Puncak Geurutee, Spot Terbaik Menikmati Indahnya Panorama Laut di Aceh Jaya

Puncak Geurutee, Spot Terbaik Menikmati Indahnya Panorama Laut di Aceh Jaya
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Meulaboh Banda Aceh, Babah Ie, Kec. Jaya, Kab. Aceh Jaya, Aceh.

Puncak Geurutee adalah tempat rekreasi yang masih bernuansa alam karena dikelilingi beribu panorama. Ketika berada di atas Puncak para tamu dapat melihat gunung yang dilengkapi bukit. Bahkan banyak pohon yang berjejer rapi serta menghasilkan udara sejuk. Pelancong yang datang dijamin terkesima karena keindahan wisata masih jarang.

Ketika berkeliling Anda akan menemukan pemandangan berupa samudera. Selain itu gulungan ombak Pantai terlihat jelas dari arah Puncak. Hal ini membuat pengunjung tidak pernah bosan meskipun datang mulai pagi sampai sore. Biasanya disana juga sering dipakai sebagai spot menikmati sunrise dan sunset sambil memilih tempat duduk sesuka hati Kab. Aceh Jaya.

Selama menghabiskan waktu di kawasan, wisatawan harus memotret keindahan yang memanjakan mata. Siapkan kamera untuk memperoleh gambar terbaik di Puncak Geurutee. Anda juga boleh melakukan kegiatan lain yang membuat liburan terasa lebih seru.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Geurutee

Daya Tarik Puncak Geurutee Aceh Jaya
Photo by Google Maps Malik Ibrahim

1. Spot Menawan

Setiap kawasan Puncak Geurutee yang menyuguhkan spot foto estetik banyak dipakai sebagai tempat yang menjepret foto. Ketika berada di Puncak tamu bisa menjepret semua panorama memakai kamera digital. Hasil potretan foto akan tampak seperti lukisan. Pelancong dapat berpose di setiap tempat yang ditawarkan pada Puncak cantik ini.

Sinar matahari yang mengarah ke ombak serta samudera akan menghasilkan warna yang cukup kontras. Hal tersebut sering membuat traveller terpanah karena kecantikan masih sangat jarang ditemukan. Anda perlu berkeliling di setiap sudut dan menikmati keindahan alam yang menawan. Selain itu potret gambar sebagai koleksi foto yang terlihat unik.

2. Panorama Indah

Puncak Geurutee nan indah ini dikelilingi panorama yang mampu membuat wisata semakin asri. Disana terlihat pegunungan yang menjulang dan tampak jelas saat dilihat langsung. Bahkan pada sudut lain terdapat Pantai dengan hamparan pasir putih. Biasanya wisatawan sering mampir ke Pantai untuk sekedar merasakan air jernih yang terasa segar.

Jalan yang ada di sekitar Puncak dilengkapi dengan hamparan rumput bercorak hijau. Anda tentu bisa duduk atau berpiknik di area rumput sambil menghirup udara sejuk. Tak hanya itu, wisatawan bisa pula berjelajah dengan kerabat dalam menyusuri semua pemandangan. Sehingga liburan ke Puncak tidak akan membuat kegiatan Anda membosankan.

3. Tempat Menenangkan

Para tamu tidak hanya dapat menikmati pesona alam yang ditawarkan saja. Tetapi area Puncak Geurutee menawarkan resto yang menjual aneka camilan, makanan berat, hingga minuman. Apalagi tempat makan itu menghadap ke Pantai dengan jejeran kursi yang nyaman. Pengunjung juga bisa memilih duduk dan makan di hamparan rumput.

Kesejukan kawasan mampu membuat pelancong semakin betah selama menikmati kuliner. Bahkan sebagian orang ada yang memilih bersinggah di gazebo untuk makan camilan sambil melepas penat. Liburan menjadi lebih seru karena banyak spot yang dapat dipilih oleh pengunjung. Maka dari itu, sempatkan berlibur ke Puncak ini ketika akhir pekan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Geurutee Aceh Jaya
Photo by Google Maps Vincentius Siregar

Puncak Geurutee berlokasi di Jalan Raya Meulaboh, Banda Aceh. Lokasi wisata itu masih termasuk jauh saat dijangkau dari pusat kota Aceh. Traveller perlu estimasi waktu sekitar 1,5 jam ketika berangkat dari kota itu. Namun, aspal yang sudah diperbaiki membuat para tamu senang saat berkendara menuju Puncak cantik itu dari arah manapun.

Pengunjung dapat melintas dari Jalan Cut Nyak Dhien sampai ke Jalan Banda Aceh Calang. Kemudian Anda harus sampai ke area Jalan Lintas Sumatera yang terlihat cukup ramai. Jika sudah berada di daerah ini pelancong bisa mengarah ke Jalan Meulaboh dengan menempuh jarak beberapa kilo meter saja. Nikmati perjalanan dengan melihat bukit dan kebun warga.

Papan petunjuk tampak disediakan secara khusus untuk semua orang yang akan melakukan kunjungan. Titik lokasi tidak sulit dijumpai karena Anda bisa melihat rute jalan dari papan tersebut. Bahkan biasanya google maps menjadi pilihan kemudahan untuk menuju kawasan Puncak. Jadi selama berkendara Anda tidak tersasar meskipun belum pernah datang kesana.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Puncak Geurutee Aceh Jaya
Photo by Google Maps Farid Unix

Puncak Geurutee menawarkan destinasi secara gratis karena tidak ada penjualan tiket. Wisata alam itu buka setiap hari dan selalu ramai pada akhir pekan. Banyak orang yang mengajak rombongan keluarga karena harga termasuk murah. Apalagi lahan yang disediakan terlihat luas, Anda yang datang tentu tidak membutuhkan biaya banyak.

Budget yang harus dikeluarkan hanya untuk tiket karcis kendaraan pribadi. Harga Rp 5.000 khusus sepeda motor dan Rp 10.000 untuk jenis mobil. Semua traveller boleh menitipkan kendaraan karena biaya tergolong sangat murah serta dijamin aman. Selain itu lahan parkir berada di bagian depan dekat pintu jadi kendaraan tidak akan hilang selama dititipkan.

Jika ingin menikmati makanan di resto Anda tidak perlu khawatir karena harga menu sangat murah. Rasa yang enak tentu sebanding dengan penawaran harga yang ramah di kantong. Namun, pengunjung boleh membawa bekal makanan jika ingin piknik. Sehingga datang ke Puncak indah tersebut tidak akan membuat kantong kering karena biaya termasuk murah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puncak Geurutee

Aktivitas Puncak Geurutee Aceh Jaya
Photo by Google Maps Muhammad Nasai

1. Melihat Pemandangan

Puncak Geurutee yang menyuguhkan panorama berupa ombak Pantai serta samudera sangat menarik untuk dilihat. Semua pemandangan bertema alam dapat dinikmati dari atas Puncak dengan duduk pada kursi yang telah tersedia. Bahkan selama disana Anda bisa menghirup udara sejuk. Sehingga berkunjung ke Puncak tidak akan membuat tamu jenuh.

2. Menikmati Sunset

Pemandangan matahari yang mulai terbenam memang sangat memukau. Dari arah Puncak para tamu dapat melihat sunset secara jelas ketika sore menjelang malam hari. Biasanya panorama itu juga bisa dijepret karena foto sunset tampak begitu unik. Jadi tidak heran banyak traveller yang sengaja menunggu panorama ini selama menikmati kunjungan disana.

3. Berfoto Ria

Mengabadikan momen bersama kerabat menjadi aktivitas yang tidak pernah dilupakan wisatawan. Apalagi sekitar wisata menyuguhkan latar bertema alam yang selalu diincar oleh sebagian orang. Anda yang berfoto dapat berdiri di kawasan Puncak sambil menghadap Pantai. Pastikan pula memperoleh hasil jepretan yang cantik di setiap spot yang tersedia.

4. Bersantai

Puncak Geurutee yang masih tergolong destinasi alam sangat menarik dijadikan tempat bersantai. Gazebo dan beberapa kursi yang berjejer rapi sering disinggahi pengunjung. Biasanya sebagian orang juga boleh membawa camilan untuk dinikmati sambil merasakan kesegaran udara. Sehingga bersantai di tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk tamu.

Aktivitas Seru Puncak Geurutee Aceh Jaya
Photo by Google Maps Ferdy Hercules

5. Berjelajah

Lahan Puncak yang terlihat cukup luas sering dijelajahi oleh pengunjung. Banyak sudut yang bisa dikunjungi para tamu karena menawarkan kecantikan yang berbeda. Anda perlu membawa air minum saat berjelajah supaya tidak merasa haus. Ajak pula beberapa kerabat dekat untuk melihat area sekitar sekaligus merasakan ketenangan yang merilekskan pikiran.

6. Mencicipi Kuliner

Resto yang menjual aneka kuliner cukup banyak tersedia di kawasan Puncak Geurutee. Anda dapat memilih aneka nasi, camilan, serta minuman segar yang memanjakan perut. Tempat duduk di resto yang menghadap laut juga menjadi favorit pelancong. Jadi selama makan disana Anda tidak akan bosan karena bisa melihat panorama sambil memilih menu sesuka hati.

7. Melihat Spesies Monyet

Pada sudut lain Puncak diketahui terdapat segerombolan monyet yang hidup disana. Biasanya traveller membawa makanan khusus untuk diberikan ke spesies tersebut. Monyet itu tidak ganas karena sering dijaga oleh pengelola setempat. Anda juga boleh berfoto dengan monyet itu untuk membuat suasana liburan semakin seru dan terasa lebih berkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Geurutee Aceh Jaya
Photo by Google Maps Yoris Tenza

Puncak Geurutee memang menyuguhkan sejumlah fasilitas memadai yang bisa menunjang aktivitas wisatawan selama berkunjung. Tempat makan dengan pelayanan yang ramah mudah dijumpai, apalagi banyak tawaran menu yang disediakan. Toilet umum yang cukup bersih sudah ada dan siapapun boleh memakai sesuai kebutuhan asal tidak merusaknya.

Tempat ibadah seperti mushola tersedia di ujung wisata dengan peminjaman alat ibadah. Apalagi area mushola dijaga dengan baik sehingga terlihat sangat bersih. Selain itu, lahan untuk tempat parkir disediakan secara luas untuk menampung kendaraan. Apalagi ada penjaga khusus untuk memastikan kendaraan pribadi tamu aman selama parkir di kawasan.

Spot foto yang tampak unik tersebar luas di Puncak Geurutee yang bisa dipotret. Tempat duduk melengkapi fasilitas untuk spot bersantai. Anda bisa memakai semua fasilitas itu dengan baik serta jangan mengotori kawasan Puncak. Pengelola pun selalu memastikan fasilitas tersedia secara lengkap dan baik agar tamu merasa senang selama liburan disana.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Puncak Geurutee yang selalu membuat tamu kagum. Setiap akhir pekan wisata ini selalu dipadati karena pengunjung ingin melihat langsung keindahan samudera dan ombak. Bahkan banyak yang membawa kamera digital untuk dipakai hunting foto. Karena itu, ajak keluarga untuk berjelajah ke Puncak indah ini.