Pulau Weh Sabang, Destinasi Wisata Bahari Indah dengan Surga Bawah Lautnya

Pulau Weh Sabang, Destinasi Wisata Bahari Indah dengan Surga Bawah Lautnya
Biaya Wisata: Mulai Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh

Pulau Weh di Sabang memiliki lanskap alam yang begitu menakjubkan. Mulai dari pantai dengan pasir putih, spot snorkeling terbaik, hutan yang rindang, air terjun yang asri, dan masih banyak lagi. Pesona keindahan alamnya yang masih terjaga membuat banyak traveler tertarik untuk mengunjunginya.

Selain alam yang luar biasa indah, pulau di ujung barat Indonesia ini juga menjadi lokasi titik nol kilometer. Bagi wisatawan yang berhasil mencapai titik tersebut tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Wisata pulau ini memang tidak hanya menawarkan pantai dan lautnya saja.

Keragaman budaya hingga kulinernya juga tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi pulau ini. Berbagai infrastruktur dan sarana penunjang wisata terus dibangun. Masyarakat pun tidak sulit untuk mencapai lokasi pulau terluar Indonesia ini, baik dari dalam maupun luar daerah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Weh

Daya Tarik Pulau Weh
Image Credit: Google Maps (Erwin Oscar)

1. Pantai-pantai yang Eksotis

Menjadi salah satu pulau terluar dari Indonesia, Pulau Weh menawarkan sejumlah tempat wisata terbaik. Beberapa tempat wisata yang dapat dijumpai adalah wisata pantai pasir putih. Spot paling populer untuk wisatawan yang datang ke pulau ini adalah Pantai Iboih.

Keindahan pantai berpasir putih dengan air lautnya yang jernih. Tempat ini juga menjadi destinasi incaran bagi para pecinta panorama bawah laut. Keanekaragaman terumbu karang dan kehidupan laut lainnya menjadikan kawasan ini banyak dikunjungi untuk snorkeling maupun diving.

Selain keindahan pantai Iboih, ada beberapa pantai eksotis lainnya yang bisa dikunjungi. Ada pantai dengan garis pantai yang panjang yaitu Pantai Tapak Gajah. Tidak jauh dari pantai tersebut, terdapat Pantai Kasih yang terkenal dengan pantai batu karangnya yang mempesona.

2. Gunung Berapi di Bawah Laut

Pulau Weh juga menjadi spot penyelaman menarik, terutama bagi para traveler yang tertarik dengan gunung api bawah laut. Terdapat sebuah titik penyelaman di sekitar pulau ini yang menjadi lokasi ditemukannya gunung berapi.

Sedikit berbeda dengan area penyelaman lain pada umumnya karena terdapat aktivitas gunung ini. Salah satunya adalah suhu air laut yang lebih hangat dan gelembung udara yang banyak muncul dari celah bebatuan dasar laut. Penyelam bahkan bisa mencium bau sulfur atau belerang pada kedalaman tertentu.

3. Titik Nol Kilometer

Banyak traveler yang berlomba-lomba untuk bisa merasakan pengalaman berada di titik nol kilometer di Pulau weh. Lokasinya berada di kawasan Hutan Wisata Sabang yang menghadap Samudera Hindia.

Titik nol kilometer Indonesia ini merupakan monumen yang dibangun setinggi 22,5 meter. Monumen tersebut menjadi penanda untuk titik paling barat dari wilayah Republik Indonesia.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Weh
Image Credit: Google Maps (Syam Muhammad)

4. Air Terjun Pria Laot yang Mempesona

Sebuah air terjun di sisi selatan pulau ini merupakan hulu dari aliran sungai yang ada di Gunung Sarung Keris. Suasananya masih begitu asri dengan air yang sejuk dan bersih.

5. Situs Peninggalan Jepang

Dibalik keindahan alamnya, ternyata terdapat sebuah situs peninggalan Jepang yang dapat dijumpai di Anoi Itam. Sebuah bungker yang dibuat puluhan tahun silam dan masih kokoh hingga saat ini.

Lokasi bungker Jepang ini berada di sebuah bukit yang menghadap ke Selat Malaka. Turun dari bukit, wisatawan akan menemukan pantai dengan pasir hitam dan bebatuan karang.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Weh

Alamat ke Pulau Weh
Image Credit: Google Maps (Amir Dayyan)

Lokasi pulau dapat dicapai sekitar 30 menit dari Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh. Wisatawan yang akan menyeberang ke Pulau Weh dapat menggunakan fast boat.

Sedangkan untuk penyeberangan menggunakan kapal feri akan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Banda Aceh menuju Kota Sabang. Perjalanan dari Pelabuhan Balohan, Sabang dapat dilanjutkan dengan kendaraan bermotor untuk menjelajah wisata di pulau ini.

Traveler yang tertarik untuk melancong ke pulau eksotis ini dapat memulai perjalanan dari Banda Aceh. Tiket kapal feri untuk menyeberang ke Kota Sabang tarifnya sekitar Rp 25.000,- sekali jalan. Sedangkan penyeberangan dengan fast boat dikenai tarif antara Rp 80.000,- hingga Rp 95.000,- sekali jalan.

Jika Anda ingin berkeliling pulau dengan sepeda motor, tarif penyewaan per harinya sekitar Rp 50.000,- hingga Rp 75.000,-. Wisatawan dapat memasuki area pantai dan tempat-tempat wisata menarik lainnya di pulau ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Weh

Kegiatan Dilakukan di Pulau Weh
Image Credit: Google Maps (Gudang Ilmu)

1. Melihat Tugu Kilometer Nol di Hutan Wisata Sabang

Mengunjungi monumen kilometer nol Indonesia sepertinya menjadi kegiatan wajib bagi para turis yang datang ke Pulau Weh. Sebuah tugu penanda titik terluar dari wilayah Indonesia ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Wisatawan dapat berfoto-foto di sekitar bangunan tugu yang dibangun tinggi menjulang. Di lokasi ini juga, Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan dari laut Samudera Hindia yang terbentang luas. Saat matahari mulai terbenam, pemandangannya akan jauh lebih indah dan mempesona.

2. Menikmati Pemandangan Pantai Iboih

Pantai dengan pasir putih yang eksotis sangat mudah ditemui di Pulau Weh ini. Namun, salah satu yang paling populer dan wajib dikunjungi adalah Pantai Iboih. Pasir pantainya yang halus dapat menjadi tempat para wisatawan untuk bersantai.

Ada beberapa warung makan yang menyediakan kuliner lezat dengan harga terjangkau. Selain itu, penginapan di kawasan pantai ini juga tersedia mulai dari yang biasa hingga resort mewah. Anda bisa bermalam di salah satu penginapan tersebut untuk menikmati pemandangan sunrise di Pantai Iboh pada pagi harinya.

3. Menyelam di Spot Gunung Bawah Berapi Bawah Laut

Keanekaragaman hayati laut memang menjadi alasan utama bagi para penyelam datang ke kawasan ini. Beberapa area laut di sekitar Sabang menawarkan pemandangan bawah laut yang indah. Namun, ada satu yang tidak biasa dan menarik untuk dicoba yaitu spot menyelam gunung api.

Pada kedalaman tertentu, penyelam akan merasakan suhu air laut yang lebih hangat dari pada biasanya. Lokasinya berada di sekitar Teluk Pria Loat dan untuk kedalaman penyelaman biasanya tidak lebih dari 10 meter.

4. Melihat Bungker di Anoi Itam

Sebuah bungker peninggalan masa penjajahan Jepang ditemukan di perbukitan di Pulau Weh Sabang yang berhadapan dengan laut Selat Malaka. Bungker ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler.

Selain menikmati situs sejarah, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari Selat Malaka. Pantai yang berada di kaki bukit ini juga bisa dikunjungi wisatawan. Pantai dengan pasir hitam dan karang. Pengunjung dapat menyaksikan deburan ombak yang cukup besar di kawasan pantai tersebut.

Kegiatan di Pulau Weh
Image Credit: Twitter.com @fitribinradzi

5. Snorkeling

Terdapat belasan titik terbaik untuk wisatawan menikmati pemandangan bawah laut. Tidak jauh dari Pantai Iboih, ada spot snorkeling yang populer di kalangan wisatawan. Tempatnya bisa diakses sekitar 20 menit perjalanan menggunakan perahu motor.

Karang-karang di dasar lautnya masih terjaga dengan baik. Berbagai jenis ikan yang berwarna-warni juga dapat ditemukan di area ini. Biasanya ada pemandu wisata yang akan membantu para pelancong untuk memilih spot terbaik. Selain itu, wisatawan juga akan dibantu agar dapat melakukan snorkeling dengan aman.

6. Menyelam Melihat Bangkai Kapal

Panorama bawah laut di sekitar pulau mungil ini memang sangat beraneka ragam. Selain karang dan berbagai biota lautnya, ada sebuah bangkai kapal yang tenggelam di salah satu perairannya.

Wisatawan dapat melihat langsung sebuah kapal uap yang tenggelam di kedalaman sekitar 14 meter. Lokasi kapal yang tidak terlalu dalam menjadikan spot ini aman untuk penyelam pemula, namun tentunya dengan pendamping.

7. Wisata Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Sabang. Lokasinya berada di sekitar Gunung Sarung Keris atau di sisi selatan Pulau Weh.

Wisatawan akan diajak berpetualang dengan menyeberangi sungai dan melewati hutan untuk sampai di air terjun. Setelah itu, Anda bisa bermain air sepuasnya di kolam air terjun. Selain bermain air, pengunjung juga bisa mencoba sensasi terapi ikan. Kolam di sekitar air terjun ini ditinggali ikan-ikan kecil yang biasa memakan sel-sel kulit mati.

8. Menikmati Gua Sarang yang Eksotis

Destinasi wisata di pulau yang terkenal hingga wisatawan mancanegara adalah Gua Sarang. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis dari gua yang berada di bibir pantai ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan Murah di Sekitar Pulau
Image Credit: Traveloka.com

1. Frededies Santai Sumur Tiga

Penginapan dekat Pulau Weh yang menawarkan suasana tenang dan damai salah satunya adalah Frededies Santai Sumur Tiga. Penginapan ini didirikan di dekat pantai sehingga pemandangan laut bisa dinikmati dari jendela kamar. Fasilitas berupa tempat tidur nyaman, kamar AC, dan lainnya sudah disediakan untuk para tamu.

2. Anoi Itam Resort

Sebuah penginapan dengan pemandangan lautan juga ditawarkan oleh Anoi Itam Resort. Fasilitas untuk para tamu yang menginap antara lain kamar tidur nyaman, AC, kamar mandi dalam, dan TV. Resort ini juga menjadi salah satu penginapan yang memiliki fasilitas kolam renang.

3. Pulau Weh Paradise

Penginapan ini memiliki beberapa kamar yang semuanya menghadap ke laut. Layanan kamar yang profesional dan fasilitas lengkap ditawarkan Pulau Weh Paradise. Tersedia tempat duduk nyaman di masing-masing balkon kamar. Para tamu yang menginap dapat menikmati pemandangan laut dengan lebih santai dari balkon kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Weh Sabang

Fasilitas di Pulau Weh Sabang
Image Credit: Twitter.com @cahaya_tastura

Wisata pulau menjadi salah satu destinasi yang didambakan bagi banyak traveler. Fasilitas di pulau tersebut pun sudah dibangun demi kemudahan dan kenyamanan para wisatawan. Terdapat beberapa pelabuhan yang akan menyambut kedatangan turis dari Banda Aceh.

Fasilitas penyewaan sepeda motor dan mobil juga tersedia untuk memudahkan mobilitas wisatawan. Di beberapa wisata pantai, Anda dapat menemukan penyewaan alat snorkeling dan alat selam seperti baju khusus, sepatu katak, dan kacamata.

Fasilitas umum seperti warung makan juga sudah banyak tersedia di sebagian objek wisata di pulau ini. Beragam kuliner lezat ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa bersantap ria setelah lelah menjelajah tempat-tempat wisata yang ada.

Itulah pesona Pulau Weh di Sabang, Aceh yang menjadi destinasi wisata terbaik di ujung barat Indonesia. Wisatawan dapat menemukan banyak hal mulai dari alam yang indah, budaya, kuliner, dan lain sebagainya yang akan menjadi kenangan tak terlupakan.