Pulau Tegal Mas, Wisata Pulau ala Maldives di Pesawaran Lampung

Pulau Tegal Mas, Wisata Pulau ala Maldives di Pesawaran Lampung

Pulau Tegal Mas salah satu pulau eksotis di Pesawaran, Lampung yang memiliki resort terapung layaknya di Maldives. Pulau yang memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan menjadi tujuan favorit pecinta snorkling dan diving.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Menjadi salah satu negara tropis yang banyak diduduki oleh pulau-pulau, Indonesia menyuguhkan segudang sektor pariwisata yang menakjubkan. Di dalamnya terdapat sebuah pulau-pulau yang indah nun cantik. Tidak heran banyak wisatawan mancanegara yang rela merogoh kocek besar untuk bisa mengujungi negara makmur ini.

Bahkan bisa dibilang setiap provinsi memiliki ikon pariwisatanya masing-masing. Salah satunya adalah provinsi Lampung dengan destinasi wisata Pulau Tegal Mas. Pulau satu ini terletak di Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Keindahan yang dimiliki oleh pulau eksotis ini seakan siap membius siapa saja. Bahkan ada yang bilang bahwa pulau ini mirip sekali dengan penampakan di Maldives.

Bagaimana tidak, di Pulau Tegal Mas terdapat penginapan yang terapung di atas lautnya yang biru kehijauan. Harta karun wisata Lampung ini kerap kali disebut sebagai primadona wisata Lampung juga wisata bahari unggulan Indonesia. Kawasan wisata pulau ini memang layak menjadi destinasi liburan keluarga. Mulai dari daya tarik, fasilitas, serta kenampakan alam yang membius siapa saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Tegal Mas

Daya Tarik Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (Trisnanto Yuono)

Keunikan wisata bahari Tegal Mas memang begitu banyak untuk dijabarkan. Daya tarik utamanya adalah:

1. Biota Laut yang Menakjubkan

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Pulau Tegal Mas adalah keindahan bawah lautnya. Bagaimana tidak, pulau yang satu ini bahkan pernah menjadi lokasi penelitian terumbu karang di Indonesia. Maka tidak heran pengunjung kerap kali terbius dengan keindahan alam bawah lautnya.

Mulai dari ikan kecil yang berenang lincah, terumbu karang yang terjaga, juga air laut jernih yang eksotis. Dipastikan Anda akan menyaksikan kehidupan bawah laut secara nyata. Bahkan untuk beranjak pun enggan.

2. Masjid Terapung Pulau Tegal Mas

Daya tarik selanjutnya adalah penampakan sebuah bangunan masjid yang terapung di laut. Jadi, selain sebagai tempat ibadah, masjid tersebut sering kali menjadi tempat kunjungan wisatawan. Anda pun bisa melipir sejenak melihat ke-eksotisan masjid terapung. Masjid yang satu ini sebenarnya memang dibangun untuk fasilitas pengunjung.

Meski terkesan sederhana, namun penorama yang dapat di lihat di serambi masjidnya tidak bisa dinafikkan. Dengan nama Masjid ar Yoyol, tempat yang satu ini berhasil membius wisatawan yang suka akan wisata religi. Jadi, ketika Anda berada di pulau ini, jangan sampai lupa mengunjungi tempatnya ya.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tanggamus yang Paling Populer

Dengan luas yang dimiliki masjid ar-Yoyol, masjid tersebut bisa menampung hingga 100 orang jamaah. Jumlah tersebut mengidentifikasi bahwa ukuran dalam masjid cukup luas.

3. Kemunculan Hiu Paus dan Penangkaran Hiu

Menjadi tempat yang begitu indah, nyatanya Pulau Tegal Mas juga memiliki ikan predator. Pasalnya di pulau inilah pengunjung dapat melihat kemunculan gerombolan ikan hiu paus yang berenang di sekitar pulau. Biasanya hiu paus yang muncul adalah jenis Hiu Tutul. Meski begitu pengunjung diharapkan tidak panik.

Pasalnya hiu paus yang ada di sekitar pulau diidentifikasi jinak sebab makannya hanya berupa ikan-ikan kecil di sekitar perairan. Lokasi Pulau Tegal yang yang berada di daerah tropis dengan suhu yang hangat membuat hiu paus bermukim di sini. Hal itu karena habitat hiu paus yang menyukai iklim hangat.

Daya Tarik Pulau Tegal Mas Lampung
Image Credit: Google Maps (Daniel)

Adanya terumbu karang juga ikan hiu paus menunjukkan bahwa ekosistem laut Lampung masih sangat alami dan terkelola dengan baik. Apalagi dengan berbagai biota laut yang dapat dilihat dari permukaan air. Selain dapat melihat gerombolan hiu paus, pengunjung juga bisa datang ke tempat penangkaran bayi hiu. Jadi selain menikmati keindahan sekalian belajar tentang predator jika satu ini.

4. Memiliki Kemiripan dengan Raja Ampat Papua

Anda tentu tidak asing dengan wisata Raja Ampat. Meski merupakan tempat dengan daerah yang berbeda nyatanya ada kenampakan di Pulau Tegal Mas yang mirip dengan Raja Ampat. Salah satunya adalah gelombang air laut yang hampir tidak ada sama sekali. Fenomena tersebut membuat pulau yang satu ini nampak terawat.

Belum lagi gugusan bukit yang mengelilingi daerah kepulauan sehingga terasa sangat asri. Tepat sekali untuk dijadikan tempat meditasi. Selain itu, warna air lautnya juga sangat jernih sehingga akan nampak terumbu karang yang ada di dalamnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Tegal Mas

Alamat Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (Daniel)

Untuk Anda yang ingin berlibur ke Pulau Tegal Mas bisa langsung menuju Kabupaten Pesawaran Lampung. Lebih tepatnya destinasi wisata yang satu ini ada di seberang pantai yang juga populer di Bandung. Pantai tersebut bernama Pantai Sari Ringgung. Untuk menuju pulau yang satu ini Anda perlu melewati beberapa rute perjalanan.

Rute tersebut bisa dimulai dari Kota Bandarlampung. Selanjutnya jika Anda berkendara secara mandiri bisa langsung menuju ke wilayah Jalan RE Martadinata. Setelah perjalanan bisa dilanjutkan dengan lokasi berbeda yaitu Pantai Tirtayasa. Dari pantai tersebut Anda harus terus berkendara hingga menuju Pantai Queen Artha.

Dari Pantai Queen Artha melanjutkan hingga sampai di gerbang masuk Pantai Sari Ringgung. Dari kawasan pantai menuju ke lokasi pulau hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja dengan menaiki kapal sewaan. Selanjutnya sampailah Anda di destinasi wisata Indonesia yang cantik dan eksotis.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Pringsewu yang Paling Enak

Untuk bisa mengakses keindahan pulau memukau di Lampung, pengunjung akan dikenakan tarif. Namun tenang saja karena tarif tersebut masih sangat ramah di kantong. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 40.000 saja wisatawan bisa puas menikmati keindahan serta ragam biota lautnya. Airnya yang segar juga cocok untuk berenang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Tegal Mas

Kegiatan di Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (Nury Maulana)

1. Snorkeling

melihat dari potensi kenampakan alamnya, kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pulau Tega Mas adalah snorkeling. Berkunjung kesini tapi belum melihat keindahan bawah lautnya memang terasa ada yang kurang. Untuk itu Anda bisa sedikit menyelam untuk melihat panoramanya. Anda akan menjumpai berbagai jenis ikan juga terumbu karang yang masih terjaga ekosistemnya.

2. Menjelajah Laut dengan Water Sport

Anda penyuka olahraga air? Kini saatnya mengelilingi kawasan perairan Pulau Tegal mas dengan water sport. Tentu saja untuk melakukannya Anda akan dibekali dengan pelampung dan dayung. Dengan kendaraan air berupa kano, pengunjung sudah bisa menjelajah di perairan sekitar pulau.

3. Diving

Selain snorkeling dan water sport kegiatan menarik selanjutnya adalah diving. Bagaimana tidak, seperti yang kita tahu bahwa diving adalah aktivitas menjelajah bawah laut yang cukup dalam. Aktivitas semacam ini sangat cocok untuk Anda yang suka akan kegiatan ekstrim. Anda bisa menyewa peralatan diving yang tersedia di pulau ini.

Untuk melakukan diving Anda akan dipandu oleh yang lebih ahli. Pasalnya aktivitas yang satu ini juga memerlukan teknik yang tidak biasa. Ketika Anda sudah berada di bawah laut, maka rasakan sensasi berenang bersama ikan-ikan juga penghuni laut lainnya.

4. Menaiki Banana Boat atau Jet Sky

Untuk Anda yang lebih suka bermain di luar permukaan air, tidak ada salahnya untuk menaiki wahana yang satu ini. Pasalnya banana boat dan jet sky sudah masuk ke dalam fasilitas kunjungan ke Pulau Tegal mas. Apalagi jika Anda berlibur bersama keluarga, pastinya akan lebih menyenangkan menaiki banana boat bersama-sama.

5. Hunting Foto yang Instagenik

Untuk Anda yang memiliki media sosial jangan lupakan untuk hunting spot foto menarik di pulau ini. Luangkan waktu untuk mengabadikan momen bersama keindahan lautnya yang jernih serta beberapa bukit di sekelilingnya.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Tegal Mas

Penginapan Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (Akbary Septianto)

Karena termasuk kawasan wisata maka Anda akan menemukan beberapa penginapan terdekat yang ada di Pulau tersebut. Penginapan tersebut ada yang berada di atas air ada pula yang terletak di Kampoeng Lombok Mas.

BACA JUGA:  10 Mall Terbaik di Bandar Lampung yang Wajib Anda Kunjungi

Selain keindahan biota lautnya, pulau yang dijuluki sebagai Maldives nya Indonesia ini juga memiliki penginapan terapung. Bahkan di kawasan sekitar pantainya Anda akan melihat vila unik yang dibangun berjejer memanjang. Bekum lagi desain arsitekturnya yang khas. Selain itu vila yang unik tersebut juga ada di kawasan Kampoeng Lombok Mas.

Jadi setelah puas berkeliling Anda bisa beristirahat di vila sambil menikmati pemandangan. Selain itu terdapat pula penginapan terapung yang banyak menjadi tempat peristirahatan pilihan wisatawan. Bagaimana tidak, di penginapan ini Anda bisa langsung bersentuhan dengan laut Pulau Tegal Mas. Duduk-duduk di tepi jembatan juga mengasikkan.

Sebaiknya Anda menyediakan kamera untuk berfoto ria di tempat yang instagenik tersebut. Pastikan Anda mengabadikan momen di Maldivesnya Indonesia. Banyak pula turis yang berkeliaran di sini.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tegal Mas

Fasilitas di Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (kesuma arinandy)

Karena masuk ke dalam jajaran wisata bahari, Pulau Tegal Mas memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang berjalannya pariwisata tersebut. Di antaranya adalah:

1. Penyewaan Alat Snorkeling

Bagi Anda yang ingin melihat keindahan bawah laut pulau ini, tersedia tempat sewa alat snorkeling. Jadi Anda tidak perlu repot-repot bawa peralatan dari rumah. Anda hanya tinggal menyewanya di tempat yang sudah disediakan.

2. Tempat Makan atau Restoran

Setelah menjelajah pulau, perut terasa lapar. Maka Anda pun bisa mengisi perut sejenak di restoran yang ada di Pulau Tegal Mas. Di sini menyajikan aneka menu khas Lampung. Ada pula olahan ikan segar yang menarik untuk dicoba. Tentu saja Anda bisa menikmatinya dengan melihat pemandangan alam sekitar yang memanjakan mata.

3. Toilet

Fasilitas yang tidak boleh ketinggalan dari sebuah tempat wisata adalah adanya toilet umum. Untuk itu di Pulau Tegal Mas juga sudah ada fasilitas berupa toilet untuk wisatawan. Anda bisa menggunakan toilet setelah melakukan aktivitas air seperti diving, snorkeling, berenang, bermain pasir, dan lain sebagainya.

4. Gazebo

Untuk menunjang fasilitas tempat wisata, maka dibangunlah gazebo di beberapa titik. Tempat yang satu ini sengaja dibuat untuk tempat istirahat wisatawan. Sehingga di situlah Anda dapat saling bercengkerama dan melepas penat setelah aktivitas. Anda juga dapat melakukan piknik sederhana di atas gazebo.

Segala tentang Pulau Tegal Mas tentunya membuat Anda semakin tertarik untuk mengunjunginya. Tunggu apalagi, segera rencanakan liburan Anda tahun ini di pulau eksotis ala Maldives di Provinsi Lampung.