Tabiang Takuruang, Menikmati Panorama Alam Eksotis Sembari Kulineran di Agam

Tabiang Takuruang, Menikmati Panorama Alam Eksotis Sembari Kulineran di Agam
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jorong Jambak, Sianok Anam Suku, Kec. Iv Koto, Kab. Agam, Sumatera Barat.

Tabiang Takuruang menjadi salah satu wisata terbaik dan paling terkenal di Ngarai Sianok. Keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini kerap diabadikan oleh wisatawan melalui lensa kamera. Nama tempat wisata tersebut dikarenakan oleh banyaknya tebing yang sudah mengampitnya yang terletak di Agam.

Tidak heran jika tempat wisata unik tersebut tengah menjadi sebuah perbincangan yang hangat di sosial media dengan kecantikannya. Tampak menarik harus terletak di atas perbukitan melalui perumahan masyarakat sekitar dan juga sedikit persawahan. Namun, hal itu tak akan menyurutkan semangat wisatawan untuk berkunjung secara langsung ke sana.

Tentu saja kawasan ini cocok sekali didatangi oleh para pemburu pesona alam yang ada di Sumatera Barat. Segala keunikan yang terdapat di sana dipastikan tidak ada duanya dengan tempat wisata yang lain. Untuk menguak secara lebih jelas lagi mengenai Tabiang Takuruang ini, maka perhatikan informasi yang disuguhkan di bawah.

Daya Tarik yang Dimiliki Tabiang Takuruang

Daya Tarik Tabiang Takuruang Agam
Image Credit: Twitter Bang Lintang

1. Menawarkan Pesona Kuliner

Menikmati pemandangan indah sembari mencoba menu kuliner yang ditawarkan oleh kawasa wisata ini akan memberikan kesan yang sungguh mengagumkan. Terdapat banyak sekali menu kuliner yang bisa Anda nikmati ketika ada di sana, seperti Lubang Japang, Itiak Lado Ijau, Pical Sikai, Pical Ayang, dan masih tersedia lagi yang lainnya.

Tentu saja kebanyakan menu yang ditawarkan di sana adalah kuliner khas daerah di sana. Oleh sebab itu, bagi wisatawan yang ingin tahu seperti apa makanan khas masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut, maka jangan lupa untuk berburu kulinernya.

2. Kera Sebagai Sang Penghibur

Selama melakukan perjalanan untuk menuju ke Tabiang Takuruang, wisatawan akan melalui hamparan sungai, bibir sungai yang indah sekali, dan panorama yang begitu elok. Selain itu, ditambah lagi oleh kehadiran hewan liar berupa kera yang nantinya siap menjadikan Anda wajib waspada dan berhati-hati.

Aksi-aksi lucu yang kerap dilakukan oleh kera-kera liar yang ditemui pun merupakan daya tarik penting bagi banyak wisatawan, baik lokal dan mancanegara. Daya tarik yang dimiliki oleh Tabiang Takuruang ini tentu saja menjadikan banyak wisatawan di sana enggan untuk meninggalkan lokasi wisata tersebut.

3. Pernah Dijadikan Lokasi Syuting Film

Keistimewaan yang dapat Anda temukan dari kawasan wisata tersebut tidak lain adalah keindahan alamnya. Melalui kecantikan dan keelokan yang dimiliki oleh tempat wisata inilah yang membuatnya terpilih sebagai lokasi untuk syuting film.

Terdapat sejumlah sinetron yang penggarapannya dilakukan di kawasan wisata tersebut. Salah satu sinetronnya yaitu dengan judul Anak Kaki Gunung. Hal itulah yang menjadikan wisata indah tersebut semakin banyak didatangi oleh wisatawan.

Daya Tarik Lain Tabiang Takuruang Agam
Image Credit: Google Maps Meta Nur rizki

4. Memiliki Udara yang Segar

Suasana yang nyaman dengan udaranya yang sungguh segar merupakan salah satu daya tarik tersendiri Tabiang Takuruang. Keadaan semacam inilah yang pas sekali apabila Anda melakukan aktivitas, seperti nongkrong maupun bercengkrama dengan teman atau pasangan.

5. Tebing yang Menjulang Tinggi

Dibalik dari hijaunya keindahan di sana, setiap wisatawan pun akan menyaksikan kekokohannya. Hal tersebut dikarenakan tebing tersebut telah mencapai 100 m. Kekokohan dan ketinggian dari Tabiang tersebut berbeda dari jaman dahulu kala yang memang lebih besar dan lebih tinggi daripada yang sekarang.

Terjadinya peristiwa gempa bumi pada zaman dahulu menjadikan tebing di sana mengalami keruntuhan. Keadaan yang curam tersebut, maka tebing itu tak akan dapat dipanjat lagi. Hal unik utama yang dimiliki oleh kawasan wisata tersebut memang dari tebing yang berada di sekitarnya.

Selain tampak indah dan asri, tabiang pun memperlihatkan pemandangan memukaunya yang dilengkapi oleh angin yang sejuk. Kesegaran air yang terdapat di kawasan wisata ini dikarenakan aliran sungainya ada di sekitar tabiang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tabiang Takuruang Agam
Image Credit: Google Maps Zenith Halalan

WIsata yang dinamakan Tabiang Takuruang beralamatkan di Kecamatan Ampe Koto, Agam, Provinsi Sumatera Barat dan lebih tepatnya di Jorog Lambah, Nagari Sianok Anam Suku. Cara untuk ke lokasi ini tergolong sungguh mudah. Usai Anda menuruni jalanan menuku Ngarai Sianok dan jembatan sungai yang terdapat rumah makan Itiak Balado, maka tetaplah lurus saja.

Setelah melihat pertigaan yang pertama, tetaplah lurus hingga menuju ke dua jalan yang sebelah kirinya menuju Taruko Café Resto. Sedangkan, yang sebelah kanannya menuju lokasi lainnya. Anda perlu mengambil posisi yang sebelah kiri, yakni menuju ke Taruko Café Resto.

Jalanan yang sama untuk menuju ke tabiang ini memerlukan waktu tempuh kurang lebih 8 menit. Untuk kondisi jalannya pun cukup baik usai pemerintah kota di sana melakukan pengaspalan. Perjalanan yang ditemani pemandangan bagus dengan tebing di sebelah kanan dan kiri cukup menyenangkan.

Hingga tidak terasa bahwa perjalanan kendaraan sudah usai dan kini saatnya mendaki untuk menuju ke lokasi wisata. Jika sebelumnya Anda menaiki tunggangan roda dua, maka parkir di rumah warga yang menyediakan area parkir lalu menuju ke kawasan wisata. Untuk harga parkir yang akan dipatok umumnya hanya sebesar 4 ribu rupiah saja.

Setelah berhasil memarkirkan kendaraan, maka Anda akan jalan kaki selama sekitar 1 menit. Perjalanan tersebut akan dilakukan dengan melintasi persawahan warga yang mana Anda harus berhati-hati dengan medannya.

Harga Tiket Masuk Tabiang Takuruang

Tiket Tabiang Takuruang Agam
Image Credit: Twitter Ian Piliang

Informasi yang berkaitan dengan harga tiket memasuki kawasan Tabiang Takuruang juga terbilang penting. Tempat wisata alam yang memiliki sejuta pesona ini semakin menarik untuk dikunjungi sebab tak akan dikenai biaya tiket sama sekali. Akan tetapi, setiap wisatawan bisa membayarnya secara seikhlasnya saja.

Dengan begitu, tentu saja peraturan semacam ini tidak akan memberatkan atau menjadi beban bagi wisatawan di sana. Untuk hasil uang yang didapatkan dari pemberian seikhlasnya oleh wisatawan tersebut nantinya akan dimanfaatkan guna pengelolaan wisata. Walau begitu, namun tempat wisata ini tetap menyuguhkan keistimewaan yang melimpah bagi siapa saja.

Selain harga tiket masuk, informasi seputar jam buka Tabiang Takuruang pun perlu untuk Anda perhatikan terlebih dahulu. Sehingga, nantinya Anda dapat datang pada waktu yang terbaik dan dapat menikmati aktivitas berlibur yang memuaskan. Tenang saja karena kawasan wisata yang cukup populer Sumatera Barat ini memiliki jam buka selama 24 jam.

Namun, untuk waktu paling pas yang dapat Anda pilih ketika hendak berkunjung ke sini adalah pada saat siang hari dikala musim kemarau. Jika Anda datang pada malam hari, maka penerangan di sana masih minim. Begitu pun jika Anda berkunjung di saat musim hujan, maka rute trekking akan licin dan cukup membahayakan keselamatan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tabiang Takuruang

Aktivitas Tabiang Takuruang Agam
Image Credit: Google Maps upi kompeng

1. Berenang

Udara yang segar serta hamparan sungai di Tabiang Takuruang yang mempunyai hamparan air sangat jernih dapat digunakan wisatawan untuk berenang. Wisatawan yang berenang akan membuat badannya semakin segar. Fisik yang capek perjalanan lama yang sebelumnya ditempuh akan mampu terobati saat sudah terjun dalam sungai.

2. Off Roader

Kegiatan menarik berupa off roader tentunya harus Anda coba ketika ada di Tabiang Takuruang. Untuk penyuka dunia otomotif, datang ke wisata ini tepat sekali. Berpetualang serta menerjang arus sungai yang warnanya kecokelatan akan memunculkan sensasi yang begitu seru.

3. Sepak Bola

Wisatawan bisa main sepak bola pada area sekitar bibir sungai. Permainan sepak bola akan asyik karena ditemani oleh panorama yang sungguh memanjakan mata. Bila Anda telah mempunyai rencana untuk main bola di kawasan ini, maka dapat membawa bolanya dari rumah.

4. Berfoto

Bawalah kamera apabila Anda hendak berkunjung ke tempat ini. Pasalnya, kawasan ini menyimpan segudang spot foto yang unik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tabiang Takuruang Agam
Image Credit: Google Maps Julesjuntar76

Fasilitas yang tersedia di Tabiang Takuruang masih belum dapat dikatakan lengkap maupun memadai, namun sudah lumayan untuk ukuran tempat wisata alam yang agak plosok. Anda dapat menghilangkan rasa haus dan lapar ketika berlibur karena di sana terdapat warung makan. Untuk harga yang dipatok oleh pemilik warung pun masih termasuk standar.

Adanya deretan warung makan yang sudah siap untuk melayani perut keroncongan Anda ini membuat siapa saja tak perlu repot menyiapkan bekal. Untuk masalah cita rasa makanan yang dijual pun tidak harus diragukan lagi. Selain warung makan, fasilitas seperti toilet umum pun telah dapat Anda temukan ketika berwisata ke sana.

Toilet umum tersebut tentu saja dapat digunakan untuk berbagai hal penting, seperti buang air besar, buang air kecil, dan tempat untuk berganti pakaian. Tanpa adanya fasilitas toilet umum ini dijamin wisatawan akan merasa kerepotan. Kondisi toilet umum di sana pun bisa dikatakan cukup baik.

Nah, di atas merupakan sejumlah informasi seputar Tabiang Takuruang yang terletak di Sumatera Barat. Tempat ini pas sekali dijadikan sebagai lokasi rekreasi berikutnya bagi Anda yang suka dengan traveling. Oleh karena itu, segeralah menyusun jadwal untuk datang ke destinasi wisata tersebut bersama keluarga maupun sahabat.