Banto Royo, Taman Rekreasi Air Kekinian yang Menakjubkan di Agam

Banto Royo, Taman Rekreasi Air Kekinian yang Menakjubkan di Agam

Banto Royo termasuk taman rekreasi dan bermain yang kekinian di Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Memiliki area bermain anak, wahana air dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaluang Tapi, Koto Tangah, Kec. Tilatang Kamang, Kab. Agam, Sumatera Barat.

Pulau Sumatra memiliki bentangan alam yang begitu mempesona dan rugi jika tidak disinggahi. Namun, tidak hanya alamnya saja, tempat seperti Banto Royo ini juga menarik untuk disinggahi. Lokasi wisata ini berada di Provinsi Sumatra Barat dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan anak-anak. Hal tersebut lantaran banyak wahana bermain memang disediakan khusus untuk anak-anak. Tempat itu bak arena yang diidam-idamkan oleh sebagian besar anak kecil.

Lebih dari itu, objek wisata ini juga memberikan warna lain dari liburan ke provinsi Sumatra Barat. Kombinasi alam yang ada di sekitar seolah menyatu padu dengan beragam fasilitasnya secara apik. Dengan begitu, pengunjung dapat menggunakan bermacam fasilitas untuk menunjang aktivitas yang dilakukan. Momen tersebut dijamin akan sangat seru dan menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Banto Royo

Daya Tarik Dimiliki Banto Royo
Image Credit: Google Maps (Maya Kumala Sari)

1. Keindahan Hutan Bakau

Sebagian besar dari tempat ini memang didominasi oleh keberadaan pepohonan yang tumbuh dari perairan yang mengitarinya. Kawasan tersebut sebenarnya merupakan area perairan yang dibuat sedemikian rupa hingga menjadi objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Banto Royo Agam ini memang nampak indah dengan perpaduan perairan dan vegetasi hijaunya.

Kawasan tumbuhan menjadi penyapa pertama bagi mereka ketika pertama kali datang ke tempat populer itu. Bentukannya didesain sedemikian rupa hingga membentuk sesuatu yang cukup bagus. Di sekelilingnya ada jalur yang dibuat dari papan-papan kayu. Jalanan itu tersusun rapi dan sistematis mengitari seluruh areanya.

Ada pula tulisan besar “Banto Royo” yang akan ditemui oleh para pengunjung ketika menyusuri lebih dalam jalur kayu di pinggir pepohonan. Tidak hanya menjadi spot foto yang menarik, namun keberadaan vegetasi ini membuat kawasan ini nampak teduh dan terasa cukup sejuk. Jika tidak menyadari, pasti akan mengira bahwa area ini merupakan konservasi bakau.

Akan tetapi, ternyata vegetasi tersebut merupakan tanaman rawa yang menjulang tinggi menyerupai bakau. Kawasan ini memang dekat dengan daerah rawa dan tidak jauh dari lokasinya merupakan daerah persawahan yang menghasilkan cukup pasokan pangan beberapa kota di sekitarnya.

Tempat ini seolah merupakan perpaduan sempurna antara alam dan juga taman buatan manusia. Dari pepohonan sekitar, juga dibuat beberapa wahana salah satunya adalah tempat untuk outbond. Melakukan kegiatan mengasyikkan tersebut tentu saja sangat menarik dan membuat liburan menjadi semakin semarak.

2. Kawasan Perairan Rawa

Banto Royo didominasi oleh daerah perairan yang mengelilingi areanya. Oleh sebab itulah, tempat ini nampak begitu menarik. Secara keseluruhan, objek wisata ini seperti taman bermain di atas air. Mengunjunginya akan langsung mengingatkan para pengunjung akan cerita dongeng tentang tempat menakjubkan yang mengapung di atas air.

Walaupun air di sekelilingnya tidak terlalu jernih, karena orang-orang tidak akan mampu melihat dengan jelas kenampakan dasarannya. Akan tetapi, tidak membuat kualitas airnya menjadi buruk ataupun kotor. Justru air di sana terasa begitu segar dan cukup bersih sehingga aman-aman saja jika dicoba oleh para wisatawan untuk sekadar membilas tangan ataupun jika terkena percikannya.

Daya Tarik Banto Royo
Image Credit: Google Maps (Dodi Mz)

3. Taman Bermain yang Luas

Inilah yang menjadi daya tarik utama yang dimiliki oleh objek wisata ini. Dengan sebuah taman yang menawarkan berbagai macam permainan, tentu saja akan menarik banyak orang, khususnya wisatawan yang libur bersama anak-anak. Itulah sebabnya ketika datang ke sana, paling pas jika bersama dengan anak-anak.

Tersedia berbagai jenis permainan yang akan membuat mereka riang gembira. Permainan ayunan kecil maupun cukup besar ada disini layaknya wahana outbond, menjadi pilihan yang bisa ditentukan sendiri.

Beberapa wahana memang perlu biaya tambahan karena untuk menunjang sarana yang ada. Pengelolaan area tersebut menghabiskan dana yang tidak sedikit, lantaran letaknya yang ada di atas kawasan air. Tetapi tidak perlu khawatir, karena biaya yang dibayar tidak terlalu mahal dan mudah dijangkau oleh berbagai kalangan pengunjung.

4. Hawa yang Sejuk dan Teduh

Karena lokasi wisata ini berada di sebuah daerah yang cukup tinggi, hal tersebut membuat udara sekitar lokasi terasa sejuk. Dengan begitu, suasana yang terasa ketika berada di sana akan sangat nyaman dan membuat siapapun ingin berlama-lama di tempat menakjubkan ini. Itulah mengapa tidak sedikit orang datang dari jauh hanya untuk sampai ke Banto Royo.

Tidak hanya keberadaan tumbuh-tumbuhannya saja yang menjadikan hawa sejuk tersebut, akan tetapi ketinggian tempat ini juga menjadi alasan dibaliknya. Pemandangan yang tersaji juga sangat indah untuk dipandang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Banto Royo

Alamat Banto Royo
Image Credit: Facebook.com @WestSumateraPadang

Berada di daerah Matur, Kabupaten Agam, Banto Royo dapat diakses dengan mudah. Agar dapat sampai ke lokasi ini, maka perlu untuk sampai ke kawasan Bukittinggi terlebih dahulu. Karena jarak keduanya cukup dekat.

Jika sudah sampai di Bukittinggi, maka perjalanan harus dilanjutkan untuk mengarah ke timur laut. Ikuti jalan Pulai yang mengantarkan ke kawasan wisata itu. Jika sudah, maka telusuri hingga ke pertigaan sebelum Masjid Nurul Ittihad. Belok ke kiri dan ikuti area yang bernama Lawan itu. Pengunjung akan menemukan lokasinya di sisi kiri jalan raya itu secara langsung.

Harga Tiket Masuk Taman Bermain Banto Royo

Harga Tiket Banto Royo
Image Credit: Google Maps (Aink Choga)

Agar bisa menikmati seluruh area di dalamnya, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup 10.000 saja ketika hari-hari biasa, yakni selasa hingga Jumat. Sedangkan ketika akhir pekan, yakni sabtu minggu harus membayar dua kali lipatnya. Tidak ada perbedaan untuk anak kecil ataupun orang dewasa, namun untuk bayi tidak perlu untuk membeli tiket.

Jika datang ke sana menggunakan kendaraan sendiri, maka juga perlu membayar tarif parkir. Seperti biaya lainnya, untuk kendaraan roda dua hanya perlu membayar sebesar Rp 3.000. Sedangkan untuk mobil, harus membayar Rp 5.000 saja. Selain itu, untuk mendapatkan akses ke beberapa wahana juga harus mengeluarkan biaya lagi.

Taman bermain cukup membayar Rp 5.000 setiap anaknya. Di dalamnya terdapat begitu banyak permainan sehingga anak-anak dijamin akan bersemangat ketika mencobanya. Selain itu, ada pula wahana perahu yang dapat mengantarkan para pengunjung menelusuri area perairannya. Cukup dengan membayar Rp 10.000 setiap orangnya, maka bisa mengakses arena tersebut.

Namun, biaya untuk menaiki perahu akan lebih murah jika bersama-sama orang lain. Jika yang naik sebanyak dua orang, maka cukup membayar Rp 30.000. tetapi, jika hendak naik wahana itu bersama dua orang lainnya cukup membayar biaya yang sama. Sangat murah bukan?

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Banto Royo

Kegiatan Menarik di Banto Royo
Image Credit: Google Maps (Yudi Prama Agustiono)

1. Menyusuri Seluruh Kawasannya

Tempat ini cukup luas untuk dijelajahi oleh para pengunjung yang datang. Dengan begitu, menyusuri seluruh areanya menjadi sesuatu yang sangat amat menyenangkan untuk dilakukan. Pengunjung dapat melalui jalanan kayu yang sudah dibuat oleh pengelola. Berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan sekitar sangat menyenangkan untuk dilakukan.

2. Berkeliling Menggunakan Perahu

Adanya perahu yang disewakan oleh pengelola menjadi sesuatu yang menarik untuk dicoba oleh para wisatawan yang berkunjung. Kawasan ini memang didominasi oleh wilayah perairan sehingga sudah sewajarnya jika menjajalnya dengan bermain perahu ini. Dengan begitu, pengunjung dapat dengan mudah menjangkau beragam vegetasi yang hidup di sana.

Beberapa tanaman khas rawa bisa sangat mudah dijumpai ketika menyusuri kawasan Banto Royo. Tanaman hijau yang nampak segar dan membuat suasana menjadi sejuk memang menarik untuk didekati. Dengan bermain wahana yang satu ini, pengunjung akan mudah untuk diantarkan menikmatinya lebih dalam lagi.

Kegiatan di Banto Royo
Image Credit: Google Maps (Redha Andika Ahdi)

3. Kegiatan Outbond

Dengan adanya wahana permain ini, maka pengunjung bisa melakukan aktivitas yang mengasah ketangkasan dan kelincahan diri tersebut. Selain itu, kekuatan fisik tentu saja bisa diasah dengan bermain permainan yang satu ini. Kegiatan yang satu ini juga dapat menjadi salah saut alternatif bagi mereka yang membawa anak kecil.

Tentu saja mereka akan suka dan cukup tertarik untuk melakukannya. Beberapa permainan di dalamnya memang terasa seru dan menantang. Hal tersebut begitu banyak diminati oleh anak-anak, sehingga orang tua perlu mengajak buah hati untuk berkunjung ke sini.

Meskipun di tempat lain juga banyak yang menawarkan wisata untuk bermain outbond dan juga menjelajahi lokasi sekitar. Akan tetapi, jarang sekali yang akan menggabungkannya dengan pemandangan serupa tempat wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Banto Royo Agam

Fasilitas di Banto Royo Agam
Image Credit: Google Maps (Kar Lin)

Banyak fasilitas bisa dinikmati oleh para pengunjung, seperti bermacam permainan hingga penunjang kebutuhan dasar seperti tempat toilet. Di lokasi wisata ini juga ada banyak warung yang menjual makanan sehingga tak perlu khawatir jika merasa kelaparan ketika berwisata. Fasilitas lain juga telah disediakan oleh pihak pengelola sehingga pengunjung akan merasa nyaman.

Mengunjungi bagian barat Pulau Sumatra akan sangat rugi jika tidak singgah sejenak ke Banto Royo di Kabupaten Agam. Pemandangan yang tersaji seolah dibuat semakin sempurna dengan bermacam permainan yang ada. Jadi, objek wisata ini sangat disarankan untuk Anda kunjungi saat liburan.