Mengintip Pesona Bahari Pulau Simeulue di Aceh yang Memukau

Mengintip Pesona Bahari Pulau Simeulue di Aceh yang Memukau

Pulau Simeulue salah satu kabupaten dan kawasan wisata bahari yang eksotis di Provinsi Aceh. Pulau ini memiliki daya tarik pantai-pantai keren dan keindahan bawah laut yang menarik untuk diekplor pesonanya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Simeulue, Aceh.

Pulau yang masih satu wilayah dengan Kabupaten Aceh Barat ini, berada terpisah di lepas pantai sejauh 150 km. Memiliki potensi wisata yang menjanjikan, maka pemerintah setempat mengedepankan sektor pariwisata sebagai komoditas otonomi daerahnya.

Bernama Pulau Simeulue, sebagian besar kawasan daerahnya terdiri dari perairan. Oleh karena itu, terdapat berbagai destinasi wisata yang bisa anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Salah satu yang menjadi unggulan adalah wisata pantai dengan ombaknya yang cukup besar.

Daya tarik inilah yang membuat banyak wisatawan luar daerah hingga mancanegara mendatangi pulau ini. Jika anda tertarik mengunjungi beberapa wisata yang ada di pulau tersebut, berikut ini ada informasi mengenai biaya hingga rute perjalanan menuju kawasan tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Simeulue

Daya Tarik Pulau Simeulue
Image Credit: Google Maps (Sang Petualang)

1. Kekayaan Wisata Bahari

Sudah bukan rahasia lagi jika pulau yang sebagian besarnya adalah perairan ini memiliki wisata bahari yang memiliki daya tarik tersendiri. Rata-rata pantai yang berderet di sepanjang pulaunya, memiliki pasir putih dengan batuan karang dan ombak yang besar.

Banyak wisatawan yang berdatangan di pulau ini mempunyai tujuan utama untuk mendatangi wisata pantainya. Pesona alam atau keindahan bawah laut yang di suguhkan dari setiap pantainya, akan membuat kagum para wisatawan yang melihatnya.

Kawasan pantainya banyak di tumbuhi oleh pohon kelapa yang menjulang tinggi. Oleh karena itu, suasana eksotis sangat terasa karena pepohonan yang berayun diterpa angin laut. Udara sekitar pantai juga menjadi lebih sejuk, karena pasokan oksigen dari pohon tersebut.

2. Sumber Daya Alam

Pulau yang terletak di bagian barat Pulau Sumatra ini memiliki sumber daya alam yang melimpah. Bahkan karena kekayaan sumber daya alam tersebut, pulau ini menjadi pemasok eskpor bahan di beberapa kota besar Indonesia.

Dari segi pertanian, Pulau Simeulue mempunyai tanaman cengkeh sebagai pasokan utama untuk di ekspor hingga luar daerah. Cengkeh dari pulau ini memiliki kualitas yang lebih tinggi dari cengkeh di daerah lainnya.

Tidak hanya itu, masyarakat pulau ini juga memiliki peternakan kerbau yang dagingnya berkualitas super. Daging kerbau dari pulau ini banyak dieskpor di berbagai daerah hingga sampai ke luar negri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Simeulue

Alamat Pulau Simeulue
Image Credit: Google Maps (Cut Meulue Armaila)

Wisatawan dari luar daerah atau luar negri yang akan mengunjungi Pulau Simeulue ini, dapat menggunakan transportasi udara sebagai kendaraan untuk menyebrangi lautan. Rute perjalanan pertama yang akan anda tempuh adalah transit terlebih dahulu di Bandara Kuala Namu Medan.

Kemudian anda akan berpindah penerbangan dengan tujuan Kota Sinabang, yang menjadi kota terbesar yang ada di pulau tersebut. Mendarat di Bandara Lasikin yang berada di Kota Sinabang, perjalanan selanjutnya dapat anda tempuh dengan menggunakan kendaraan umum.

Perjalanan yang memakan waktu hingga 4 jam, akan terbayar dengan beberapa wisata alam dari pulau tersebut yang memiliki pesona alamnya yang luar biasa. Rasa lelah sudah pasti akan berubah menjadi semangat untuk menjelajahi setiap pelosok daerah yang ada di pulau ini.

Untuk dapat menikmati wisata alam yang disajikan oleh pulau ini, anda tidak perlu membayar harga khusus untuk dapat memasuki kawasan pulaunya. Tidak ada biaya masuk yang dipatok untuk para wisatawan luar daerah yang akan menyinggahi pulau dengan kekayaan wisata baharinya ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Simeulue

Kegiatan di Pulau Simeulue
Image Credit: Twitter.com @jhonimages

1. Mencoba Kuliner Khas Simeulue

Pulau Simeulue mempunyai makanan khas yang memiliki nama unik, yaitu Memek. Walaupun nama dari makanan manis satu ini terkesan jorok, namun jangan diragukan soal rasanya. Terbuat dari beras yang disangrai dan memiliki aroma pisang, dijamin rasanya pasti mantap.

Kuliner khas lainnya dari pantai ini adalah Tabaha, yang cara pembuatannya di panggang hingga bagian pinggirannya terlihat sedikit gosong. Berbahan dasar sagu, makanan ini bisa menjadi camilan pendamping saat sore hari menikmati teh atau kopi.

Karena teksurnya yang renyah di bagian luar, banyak yang mengatakan jika makanan tersebut mirip dengan martabak asin. Hanya saja, makanan khas Kota Sinabang ini terbuat dari bahan yang berbeda dan rasanya sudah pasti beda.

2. Berselancar di Pantai

Kawasan pantai yang menghadap langsung dengan samudra hindia, membuatnya memiliki ombak dengan ketinggian yang cukup beragam. Bahkan pernah tercatat tinggi ombak di salah satu pantainya mencapai ketinggian hingga 5 meter.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hobi berselancar, dan suka menantang ganasnya ombak lautan. Destinasi wisata pantai yang sering digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut adalah Pantai Nancala.

Pantai yang memiliki julukan surga tersembunyi ini selain dijadikan tempat berselancar juga memiliki pesona alam yang dapat memikat hati siapa saja. Dimana pohon kelapa yang tumbuh tinggi di sekitar kawasan pantai, terlihat berayun seolah sedang menari.

Tidak hanya itu, terdapat sebuah batu karang berukuran besar yang terletak menjorok ke arah pantai. Hal tersebut, membuat batu karang ini seolah sedang terapung di atas air laut yang sesekali ombaknya menghantam pada sebagian sisinya.

Pantai lain di kawasan Pulau Simeulue juga menjadi pilihan lainnya. Misal saja Pantai Pasir Tinggi, Pantai Alus Alus, atau Pantai Batu Berlayar yang juga memiliki keunikanya tersendiri.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Simeulue
Image Credit: Twitter.com @venntaa

3. Menyaksikan Kesenian Budaya

Jika anda datang pada waktu yang berpapasan dengan diadakannya suatu acara besar di pulau ini, anda berkesempatan melihat kesenian budaya khas pulau tersebut. Anda pun dapat langsung berpartisipasi dalam perhelatan kesenian budaya tersebut.

Seni Nandong adalah salah satu kesenian berupa sebuah nyanyian yang akan dilakukan dengan durasi yang panjang. Sebuah gendang akan mengiringi nyanyian tersebut, alat musik lain seperti biola juga menjadi pelengkap dari kesenian unik satu ini.

Dilakukan pada saat malam hari hingga menjelang terbitnya sang fajar, para pemain kesenian nandong ini diharuskan memiliki kondisi tubuh yang prima. Karena jika kondisi badan kurang fit, maka kesenian ini tidak akan berjalan lancar.

Kesenian budaya yang lain adalah Seni Debus, masyarakat sekitar juga sering menyebutnya dengan nama lain, yakni bela diri khas Pulau Simeulue. Bela diri yang mengandalkan kekebalan tubuh tersebut, digandrungi oleh banyak masyarakat terutama kaum adam.

Selain berupaya untuk melestarikan kesenian budaya dari para leluhur, aksi ini juga dapat dijadikan sebagai antisipasi dan keamanan diri sendiri. Jika suatu saat sedang dihadapkan dengan permasalahan yang menyangkut adu fisik, anda dapat menggunakan bela diri ini sebagai tameng.

Karena cukup terkenal di masyarakat luar daerah hingga mancanegara, maka tak jarang banyak tokoh bela diri debus banyak diundang ke luar negri. Para tokoh tersebut diundang sebagai tamu yang akan menampilkan dan mengenalkan kesenian budaya bela diri tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Simeulue

Penginapan Sekitar Pulau Simeulue
Image Credit: Booking.com

1. Alus Place

Dari namanya sendiri, sudah dapat ditebak bahwa penginapan ini terletak dekat dengan salah satu pantai yang ada di Pulau Simeulue. Memiliki akses langsung menuju kawasan pantai, para tamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan cantik dari pantai tersebut.

Kamar penginapan yang dibangun dengan model pondok kecil tersebut, memiliki ruangan yang cukup besar dengan fasilitas air conditioner di setiap kamarnya. Hal ini akan membuat tamu yang berkunjung di Alus Place, akan semakin betah seharian berada di dalam kamar.

2. Pondok Oma Surf Simeulue

Bangunan dengan desain klasik akan terlihat indah saat masuk pertama kali di penginapan Pondok Oma ini. Sentuhan modern dengan paduan cat warna warni pada setiap sisi bangunannya, juga suasana ceria akan terasa di sekitar penginapan.

Fasilitas dapur pada tiap kamarnya, akan memudahkan para tamu yang berkunjung untuk memasak sendiri sarapan atau hidangan untuk makan malam. Walaupun sudah dilengkapi dengan dapur sendiri, tersedia juga layanan sarapan gratis bagi para tamu penginapan.

3. Batu Rundung Surf Resort

Salah satu penginapan dengan desain mewah yang ada di pulau ini adalah Batu Rundung Resort. Penginapan yang juga mempunyai pantai pribadi ini menawarkan keindahan sunset yang dapat disaksikan melalui jendela dari dalam kamar.

Gasebo yang tersebar di pinggiran pantainya, juga menjadi salah satu tempat yang pas untuk menikmati pesona pantai pribadi dari penginapan ini. Banyak wisatawan luar daerah yang memilih penginapan ini untuk tempat bermalam hingga beberapa hari.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Simeulue Aceh

Fasilitas di Pulau Simeulue Aceh
Image Credit: Facebook.com @galeri.teupah

Banyak fasilitas yang tersedia bagi para wisatawan Pulau Simeulue, dimana salah satunya beberapa masjid yang banyak tersebar di berbagai daerahnya. Restoran dengan sajian utama menu khas pulau ini, juga telah banyak berdiri. Tak ketinggalan berbagai jenis penginapan dapat anda temukan dengan mudah ketika berkunjung ke pulau yang cantik ini.

Itulah informasi mengenai Pulau Simeulue yang banyak didatangi oleh wisatawan luar daerah hingga mancanegara. Namanya kini kian populer di kancah internasional. Maka dari itu, sempatkan diri anda mengunjungi pulau unik satu ini.