Riau Fantasi, Destinasi Wisata Air Terbesar & Termegah di Kampar

Riau Fantasi, Destinasi Wisata Air Terbesar & Termegah di Kampar
Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

Riau memang memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur. Objek wisata ini memiliki kelebihan masing-masing dan berbeda sesuai dengan pemandangan yang disajikan. Salah satunya terdapat taman rekreasi khusus terbesar di Pulau Sumatera, di Kabupaten Kampar, yaitu Riau Fantasi.

Objek wisata air layaknya waterpark ini menyajikan berbagai wahana-wahana permainan air yang menyenangkan. Tempat ini juga disebut dengan Labersa Waterpark. Selain itu fasilitas yang diberikan sangat lengkap dengan berbagai paket-paket menarik.

Rekreasi wisata air dengan luas lahan sekitar 6,5 hektar ini menjadi salah satu objek yang wajib anda kunjungi. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan terlebih lokasi tempat yang sangat strategis menjadi salah satu keunggulan. Berikut ada beberapa ulasan menarik tentang kenapa wajib berkunjung ke objek wisata air ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Riau Fantasi

Daya Tarik Riau Fantasi Kampar
Image Credit: Google Maps MR Yulistio

1. Theme Park

Salah satu daya tarik dari Riau Fantasi adalah Theme park yaitu wahana kering yang dapat dimainkan semua wisatawan. Wahana ini disebut kering karena tidak bercampur dengan wahana-wahana permainan air di lokasi objek wisata. Beberapa wahana ini dapat memicu adrenalin.

Ada beberapa permainan di Theme Park yaitu kora-kora, jenis wahana yang seperti sebuah kapal pembajak, terdiri dari bangku-bangku yang terbuka, kapal ini berayun-ayun ke depan dan belakang. Selain kora-kora, terdapat juga wahana speedy coaster, yaitu wahana yang berupa kereta memicu kecepatan tinggi pada jalur khusus.

Selanjutnya, wahana family swinger yaitu wahana berupa ayunan yang berputa-putar, terdapat juga wahana berupa ombak buatan, serta wahana-wahana kering lainnya yang berada di Theme Park. Pengunjung dapat merasakan wahana ini bersama keluarga ataupun orang tersayang.

2. Labersa Waterpark

Selain memiliki Theme park yaitu wahana kering, Riau fantasi tentu juga memiliki wahana basah di labersa Waterpark. Area ini menyediakan berbagai permainan-permainan air yang menarik untuk dimainkan baik bersama keluarga, teman maupun rekan lainnya.

Beberapa permainan wahana di Labersa Waterpark yaitu, pertama ada lazy pool, wahana ini berupa sungai buatan dibuat khusus untuk bersantai. Wahana ini memili panjang sekitar 900 meter. Anda dapat bersantai di sebuah pelampung dengan menikmati pemandangan alam yang sejuk dan alami.

Kedua wahana adventure pool, adalah wahana yang menyediakan kolam renang sebesar 1.800 meter persegi. Kolam ini cocok dipergunakan bagi pengunjung yang membawa anak. Selain menikmati air kolam terdapat juga mainan seperti bangunan-bangunan lucu khas anak-anak.

Ketiga wahana Baby pool, wahana yang satu ini khusus untuk para balita. Kedalaman air kolam adalah sekitar 30 meter. Kolam ini menyediakan air pancuran yang berukuran kecil, selain itu tersedia beberapa perahu kecil yang dapat dipergunakan balita untuk berenang dengan pengawasan orang tua.

Keempat wahana adult pool, wahana ini khusus kolam dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Kolam ini dapat anda gunakan untuk berenang bersama-sama. Merasakan dinginnya air kolam yang khas dengan warna kejernihan.

Kelima wahana crocodile rive, adalah wahana dengan luas area sekitar 1.200 meter persegi, disertai kedalaman air sekitar 1,5 meter. Wahana ini menyediakan beberapa permainan air yang menarik dapat anda coba seperti dengan ketinggian 15 meter yaitu permainan big jump maupun race slide.

3. Pemandangan Objek Wisata

Riau Fantasi adalah objek wisata air yang memiliki pemandangan menarik. Di sekeliling objek wisata, terdapat pohon-pohon rimbun yang mengelilingi setiap wahana-wahana permainan air. Membuat suasana menjadi asri dan alami walaupun berada di kota yang memiliki polusi udara tinggi.

Di sekeliling kawasan wahana basah atau Labersa waterpark terdapat wahana-wahana air yang menarik. Anda dapat melihat pemandangan berbagai wahana-wahana dengan warna yang berbeda-beda, disertai dengan air kolam yang memiliki khas warna kebiruan.

Sepanjang mata memandang dapat menyaksikan beberapa wahana yang menarik dengan khas bentuk yang meliuk-liuk seperti perosotan air. Selain itu, kawasan wahana kering di Riau Fantasi juga menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan memiliki tanah yang luas ditumbuhi oleh rerumputan hijau yang nyaman diduduki.

Di sekitar wisata juga tersedia beberapa pondok istirahat yang dapat dinikmat. Bersantai dengan menyaksikan semua wahana yang sangat menarik. Dari pondok anda dapat melihat berbagai wahana yang seru. Tempat ini juga menyediakan pohon-pohon cemara yang tinggi serta rindang untuk hanya sekedar duduk di dekatnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Riau Fantasi Kampar
Image Credit: Google Maps Deborah Yunita

Taman rekreasi permainan air yang menarik ini berada Provinsi Riau, lebih tepatnya di Jalan labersa Simpang Tiga, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Akses menuju lokasi sangat strategis.

Waktu tempuh perjalanan menuju lokasi wisata dari titik tempuh pusat kota Pekanbaru adalah 30 menit di perjalanan. Sedangkan menempuh waktu sekitar 10 menit jika anda datang dari pusat Bandara International Sultan Syarif Kasim II menuju ke lokasi Riau Fantasi.

Harga Tiket Masuk Riau Fantasi

Tiket Riau Fantasi Kampar
Image Credit: Google Maps Krisna Anto

Objek wisata khas rekreasi permainan air ini memiliki beberapa alternatif harga tiket yang berbeda-beda, tergantung dengan pengunjung tetapi rata-rata pengunjung dapat menikmati suasana wisata dengan dimulai membayar tiket seharga Rp. 60.000 per orang.

Berikut ada beberapa macam tiket yang disediakan pengelola untuk para wisatawan. Pertama paket khusus untuk mengunjungi Theme park dan Labersa waterpak yaitu untuk hari biasa seperti Senin sampai dengan Jumat membayar sekitar Rp. 60.000 per orang, sedangkan untuk hari libur pengunjung membayar Rp. 70.000 per orang.

Paket tiket ini sudah termasuk paket tiket masuk dan semua wahana yang ditawarkan kecuali untuk beberapa sewa. Selanjutnya ada tiket terusan untuk kedua wahana Labersa waterpark dan theme park yaitu membayar tiket sebesar Rp. 100.000 per orang. Paket ini sudah termasuk semua wahana sepuasnya.

Adapun untuk jam operasionalnya, Riau Fantasi dibuka dari Hari Senin sampai dengan hari Jumat pada pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB sore, serta Hari Sabtu sampai dengan Hari Minggu dari pukul 09.00 WIB pagi hari sampai dengan Pukul 18.00 WIB sore hari. Jangan lupa untuk membawa baju ganti ya!

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Riau Fantasi

Aktivitas Riau Fantasi Kampar
Image Credit: Google Maps Rhievo Firdausy

1. Berenang

Aktivitas utama yang dilakukan tentu adalah berenang. Ada beberapa kolam renang dengan warna air biru yang jernih dapat anda rasakan. Menikmati dinginnya air kolam ditambah dengan suasana asri yang dapat menenangkan jiwa, terlebih khusus anda yang berkunjung untuk melepas rasa lelah.

2. Sepeda Air

Tak hanya berenang, pengunjung juga dapat merasakan bersepeda di atas air. Mengayuh sepeda air sama saja dengan sepeda biasa tetapi sensasi yang dirasakan sangat berbeda. Anda dapat mengayuh sepeda di dalam keluasan kolam yaitu sekitar 1.800 meter. Aktivitas ini dapat dilakukan berpasang-pasangan.

3. Bermain Flying Fox

Aktivitas meluncur dari sebuah ketinggian pohon dapat dilakukan di Riau Fantasi. Ada beberapa wahana seperti outbond yang seru untuk diikuti. Merasakan sensasi meluncur dari ketinggian beberapa meter ini. Wahana ini tidak disarankan bagi anda yang takut akan ketinggian ya!

Aktivitas Seru Riau Fantasi Kampar
Image Credit: Google Maps Labersa Water Park Riau Fantasi

4. Bermain Air

Area ini memiliki kolam dengan ukuran luas, cocok untuk para pengunjung yang ini bermain air, banyak kegiatan air yang dapat dilakukan seperti meluncur di perosotan air yang meliuk-liuk atau menunggu di bawah kolam yang memiliki wadah khusus air yang siap memuntahkan airnya, seperti merasakan sensasi di bawah air terjun.

5. Bermain Wahana Anak

Anda yang mengajak anak-anak dapat bermain di wahana khusus anak. Permainan air di kolam renang yang memiliki kedalaman hanya 30 cm ini cocok digunakan. Selain kedalaman yang dangkal terdapat juga beberapa fasilitas yang mendukung seperti bola-bola kecil berwarna-warni, perahu-perahu kecil hingga pancuran air mini.

6. Bersantai

Setelah lelah bermain dengan segala macam permainan air, anda dapat bersantai di pondok-pondok yang telah disediakan khusus untuk para pengunjung di sekitar area Riau Fantasi. Sambil bersantai ada beberapa foodcourt yang menyediakan makanan khusus untuk disantap di area rekreasi air ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Waterpark

Fasilitas Riau Fantasi Kampar
Image Credit: Google Maps Samaf Mnl

Riau Fantasi memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat memadai. Seperti tersedianya lapangan parkir yang luas dan dengan penjagaan yang ketat. Di kawasan rekreasi juga dipasang beberapa kamera cctv untuk tetap menjaga dan melindungi pengunjung dari hal yang tidak diinginkan.

Di sekeliling tempat juga tersedia beberapa pondok-pondok atau gazebo tempat istirahat para pengunjung. Beberapa tempat menyediakan toilet pria dan wanita lengkap dengan kamar ganti pakaian basah. Selain itu juga tersedia Musholla bagi para pengunjung Muslim.

Di semua kawasan rekreasi wisata juga disediakan wifi dengan akses yang mudah. Tersedia juga warung-warung atau foodcourt dengan sistem pembayaran yang canggih. Di setiap wahana juga terdapat khusus life guard yang menjaga dengan pengalaman profesional.

Riau Fantasi adalah rekreasi wisata permainan air terbesar di Pulau Sumatera. Sebagai tempat wisata, tentu menyajikan beberapa macam spot yang sangat menarik dengan pengalaman yang berkesan. Anda dapat berkunjung ke sini untuk hanya sekedar melepas lelah ataupun mengisi liburan terbaik!