Pesona Pulau Tangkil, Surga Bahari Tersembunyi di Pesawaran

Pesona Pulau Tangkil, Surga Bahari Tersembunyi di Pesawaran
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Ketika berwisata ke Pulau Tangkil di Pesawaran Lampung, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang mempesona. Pulau mungil ini masih memiliki kawasan alam yang asri, sebab area yang digunakan sebagai tempat wisata di pulau ini hanya 3 hektar dari luas seluruhnya sekitar 12 hektar. Sedangkan sisanya masih berupa area pepohonan hijau yang rindang.

Untuk menuju kawasan pulau ini Anda akan terlebih dahulu melewati Pantai Mutun Lampung. Sebab letak pulau ini bersebrangan dengan pantai ini. Keindahan pantai ini juga bisa membuat perjalanan menyebrang Anda terasa menyenangkan. Sepertinya kalimat ‘sekali mendayung, dapat dua sekaligus’ cocok disematkan saat Anda berwisata ke Pulau Tangkil.

Pulau ini juga terkenal sebagai destinasi wisata pulau dengan resort nyaman di daerah Lampung. Selain nyaman, pulau ini juga menawarkan suasana tenang yang sangat cocok menjadi destinasi wisata bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari penatnya kehidupan sehari-hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Tangkil

Daya Tarik Pulau Tangkil
Image Credit: Google Fajar kabisat

1. Keindahan Alam yang Mempesona

Sebelum tiba di Pulau Tangkil keindahan alam yang dimiliki pulau ini sudah nampak dari kejauhan, kawasan berpasir putih akan menjadi dermaga untuk dapat menuju ke pulau ini.

Keindahan alam yang ada akan membuat nyaman setiap pengunjung yang datang. Memiliki ombak laut yang relatif tenang, pulau ini dapat menjadi destinasi tempat wisata bersama keluarga. Anda dapat mengajak anak-anak bermain air dengan nyaman dan tenang tanpa khawatir ombak besar.

Pulau ini dikelilingi oleh air laut dengan warna cantik berubah biru kehijauan. Kebersihan airnya juga masih sangat terjaga sehingga Anda dapat melihat pemandangan bawah lautnya yang cantik.

2. Memiliki Aneka Wahana Menarik

Daya tarik lain yang dimiliki Pulau Tangkil Pesawaran yakni memiliki berbagai macam wahana yang menarik untuk Anda coba. Berbagai macam wahana yang tersedia di pulau ini diantaranya perahu kano, banana boat, parasailing, perahu donat, dan wahana wahana menarik lainnya.

Selain itu, pulau ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat menyelam atau snorkeling dan juga diving. Berbagai wahana menarik ini pastinya dapat menciptakan pengalaman berlibur ke pulau yang sangat menyenangkan.

3. Pantai Mutun

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebelum Anda berada di kawasan Pulau Tangkil Anda harus menyeberang lautan dari Pantai Mutun terlebih dahulu. Tak lengkap bila tak membahas keindahan yang ada di pantai ini.

Pantai Mutun ini dikenal dengan keindahan hamparan pasir putihnya yang lembut. Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga sudah cukup menunjang segala keperluan pengunjung. Di pantai ini juga terdapat berbagai wahana menarik, diantaranya area outbound, banana boat, kano, dan wahana water sport lain.

Setelah puas beraktivitas di Pantai Mutun ini, Anda dapat lanjut berkunjung ke pulau eksotis ini. Perjalanan dapat dilalui dengan menggunakan transport laut yang sudah disediakan oleh pengelola. Di sepanjang perjalanan Anda akan melihat keindahan laut yang begitu memanjakan mata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Pulau Tangkil Pesawaran
Image Credit: Google Maps Tichamooi

Pulau Tangkil terletak tepat di seberang laut kawasan Pantai Mutun. Pulau ini, beralamatkan di Desa Sekajaya Lempasing, Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Untuk menuju lokasi wisata bahari, pastinya terlebih dahulu Anda harus menuju Pantai Mutun, yang memiliki jarak tidak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung. Perjalanan dimulai dari pusat Kota Bandar Lampung, kemudian Anda dapat mencari jalan untuk menuju TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang ada di Lempasing.

Setelah sampai di Lempasing, Anda bisa menuju Pantai Mutun kemudian melanjutkan perjalanan dengan cara menyebrang menggunakan perahu yang sudah khusus disediakan oleh pengelola. Di perjalanan menyebrang Anda akan ditemani panorama lautan yang begitu memukau.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Tangkil
Image Credit: Twitter Indonesian’s Review

Anda tak perlu cemas akan mengeluarkan banyak biaya untuk berwisata dan menikmati keindahan alam yang terdapat di kawasan pantai ini. Sebab biaya wisata ke pulau cantik di Pesawaran bisa dikatakan cukup terjangkau bagi semua kalangan.

Untuk menyeberang dari Pantai Mutun menuju Pulau Tangkil Anda hanya akan dikenakan biaya perahu sebesar Rp 10.000,- per orang dan biaya masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Hanya dengan biaya yang cukup murah ini Anda sudah dapat menikmati indahnya kawasan pulau dengan keadaan yang masih sangat asri.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Tangkil

Kegiatan Menarik Pulau Tangkil
Image Credit: Google Maps Dwi Okta

1. Mencoba Wahana Banana Boat

Kegiatan menarik pertama yang bisa Anda lakukan adalah bermain wahana banana boat. Ketika memainkan wahana ini Anda akan merasakan adrenalin yang terpacu begitu kuat.

Kegiatan ini pastinya akan sangat menyenangkan dan seru, terlebih lagi saat boat terguncang-guncang hingga Anda tercebur ke laut. Pengalaman ini akan menjadi kenangan indah tak terlupakan bagi Anda.

Tak perlu khawatir soal keamanan ketika bermain banana boat. Sebab Anda akan diberikan pelampung oleh pengelola wahana demi menjaga keamanan dengan membuat Anda tetap mengambang saat tercebur ke laut.

2. Menikmati Waterboom

Berwisata ke pulau ini rasanya tak lengkap bisa tidak menikmati sensasi waterboom yang tersedia di kawasan pantai pulau. Waterboom yang tersedia di pulau ini biasanya ramai dikunjungi anak-anak. Bagi anak-anak yang bermain di sini diharapkan berhati-hati sebab waterboom ini bisa dibilang memiliki ketinggian yang cukup tinggi.

3. Menyelam ke Bawah Laut atau Snorkeling

Salah satu kegiatan yang sayang untuk dilewatkan saat sedang berwisata di Pulau Tangkil Pesawaran ini ialah melakukan kegiatan menyelam atau snorkeling ke bawah permukaan laut. Keadaan airnya yang sangat bersih dan jernih sangat mendukung untuk melakukan kegiatan ini.

Keindahan bawah laut yang Nampak sungguh menarik untuk dijelajahi. Di sini juga menyediakan fasilitas penyewaan alat snorkeling. Jadi Anda tak perlu repot-repot membawa sendiri berbagai alat snorkeling.

Kegiatan Menarik di Pulau Tangkil
Image Credit: Facebook PaperKampung

4. Memancing Berbagai Jenis Ikan

Memancing ikan juga menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di pulau ini. Kawasan laut pulau ini memiliki berbagai jenis ikan yang bisa Anda pancing. Setelah mendapatkan ikan, Anda bisa langsung mengolahnya di kawasan pulau dengan cara dibakar. Kegiatan ini pasirnya sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Apabila tidak membawa perlengkapan untuk memancing, Anda tidak perlu khawatir. Sebab di kawasan Pulau Tangkil ini juga menyediakan jasa penyewaan alat-alat memancing. Dengan tersedianya jasa penyewaan ini, Anda tak perlu lagi repot-repot membawa berbagai alat memancing dari rumah.

5. Bermain Parasailing

Suka dengan wahana menantang, Anda wajib mencoba wahana parasailing. Seperi halnya burung yang sedang terbang bebas di ketinggian udara. Wahana ini dapat memberikan Anda pesona keindahan pulau dan juga lautan di sekitarnya yang begitu menakjubkan. Wahana ini bisa dinikmati oleh semua kalangan usia.

Penginapan Murah Dekat dari Pulau

Penginapan Murah Dekat dari Pulau
Image Credit: Google Maps Hotel Bukit Randu Lampung

1. Bukit Randu Hotel and Resort

Rekomendasi penginapan dekat Pulau Tangkil Pesawaran yang pertama yakni Bukit Randu Hotel and Resort. Penginapan ini mematok harga menginap per malam yang relatif murah dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap. Fasilitas dan layanan yang tersedia di penginapan ini seperti akses wifi gratid, room serive, kolam renang, restoran, cleaning servis, dan masih banyak lagi.

2. Rumah Pahoman Waroeg Diggers Guest House

Penginapan ini bisa menjadi alternatif penginapan dengan biaya sewa murah dekat lokasi pulau. Walaupun terbilang murah namun penginapan ini selalu mengedepankan kebersihan dan kenyamanan bagi pengunjung. Terdapat fasilitas wifi gratis dan area parkir di penginapan ini. Selain itu, pegawai yang bekerja di sini juga sangat ramah terhadap pengunjung yang menginap.

3. Cottage Syariah Villa Gardenia

Penginapan ini menawarkan desain interior dan eksterior yang menarik dengan suasana yang begitu nyaman. Selain itu, penginapan ini juga cocok digunakan tempat menginap bersama keluarga dan anak-anak. Fasilitas yang disediakan di penginapan ini pun juga cukup lengkap, mulai dari area parkir luas, wifi gratis, kolam renang, hingga restoran.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tangkil

Fasilitas Tersedia di Pulau Tangkil
Image Credit: Google Maps tanur jaya

Anda tak perlu khawatir, sebab Pulau Tangkil ini sudah ditunjang dengan berbagai fasilitas dan layanan yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman saat sedang berlibur di tempat ini. Misalnya untuk melayani kebutuhan para pengunjung setelah berenang, tersedia kamar mandi dan juga tempat bilas yang bisa digunakan.

Bagi Anda yang lupa tidak membawa bekal, Anda tak perlu khawatir akan merasa kehausan dan kelaparan. Sebab di sini juga sudah terdapat warung warung yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman.

Fasilitas lain yang tersedia di kawasan wisata pulau ini diantaranya mushola untuk menunaikan ibadah,tempat penyewaan alat alat snorkeling, gazebo, dan berbagai macam wahana seperti flying fish, banana boat, kano, parasailing, dan masih banyak lagi

Itulah sedikit ulasan dari destinasi Pulau Tangkil di Pesawaran yang harus Anda ketahui sebelum berwisata ke sana. Pulau ini pastinya semakin menambah destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Lampung.