Puncak Kompe, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Kampar

Puncak Kompe, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Kampar
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Sumbar, Koto Mesjid, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

Bagi warga Provinsi Riau dan sekitarnya nama Puncak Kompe sudah sangat populer dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit mereka, bahkan foto-foto dari lokasi wisata alam ini sudah banyak tersebar luas di internet. Tempat wisata yang berlokasi di daerah bukit Kabupaten Kampar ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa cantik.

Dari atas puncak bukit tersebut wisatawan bisa melihat beberapa pulau kecil dari kejauhan. Hal tersebut membuat wisata alam ini sekilas mirip dengan Raja Ampat di Papua Barat yang keindahannya sudah mendunia, bahkan oleh kebanyakan orang tempat wisata alam yang berlokasi di Kabupaten Kampar ini dikenal dengan nama Raja Ampatnya Riau.

Tidak hanya menonjolkan pemandangan alam yang luar biasa cantik saja tetapi wisatawan juga bisa berfoto sepuasnya di spot-spot foto unik yang disediakan. Berikut kita akan melakukan review singkat mengenai destinasi alam cantik Puncak Kompe yang berlokasi di Kabupaten Kampar tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Kompe

Daya Tarik Puncak Kompe Kampar
Image Credit: Google Maps Zhui Messi

1. Pemandangan Pulau dan Alam Sekitar

Daya tarik pertama dari Puncak Kompe adalah pemandangan beberapa pulau kecil yang bisa anda saksikan dari atas puncak Kabupaten Kampar tersebut. Pulau-pulau tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda serta berjarak tidak jauh antara satu dengan lainnya, hal tersebutlah yang membuat keindahan setiap pulau semakin menakjubkan.

Selain pemandangan pulau ada juga pemandangan alam sekitar seperti pantai, hutan dan bukit yang bisa disaksikan oleh wisatawan. Pemandangan-pemandangan tersebut yang kemudian membuat lokasi wisata alam ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat melepaskan beban pikiran atau melakukan refreshing.

2. Spot Foto

Karena sudah memiliki pemandangan alam yang sangat cantik, wisata alam Raja Ampatnya Riau ini juga mendirikan beberapa spot foto unik dan menarik bagi wisatawan yang memiliki hobi selfie atau berfoto. Spot-spot foto tersebut ada beragam mulai dari ayunan, balon udara, gardu pandang, payung warna-warni, perahu dan masih banyak spot lainnya.

3. Wisata Kuliner

Bagi anda yang memiliki hobi berburu kuliner khas maka mendatangi wisata alam Puncak Kompe yang berlokasi di Kabupaten Kampar ini bisa membuat anda merasakan beberapa makanan khas asal Riau dan sekitarnya. Pasalnya di tempat wisata cantik ini anda akan menemukan beberapa warung makan yang menjual makanan-makanan khas daerah sekitar.

4. Tempat yang Cocok untuk Menyaksikan Sunset

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh tempat wisata nan indah ini adalah lokasinya yang cocok untuk menyaksikan sunset. Momen sunset atau Matahari terbenam memang akan selalu menakjubkan meskipun disaksikan berulang-ulang kali, dengan berada diatas ketinggian dapat membuat anda melihat sunset dengan bebas tanpa ada halangan apapun.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Puncak Kompe Kampar
Image Credit: Google Maps Eu Jin Ang

Puncak Kompe berlokasi di Tujuan Wisata PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Koto Kampar, Provinsi Riau di Jl. Lintas Sumatera Barat Koto Mesjid. Dengan rute perjalanan dari Pekanbaru (Ibukota Provinsi Riau) menuju wisata puncak tersebut adalah sepanjang 86 km yang dan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 2 jam 21 menit.

Untuk rutenya bisa anda mulai dari Pekanbaru City Park di Jl. Seberut menuju pertigaan Jl. Sumatera kemudian belok kanan. Setelah mentok belok kiri di Jl. Gajah Mada dan terus lurus sampai di bundaran kemudian ambil jalur keluar pertama menuju Jl. Jendral Sudirman. Dari jalan tersebut terus lurus sampai anda menemukan pertigaan Jl. Nangka dan belok kiri.

Terus ikuti Jl. Nangka atau yang juga dikenal dengan nama Jl. Lintas Sumatera sampai anda menemukan Bundaran Tugu Songket Melayu kemudian ambil jalur keluar pertama menuju Jl. SM Amin. Terus ikuti Jl. SM Amin sampai mentok lalu belok kanan menuju Jl. Raya Pekanbaru – Bangkinang.

Dari Jl. Raya Pekanbaru – Bangkinang ini silahkan lurus terus sampai anda memasuki area Agrowisata Lembah Aman dan tidak jauh dari lokasi tersebut anda akan menemukan tujuan anda yang berada di sebelah kiri jalan. Silahkan parkir kendaraan anda dan membeli tiket masuk pada loket yang berada tidak jauh dari tempat parkir kendaraan.

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata Puncak Kompe dibandrol seharga Rp 15.000 per orang, dimana saat sudah memasuki wisata alam cantik ini anda bebas berfoto di semua spot foto yang disediakan. Bagi anda yang membawa kendaraan bermotor maka anda juga harus membayar biaya parkir kendaraan seharga Rp 5.000 per kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puncak Kompe

Aktivitas Puncak Kompe Kampar
Image Credit: Google Maps Eu Jin Ang

1. Berfoto

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan ketika berada di Raja Ampatnya Riau ini adalah berfoto sepuasnya. Hal ini wajar saja karena rata-rata wisatawan yang datang berlibur di tempat wisata alam ini memiliki tujuan untuk berburu foto menarik agar bisa diposting di akun sosial media pribadi mereka.

Dengan pemandangan alam yang cantik serta ada spot foto menarik seperti balon udara, payung warna warni, gardu pandang, perahu, ayunan dan masih banyak spot foto menarik lainnya membuat anda yang memiliki jiwa narsis semakin narsis. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk berfoto di tempat wisata alam ini agar anda tidak menyesal nantinya.

2. Bersantai dan Menikmati Keindahan Alam

Puncak Kompe Kampar merupakan lokasi wisata yang sangat cocok untuk anda bersantai sambil menikmati alam sekitar. Dengan lokasinya yang jauh dari kota yang padat serta adanya pepohonan yang membuat udara sekitar menjadi lebih segar, maka jika anda bersantai di sekitaran wisata alam ini akan membuat anda merasa lebih tenang.

Oleh karena itu, bagi anda yang merasa capek akan suasana kota yang terlalu ramai atau merasa tertekan dengan urusan kantor atau tugas kuliah, berlibur ke puncak di Kabupaten Kampar ini bisa menjadi obat yang mujarab. Anda juga bisa membawa orang terdekat anda baik itu keluarga atau pacar karena lokasi wisata cantik ini cocok untuk segala umur.

Aktivitas Seru Puncak Kompe Kampar
Image Credit: Google Maps Prima Wahyudi

3. Menyaksikan Sunset

Sunset atau momen Matahari terbenam adalah salah satu keindahan alam yang hanya terjadi sekali dalam sehari. Saat Matahari mulai terbenam di ufuk barat, kemudian warna langit mulai berubah dari biru menjadi merah kekuning-kuningan akan membuat mata siapa saja terpana menyaksikan keindahannya.

Dengan menyaksikan sunset dari atas ketinggian akan membuat momen terbenamnya Matahari tersebut menjadi lebih menakjubkan lagi. Oleh karena itu jangan menyia-nyiakan momen melihat sunset ketika anda sudah menginjakan kaki di tempat wisata alam ini.

4. Bermain Bersama Anak

Bagi anda yang memiliki anak kecil berlibur ke Puncak Kompe merupakan salah satu tujuan wisata yang bagus. Hal tersebut dikarenakan tidak hanya orang dewasa saja yang bisa menikmati keindahan alam serta fasilitas yang tersedia di tempat wisata cantik ini namun anak kecil juga bisa menikmatinya dengan bermain di taman milik wisata alam ini.

5. Mencicipi Beberapa Makanan Khas

Kegiatan terakhir yang bisa anda lakukan di tempat wisata alam cantik asal Provinsi Riau ini adalah mencicipi makanan khas Riau serta beberapa makanan khas daerah-daerah sekitarnya. Hal ini sebenarnya hanyalah bonus, karena tujuan utama wisatawan datang ke Raja Ampatnya Riau ini adalah untuk menikmati wisata alam saja.

Tetapi karena ada beberapa warung makan yang menjual makanan khas daerah-daerah sekitar membuat wisatawan juga bisa sekaligus mencicipi makanan-makanan tersebut dan menjadikan liburan mereka untuk melakukan wisata kuliner juga. Warung-warung yang ada di puncak Kabupaten Kampar ini tidak banyak namun cukup untuk membuat anda puas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Kompe Kampar
Image Credit: Google Maps Eu Jin Ang

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang akan anda temui ketika sampai di lokasi wisata alam cantik ini adalah tempat parkir kendaraan. Di tempat parkir kendaraan ini anda bisa memarkirkan kendaraan bermotor anda baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat dengan aman, karena akan ada petugas yang menjaga kendaraan tersebut sampai anda pulang nantinya.

2. Spot Foto

Fasilitas selanjutnya yang bisa anda temui di Puncak Kompe adalah spot foto. Spot foto ini sangat sangat unik, mulai dari payung warna-warni yang bergantungan di atas sebuah tali, kemudian ada ayunan yang membuat anda bisa berayun di atas ketinggian bukit, lalu ada perahu dengan background pulau-pulau kecil dan masih banyak spot lainnya.

3. Toilet Umum

Terakhir ada toilet umum yang bisa anda gunakan untuk membuang air besar atau kecil. Di toilet umum ini ada dua jenis yaitu toilet umum untuk pria dan toilet umum untuk wanita, jadi anda tidak perlu khawatir soal masalah privasi. Tetap jaga kebersihan toilet umum tersebut untuk menghargai pengguna berikutnya.

Demikian ulasan singkat mengenai Puncak Kompe yang berlokasi di Kabupaten Kampar. Bagi anda yang berada di sekitar Provinsi Riau bisa mengunjungi tempat wisata alam nan indah ini setiap hari di jam berapapun.