Taman I Love Sabang, Objek Wisata dengan Keindahan Rumput Hias dan Bunga

Taman I Love Sabang, Objek Wisata dengan Keindahan Rumput Hias dan Bunga
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cot Ba’u, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Kita semua pasti mengetahui Kota Sabang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini karena lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” yang selalu dinyanyikan saat bersekolah. Kota Sabang sendiri berada di sisi paling timur Indonesia dengan banyak sekali tempat wisata, salah satunya adalah Taman I Love Sabang yang baru dibangun pada tahun 2015.

Meskipun tergolong destinasi wisata baru namun taman cantik ini sudah berhasil menjadi salah satu spot liburan populer bagi orang-orang di Pulau Weh. Hal tersebut dikarenakan anda akan menemukan alam yang sangat cantik mulai dari banyaknya tanaman hijau yang tumbuh di sekitar taman menakjubkan ini hingga pemandangannya yang sangat cantik.

Terdapat juga banyak spot foto unik salah satunya adalah tulisan I Love Sabang berwarna biru merah yang menjadi pusat dari taman populer ini. Tidak hanya itu pemandangan sunset di lokasi wisata alam ini juga sangat indah, maka dari itu tidak heran jika sore hari akan ada banyak orang yang mulai mendatangi tempat wisata hits ini untuk bersantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman I Love Sabang

Daya Tarik Lain Taman I Love Sabang
Image Credit: Google Maps Mariza Juwita 

1. Tulisan I Love Sabang

Daya tarik paling utama dari taman yang baru dibangun pada tahun 2015 oleh Pemerintah Kota Sabang dan Bank BNI ini adalah bangunan bertuliskan I Love Sabang dengar warna biru merah yang berada di tengah-tengah taman. Bangunan ini sangat cantik dan menjadi salah satu spot utama bagi wisatawan yang hobi berfoto.

2. Rumput Hias dan Bunga

Beralih ke daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Taman I Love Sabang adalah rumput hias dan bunga cantik yang tumbuh di sekitar taman populer tersebut. Rumput hias ini tumbuh di sekeliling taman sehingga menjadikan taman hits ini terlihat sangat cantik, apalagi dengan adanya beberapa bunga yang juga hidup didalam taman asal Kota Sabang tersebut.

3. Alam

Karena berada di atas ketinggian membuat wisatawan bisa melihat pemandangan alam sekitar yang sangat menakjubkan. Dimulai dari Danau Aneuk Laot, Teluk Sabang, hingga Pegunungan Iboih dari kejauhan. Semua keindahan alam ini akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

4. Sunset

Daya tarik terakhir dari tempat wisata alam ini adalah sunset atau momen saat Matahari terbenam di sore hari. Keindahan dari Matahari terbenam memang selalu bisa membuat siapa saja terpana, apalagi jika disaksikan dari atas dataran tinggi. Maka dari itu tidak heran jika saat sore hari Taman I Love Sabang ini akan mulai ramai saat menjelang sunset.

Selain karena pemandangan sunset yang menakjubkan ketika sore hari suhu udara mulai sejuk sehingga momen tersebut merupakan saat yang tepat untuk menikmati indahnya taman asal Kota Sabang ini. Jangan lupa untuk berfoto, karena saat Matahari terbenam alam sekitar akan menjadi lebih menakjubkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman I Love Sabang
Image Credit: Instagram Nirindra Kusuma Abipraja

Taman I Love Sabang berada di Kota Sabang, Cot Ba’u, Kecamatan Sukaraja, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk rute perjalanannya anda bisa menggunakan Kantor Walikota Sabang di Jl. Diponegoro No. 20, Sukakarya, Kota Sabang sebagai titik awal, kemudian ambil jalur ke arah pertigaan Jl. Tengku Chik Ditiro.

Dari pertigaan ini silahkan belok kiri dan terus lurus sampai anda menemukan pertigaan Tugu Simpang Garuda. Anda harus belok kanan di pertigaan tersebut untuk melewati Jl. Yos Sudarso kemudian terus lurus sampai memasuki Jl. Bypass dan tiba di lokasi tujuan yang berada di sebelah kiri jalan.

Panjang rute perjalanan tersebut hanya 3 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi selama 5 menit saja. Akses jalannya juga sudah sangat baik jadi anda tidak akan susah untuk menemukan lokasi taman yang baru dibangun pada tahun 2015 ini.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Taman I Love Sabang tidak perlu khawatir soal harga tiket masuk, karena tempat wisata populer ini tidak akan memungut biaya sepeserpun alias gratis. Oleh karena itu, ketika hari libur besar tiba jangan heran jika anda menemukan banyak sekali wisatawan yang menghabiskan waktu mereka di taman menakjubkan ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman I Love

Aktivitas Taman I Love Sabang
Image Credit: Google Maps Supri Yatno

1. Berfoto

Kegiatan menarik paling pertama yang bisa anda lakukan di lokasi taman menawan ini adalah berfoto. Terdapat banyak sekali spot foto yang bisa anda gunakan mulai dari berfoto dengan latar belakang Kota Sabang dari kejauhan, Danau Aneuk Laot yang indah di sebelah kiri, kemudian Teluk Sabang dan Pegunungan Iboih di sebelah kanan.

Selain itu, anda juga bisa berfoto di beberapa spot alami di Taman I Love Sabang seperti hijaunya rumput hias taman, bunga-bunga cantik yang hidup di dalam taman, dan pepohonan menawan yang ada di sekitar taman. Ada juga tulisan I Love Sabang berwarna biru merah yang menjadi objek foto paling favorit di taman menakjubkan ini.

2. Menikmati Pemandangan Alam Sekitar dan Melakukan Refreshing

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan di tempat wisata alam ini adalah menikmati indahnya pemandangan alam sekitar. Pemandangan yang dimaksud adalah indahnya Kota Sabang dari atas ketinggian, cantiknya Danau Aneuk Laot dari kejauhan, birunya Teluk Sabang, hingga hijaunya Pegunungan Iboih.

Semua keindahan alam ini bisa membuat suasana hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Maka dari itu, bagi anda yang sedang mencari tempat wisata yang bisa sekaligus dapat digunakan sebagai tempat refreshing maka Taman I Love Sabang adalah salah satu yang disarankan.

Dengan adanya sejumlah pohon yang hidup di pinggir taman cantik tersebut juga membuat anda bisa merasakan sejuknya udara sekitar yang dapat membantu dalam melakukan refreshing. Oleh karena itu, tidak heran jika ada beberapa wisatawan yang sengaja datang ke tempat wisata alam ini untuk mencari ketenangan hati dan pikiran.

Aktivitas Lain Taman I Love Sabang
Image Credit: Google Maps Firda Maulianty

3. Menyaksikan Indahnya Sunset

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yaitu menyaksikan indahnya sunset atau Matahari terbenam. Anda bisa menyaksikan bagaimana menakjubkannya sang surya yang perlahan terbenam di sisi barat sembari mengubah warna langit yang semula biru menjadi merah ke kuning-kuningan.

4. Bersantai

Terakhir anda juga bisa bersantai di Taman I Love Sabang ini. Kegiatan ini lebih sering dilakukan ketika sore hari karena disaat tersebut sinar Matahari sudah mulai tidak terasa dan suasana sudah menjadi lebih tenang dan nyaman.

Hal tersebut juga disebabkan dengan tidak adanya tempat berteduh dari sinar Matahari saat siang hari. Memang ada beberapa pohon yang tumbuh dan hidup di sekitar lokasi wisata alam ini, namun itu berada di pinggir-pinggir taman saja sedangkan di dalam area taman hanya ada rumput hias dan bunga-bunga saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman I Love Sabang
Image Credit: Instagram Jonny Chung

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang dimiliki oleh Taman I Love Sabang adalah area parkir kendaraan. Fasilitas ini memang tidak sebesar area parkir kendaraan umumnya yang dimiliki oleh tempat-tempat wisata populer, namun ukuran area parkir kendaraan ini sudah sangat cukup untuk menampung kendaraan milik wisatawan baik sepeda motor hingga mobil.

2. Jalan Setapak Mengelilingi Taman I Love Sabang

Beralih ke fasilitas selanjutnya yaitu adanya jalan setapak yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk mengelilingi taman cantik ini. Fasilitas ini memang sengaja dibuat untuk dilalui wisatawan agar mereka tidak menginjak rumput hias yang hidup di dalam kawasan taman populer tersebut.

3. Tangga

Fasilitas terakhir adalah tangga yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk naik mendekat ke bangunan bertuliskan I Love Sabang. Tangga ini juga tidak terlalu banyak jadi bisa dilewati dengan mudah baik oleh anak-anak hingga orang dewasa. Warna dari tangga tersebut juga bagus sehingga bisa anda gunakan sebagai spot berfoto.

Demikian review singkat mengenai sebuah tempat wisata bernama Taman I Love Sabang yang dibangun oleh Pemerintah Kota Sabang dan Bank BNI. Jika anda berkunjung saat siang hari sebaiknya menggunakan topi atau penutup kepala karena sinar Matahari akan langsung mengenai anda.