10 Taman di Bandar Lampung yang Cocok untuk Refreshing

10 Taman di Bandar Lampung yang Cocok untuk Refreshing

Selain keindahan alamnya, Bandar Lampung juga populer dengan wisata tamannya. Inilah daftar rekomendasi taman keren di Bandar Lampung yang pas sebagai tempat bersantai.

Kota Bandar Lampung merupakan sebuah kota sekaligus ibukota dari Provinsi Lampung. Selain terkenal dengan wisata alam pegunungan dan pantainya, Bandar Lampung ternyata juga kaya akan potensi taman wisata.

Beranekaragam taman wisata dapat ditemukan di kota ini. Kreativitas ide serta inovasi-inovasi yang di galakkan oleh masyarakat dan pemerintah setempat, membuat kota ini juga populer dengan objek wisata berbasis tamannya.

Tentunya basis objek wisata taman ini merupakan sesuatu yang baru untuk dieksplorasi sebagai the next agenda dalam daftar wisata Anda. Berikut daftar taman keren yang inovatif di Bandar Lampung yang cocok sebagai tempat refreshing maupun piknik bersama keluarga.

1. Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Taman Kupu-Kupu Gita Persada
Image Credit: Detik.com

Datar rekomendasi wisatawan taman keren yang inovatif dari Bandar Lampung adalah taman kupu-kupu Gita Persada. Berlokasi tak jauh dari pusat kota, taman kupu-kupu ini merupakan salah satu lokasi taman wisata populer yang tengah naik daun.

Sesuai dengan namanya, taman ini juga identik dengan nama lain “insektarium raksasa”. Banyak terdapat koleksi serangga khususnya kupu-kupu yang diawetkan.

Anda pun tak perlu khawatir dengan tiket wisatanya. Lantaran untuk memasuki objek taman wisatanya ini hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000,00 saja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wan Abdurrahman, Hutan, Kec. Hutan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

2. Taman Lungsir

Taman Lungsir
Image Credit: Google Maps (Masjid Al-Furqon)

Berbeda dengan taman Kupu-Kupu Gita Persada, Taman Lungsir merupakan objek wisata taman yang berlokasi tepat di pinggir jalan utama Galik-Galik Bandar Lampung.

Tempat ini juga terkenal sebagai spot “icon of the Bandar Lampung”. Hal ini lantaran terdapat sebuah tulisan besar yang terpampang di depan taman wisata yang bertuliskan “Bandar Lampung City”. Tak heran, banyak wisatawan yang beranggapan berfoto di kawasan wisata ini merupakan sebuah bukti bahwa pernah mengunjungi Kota Bandar Lampung.

Rekomendasi waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah saat sore dan malam hari. Cahaya lampu temaram kota mampu memberikan efek coklat yang dramatis di latar belakang foto Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gulak Galik, Kec. Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung.

3. Taman Villa Gardenia

Taman Villa Gardenia
Image Credit: Google Maps (Erna Sulastri)

Taman Villa Gardenia merupakan sebuah objek wisata hitz yang berlokasi di kawasan Villa Gardenia. Taman wisata ini banyak digandrungi oleh para remaja Bandar Lampung lantaran memiliki beragam spot foto yang instagramable.

Berkunjung ke sini, Anda cukup membayar Rp 10.000,00. Tentunya, Anda dapat berfoto di instalasi rumah-rumahan mini, taman bunga warna-warni, hingga pohon cinta ala Taman Villa Gardenia. Bagi Anda yang ingin menghabiskan malam di kawasan Villa Gardenia, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 600.000,00 per malamnya.

BACA JUGA:  11 Tempat Wisata di Metro Terbaru & Terhits Dikunjungi

Taman Villa Gardenia ini pun sangat aman dan nyaman untuk berwisata bagi si kecil. Hal ini lantaran pengelola Gardenia juga menyediakan spot wisata khusus bagi anak-anak. Spot wisata tersebut terdiri dari spot ketangkasan seperti kubangan pasir, ayunan, serta prosotan yang tentunya aman digunakan bermain bagi anak-anak.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. R.E. Martadinata, Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

4. Taman Seven Selfie

Taman Seven Selfie
Image Credit: Instagram.com @kurnianoen

Sesuai dengan namanya, taman wisata yang satu ini merupakan area taman wisata khusus bagi Anda yang hobi ber swa-foto atau foto selfie. Tiket wisata taman ini pun terjangkau yaitu Rp 5.000,00 saja.

Fasilitas yang Anda dapatkan disana adalah: spot wisata dengan aneka ragam sudutnya yang instagramable, gazebo dan cafetaria, hingga tempat beribadah, dan juga MCK yang memadahi.

Harga tiket masuknya yang cukup terjangkau serta kelengkapan fasilitasnya membuat Taman Seven Selfie ini menjadi salah satu objek wisata yang digemari masyarakat Bandar Lampung. Tak heran, wisata taman ini akan selalu ramai saat weekend atau pun hari besar dan hari libur.

Akses menuju tempat wisata ini pun sangat mudah dicapai. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, seperti kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat. Tentunya Anda tak perlu pusing soal keamanan karena petugas keamanan di wana wisata ini telah terlatih secara profesional.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wan Abdurrahman, Batu Putuk, Kec. Telukbetung Barat, Kota madya, Lampung.

5. Lampung Elephant Park

Lampung Elephant Park
Image Credit: Google Maps (Totalitas Tampa Batas)

Memiliki nama yang unik, nama “Elephant Park” ternyata diambil dari nama jalan lokasi Elepant Park berdiri. Nama jalan tersebut adalah jalan Bundaran Gajah.

Pada awal mulanya, Elephant Park ini dibangun dengan tujuan sebagai sarana berolahraga bagi masyarakat setempat. Usaha ini dilakukan pemerintah sebagai bentuk kepedulian pemerintah kota terhadap kesehatan dan kebugaran masyarakat.

Sesuai dengan tujuannya, maka Anda tak perlu heran jika terdapat banyak alat kebugaran seperti sepeda statis hingga treadmil. Terlebih, tiket memasuki taman wisata ini pun gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lantana, Enggal, Kec. Tj. Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

6. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau
Image Credit: Google Maps (Atho Softan Al-Bongasi)

Bagi Anda yang merencanakan liburan di taman dengan berkegiatan seperti outbond, maka Taman Wisata Lembah Hijau merupakan pilihan yang tepat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tanggamus Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kondisi alamnya yang hijau, udaranya yang sejuk, serta tempatnya yang luas merupakan tiga aspek utama personal branding dari taman wisata ini. Tak heran, banyak wisatawan yang mengagendakan acara outbond hingga camping di taman wisata ini.

Tentunya bagi Anda yang tertarik ber­outbond, Anda tak perlu repot mencari program dan instruktur lantaran taman wisata ini juga memilikinya. Anda dapat memilih paket outbond pilihan Anda dengan bebas dan tentunya Anda akan ditemani oleh instruktur yang profesional di bidangnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukadana Ham, Kec. Tj. Karang Bar., Kota Bandar Lampung, Lampung.

7. Taman Bawah Laut Nemo

Taman Bawah Laut Nemo
Image Credit: Google Maps (Riko Farera)

Tak hanya wisata taman daratan, Lampung juga terkenal dengan keindahan wisata Taman Bawah Laut Nemonya. Untuk dapat menikmati snorkeling dan diving di Taman Bawah Laut Nemo ini Anda dapat berkunjung ke kawasan wisata Pulau Pahawang, Bandar Lampung.

Tak hanya jenis ikan nemo, Anda juga dapat menemui aneka biota laut lainnya seperti ragam jenis ikan, ragam coral laut hingga ragam karang laut yang cantik berwarna-warni. Keseruan wisata taman laut ini dapat Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 100.000,00 rupiah saja.

Harga Tiket: Rp 100.000c; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Pahawang, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung.

8. Taman Wisata Bukit Sakura Kemiling

Taman Wisata Bukit Sakura Kemiling
Image Credit: Instagram.com @langitlampung

Bandar Lampung ternyata juga memiliki taman wisata dengan konsep ala-ala negeri Sakura Jepang. Bagi Anda yang penasaran, Anda dapat berwisata di Taman Wisata Bukit Sakura Kemiling saat berkunjung di Bandar Lampung.

Berkunjung ke taman wisata ini, Anda akan disambut dengan suasana klasik ala kerajaan Jepang. Suasana klasik ini terpancar dari keberadaan gerbang torii ala Jepang yang biasanya dapat dijumpai di kuil-kuil Shinto Jepang.

Selain penataan tamannya yang dibuat menyerupai taman-taman di Jepang pada umumnya, Anda juga dapat menjumpai tanaman bonsai serta sakura khas Jepang yang dibudidayakan di taman ini. Tak hanya itu, Anda pun dapat menyewa kostum ala Jepang, seperti kimono dan yukata serta menggunakannya sebagai properti berfoto.

Terlebih, lokasi objek wisata yang berada di ketinggian (perbukitan) memungkinkan Anda untuk menyaksikan keindahan Kota Bandar Lampung lebih baik daripada di tempat lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Melati Raya, Kec. Langkapura, Kota Bandar Lampung, Lampung.

9. Taman Argowisata Horti Park

Taman Argowisata Horti Park
Image Credit: Google Maps (Yulika Sugesty)

Bagi Anda yang merencanakan berlibur sambil belajar, maka wajib bagi Anda untuk mengunjungi Taman Agrowisata Horti Park ini. Taman wisata yang berlokasi di Desa Sabah Balau ini merupakan sebuah wahana wisata alam yang mengusung konsep edukasi dan hortikultura tanaman.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lampung Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tentunya tak hanya berjalan-jalan dan menikmati pemandangan, Anda juga dapat mengedukasi diri dengan pembelajaran seputar hortikultura tanaman dan jaringan tanaman. Tak perlu khawatir tersesat, Anda juga akan ditemani oleh tutor yang profesional dalam memberikan arahan seputar pertanian dan kelestarian alam.

Selain mengenal anekaragam tumbuh-tumbuhan dan tanaman hias seperti anggrek, Anda juga dapat mengamati tanaman obat tradisional mulai dari cara memanennya hingga proses peracikan obatnya. Apabila Anda tertarik dengan dunia pertamanan, Anda juga akan diajarkan bagaimana cara membuat dan mengolah pupuk kompos yang baik dan benar.

Tiket memasuki taman wisata ini pun cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 20.000,00. Rekomendasi waktu kunjungan wisata yang paling tepat adalah pagi hari; semakin pagi kedatangan Anda semakin banyak hal yang bisa dipelajari.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sabah Balau, Kec. Tj. Bintang, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

10. Alam Wawai Eco Park

Alam Wawai Eco Park
Image Credit: Google Maps (dian novita)

Daftar taman wisata terakhir yang wajib Anda kunjungi saat berada di Bandar Lampung adalah Alam Wawai Eco Park. Buka dari pukul 10.00 hingga 17.00 setiap harinya, Anda cukup mengeluarkan Rp 20.000,00 per orangnya sebagai biaya tiket masuk.

Taman wisata Wawai Eco ini merupakan salah satu taman wisata eksklusif yang berlokasi di Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Saat berwisata di Wawai Eco Park, Anda dapat merasakan sensai berkeliling taman dari ketinggian dengan latar belakang laut yang menenangkan.

Salah satu spot andalan dari taman wisata ini adalah amphiteaternya yang melegenda. Amphiteater taman wisata ini merupakan amphiteater alam setengah lingkaran dengan tempat duduk batu berundak yang menjulang ke atas. Biasanya setiap weekend ataupun hari libur akan diadakan pertunjukan tari maupun drama di amphiteater ini.

Fasilitas lainnya seperti cafetaria, gazebo tempat beristirahat, tempat ibadah, serta MCK yang memadahi juga terdapat di taman wisata ini. Nah, bagi Anda yang penasaran Anda dapat berkunjung ke Bandar Lampung dan mencobanya sendiri.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H Hasan Rais, Sukadana Ham, Kec. Tj. Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Demikianlah rekomendasi taman keren yang dapat Anda temui saat berkunjung ke Bandar Lampung. Bermacam-macam inovasi serta kreatifitas dalam penataan tamannya menjadikan taman dari kota ini sebagai salah satu tempat yang asik untuk dikunjungi.