Pulau Sikuai, Wisata Bahari yang Eksotis Unggulan Kota Padang

Pulau Sikuai, Wisata Bahari yang Eksotis Unggulan Kota Padang

Pulau Sikuai salah satu wisata bahari yang menawan di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang yang menarik dijelajahi pesonanya. Pulau ini memiliki pantai dengan hamparan pasir putih, jejeran pohon kelapa, perbukitan hijau dan didukung fasilitas yang memadai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pulau Sikuai adalah satu dari deretan pulau yang menghiasi lautan di sepanjang Provinsi Sumatra Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pulau-pulau lain di sekelilingnya, termasuk Pulau Sumatra itu sendiri. Jadi, pulau ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tengah merindukan nuansa liburan berbau pulau dan pantai.

Area pulau ini memang tidak terlalu luas, namun justru itulah yang membuatnya begitu nyaman untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi liburan. Berbagai macam tumbuh-tumbuhan juga tumbuh subur menghiasi daratannya sehingga nampak seperti sebuah pulau kecil yang belum terlalu banyak dijamah manusia.

Namun, kenyataannya pulau ini sudah dikelola dengan cukup baik. Beragam fasilitas sudah disediakan oleh pihak pengelola sehingga wisatawan bisa memanfaatkannya. Liburan di Pulau Sikuai juga akan semakin seru jika Anda mencoba segarnya air sekitar pulau dengan berenang ataupun snorkling.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sikuai

Daya Tarik Pulau Sikuai
Image  Credit: Twitter.com @semenku

1. Pantai Pasir Putih yang Terjaga Kealamiannya

Daya tarik lain dari Pulau Sikuai yakni pengunjung dapat dengan bebas menikmati pantainya yang sangat indah. Sebuah area berpasir putih nan bersih akan menyambut kedatangan Anda ketika menginjakan kaki di pulau ini. Kondisi alamnya pun juga masih terjaga sehingga membuat wisatawan merasa berada di sebuah pulau yang masih asri.

Nampak beberapa pohon kelapa tumbuh menghiasi bagian pinggir pantai yang menghubungkannya dengan bagian daratan. Pepohonan kelapa yang menjulang tinggi ini terlihat sangat cantik dan sangat khas.

Pantai disini sangat terawat karena pihak pengelola selalu menjaganya dengan baik. Mereka juga selalu menghimbau agar masyarakat sekitar maupun wisatawan yang datang untuk terus menjaga lingkungan sekitar pulau.

Pasir disini juga sangat bersih dan lembut. Sangat jarang ditemui bebatuan tajam di sekitar pantai sehingga sangat aman bagi mereka yang ingin merasakan sensasi bersentuhan dengan pasirnya yang lembut. Jadi, Anda tidak perlu mengenakan alas kaki ketika bermain di sekitar pantai.

2. Keindahan Laut Sekitar Pulau

Berbicara tentang pulau tentu terasa kurang jika tidak membicarakan air lautnya. Ya, pulau Sikuai memiliki air laut yang sangat indah dan jernih. Itulah sebabnya kenapa banyak wisatawan yang menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata ketika datang ke Sumatra Barat.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang hingga melakukan aktivitas penyelaman untuk menikmati keindahan pemandangan bawah lautnya. Area lautnya memang menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk datang karena mempunyai pemandangan yang mempesona.

Perpaduan area perairan yang jernih dengan daratan yang dihiasi vegetasi hijau menjadi pemandangan yang begitu menakjubkan. Inilah yang membuat pulau bagian barat Indonesia tersebut menjadi primadona bagi mereka penggemar tempat-tempat bahari dengan view sebuah pulau.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Sikuai
Image Credit: Twitter.com @MinangOfficial

3. Perbukitan Indah Dihiasi Pepohonan Hijau

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang memiliki begitu banyak vegetasi alam yang hidup di dalamnya. Tidak heran jika pulau ini nampak hijau ketika dipandang dari kejauhan. Uniknya, relief tanah di pulau ini seperti bergelombang karena memang berupa perbukitan.

Perbukitan yang ada di pulau ini membuatnya memiliki beberapa titik tertinggi yang juga memberikan sebuah pemandangan yang sangat menawan. Tidak heran jika pemandangan di pulau semakin indah.

Yang membuat pulau ini semakin menarik yakni penampakan perbukitan yang seolah dikarpeti oleh tumbuhan-tumbuhan dan rerumputan yang hijau. Tidak hanya itu, disini juga ditumbuhi banyak pepohonan yang cukup tinggi. Dengan begitu, keadaan di sekitar pulau menjadi terasa sejuk dan teduh.

Objek wisata ini memang menjadi salah satu lokasi yang menampung hutan hujan tropis yang ada di kawasan Indonesia. Hutan yang menyelimuti pulau seolah menjadi penghias alami yang menemani para wisatawan ketika memutuskan untuk berlibur ke lokasi wisata ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Sikuai

Alamat ke Pulau Sikuai
Image  Credit: Google Maps (Nelkha Sim)

Objek wisata yang satu ini berada di bagian barat Pulau Sumatra. Lebih tepatnya, yaitu ada di Provinsi Sumatra Barat bagian selatan. Jaraknya dari titik terdekat tidak terlalu jauh, karena secara administratif masih bagian dari Kota Padang. Lebih tepatnya ada di Teluk Kabung pada Kecamatan Bungus.

Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung bisa menggunakan perahu cepat ataupun moda transportasi lain yang memungkinkan untuk menyeberangi selat kecil antara kedua pulau. Pelabuhan Muara menjadi tempat yang seringkali menjadi titik awal perjalanan ke sana. Tidak perlu waktu yang lama agar dapat sampai ke Pulau Sikuai ini.

Wisata pulau memang tidak mewajibkan pengunjung untuk membayar biaya tertentu untuk tiket masuknya. Namun, perlu diperhatikan bahwa harga tiket kapal atau perahu cepat menuju ke sana harus benar-benar dipertimbangkan oleh wisatawan. Tarif tersebut bisa mencapai beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari jumlah rombongan dan paket yang dipilih.

Namun, sebenarnya bisa saja menyewa kapal-kapal nelayan untuk datang ke sana. Satu kapal dapat disewa sekitar lebih dari 500 ribu. Tetapi, tentu saja fasilitas yang didapatkan berbeda dari perahu cepat. Waktu tempuhnya pun juga berbeda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Sikuai

Kegiatan di Pulau Sikuai
Image  Credit: Facebook.com @netty.pohan

1. Bermain Kano

Jika Anda suka bermain kano, pulau ini merupakan lokasi yang sangat tepat. Perairan yang sangat indah dan jernih sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda bisa mengelilingi sekitar pulau dengan bermain kano.

Perahu mini ini bisa dengan mudah disewa oleh siapapun yang datang ke destinasi wisata ini. Bermain air di sekitar pantainya menjadi lebih seru, terutama jika bersama orang-orang terdekat. Kompetisi mini kano menjadi kegiatan mengasyikkan dan dapat memberikan pengalaman tak terlupakan.

2. Snorkeling

Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pulau ini sebagai spot yang cocok untuk melakukan penyelaman bagi mereka yang mahir dan tertarik dengan kegiatan yang satu ini. Keindahan lautnya ternyata tidak hanya ada pada permukaannya saja, akan tetapi juga bagian bawah lautnya.

Terumbu karang dengan berbagai biota laut menjadi objek yang sangat tepat untuk dieksplorasi. Untuk melakukan kegiatan ini Anda akan didampingi oleh pihak pengelola demi keselamatan. Jika Anda tidak membawa perlengkapan snorkeling, disini juga disediakan tempat penyewaan.

Image Credit: Facebook.com @yesa.sepri

3. Menelusuri Keindahan Pulau

Sudah diketahui bahwa Pulau Sikuai memiliki vegetasi tumbuhan yang sangat beragam. Untuk itulah, menjelajahi kedalaman pulau menjadi sesuatu yang wajib untuk dilakukan.

Untuk bisa menjelajahi hutan sekitar pulau, Anda membutuhkan guide dari pihak pengelola pulau. Keberadaan hutan yang cukup lebat mungkin terlihat sangat indah untuk ditelusuri, namun juga cukup berbahaya jika Anda belum menguasai area sekitar.

4. Menikmati Panorama Sunset

Saat-saat swastamita atau tenggelamnya matahari memang menjadi sesuatu yang paling ditunggu oleh sebagian besar wisatawan yang datang ke sana. Fenomena indah ini sangat sayang jika tidak dinikmati. Apalagi jika sudah jauh-jauh datang ke pulau ini.

Keindahan matahari terbenam bisa Anda abadikan dengan foto ataupun video. Jadi, jangan sampai kelupaan untuk membawa gadget yang Anda miliki saat berkunjung kesini.

Penginapan Murah Dekat dari Pulau Sikuai

Penginapan Pulau Sikuai
Image  Credit: Traveloka.com

1. Losemen Carlos

Tempat inap ini berada cukup dekat dengan lokasi pulau wisata tersebut. Hal tersebutlah yang membuatnya cocok untuk dipilih bagi siapa saja yang berencana untuk berkunjung ke sana. Tarif yang perlu dibayarkan juga terbilang murah. Macam-macam fasilitas seperti jaringan wifi dan restoran bisa dinikmati.

2. Hotel Bumi Minang

Nuansa yang menjadi ciri khas tempat tersebut adalah tempat tinggal khas minang. Secara umum, tempat ini cukup nyaman dan memiliki kualitas seperti hotel bintang 3 yang lain. Harga yang perlu dikeluarkan untuk sewa semalam juga relatif terjangkau.

3. New Sikuai Island Resort

Penginapan ini menjadi titik yang paling dekat dengan lokasi Pulau Sikuai. Tempat ini menjadi penginapan paling mewah untuk dipakai jika ingin bermalam di sana. Sama seperti fasilitas tempat sebelumnya, hanya saja lebih lengkap. Kolam renang, bar mini, dan sarana megah lain bisa dinikmati oleh para tamu.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sikuai Padang

Fasilitas di Pulau Sikuai Padang
Image  Credit: Google Maps (Pascal Jacomet)

Jika berlibur ke tempat wisata Pulau Sikuai, pengunjung bisa memperoleh beragam fasilitas. Bahkan, tidak sedikit diantaranya merupakan sarana yang mewah dan elegan.

Tidak hanya hal-hal dasar seperti toilet ataupun tempat makan, di sana juga memiliki tempat inap yang bisa menjadi rekomendasi untuk mereka yang ingin bermalam. Disini juga tersedia fasilitas seperti kolam renang yang cukup mewah yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

Ditemui pula beberapa tempat penyewaan alat-alat yang akan menunjang kegiatan para wisatawan. Terutama bagi mereka yang menyukai aktivitas air, peralatan untuk menyelam bisa didapatkan dengan lengkap.

Berwisata ke Pulau Sikuai memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Hal itu karena pengunjung harus menggunakan perahu walaupun tidak terlalu lama dari titik keberangkatan. Dengan keindahan alam yang ditawarkan, tempat ini akan memberikan sebuah suasana yang begitu teduh dan damai sehingga momen liburan semakin tak terlupakan.