Puncak Gagoan, Panorama Alam yang Menakjubkan di Solok

Puncak Gagoan salah satu objek wisata alam di Solok, Sumatera Barat yang menyuguhkan pemandangan nan indah tersembunyi di balik Pegunungan Bukit Barisan yang hijau dan menantang untuk dijelajahi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paninggahan, Kec. Junjung Sirih, Kab. Solok, Sumatera Barat.

Bagi Anda yang sudah biasa travelling, pastinya tahu bahwa Provinsi Sumatera Barat memiliki banyak sekali tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang patut untuk Anda kunjungi di Provinsi Sumatera Barat yaitu Puncak Gagoan.

Tempat wisata ini cukup populer dan sempat viral di tahun 2015 karena keindahan alam yang ditawarkan olehnya. Anda dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian puncak yang cukup curam ini.

Objek wisata ini menjadi salah satu tempat yang diburu oleh para wisatawan saat berada di Provinsi Sumatera Barat. Di media sosial Anda mungkin akan melihat banyak sekali foto-foto yang beredar yang menampilkan keindahan alam Puncak Gagoan. Jika melihat dan datang langsung ke tempat ini, maka Anda akan melihat pemandangan alam yang jauh lebih indah dari apa yang Anda bayangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Gagoan

Daya Tarik Puncak Gagoan
Image Credit: Instagram.com @andyadam.photography

1. Diapit oleh Dua Bukit

Puncak Gagoan merupakan sebuah puncak yang diapit oleh dua bukit besar dan juga dibatasi oleh sebuah sungai dengan airnya yang sangat jernih. Di tempat ini Anda akan menemukan pipa PDAM yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air minum.

Hal itu dikarenakan air yang dimiliki oleh sungai yang membatasi puncak ini memang sangatlah jernih dan bersih. Keindahan alam yang tersaji sangatlah eksotik, itu yang membuatnya semakin terkenal. Selain itu, untuk menuju tempat ini juga sangatlah mudah. Banyak keistimewaan yang bisa didapat saat Anda memutuskan untuk berkunjung ke Puncak Gagoan.

2. Keindahan Alam yang Mempesona

Panorama alam yang dimiliki oleh puncak ini seperti layaknya sebuah gambar mahakarya sang maha kuasa yang dapat Anda nikmati. Dalam perjalanannya menuju ke tempat ini, Anda akan disajikan pemandangan bukit barisan dengan warnanya yang hijau.

3. Terdapat Padang Ilalang

Ilalang yang ada di sekitar bukit juga akan semakin menambah pemandangan tempat tersebut. Padang ilalang tersebut berada tepatnya di kawasan bukit sandiang gagoan.

Daya Tarik Puncak Gagoan Solok
Image Credit: Instagram.com @wanda_alfatah

Jika Anda berdiri di Puncak Gagoan, maka Anda akan melihat landscape danau Singkarak, hutan hutan yang lebat dengan tumbuhannya yang rapat serta padang ilalang yang tumbuh begitu subur.

BACA JUGA:  10 Restoran dan Tempat Makan di Sawahlunto yang Paling Enak

4. Pesona Tebing-Tebing yang Indah

Saat berada di puncak ini, Anda akan menemukan pemandangan berupa tebing-tebing yang curam dengan jurangnya yang begitu menarik untuk dilihat. Banyak sekali spot foto yang bisa Anda temukan di tempat ini.

Posisi wisata yang berada di dataran tinggi membuatnya memiliki bebatuan tebing yang amat cadas dengan kemiringan yang sangat curam. Hal tersebut sesuai dengan nama yang diberikan yaitu gagoan. Yang berarti takut ketinggian atau gamang berasal dari kata gagoan.

5. View Gunung Marapi dan Sago

Dari Puncak Gagoan Anda akan melihat pemandangan Gunung Marapi dan Gunung Sago yang tampak begitu kokoh dan gagah. Di kalangan masyarakat sekitar tempat ini juga dikenal dengan sebutan Sandiang Gagoan. Puncak ini memang memiliki panorama alam yang akan membuat mata Anda takjub.

Selain itu di sini Anda juga dapat memacu adrenalin. Oleh sebab itu banyak sekali wisatawan-wisatawan utamanya dari generasi milenial yang mencoba untuk datang ke tempat ini. Selain karena dapat memacu adrenalin tempat ini juga sangat Instagramable.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Puncak Gagoan

Alamat Puncak Gagoan
Image Credit: Instagram.com @fadli_ferianda

Wisata ini berada di provinsi Sumatera barat tepatnya di Paninggahan, Solok. Berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Solok. Tapi jika Anda berangkat dari pusat kota Padang maka puncak gagoan ini berjarak kurang lebih 78 KM jauhnya.

Akses menuju lokasi wisata ini cukuplah mudah untuk dilalui, sehingga Anda bisa datang ke tempat ini menggunakan kendaraan roda dua ataupun menggunakan kendaraan roda empat.

Perjalanan untuk bisa sampai ke wisata Puncak Gagoan memang cukup memakan waktu. Akses jalan di tempat ini hanyalah satu, meskipun terbilang mudah namun Anda lebih disarankan menggunakan kendaraan roda dua saja. Karena perjalanannya menuju ke dataran tinggi maka sebaiknya Anda harus lebih berkonsentrasi dalam berkendara, tentunya juga lebih berhati-hati.

Karena memang jalur yang akan Anda lalui cukuplah ekstrem terlebih saat Anda dalam perjalanan untuk turun, karena Anda akan berkendara menyusuri jalanan yang memiliki jurang. Pastikan kondisi kendaraan yang Anda gunakan cukup sehat seperti misalnya rem yang benar-benar berfungsi, mesin serta hal-hal lain seperti contohnya bahan bakar yang cukup.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Sijunjung yang Paling Enak

Pastikan kondisi tubuh Anda benar-benar cukup fit untuk datang ke tempat ini. Jangan lupa untuk membawa jaket serta topi untuk melindungi Anda dari terik matahari. Pastikan juga Anda telah menyiapkan mantal terlebih dulu jika Anda datang ke tempat ini saat musim penghujan.

Anda bisa menggunakan rute melalui Pasar Sumani untuk bisa menuju ke lokasi wisata Puncak Gagoan. Setelah itu Anda akan berjalan menempuh jarak sekitar 7 KM dengan waktu tempuh kurang lebih selama 30 menit.

Tidak seperti tempat wisata lain yang memiliki tarif tiket pasti, di wisata Puncak Gagoan Anda akan dikenakan tari seikhlasnya. Jadi nantinya terserah Anda ingin memberikan uang berapapun selama Anda masih ikhlas memberikannya.

Namun, untuk kendaraan akan dikenakan biaya khusus sebagai biaya parkir. Untuk biaya parkir motor biasanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 sedangkan jika Anda datang menggunakan kendaraan roda empat maka Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000. Tentunya hal tersebut terbilang sangat murah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Gagoan

Aktivitas di Puncak Gagoan
Image Credit: Instagram.com @dayyou_

1. Bersantai Menikmati Panorama Alam

Anda bisa datang ke tempat ini untuk sekedar rileks dan bersantai dari aktivitas Anda selama sepekan terakhir. Menikmati panorama alam dengan anginnya yang begitu segar dan sejuk sehingga Anda dapat dimanjakan untuk sejenak. Berada di sekitaran puncak sambil duduk melihat pemandangan akan membuat Anda benar-benar dapat bersantai dan menjernihkan pikiran Anda.

Panorama yang ditawarkan oleh puncak gagoan selalu sukses membuat para pengunjung puas. Seperti para wisatawan yang lain yang pernah datang ke tempat ini, Anda tidak akan dikecewakan. Angin yang berhembus di tempat ini sangatlah jernih dan bersih, Anda tidak akan menemukan udara penuh polusi seperti halnya udara di kota-kota besar.

Saat Anda telah sampai di puncak bukit, Anda juga bisa menyaksikan bebatuan karang yang curam dengan warnanya yang putih indah. Segala hiruk-pikuk kota akan segera hilang saat Anda berada di tempat ini. Datanglah ke puncak eksotis ini, maka pikiran Anda yang penat akan dibuat rileks dalam sekejap mata.

2. Fotografi

Bagi Anda para pecinta seni fotografi maka datang ke puncak gagoan merupakan ide yang sangat brilian. Panorama alam yang ditawarkan akan menjadi objek yang begitu indah bagi fotografi Anda. Tentunya panorama panorama tersebut wajib Anda abadikan. Banyak sekali tempat-tempat yang amat Instagramable yang dapat Anda jadikan sebagai spot foto.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Sawahlunto yang Paling Populer

Pemandangan Danau Singkarak serta tebing-tebing bebatuan dengan pepohonannya yang rimbun dan hijau, akan menjadi spot menarik bagi Anda. Suasana tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan utamanya bagi para fotografer untuk datang ke tempat ini.

Bagi Anda yang menginginkan spot foto yang jauh lebih menarik maka Anda bisa datang ke padang ilalang yang rimbun. Untuk mencapai tempat ini maka Anda perlu menyusuri dinding-dinding bukit.

Hal tersebut membutuhkan usaha yang lebih keras karena memang dinding tersebut memiliki kemiringan yang cukup curam. Namun setelah Anda sampai di padang ilalang maka Anda akan menemukan video yang sangat pas bagi objek fotografi Anda.

3. Camping

Anda yang suka sekali berkemah maka tidak ada salahnya untuk berkemah di tempat tersebut. Terdapat tempat datar yang akan Anda temui di puncak bukit. Tempat tersebut umumnya digunakan para wisatawan yang ingin berkemah untuk membangun tenda mereka.

Dengan berkemah di tempat ini Anda akan bisa merasakan sejuknya suasana saat menjelang pagi. Selain itu Anda juga bisa melihat suasana matahari terbit serta matahari tenggelam yang tentunya akan menambah keindahan tempat ini. Jika Anda memutuskan untuk berkemah maka pastikan Anda tidak datang saat musim penghujan.

Karena tentunya Anda tidak ingin kegiatan kemah Anda diganggu oleh turunnya hujan yang deras, sehingga yang bisa dilakukan nantinya hanyalah berdiam diri di dalam tenda. Anda perlu membawa bekal makanan yang cukup, sehingga Anda tidak akan kelaparan saat memutuskan untuk camping di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Puncak Gagoan Solok

Fasilitas di Puncak Gagoan Solok
Image Credit: Instagram.com @indra.arts

Tempat wisata ini belum banyak dikelola secara profesional, oleh karena itu fasilitas yang tersedia di tempat ini juga sangatlah terbatas. Mungkin Anda hanya akan menemukan petunjuk-petunjuk jalan agar Anda tidak tersesat nantinya.

Itulah ulasan singkat mengenai wisata Puncak Gagoan, jika Anda kebetulan berkunjung ke Solok, Sumatera Barat maka sempatkanlah waktu Anda untuk datang ke puncak yang menakjubkan ini karena dijamin Anda tidak akan kecewa.