunjung seperti kamar mandi, tempat ibadah, area istirahat, lahan parkir, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Selain itu, di sekitar tempat ini pun juga sudah tersedia beragam kedai makanan yang menggoda lidah. Makanan yang disajikan tersebut pun sangat bervariasi sehingga sangat cocok ketika Anda ingin melakukan wisata kuliner.

Demikianlah berbagai informasi yang bisa Anda ketahui mengenai Pulau Sembilan di Kabupaten Langkat. Tidak hanya indah, namun pulau yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan ini dapat menjadi spot yang sempurna bagi Anda yang ingin melakukan refreshing atau beristirahat sejenak dari aktivitas sehari-hari.