Puncak Bukit Jalin, Spot Foto Keren dengan View Alam yang Memukau di Aceh

Puncak Bukit Jalin, Spot Foto Keren dengan View Alam yang Memukau di Aceh
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suka Tani, Kec. Kota Jantho, Kab. Aceh Besar, Aceh.

Pergi berlibur ke alam terbuka memang merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Terutama bagi Anda yang memang suka berlibur di alam bebas. Salah satu tempat wisata yang sangat disarankan untuk Anda kunjungi saat berada di Aceh Besar yaitu sebuah bukit yang sangat indah.

Objek wisata tersebut bernama Puncak Bukit Jalin. Pemandangan yang ditawarkan di destinasi yang terletak di Provinsi Aceh tersebut mampu membuat banyak wisatawan berkunjung ke sana. Lokasi tepatnya yaitu berada di Kota Jantho yang mana di sini kota tersebut merupakan ibukota dari Aceh Besar.

Panorama bukit yang dihiasi pepohonan dan rumput hijau akan membuat pemandangan tampak begitu segar di mata Anda. Untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai tempat tersebut, maka berikut ulasan lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Bukit Jalin

Daya Tarik Puncak Bukit Jalin
Image Credit: Google Maps Ahmad Fadhil I

1. Pemandangan Bukit yang Indah

Puncak Bukit Jalin memiliki pemandangan yang begitu indah. Pemandangan itulah yang menjadi daya tarik utama sehingga mampu membuat para wisatawan sudi berkunjung ke tempat tersebut.

Lanskap bukit hijau yang tampak begitu elok, ditumbuhi dengan pohon menjulang tinggi ditambah rumput ilalang, membuat kawasan bukit ini tampak begitu menyegarkan mata. Anda yang berkunjung ke bukit ini akan dibuat terpukau oleh pemandangan tersebut.

2. Panorama Sungai Deras

Daya tarik selanjutnya yang juga ditawarkan oleh tempat wisata Bukit Jalin yaitu panorama sungai dengan airnya yang mengalir deras. Di bukit inilah nantinya Anda bisa melihat sungai tersebut.

Air yang dimiliki jernih dan memiliki aliran yang begitu kencang, sehingga tampak indah saat Anda saksikan dari puncak bukit. Letaknya pun juga tidak terlalu jauh dari lokasi Bukit.

3. Tempat Peninggalan Gerakan Aceh Merdeka

Perlu Anda ketahui, perbukitan ini dulunya merupakan tempat berkumpul pasukan Gerakan Aceh Merdeka ketika masa konflik terjadi dan melanda Provinsi Aceh. Tempat ini menjadi salah satu basecamp yang digunakan oleh para pasukan pemberontak tersebut.

Di sinilah pasukan GAM berlatih perang untuk melawan Tentara Republik Indonesia. Dan setelah perjanjian damai antara GAM dan RI dilakukan, maka bukit ini pun akhirnya mulai berubah fungsi jadi destinasi wisata yang cukup favorit dan menarik untuk dikunjungi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi.

Alamat Puncak Bukit Jalin
Image Credit: Instagram Haris Gcg

Bagi Anda yang saat ini tengah berencana untuk berlibur ke Puncak Bukit Jalin, maka Anda bisa langsung meluncur ke Aceh Besar. Ketika Anda menuju ke tempat ini, maka Anda akan mulai di sambut pemandangan hijau yang terlihat seperti permadani raksasa.

Oleh karena keindahan alam yang disuguhkan itulah banyak wisatawan pun berbondong-bondong datang ke bukit ini. Untuk bisa mencapai area wisata, maka Anda memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam. Jika berangkat dari Banda dan telah sampai di Simpang Jantho, maka selanjutnya Anda bisa menuju arah gerbang masuk ke Kota Jantho.

Selanjutnya dari Simpang Jantho, untuk menuju ke pusat kota sendiri jarak yang harus Anda tempuh kurang lebih 10 km. Setelah Anda bisa terus berkendara lurus hingga akhirnya tiba di persimpangan. Di area tengah persimpangan terdapat tulisan Puncak Jantho, serta terdapat tanda panah yang menunjuk ke kiri.

Disini Anda perlu mengikuti petunjuk untuk belok ke arah kiri agar bisa mencapai Puncak Bukit Jalin. Anda bisa mengikuti jalan tersebut hingga akhirnya melewati perumahan milik warga sekitar. Jalan yang ada disana lumayan bagus dan hanya terdapat sedikit lubang.

Pemandangan yang bisa Anda temukan selama berada di dalam perjalanan tentu akan membuat mata Anda terpana oleh keindahan alam tanah Aceh. Ketika Anda telah sampai di daerah persimpangan yang menurun, maka Anda bisa berbelok ke arah kanan. Tidak perlu takut tersesat, karena terdapat petunjuk arah yang jelas di sekitar tempat tersebut.

Setelah itu Anda tinggal lurus mengikuti jalan. Setelah beberapa lama Anda akan dibawa ke tempat tujuan. Saat Anda telah cukup dekat dengan area wisata, nantinya jalanan aspal pun akan berubah jadi jalanan yang berbatu. Sebelum Anda memasuki kawasan bukit, maka terdapat petugas yang akan meminta retribusi di sebelah kiri jalan.

Selanjutnya Anda tinggal lurus sampai akhirnya tiba di jembatan, kemudian belok ke arah kiri untuk memarkir kendaraan di sana. Nantinya akan terdapat petugas yang mengatur area parkir. Terdapat pula para penjaja yang menjual minuman serta makanan bagi Anda yang merasa haus.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Puncak Bukit Jalin
Image Credit: Instagram Haris Gcg

Untuk bisa mengunjungi destinasi wisata berupa Puncak Bukit Jalin yang begitu indah ini, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Berkunjung ke tempat ini saat akhir pekan, Anda akan mendapati banyak sekali pengunjung yang berada di sana.

Pendaki yang mulai kelelahan akan bisa langsung menyegarkan tubuh mereka di sungai tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Karena itulah bukit cantik ini termasuk dalam salah satu tempat wisata yang murah meriah.

Namun bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, maka nantinya akan dipungut biaya parkir. Untuk parkir mobil biaya yang dipatok oleh petugas yaitu sebesar Rp 10.000. Sedangkan untuk parkir sepeda motor yaitu sebesar Rp 5.000. Tentunya harga tersebut terbilang sangat terjangkau.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Jalin

Kegiatan Menarik Bukit Jalin
Image Credit: Google Maps Fredo Pastrana

1. Arung Jeram

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berada di Puncak Bukit Jalin. Salah satu aktivitas tersebut yaitu arung jeram. Tempat wisata ini memang sangatlah cocok untuk dilakukan aktivitas arung jeram. Terutama bagi Anda yang masih pemula.

Air sungai memang cukup dangkal dan riaknya terbilang cukup tenang. Selain sangat cocok digunakan untuk arung jeram bagi para pemula, di tempat ini pulalah Anda juga bisa berenang, bermain air dan juga melakukan camping bersama dengan keluarga, teman ataupun pasangan Anda.

Pesona alam yang disuguhkan oleh bukit akan membuat liburan Anda jadi semakin berkesan. Kerumunan pohon yang berada di balik perbukitan tersebut menambah daya tarik, sehingga jangan sampai dilewatkan.

2. Traveling

Untuk Anda yang hobi melakukan traveling atau jalan-jalan dan juga menyukai tantangan, maka Puncak Bukit Jalin ini merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan bagi Anda. Lokasi wisata tersebut sangatlah menawan dan berada di Desa Jalin.

Ketika Anda berangkat dari Banda Aceh, maka dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk dapat menikmati keindahan dari puncak bukit tersebut. Anda perlu melalui jalanan setapak, serta mendaki perbukitan selama kurang lebih setengah jam lamanya.

Sekalipun ini tampak sedikit melelahkan, tapi pendakian menuju ke area puncak bukit tersebut akan terbayar ketika Anda telah sampai di atas. Pemandangan yang begitu indah telah menunggu Anda di sana.

Setelah nantinya turun dari puncak bukit, maka biasanya pengunjung akan mulai menikmati keindahan sungai yang terdapat di kaki bukit. Hamparan sungai yang begitu luas, serta airnya yang sangat jernih mengalir deras, tentu terasa begitu sejuk dan segar.

Letak dari sungai itu sendiri berada tidak terlalu jauh dari area parkir kendaraan. Di sungai tersebutlah nantinya Anda bisa melakukan kegiatan berendam, mandi atau sekedar bermain air untuk menyegarkan badan setelah lelah mendaki bukit.

Kegiatan Menarik di Bukit Jalin
Image Credit: Google Maps Geografi Kreatif

3. Bersantai

Aktivitas selanjutnya ketika Anda berlibur di Puncak Bukit Jalin yaitu bersantai. Anda bisa sekedar bersantai duduk di kaki bukit serta memandang puncak gunung dipadu langit yang tampak biru. Dengan begitu Anda akan merasakan kedamaian yang begitu hakiki.

Atau Anda pun juga bisa sekedar duduk di atas puncak bukit sambil lalu melihat pemandangan Aceh Besar dari ketinggian. Udara yang begitu sejuk dan segar akan membuat pikiran Anda jadi lebih tenang.

Karena itu, bagi Anda yang tengah merasa penat oleh karena aktivitas kerja sehari-hari dan membutuhkan tempat untuk menenangkan diri, maka bukit inilah salah satu tempat yang cocok untuk Anda kunjungi.

4. Berburu Foto

Tentunya berkunjung ke Bukit Jalin tidak akan terasa lengkap jika Anda tidak berburu foto. Ada banyak sekali spot foto menarik dan instagramable yang bisa Anda temukan di tempat tersebut. Berswa foto di atas ketinggian bukit dengan latar alam yang begitu exotic akan menciptakan gambar yang tentunya sangat menarik.

Karena itu, Anda jangan sampai lupa membawa kamera atau Anda pun juga bisa menggunakan kamera hp. Dan pastikan baterai hp Anda terisi penuh, supaya momen-momen ketika berada di tempat tersebut bisa Anda abadikan melalui foto ataupun video

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Bukit Jalin
Image Credit: Instagram Yonif 117 Ksatria Yudha

Fasilitas yang bisa ditemukan di tempat wisata ini memang tidak selengkap tempat wisata lainnya. Namun, setidaknya pihak pengelola sudah menyiapkan fasilitas umum yang wajib ada di sebuah tempat wisata.

Anda bisa menemukan warung makan, namun tidak di area puncak bukit, melainkan di pos pemberhentian. Di sana pun juga telah tersedia kamar mandi dan toilet yang bisa digunakan pengunjung.

Itulah ulasan lengkap mengenai Puncak Bukit Jalin di Aceh Besar yang perlu Anda ketahui. Dengan membaca ulasan lengkap terkait daya tarik, alamat, harga tiket dan lain sebagainya, maka disini Anda telah memiliki informasi yang cukup saat ingin menuju ke bukit tersebut ketika liburan tiba.