Taman Alam Mayang, Tempat Rekreasi Favorit Liburan Keluarga di Pekanbaru

Taman Alam Mayang, Tempat Rekreasi Favorit Liburan Keluarga di Pekanbaru
Harga Tiket: Rp 18.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Imam Munandar No.Ujung, Tengkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Taman Wisata Alam Mayang sudah dibuka untuk umum sejak pertengahan tahun 1988. Meski sudah puluhan tahun, namun kawasan wisata ini tidak pernah kehilangan pesonanya bagi para pengunjung. Seiring berjalannya waktu, pengelola terus mengembangkan destinasi ini sehingga menjadi pilihan wisata favorit masyarakat Pekanbaru.

Sampai saat ini Alam Mayang masih menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sering dijadikan tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Dengan suasana yang asri dan udara sekitar yang sejuk, berbagai spot menarik memikat banyak pengunjung untuk datang. Destinasi wisata ini juga cocok untuk anak-anak karena memiliki berbagai wahana bermain yang seru dan mengedukasi.

Tempat hiburan dengan luas 24 hektar ini memang memilih konsep ruang terbuka hijau. Karenanya kawasan ini tidak hanya menyajikan permainan-permainan menyenangkan, namun juga dikelilingi dengan pepohonan dengan berbagai jenis dan ukuran. Pengunjung akan tetap merasa nyaman meski bermain di bawah matahari siang.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Alam Mayang

Daya Tarik Taman Alam Mayang
Image Credit: Twitter Journey Indonesia

1. Suasana Alam

Suasana di sekitar Taman Alam Mayang sangat sejuk dan segar karena adanya pepohonan yang tumbuh mengelilingi sekitar kawasan ini. Pepohonan ini memiliki berbagai tipe yang menyegarkan mata dan pikiran. Keadaan alamnya yang asri ini menjadi daya tarik yang cukup besar untuk wisata alam berkonsep ruang terbuka hijau ini.

Berbagai wahana hiburan yang ada dapat dinikmati oleh pengunjung tanpa harus berpeluh karena matahari siang. Pepohonan yang tumbuh di setiap sudut area ini sangat meneduhkan, membuat pengunjung betah berlama-lama. Suasana alam yang masih asri ini didukung juga dengan lingkungannya yang bersih.

2. Kolam Buatan

Selain kesegaran alam karena pepohonan di sekitar, taman wisata ini juga memiliki kolam buatan yang membuat kawasan ini tampak jauh lebih segar. Kolam buatan ini sangat luas dan dibagi menjadi tiga buah kolam yang menawarkan berbagai permainan seperti karpet ajaib, camper boat, bebek air, sepeda air dan lainnya. Terdapat juga kolam pancing bagi pengunjung yang ingin memancing ikan.

Daya Tarik Taman Alam Mayang 2
Image Credit: Twitter adele

3. Sarana Hiburan

Tidak hanya kolam buatan dengan berbagai wahana yang menyenangkan, Taman Wisata Alam Mayang juga menyediakan berbagai sarana hiburan lain yang dapat dicoba oleh para pengunjung. Permainan seperto bombom car, tembak reaksi, shooting tujuan dan yang lainnya sangat seru untuk dilakukan tidak hanya bagi usia dewasa namun juga anak-anak.

Selain itu, ada juga hiburan seperti topeng monyet, badut, hingga adanya pertunjukan pagelaran seni dari beragam komunitas. Pengunjung juga bisa masuk ke Studio 3D di tempat wisata ini. Di studio ini, pengunjung bisa melihat film. Berbagai sarana hiburan yang sangat banyak ini tentu takan membuat pengunjung dapat menikmatinya tanpa bosan.

4. Festival

Ada banyak festival-festival yang diadakan di Alam Mayang dan menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk datang ke kawasan ini. Salah satu festival yang cukup menjadi gebrakan adalah Festival Lampu dan Air Mancur Menari. Festival ini sangat menghibur terutama bagi anak-anak. Selain itu, adanya festival ini agar pengunjung tidak bosan dengan wahana permainan yang ada saja.

Dalam festival tersebut, terpasang lampu-lampu dengan berbagai warna yang dibentuk dengan sangat menarik. Konsepnya sendiri lebih menonjolkan dekorasi binatang. Air mancur menari juga tidak kalah menarik perhatian pengunjung. Pertunjukan air mancur yang sangat menawan ini dapat dilihat pengunjung pada jam-jam tertentu, sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Selain festival tersebut, juga ada banyak lagi festival-festival lain yang diadakan di kawasan ini. Misalnya seperti festival kebudayaan. Dengan festival kebudayaan ini, pengunjung dapat melihat berbagai pertunjukan seperti pertunjukan musik maupun pertunjukkan tari. Festival-festival ini memang menjadi salah satu bentuk promosi destinasi wisata alam ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Alam Mayang
Image Credit: Google Maps Anak Rumahan 

Taman Alam Mayang berada di Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Lebih tepatnya di Kelurahan Tanggerang Timur Jl. Imam Munandar KM 8. Jika Anda di pusat Kota Pekanbaru, lokasi wisata ini hanya berjarak kira-kira 9 kilometer saja, dapat ditempuh selama kurang lebih 16 menit perjalanan.

Anda dapat menuju lokasi wisata ini menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Lokasi ini juga sangat mudah ditemukan di aplikasi Google Maps. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mempermudah perjalanan dan mencari jalan terdekat dari lokasi Anda berada.

Harga Tiket Masuk Taman Rekreasi

Harga Tiket Masuk Taman Alam Mayang
Image Credit: Twitter #SaveHarimauSumatera

Taman Alam Mayang buka pada pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Sementara, untuk tiket masuk objek wisata sebesar Rp 13.000 untuk anak-anak dan Rp 18.000 untuk dewasa.

Biasanya jika ada festival, akan ditarik tiket masuk sendiri, tergantung dari panitia festival. Selain itu, terdapat juga biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alam Mayang

Kegiatan Menarik di Alam Mayang
Image Credit: Twitter Menteri Pariwisata 18+ 

Menikmati liburan di Taman Wisata Alam Mayang menjadi sangat seru karena Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Apalagi kegiatan-kegiatan ini sudah ditunjang dengan sarana-sarana yang tersedia. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan jika berada di taman wisata alam ini.

1. Menikmati Udara Segar

Dengan adanya pepohonan yang tumbuh mengelilingi kawasan ini, Anda dapat mengajak keluarga Anda untuk berekreasi dan menikmati udara segar. Anda juga dapat menikmati alam sambil memberi makan ikan-ikan yang ada di kolam. Pakan ikan bisa Anda beli di toko-toko sekitar area kolam. Kegiatan ini dapat menyegarkan pikiran setelah lelah dan jenuh dari pekerjaan sehari-hari.

2. Menikmati Berbagai Sarana Permainan

Sudah tersedia berbagai jenis permainan yang harus Anda coba dan sangat sayang untuk dilewatkan. Ada kolam besar yang di mana pengelola sudah menyediakan berbagai wahana, bahkan termasuk juga banana boat, bogel, kereta naga, dan lainnya. Jika membawa keluarga, sarana permainan ini harus docoba untuk menambah keseruan.

Tidak hanya wahana air, tersedia juga berbagai permainan otbonnd yang juga dapat dicoba. Selain menambah keseruan, juga sudah tentu mengedukasi terutama bagi anak-anak yang masih dalam tahap berpetualang mencari pengalaman. Permainan sepertu flying fox atau safary train ada di kawasan ini dan harus dicoba jika berada di kawasan ini.

3. Menikmati Berbagai Pertunjukan

Taman Alam mayang juga menyediakan berbagai pertunjukan yang dapat Anda nikmati. Pertunjukan seperti topeng monyet, badut, dan lain sebagainya tentu akan membuat anak-anak menjadi senang. Selain itu, Anda juga dapat melihat film juga. Dengan memasuki studio 3D, Anda sudah dapat menikmati film yang tersedia.

Kegiatan Menarik di Alam Mayang 2
Image Credit: Google Maps  Brilliant Asmit 

Berbagai festival yang diadakan di kawasan ini juga jangan sampai dilewatkan karena akan menyajikan berbagai macam pertunjukan. Pertunjukan seni, seperti musik dan tari-tarian akan memanjakan Anda. Tidak hanya itu, bahkan pertunjukan seperti lampu-lampu yang dibentuk sesuai tema atau air mancur menari. Mungkin saja, festival selanjutnya akan menyajikan pertunjukan yang lebih menarik.

4. Berfoto

Terdapat berbagai spot-spot yang bagus untuk digunakan sebagai tempat mengambil gambar. Ada patung-patung berbagai bentuk yang menarik, serta sudut-sudut tempat yang cantik. Bahkan di kawasan ini juga ada replika candi muara takus yang bagus sebagai latar foto. Karena itu, kegiatan satu ini tidak boleh ketinggalan.

5. Memancing

Untuk Anda yang hobi memancing, kawasan Wisata Alam Mayang adalah tempat yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan ini. Sudah tersedia kolam dengan berbagai ikan seperti ikan lemak, nila, siam, dan gurami yang bisa Anda dapatkan di kawasan ini. Dengan suasana yang sejuk, tentu sangat nyaman untuk berlama-lama memancing ikan.

Sudah tersedia toko yang menyediakan perlengkapan memancing di sekitar kolam. Karena itu, Anda tidak perlu takut jika memerlukan beberapa alat untuk menyalurkan hobi Anda. Tidak hanya itu, di saat tertentu, ada juga festival lomba memancing yang dapat Anda ikuti. Tidak hanya mendapat ikan, Anda juga berkemungkinan mendapatkan hadiah yang disediakan panitia.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Wisata

Fasilita Tersedia di Taman Alam Mayang
Image Credit: Google Maps AJI SUKMO 

Fasilitas yang ada di Alam Mayang cukup memadai untuk menunjang kenyamanan dari pengunjung. Selain fasilitas-fasilitas umum seperti lahan parkir, juga sudah tersedia fasilitas lain seperti toko-toko kecil yang menyediakan peralatan memancing dan juga pakan ikan. Kantin-kantin juga tersedia untuk mengisi perut.

Selain itu, terdapat juga toko oleh-oleh yang menjual berbagai kerajinan khas dari berbagai daerah, bukan hanya Riau saja. Anda juga akan menemukan souvebir dari Yogyakarta, Bali, Bandung, dan daerah-daerah lainnya. Pengunjung bisa berburu souvenir dengan harga-harga yang sangat terjangkai di toko oleh-oleh ini.

Berbagai sarana permainan juga menjadi fasilitas utama untuk pengunjung. Selain itu, juga tersedia pertunjukan-pertunjukan maupun festival yang tidak hanya menjadi sarana promosi, namun juga menambah ketertarikan pengunjung untuk datang berlibur di objek wisata ini.

Taman Wisata Alam Mayang menjadi tempat favorit bagi warga Pekanbaru. Meski sudah buka sejak puluhan tahun, namun tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Berbagai sarana yang terus dikembangkan dan juga promosi-promosi menggunakan festival menjadikan tempat ini semakin populer dan sangat sayang untuk tidak dikunjungi.