Indahnya Puncak Akui, Destinasi Wisata Alam Kekinian di Langkat

Indahnya Puncak Akui, Destinasi Wisata Alam Kekinian di Langkat

Puncak Akui salah satu objek wisata alam yang hits dan kekinian di Langkat, Sumatera Utara. Puncak dengan hamparan hijau nan indah yang mampu memanjakan mata dan berbagai spot foto keren, seperti Rumah Burung, Rumah Hobbit, Ayunan Udara, Balon Udara dan panorama sunset.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Adin Tengah, Kec. Salapian, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Panorama alam yang indah memang menjadi salah satu aspek penting dalam wisata alam. Banyak wisata alam di Indonesia yang terkenal karena landskap pemandangannya yang keindahannya tidak bisa ditemukan di tempat lain, salah satunya ada di Puncak Akui.

Tempat wisata ini merupakan wisata dataran tinggi, sehingga cocok untuk Anda yang ingin melepaskan diri dari kepenatan kota yang berisik. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah akan menjadi kombinasi penawar yang tepat, sehingga bisa membuat Anda lebih rileks dan siap menghadapi hari ke depannya.

Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, berikut adalah berbagai informasi mengenai wisata puncak yang berada di Akui. Dengan mengetahui berbagai fasilitas dan aktivitas yang bisa Anda lakukan disana, maka Anda bisa menikmati liburan Anda lebih maksimal.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Akui

Daya Tarik Puncak Akui
Image Credit: Facebook.com @ichandarhany

1. Pemandangan yang Indah

Puncak ini terdapat dalam gugusan bukit barisan yang terdapat di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Karena merupakan gugusan bukit, panorama khas pegunungan bisa Anda temukan dengan mudah, langsung ketika datang dari pintu utama.

Berbeda dengan wilayah dataran rendah lainnya di Sumatera Utara, karena berada di dataran tinggi udaranya jauh lebih sejuk dan dingin. Untuk itu, Anda yang datang di pagi atau sore hari disarankan menggunakan pakaian yang tebal dan hangat untuk melindungi diri di Puncak Akui.

2. Tempat Istirahat yang Nyaman

Area dengan pemandangan yang indah saja tidak akan lengkap jika tidak memiliki tempat istirahat yang nyaman, yang bisa dijangkau dan digunakan oleh pengunjung. Untuk puncak ini, tersedia banyak gazebo dan bangku yang bisa digunakan pengunjung untuk sekedar duduk dan melepas lelah.

Gazebo dan tempat duduk yang ada ditata sedemikian rupa, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan lebih leluasa. Apalagi jika Anda merupakan orang yang senang berbagi aktivitas yang sedang dilakukan di media sosial, bangku dan gazebonya telah dihias sedemikian rupa, sehingga cantik jika diunggah di medsos.

3. Tempat Camping yang Bersih

Selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga digunakan sebagai area camping dan aktivitas luar ruangan. Ini karena lahannya yang luas dan tidak banyak tanaman perdu yang mengganggu proses pendirian tenda atau kegiatan yang hendak dilakukan.

Untuk mendirikan tenda di Puncak Akui, Anda hanya perlu meminta izin kepada pengelola untuk bermalam, jangan lupa mengatakan berapa lama Anda akan bermalam. Apabila Anda tidak memiliki tenda, Anda bisa langsung menyewanya di tempat penyewaan yang sudah disediakan.

Daya Tarik dari Puncak Akui
Image Credit: Facebook.com @diecky.ck

4. Spot Foto yang Menarik

Agar bisa menarik perhatian banyak pengujung, sudah tersedia berbagai pernak-pernik yang membuat pemandangan di sekitar puncak ini menjadi lebih menarik. Misalnya dengan membuat rumah burung, yang bisa menjadi tempat selfie kekinian kesukaan anak muda.

Selain rumah burung, Anda juga bisa menemukan rumah hobbit, perahu dan balon udara yang ditata di dekatnya. Jika ingin mengunggah foto liburan dengan beragam landskap yang menarik, maka berkunjung ke tempat wisata ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

5. Ayunan Udara Pemacu Adrenalin

Selain spot yang digunakan untuk melakukan selfie, Anda yang menyukai tantangan dan adrenalin bisa langsung bermain ayunan udara yang disediakan oleh pengelola kepada pengunjung. Ayunan tersebut akan melewati jurang yang ada di sekitar puncak dan membuat Anda bisa melihat pemandangan dari sudut yang berbeda.

Untuk menggunakan ayunan tersebut, tentunya Anda harus mengeluarkan budget khusus selain budget tiket masuk yang sebelumnya sudah Anda bayarkan. Namun harganya cukup terjangkau, sehingga tidak akan menguras dompet yang Anda gunakan untuk berlibur.

6. Spot Melihat Matahari Terbenam

Karena merupakan perbukitan, ia menjadi tempat yang tepat untuk melihat terbenam dan terbitnya matahari. Banyak orang yang datang ke Puncak Akui hanya untuk menyaksikan momen tersebut, sehingga mereka datang di pagi hari atau siang menjelang sore.

Untuk menikmati matahari terbit dan terbenam, Anda bisa duduk di dekat ujung perbukitan agar bisa melihat matahari dengan lebih jelas. Mengajak teman dan keluarga untuk menyaksikannya bisa menjadi salah satu aktivitas liburan yang bisa Anda agendakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Puncak Akui

Alamat Puncak Akui
Image Credit: Google Maps (R Ryanto)

Destinasi wisata ini terletak di Sumatera Utara, tepatnya berada di Kabupaten Langkat. Lokasi rincinya adalah dataran tinggi yang terdapat di Desa Adin Tengah, yang ada di Kecamatan Salapian. Dari lokasi tersebut, bisa dipastikan tidak begitu jauh dari daerah perkotaan.

Selain dikenal dengan nama Akui, ia juga sering disebut sebaga The Yo’s Hill berdasarkan dialek lokal. Untuk menuju destinasi wisata ini, Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa agar bisa sampai di lokasi tanpa perlu waktu yang lama, apalagi tidak ada kendaraan umum yang beroperasi sampai di dekat tempat wisata ini.

Puncak Akui bisa Anda tempuh dari Medan, dengan menggunakan rute menuju kota Binjai, kota yang letaknya tidak jauh dari Medan. Dari medan, Anda bisa menuju ke Desa Telagah, kemudian menuju Dusun Perteguhen. Dari dusun tersebut, akan ada papan palang yang mununjukan lokasi tempat wisata ini.

Apabila Anda berangkat dari Medan, maka waktu estimasi tempuhnya adalah empat sampai lima jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Kurang lebih jaraknya hanya 40 kilometer dari pusat kota Medan, sehingga Anda tidak perlu waktu lama untuk bisa sampai kesana.

Harga Tiket Masuk Wisata Puncak Akui Langkat

Harga Tiket Puncak Akui
Image Credit: Instagram.com @wisata_sekitar_langkat

Ketika berkunjung ke tempat wisata ini, dalam perjalanannya saja Anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Karena itu, wajar jika masyarakat sekitar dan pengelolanya membanderol harga tiket masuk untuk menjaga kerapian dan proses rawat tempat wisata ini.

Jangan khawatir dengan tiket masuknya, Anda cukup membayar 15 ribu rupiah saja untuk satu orang, maka Anda sudah bisa masuk dan menikmati keindahan yang ada di puncak bebukitan ini. Berbagai spot selfie yang tersedia di dalamnya juga bisa Anda gunakan sebagai tempat foto tanpa khawatir biaya tambahan.

Untuk Anda yang hendak berkemah, Anda cukup membayar biaya sebesar 25 ribu rupiah saja untuk satu malamnya. Di Puncak Akui harga tersebut sudah termasuk fasilitas air bersih yang bisa didapatkan dengan mudah oleh pengunjung yang melakukan camping.

Jangan lupa, ketika berkunjung dan kemah disana, pengunjung diharapkan menjaga kebersihan dengan baik. Caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pengrusakan disana, baik pada fasilitas yang ada maupun pada alam yang ada di sekitarnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puncak Akui

Kegiatan di Puncak Akui
Image Credit: Instagram.com @ayuhandari1498_

1. Menikmati Pemandangan Alam

Seperti yang telah ditekankan sebelumnya, tempat ini terkenal karena miliki pemandangan yang indah dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Anda bisa duduk disana dan menikmati pemandangan yang indah, semabri menikmati udara yang sejuk.

Jika suasana terlalu dingin, Anda bisa mengenakan pakaian hangat agar suhu tubuh tetap stabil. Apabila Anda hanya ingin menikmati pemandangan, maka Anda disarankan untuk datang ketika musim kemarau, sebab pemandangan yang didapatkan jauh lebih baik.

2. Selfie

Dengan banyaknya tambahan pernak-pernik yang disediakan di Puncak Akui, maka Anda bisa melakukan selfie di rumah-rumah dan bangunan yang ada di sekitarnya. Untuk melakukan selfie, Anda tidak akan dipungut biaya, jadi Anda tidak perlu khawatir jika hendak berfoto dalam waktu lama.

Kegiatan Puncak Akui
Image Credit: Instagram.com @siska_chiko95

3. Berkemah

Selanjutnya adalah berkemah karena puncak bebukitan ini menyediakan pemandangan yang indah dan landskap yang cukup luas. Permukaan tanahnya juga rata, sehingga membuat Anda lebih mudah dalam mendirikan tenda.

Proses berkemah di tempat wisata ini makin asik jika dilakukan bersama dengan rombongan, namun banyak pula yang datang sendirian ke tempat wisata ini untuk berkemah. Jika hendak berkemah, jangan lupa untuk melihat matahari terbit yang akan menjadi atraksi menarik di pagi hari.

4. Menikmati Sunset

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah melihat sunser, yang biasanya akan hadir di penghujung senja. Sunset yang ada di bukit-bukit sekitar puncak sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, terutama jika Anda menyukai momen-monen tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Puncak Akui Langkat

Fasilitas Puncak Akui
Image Credit: Google Maps (R Ryanto)

Di Puncak Akui, fasilitas yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, misalnya kamar mandi dan mushola. Tersedia pula tempat makan kecil yang bisa Anda gunakan untuk menikmati makanan ringan dan hangat yang dikelola langsung oleh masyarakat.

Tempat parkir juga tersedia, dengan budget murah untuk biaya penitipannya. Namun untuk Anda yang datang dari jauh dan hendak bermalam, tidak ada penginapan yang bisa Anda temukan di sekitar tempat wisata ini, kecuali Anda memang berniat untuk berkemah.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup sederhana, apalagi pengelola hanyalah warga sekitar dari puncak dan bukit Akui. Namun fasilitas tersebut sudah menjadi lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar wisatawan yang datang berkunjung ke Puncak Akui.