Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Wisata Alam yang Kaya Pesona di Lampung

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Wisata Alam yang Kaya Pesona di Lampung
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Km 1 – Tanggamus, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus, Lampung.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Taman nasional ini bertujuan untuk melindungi hutan hujan tropis di Pulau Sumatra serta flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Kawasan ini masuk dalam wilayah pegunungan Bukit Barisan sehingga memiliki beragam vegetasi alam, selain itu terdapat juga beberapa hutan daratan rendah yang dilindungi.

Selain menjadi satu-satunya taman nasional dengan ekosistem hutan dataran rendah terbesar di Asia Tenggara, kawasan ini juga menjadi salah satu dari tiga taman nasional di Pulau Sumatra yang memiliki prioritas tinggi untuk Unit Konservasi Harimau. Kawasan ini juga memiliki fungsi sebagai daerah tangkapan air karena memiliki sedikitnya 23 sungai besar dan ratusan anak sungai.

Terdapat ratusan jenis pohon yang tumbuh di kawasan taman nasional ini, juga merupakan habitat bagi bunga rafflesia dan 2 jenis bunga bangkai yang langka dan dilindungi. Tanaman lain yang menjadi ciri khas adalah anggrek raksasa. Sementara itu, hampir semua fauna khas Pulau Sumatra hidup di kawasan ini, termasuk badak sumatra, gajah sumatra, dan lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Daya Tarik Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
Image Credit: Google Maps Edythia Rio W.

Taman Nasional ini memang merupakan kawasan hutan sehingga sangat cocok untuk bagi para pecinta alam dan petualangan menikmati alam bebas. Tidak hanya hutan dengan berbagai flora dan faunanya yang langka dan dilindungi, kawasan ini juga memiliki daya tarik lain berupa objek-objek wisata alam yang dapat dikunjungi.

1. Suoh

Suoh menjadi salah satu daya tarik kawasan ini karena adanya sumber air panas. Sumber air panas ini berasal dari gunung purba dengan letusan berupa lumpur yang terus berpindah-pindah. Suoh sendiri sebenarnya berupa lembah yang memiliki ketinggian hingga 1.200 meter dari atas permukaan laut. Selain air panasnya, lembah ini juga memiliki pesona lainnya.

Di kawasan Suoh juga terdapat empat buah danau. Jaraknya saling berdekatan, namun karakter setiap danau berbeda-beda. Danau tersebut adalah Danau Belibis, Danau Minyak, Danau Asam, dan Danau Lebar. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di kawasan ini seperti menjelajahi hutan, berkemah, menikmati sumber air panas, dan lainnya.

2. Sukaraja Atas

Sukaraja Atas merupakan sebuah kawasan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang sangat cocok untuk melakukan berbagai pengamatan satwa-satwa liar, salah satunya adalah burung. Di kawasan ini juga terdapat gajah sumatra dan harimau sumatra. Flora-flora langka juga dapat ditemukan di kawasan ini seperti rafflesia, bunga bangkai, serta terdapat juga kantong semar.

3. Kubu Perahu

Destinasi ini termasuk yang paling favorit jika mengunjungi kawasan taman nasional ini. Kubu perahu berupa perbukitan dengan dikelilingi sungai dan hutan. Pepohonan yang mengelilinginya berukuran raksasa dan berusia ratusan tahun lamanya. Keindahan alam di kawasan ini sangat memanjakan mata, karenanya banyak yang datang untuk menikmatinya.

Berbagai flora dan fauna juga berhabitat di kawasan ini. Karena itu, selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat mengamati satwa-satwa maupun flora yang hidup di kawasan ini. Terdapat juga air terjun yang dapat Anda rasakan kesegaran airnya.

Daya Tarik Dimiliki Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
Image Credit: Google Maps Panca Purwoko

 

4. Way Pemerihan

Kawasan ini menjadi daya tarik karena memang sangat menarik untuk dikunjungi. Di kawasan ini Anda dapat mencoba untuk menaiki gajah dan menyusuri sungai dengan dibantu oleh Petugas dari Jagawana. Anda juga dapat melihat gajah-gajah ini melakukan berbagai aktivitas seperti patroli, mandi di sungai, dan Anda juga dapat mencoba memberi makan gajah juga.

5. Pantai

Anda juga bisa menemukan pantai di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, lebih tepatnya di Tampang – Belimbing atau disebut Tambling. Lokasinya berada di ujung bagian selatan taman nasional ini.

Kawasan ini sendiri ada di Kabupaten Lampung Barat dan Tanggamus yang memiliki hutan hujan dan hutan pantai. Salah satu pantai yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Karang Sawang Bajau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Barisan Selatan
Image Credit: Instagram SkyscraperCity

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sangat luas dan mencapai hingga ratusan hektar. Kawasan ini berada di dua provinsi yaitu Lampung dan Bengkulu. Karena sangat luas, akan lebih baik jika Anda menentukan terlebih dahulu destinasi wisata yang ingin Anda tuju di kawasan taman nasional ini sehingga tidak perlu perjalanan yang terlalu jauh.

Untuk melakukan beberapa kegiatan yang memerlukan pendampingan dari petugas, pengunjung harus datang terlebih dahulu ke Kantor Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam yang jaraknya hanya 2 hingga 3 jam perjalanan dari Bandar Lampung. Jangan heran jika dari kantor menuju pintu masuk taman nasional juga cukup jauh karena memang kawasannya yang sangat luas.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bukit Selatan
Image Credit: Instagram Rizki Megasari Egha

TN Bukit Barisan Selatan dapat dikunjungi pada hari Senin sampai dengan Jumat. Sedangkan untuk jam operasional dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Sementara itu pada hari Sabtu dan Minggu, taman nasional ini ditutup untuk publik. Harga tiket masuk sendiri tidak mahal, hanya dengan Rp 15.000 saja Anda sudah dapat melihat binatang-binatang yang dilindungi di kawasan ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di TN Bukit Barisan Selatan

Kegiatan Menarik TN Bukit Barisan Selatan
Image Credit: Instagram BBTN Bukit Barisan Selatan

Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan jika berkunjung di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Kegiatan-kegiatan ini sangat cocok bagi Anda para pecinta alam dan yang menyukai petualangan karena Anda akan diajak untuk beraktivitas di tengah alam bebas. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan.

1. Menjelajahi Hutan

Anda dapat menjelajahi hutan di taman nasional ini. Ada banyak track yang dapat Anda coba sebagai tempat untuk berpetualangan. Anda tidak hanya dapat menyusuri hutan, namun juga sungai-sungai yang ada di kawasan ini. Selain track dengan berjalan kaki, Anda juga dapat mencoba bersampan di sungai-sungai yang ada.

2. Mengamati Satwa Liar

Kawasan ini merupakan habitat dari berbagai satwa liar. Anda dapat menghubungi petugas untuk dapat membantu mengamati satwa-satwa yang hidup di kawasan ini seperti berbagai burung. Hewan-hewan yang hidup di habitat aslinya juga menjadi tempat yang sangat tepat untuk melakukan berbagai penelitian.

Tidak hanya hewan saja, kawasan ini juga menjadi tempat untuk mengamati berbagai macam tumbuhan langka. Beberapa yang menjadi ikon kawasan ini seperti rafflesia, bunga bangkai, serta anggrek raksasa. Selain pengamatan, kawasan ini juga tidak jarang menjadi tempat untuk membudidayakan berbagai macam tumbuhan.

Kegiatan di TN Bukit Barisan Selatan
Image Credit: Instagram Agoenk™

3. Camping

Camping merupakan kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan di kawasan ini. Ada banyak spot-spot yang cocok untuk mendirikan tenda. Dengan ditemani oleh hutan hujan tropis yang mengelilingi, kegiatan camping Anda akan benar-benar terasa menantang. Berkemah di kawasan ini, Anda akan merasakan hidup dan menyatu dengan alam bebas.

Menyatu dengan alam akan mengajarkan untuk tidak merusak kawasan alam hutan ini. Anda juga tidak diperbolehkan membawa barang-barang yang dapat merusak kawasan hutan seperti pematik, pisau, dan juga dilarang meninggalkan puntung rokok. Sisa sampah juga harus kembali dibawa pulang agar kebersihan di kawasan hutan tetap terjaga.

4. Menikmati Alam

Terdapat berbagai kekayaan alam yang dapat Anda nikmati di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini. Anda dapat datang untuk menikmati pemandangan hutan yang tersaji dengan sangat indah. Karena masih asri dan terjaga, maka alamnya juga masih bersih dan segar. Tidak banyak tangan usil manusia yang merusak kawasan yang terlindungi ini.

Berbagai objek alam juga dapat Anda datangi, seperti air terjun yang dapat Anda nikmati kesegarannya. Terdapat juga kolam-kolam air panas yang dapat menenangkan pikiran dan melepaskan penat Anda. Dengan alam di sekitar yang menemani Anda, kegiatan satu ini sudah tentu akan membuat Anda kembali merasakan kesegaran dan siap untuk melakukan rutinitas harian.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Bukit Barisan Selatan
Image Credit: Google Maps Supri yanto

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memiliki kawasan yang sangat luas, namun sebagian besar akses jalan sudah bagus dan beraspal. Hutan di dalamnya dilindungi dan dijaga dengan sangat baik sehingga flora dan fauna langka di dalamnya juga terjaga habitatnya.

Pengunjung yang datang biasanya tidak hanya untuk mengisi liburan, namun juga untuk penelitian atau mengambil gambar dokumentasi baik foto atau video. Untuk melakukan kegiatan ini, pengunjung harus meminta izin dan memberikan beberapa berkas persyaratan. Nantinya akan ada petugas yang akan membantu kegiatan dan kepentingan dari pengunjung.

Terdapat juga spot-spot yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda. Tidak ada biaya tambahan, namun harus meminta izin kepada petugas. Maksimal waktu menginap di kawasan ini adalah 7 hari. Pengunjung juga diminta untuk tidak meninggalkan sampah serta benda-benda berbahaya seperti puntung rokok yang dapat menimbulkan kebakaran hutan.

Adanya Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan upaya untuk pelestarian alam dan tempat penelitian. Ekosistem di dalamnya terjaga dengan sangat baik karena tujuan taman nasionak ini adalah untuk melindungi kekayaan dan manfaat dari hutan hujan tropis yang ada di Sumatra. Sebagai destinasi wisata, Anda juga dapat menyempatkan berkunjung dan menikmati alam disini.