Indahnya Rumah Keong, Objek Wisata Alam Eksotis di Belitung

Indahnya Rumah Keong, Objek Wisata Alam Eksotis di Belitung
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Pernah menonton film laskar pelangi? Film yang mengangkat kepulauan Belitung itu berdampak besar pada sektor pariwisatanya sampai saat ini. Dahulu Pulau Belitung merupakan tempat penggalian timah, kini Belitung menjadi salah satu pulau dengan berbagai potensi di sektor pariwisatanya.

Tahun berlalu eksistensi film laskar pelangi masih tergambar jelas di ingatan, sektor pariwisata Belitung pun terus tumbuh dengan membuat tempat-tempat ikonik dari film itu seperti bangunan SD Muhammadiyah Gantong yang menjadi latar tempat belajar anak-anak laskar pelangi. Bangunan sekolah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Tidak jauh dari bangunan sekolah ada tempat bekas galian tambah timah yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Rumah Keong Belitung. Lokasinya tepat berada di depan bangunan Sekolah Laskar Pelangi. Galian tambah yang sudah lama ditinggalkan ini bentuknya seperti sebuah dermaga.

Daya Tarik yang Dimiliki Rumah Keong

Daya Tarik Rumah Keong Belitung
Image Credit: Instagram Fau0609 

1. Bagunan berbentuk cangkang keong

Bangunan dari Rumah Keong seperti cangkang keong yang terbuat dari rotan. Di dalam bangunannya sengaja dibuat kosong supaya menyerupai cangkang keong asli yang telah ditinggalkan penghuninya. Ada 3 cangkang keong utama berwarna putih dan 4 cangkang keong berwarna alami kayu yang di dalamnya ada kursi dari rotan pula.

2. Sebuah dermaga

Nama lain dari Rumah Keong adalah Dermaga Kirana. Dermaga ini dahulunya merupakan sebuah kolam peninggalan galian timah, meskipun begitu kini kondisi sekitarnya sudah mulai ditumbuhi dengan pepohonan hijau.

Bangunan dermaga ini terbuat dari kayu papan yang kuat. Dari panggung utama ke danau ada penghubung berupa jalur yang terbuat dari papan juga layaknya sebuah dermaga. Diujung jalan akan ditemukan sampan perahu yang terparkir. Ada pula tangga ke bawah untuk melihat kejernihan danau.

3. Konsep wisata kekinian

Pihak pengelola Rumah Keong Belitung terus melakukan pembenahan dalam segi fasilitas salah satunya berusaha menjadikan Dermaga Kirana ini menjadi tujuan liburan dengan konsep kekinian.

Bangunan rumah unik yang ada di depan dibuat menjadi 3 buah kemudian di cat dengan warna putih supaya terkesan lebih minimalis, bersih dan juga menarik untuk jadi sport foto. Selain 3 keong di depan ada pula bangunan cangkang keong dari rotan dengan warna kayu asli yang diberikan tempat duduk yang juga terbuat dari rotan.

Daya Tarik Lain Rumah Keong Belitung
Image Credit: Google Maps Harwindra Yoga Prasetya

4. Warung makan berkonsep minimalis

Fasilitas warung makannya pun dibuat minimalis dengan kursi dan meja yang ditata semenarik mungkin. Kesan simpel minimalis membuat pengunjung betah nongkrong berlama-lama disana. Daftar menunya pun bervariasi dengan harga yang terjangkau.

5. Danau bekas galian tambang

Pesona keindahan alam Rumah Keong semakin dilengkapi dengan danau cantik di belakangnya. Air danaunya sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Kedalaman danau sampai 15 meter pengunjung dilarang berenang di danau ini karena terlalu dalam. Gantinya pengunjung tetap bisa menikmati indahnya danau dengan berkeliling menaiki perahu.

Alamat & Rute Menuju Lokasi

Alamat Rumah Keong Belitung
Image Credit: Google Maps Andika Nusanta Utama

Rumah Keong berada di tepian Sungai Langgen, lokasinya berada persis di depan Bangunan Sekolah Laskar Pelangi. Secara administrasi alamat rumah unik ini berada di Desa Lengang, Masuk di dalam Kecamatan Gantung, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Bila berasal dari Bandara Belitung yaitu Bandara Hanandjoedin Tanjung Pandan memerlukan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1 jam lamanya karena jarak yang harus ditempuh sejauh 65 KM. Transportasi yang bisa digunakan adalah jenis kendaraan pribadi, roda dua maupun roda empat.

Rekomendasi kendaraannya bisa menyewa kendaraan roda empat supaya lebih leluasa selama di jalan. Selain itu kondisi Pulau Belitung yang cukup panas juga perlu diperhatikan ketika menggunakan sepeda motor.

Bila sudah berada di Kota Manggar (Ibukota Belitung Timur) hanya perlu waktu setengah jam saja dengan jarak tempuh kurang lebih sejauh 26 kilometer. Jalur yang dilalui untuk sampai ke lokasi wisata sudah sangat bagus, jalanan aspal yang lebar.

Perkembangan teknologi semakin mempermudah kehidupan manusia, jika kesulitan mencari lokasi Rumah Keong bisa mengandalkan kemampuan dari google maps masukkan kata pencarian “Rumah Keong Belitung”.

Rute perjalanan dari titik lokasi awal pun akan ditemukan dengan bantuan teknologi peta digital itu. Jangan lupa untuk memberikan ulasan mengenai tempat hits ini supaya orang lain bisa mendapatkan gambaran tentang tempatnya.

Harga Tiket Masuk

Tiket Rumah Keong Belitung
Image Credit: Google Maps Dyah Ayu Nurhidayati

Harga tiket masuk ke Rumah Keong sangat terjangkau dan tidak akan membuat kantong jebol karena untuk bisa berfoto dalam cangkang keong serta melihat keindahan dermaga pengunjung hanya dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,- saja.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata yang murah menjadi alasan kenapa warga sekitar yang merasa bosan di rumah sering menghabiskan waktu di tempat santai ini. Biasanya waktu paling ramai ada di sore hari pada weekend dan tanggal merah. Jam operasional Rumah Keong buka setiap hati selama 24 jam non stop.

Bila datang di hari biasa suasana sepi akan didapatkan, hal ini sebenarnya bagus karena pengunjung jadi tidak perlu antri untuk berfoto berasa tengah berada di villa pribadi.

Kegiatan Menarik yang bisa dilakukan

Aktivitas Rumah Keong Belitung
Image Credit: Google Maps Maya Asmaya

1. Selfie

Begitu memasuki area Rumah Keong hal pertama yang terlintas di benak penghujung pastinya segera mengambil kamera untuk mengabadikan tempat dan tak lupa memotret diri disini. Apalagi begitu masuk disuguhkan dengan cangkang keong berwarna putih dengan ornamen minimalis yang instagramable abis ini.

Setelah puas berfoto dibangunan cangkang keong utama dilanjutkan jalan ke area dermaga dari papan kayu yang punya cangkang keong warna kayu. Di bagian terbuka ini tentunya tidak boleh terlewat untuk dijadikan spot foto. View di belakangnya berupa bangunan keong.

Buat yang suka mengabadikan momen dalam bentuk video pengunjung bisa mewujudkannya disini mulai dari video insta story, video tiktok, sampai video cinematic. Selesai membuat konten di dermaga lanjut perjalanan menyusuri jalanan setapak yang dibuat dari papan.

Disini view pemandangannya sudah mulai area pepohonan hijau dan air danau. Sampai di ujung dermaga telah tersedia perahu-perahu dayung warna warni. Air danau yang jernih membuat apa yang ada di dalamnya bisa terlihat dari permukaan. Jadi tidak perlu menyelam untuk melihat indahnya danau bekas galian tambang timah ini.

2. Naik perahu menyusuri danau

Sudah sampai Belitung di Rumah Keong kurang afdol kalau belum mencoba naik perahu warna-warninya. Untuk naik ke atas perahu pengujung tidak perlu mengeluarkan biaya, namun tetap ingat untuk menjaga keselamatan ya karena pihak pengelola memberikan larangan supaya pengunjung tidak berenang di danau yang dalam ini.

3. Bersantai menikmati secangkir kopi khas Manggar

Kawasan kekinian ini punya warung yang khas dan unik. Ada toko cinderamata khas Belitung dan ada pula cafe yang menjual minuman kopi khas Manggar. Duduk santai di dalam bangunan keong sembari menikmati suasana damai Sungai Langgar jadi kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung disini.

Tips untuk bisa bersantai di Rumah Keong. Datang saat pagi hari ataupun sore hari ketika matahari tidak terlalu terik. Pakai sunblock atau tabir surya supaya kulit tidak terbakar matahari.

Aktivitas Lain Rumah Keong Belitung
Image Credit: Google Maps Baron Sudharta

4. Membuat acara gathering

Bagi wisatawan yang datang bersama rombongan dan ingin melakukan kegiatan di Belitung Timur bisa menggunakan Rumah Keong sebagai tempatnya. Wilayahnya yang luas didukung dengan keindahan alamnya akan membuat semua peserta gathering bersemangat. Jika perlu perlengkapan bisa dibicarakan dengan pihak pengelola.

5. Menikmati moment sunset

Belitung mendapat julukan sebagai Kota Bahari karena punya banyak pantai pasir putih yang indah dengan daya tarik sunrise dan sunset yang memukau. Keindahan pantainya telah diakui oleh semua orang yang pernah datang kesana.

Namun, bagi wisatawan yang berada wilayah Belitung Timur ketika ingin menikmati momen sunset usai melakukan perjalanan napak tilas film laskar pelangi bisa menyempatkan diri mengunjungi Rumah Keong. Moment sunset disini tidak kalah indah.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Rumah Keong Belitung
Image Credit: Google Maps Permana Teguh

Bangunan nyentrik kekinian ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti toilet, lahan parkir, loket dan warung makan yang menjual makanan dan minuman ringan. Meskipun begitu masih ada kritik dan saran dari pengunjung yang datang karena fasilitas toiletnya yang perlu dibenahi.

Sebagai bekas galian tambang timah area hijau juga belum sepenuhnya tumbuh subur karena kondisi lahan yang memang cukup sulit untuk recovery. Namun sudah ada pepohonan dan rumput yang mulai menampakkan pesonanya. Area di pinggir danau juga sudah mulai asik dipandang mata ditambah dengan adanya perahu kecil dan sampan.

Spot untuk foto ada begitu banyak, dijamin pengunjung tidak akan kehabisan ide untuk mendapatkan foto terbaik. Selain itu tempat duduk juga banyak tersedia sehingga yang lelah bisa langsung mencari posisi nyaman untuk istirahat.

Begitulah pesona keindahan Rumah Keong yang berjarak hanya 5 langkah saja dari Sekolah Laskar Pelangi. Liburan di Pulau Belitung kurang lengkap rasanya bila belum menginjakan kaki di dermaga eksotis ini. Bangunan cangkang keong dari rotan menjadi daya tarik utamanya.