Taman Bambu Runcing, Taman Indah yang Sarat Nilai Sejarah di Langsa

Taman Bambu Runcing, Taman Indah yang Sarat Nilai Sejarah di Langsa
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gampong Jawa, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa, Aceh.

Tempat wisata di Indonesia mulai dari Sabang sampai dengan Merauke sangat beragam. Wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata seperti wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kekinian di Indonesia. Salah satu daerah yang memiliki tempat wisata dengan beragam konsep adalah Aceh. Tempat wisata populer yang ada disana ialah Taman Bambu Runcing.

Karena berupa taman, maka wisatawan yang datang kesana mayoritas adalah mereka yang membutuhkan tempat untuk refreshing. Hal ini dikarenakan taman tersebut termasuk salah satu ruang terbuka hijau yang kerap dikunjungi wisatawan maupun masyarakat setempat untuk bersantai saat sore hari.

Kota Aceh memang dikenal sebagai daerah yang menyimpan banyak tempat dimana di dalamnya terdapat peninggalan sejarah dari masa penjajahan. Taman yang berada di Kota Langsa, Aceh ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan maupun masyarakat setempat dari berbagai kalangan usia karena memang tempatnya teduh dan lokasinya strategis.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bambu Runcing

Daya Tarik Taman Bambu Runcing Langsa
Image Credit: Google Maps Fauzie Hanafi

1. Merupakan Ikon Kota Yang Bersejarah

Di taman terbuka hijau ini terdapat sebuah tugu yang berbentuk bambu runcing yang memiliki cerita bersejarah. Tugu tersebut kini menjadi ikon atau ciri khas Kota Langsa. Bambu runcing merupakan senjata yang pada jaman penjajahan digunakan untuk mengusir para penjajah yang berasal dari Belanda.

Selain berfungsi sebagai taman terbuka hijau, Taman Bambu Runcing juga menjadi salah satu tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi. Keberadaan tugu bersejarah itulah yang menjadi daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung ke taman ini. Sehingga selain berwisata sejarah, wisatawan juga bisa sekaligus healing disana.

2. Memiliki Asal Usul Nama Yang Menarik

Taman yang berada di Kota Langsa ini diberi nama ‘Bambu Runcing’ karena adanya tugu berbentuk bambu runcing yang ada di dalamnya. Usia taman tersebut sudah cukup tua, namun kelestarian tetap terjaga karena termasuk tempat wisata yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat.

Pemerintah setempat membangun taman dengan tugu bambu runcing ini sejak tahun 1948 tepatnya di tanggal 17 Agustus. Pembangunan taman bertujuan agar perjuangan masyarakat Aceh ketika melawan masyarakat kolonial Belanda di jaman dahulu selalu terkenang hingga era modern seperti saat ini.

3. Setiap Bagian Bangunan Memiliki Makna Tersendiri

Tugu bersejarah yang berdiri megah di dalam Taman Bambu Runcing dicat dengan warna kuning dan di bagian ujungnya berwarna merah dan putih sebagai lambang dari bendera negara Indonesia. Kemudian terdapat dinding berukuran besar dengan warna merah kecoklatan yang berada di salah satu sisi taman.

Dinding tersebut merupakan relief sebagai gambaran dari perjuangan bangsa Indonesia ketika meraih kemerdekaan. Bahkan, terdapat lambang pancasila yang tampak jelas di dinding merah kecoklatan. Selain itu, terdapat juga plakat yang bertuliskan tahun pembangunan taman yang lokasinya tidak jauh dari tugu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Bambu Runcing Langsa
Image Credit: Google Maps Zetra Iez Zaputra

Taman Bambu Runcing berada tepat di sebelah lapangan merdeka yang ada di pusat Kota Langsa, Aceh. Lokasinya sangat strategis yakni di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Wisatawan yang ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua atau roda empat maupun kendaraan umum.

Jika transportasi yang digunakan untuk menuju ke lokasi adalah kendaraan pribadi, wisatawan bisa berangkat dari pusat kota dengan melintasi Jalan Ahmad Yani. Lokasi taman tepat di pinggir jalan. Wisatawan bisa memarkirkan kendaraannya dengan belok kanan di jalan yang berada antara lapangan merdeka dan taman tersebut.

Sementara itu, jika wisatawan akan menggunakan kendaraan umum menuju ke lokasi bisa menaiki angkot atau sudako (dalam bahasa Aceh) yang melewati Jalan Ahmad Yani. Saat menaiki sudako, wisatawan bisa memberitahu ke sopir agar berhenti di depan area Taman Bambu Runcing.

Harga Tiket Masuk Taman Bambu Runcing

Tiket Taman Bambu Runcing Langsa
Image Credit: Google Maps Zetra Iez Zaputra

Taman yang terdapat di jantung Kota Langsa ini bisa dikunjungi secara gratis sehingga wisatawan tidak perlu mengeluarkan budget sepeserpun untuk tiket masuk. Hanya saja, wisatawan perlu mengeluarkan budget untuk biaya parkir kendaraan roda dua atau roda empat jika wisatawan membawa kendaraan pribadi.

Untuk parkir sepeda motor adalah Rp 2.000, sementara itu untuk parkir mobil adalah Rp 5.000. Wisatawan yang membawa motor bisa memasukkan motornya hingga masuk ke area taman. Namun untuk mobil bisa memarkirkan kendaraan di tempat yang sudah tersedia di dekat area taman.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Bambu Runcing

Aktivitas Taman Bambu Runcing Langsa
Image Credit: Twitter Jalan Wisata

1. Hunting Foto

Wisatawan yang datang dari luar daerah biasanya mengabadikan momen di taman yang di dalamnya terdapat tugu bersejarah ini. Ada banyak objek yang bisa dipotret menggunakan kamera atau smartphone. Salah satu ikon Kota Langsa yang tidak pernah lupa diabadikan oleh wisatawan adalah Tugu Bambu Runcing.

Di sekitar tugu yang ada di Taman Bambu Runcing ini terdapat bunga-bunga yang berwarna-warni, pepohonan hijau, hingga dinding relief yang juga bersejarah. Beberapa objek tersebut bisa menjadi latar belakang berfoto yang bagus. Jika wisatawan ingin eksplor objek lainnya, di sekitar tugu juga ada spot foto lainnya.

2. Duduk-Duduk Sambil Menikmati Panorama Taman

Ketika sore hari, banyak masyarakat setempat yang duduk-duduk bersantai di area taman. Wisatawan juga bisa ikut bersantai di taman tersebut dengan mengajak keluarga dan orang terdekat dengan duduk bersantai sambil bercengkrama menikmati panorama taman di sore hari.

3. Berwisata sejarah

Tidak hanya berfungsi sebagai taman terbuka hijau saja, tempat ini pun juga berfungsi sebagai tempat wisata yang menyimpan cerita sejarah. Terdapat bukti peninggalan sejarah yang terdapat di dalam taman berupa tugu yang berbentuk bambu runcing. Tugu tersebut dibangun untuk simbol perjuangan rakyat Aceh.

Bambu runcing di jaman dahulu digunakan sebagai senjata tradisional untuk melawan para penjajah yang berasal dari Belanda. Di dekat tugu, terdapat juga dinding berupa relief perjuangan dari bangsa Indonesia ketika meraih kemerdekaan di jaman dahulu.

Aktivitas Lain Taman Bambu Runcing Langsa
Image Credit: Twitter Farrah Meutia

4. Berwisata kuliner

Wisatawan yang hobi jajan akan sangat senang ketika berkunjung ke Taman Bambu Runcing karena disana ada banyak jajanan enak yang bisa dibeli di pedagang kaki lima seperti pizza mini, buah-buahan, es krim, sate dan lain sebagainya. Bagi yang ingin makan berat, bisa mencoba ke resto atau café.

Di sekitar taman wisatawan bisa menemukan beberapa resto atau café dengan harga yang variatif. Setelah puas berjalan-jalan dan beraktivitas di taman, wisatawan bisa jajan aneka cemilan baik di para pedagang kaki lima.

5. Berjalan-Jalan di Area Taman

Wisatawan yang senang jalan-jalan bisa eksplor area taman dengan berjalan kaki. Pihak pengelola Taman Bambu Runcing menyediakan fasilitas berupa jalan setapak berupa jalan paving sehingga wisatawan bisa menggunakan jalan tersebut untuk berjalan-jalan dengan nyaman.

6. Menginap di Sekitar Taman

Jika wisatawan masih belum puas berjalan-jalan di taman satu hari saja, wisatawan bisa menginap di hotel atau penginapan yang terdapat di sekitar taman. Wisatawan bisa memilih penginapan dengan menyesuaikan budget karena ada banyak pilihan penginapan dengan harga yang variatif.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Bambu Runcing Langsa
Image Credit: Google Maps M.Ichsanul Aqil

Wisatawan yang ingin datang berkunjung tidak perlu khawatir soal fasilitas karena pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas disana dan tergolong cukup lengkap. Adapun fasilitas yang tersedia di lokasi adalah tempat sampah, toilet umum, serta mushola yang bersih dan nyaman untuk digunakan umat muslim beribadah.

Di Taman Bambu Runcing juga tersedia banyak gazebo dan tempat duduk yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk duduk bersantai sambil menikmati panorama taman yang indah. Untuk lahan parkir juga cukup luas, wisatawan bisa membawa masuk kendaraan pribadinya hingga ke dalam area taman. Ada juga resto, café, dan pedagang kaki lima disana.

Menariknya lagi, di taman tersebut tersedia akses wifi gratis sebagai fasilitas dari Kominfo setempat. Wisatawan tidak perlu mengeluarkan budget sama sekali jika ingin menikmati fasilitas wifi gratis karena Kominfo memberikan fasilitas yang bermanfaat ini dengan Cuma-Cuma. Tentu saja wisatawan akan lebih betah berlama-lama berada di area taman.

Oleh karena itu, berwisata ke Taman Bambu Runcing menjadi destinasi wisata pilihan yang tepat karena selain healing, wisatawan juga bisa sambil belajar tentang bukti-bukti peninggalan sejarah yang ada di area taman. Selain itu, beragam fasilitas juga bisa dimanfaatkan secara gratis bagi yang datang berkunjung.