Taman Nasional Way Kambas, Tempat Konservasi Gajah Sumatera

Taman Nasional Way Kambas, Tempat Konservasi Gajah Sumatera

Way Kambas termasuk taman nasional tertua di Indonesia dan terkenal sebagai tempat konservasi Gajah Sumatera. Kawasan konservasi yang terdiri dari hutan air rawa, hamparan padang rumput dan hutan pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taman Nasional Way Kambas, Kec. Labuhan Ratu, Lampung Timur, Lampung.

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasional di Provinsi Lampung. Memiliki luas lebih dari 125 hektar, taman ini masuk kedalam kategori ASEAN Heritage Park yang ke empat dari Indonesia.

Tak hanya menjadi kawasan pelestarian alam, Taman Naional Way Kambas juga merupakan ekosistem bagi beberapa satwa liar yang dilindungi. Satwa tersebut antaranya Gajah Sumatra, Harimau Sumatra, Badak Sumatra, Beruang Madu, Tapir, Rusa Sambar, Kijang, dan lain sebagainya.

Sejak dibuka untuk umum, taman nasional ini telah banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Berikut adalah gambaran eksistensi TN Way Kambas sebagai salah satu rekomendasi destinasi wisata alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Nasional Way Kambas

Daya Tarik Taman Nasional Way Kambas
Image Credit: Google Maps (Aji Supeno Bagus Syam)

Way Kambas tak hanya populer karena statusnya sebagai salah satu taman warisan budaya dunia saja. Taman yang terletak di bagian ujung Pulau Sumatra ini juga memiliki daya tarik tersendiri sebagai objek wisata. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Memiliki Empat Ekosistem Dalam Satu Kawasan

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu kawasan taman nasional yang memiliki empat jenis ekosistem. Keempat jenis ekosistem tersebut antara lain adalah hutan dataran rendah (hutan hujan), hutan pantai, hutan mangrove, dan hutan rawa.

Hutan daratan rendah atau yang biasa juga disebut sebagai hutan hujan terletak di daerah Plang Hijau, Rantau Jaya ilir, Rasau, Susukan Baru, dan daerah Way Kanan. Kawasan hutan hujan ini banyak ditumbuhi tanaman berdaun lebat seperti Salam dan Meranti.

Selanjutnya, daerah Way Penet, Way Biru, dan Wako merupakan daerah dengan ekosistem rawa yang didominasi dengan tanaman Nimbung dan Gelam. Sedangkan ekosistem hutan pantai dapat ditemui di sepanjang pantai Kuala Seputih hingga Kuala Penet. Ragam vegetasi yang dapat ditemui di kawasan ini adalah Cemara Laut dan Pandan.

Terakhir, ekosistem hutan magrove dapat dijumpai di sepanjang Way Pedagungan dan Way Kambas. Tumbuhan di daerah ini rata-rata merupakan tumbuhan jenis Rhizapora dan tumbuhan api-api.

2. Tempat Berlindung Satwa Langka

Taman Nasional Way Kambas merupakan pusat konservasi Gajah yang dilestarikan secara in situ (dilestarikan pada habitat aslinya). Namun, taman nasional ini rupanya tak hanya menjadi tempat berlindung bagi Gajah saja melainkan juga satwa langka lainnya.

BACA JUGA:  Baju Saibatin & Pepadun - Fakta, Filosofi dan Keunikan Pakaian Adat Lampung
Daya Tarik Taman Nasional Way Kambas Lampung
Image Credit: Google Maps (Jetrani Reza Dias)

Satwa-satwa langka yang dilindungi di TN Way Kambas ini terdiri dari satwa yang hampir punah seperi Badak Sumatra, Harimau Sumatra, Tapir, Beruang Madu, Kijang, dan Rusa Sambar. Tentunya, semua satwa ini mendapatkan perhatian dari petugas pengelola taman nasional dengan baik.

3. Menawarkan Banyak Spot Foto yang Keren

Satu lagi daya tarik dari taman nasional di Sumatera yang tidak bisa diabaikan. Taman nasional ini merupakan wisata alam liar yang menyimpan beragam jenis vegetasi dan kenampakan alam. Beraneka ragam ekosistem dan satwa yang tinggal di dalamnya menjadikan taman nasional ini sebagai gudang panorama alam yang sempurna untuk diabadikan dengan lensa kamera.

Tak hanya mengambil gambar alam dan panorama, Anda juga dapat ber swa-foto seraya memamerkan rimbunnya pepohonan dan indahnya alam. Para wisatawan pun juga dapat berfoto dengan para satwa langka (tentunya dengan pengawasan penjaga taman nasional).

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk TN Way Kambas

Alamat TN Way Kambas
Image Credit: Google Maps (Tambayu Rizqi)

Way Kambas merupakan kawasan taman nasional yang berlokasi di Raja Basa Lama, Kabupaten Lampung Timur, Kota Bandar Lampung, Sumatra. Menuju ke taman wisata ini Anda memerlukan waktu kurang lebih 150 menit dengan titik keberangkatan dari Kota Bandar Lampung.

Rute menuju TN Way Kambas dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan beroda dua ataupun empat. Bagi Anda yang berasal dari luar pulau, Anda dapat memilih penerbangan dengan tujuan Bandara Raden Inten dan menggunakan bus umum menuju Taman Wisata Nasional Way Kambas di daerah Raja Basa.

Memasuki Taman Nasional Way Kambas pada hari biasa, Anda (wisatawan domestik) hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000,00 per orangnya. Pada hari libur, akhir pekan, dan tanggal merah tiket wisata mengalami kenaikan menjadi Rp 7.000,00 per orangnya.

Bagi wisatawan mancanegara, tiket di hari biasa adalah sebesar Rp 150.000,00. Sedangkan untuk hari libur dan tanggal merah tiket masuk sebesar Rp 225.000,00.

Selain tiket masuk, wisatawan yang berkunjung juga wajib membayar retribusi parkir. Retribusi parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000,00 dan kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000,00 saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di TN Way Kambas

Aktivitas di TN Way Kambas
Image Credit: Google Maps (Kevin Ewaldo)

1. Atraksi Gajah

Sebagai salah satu wilayah konservasi Gajah Sumatra, TN Way Kambas ternyata juga memiliki pusat pelatihan gajah yang populer. Pelatihan ini tepatnya di agendakan di Pusat Konservasi Gajah (PKG) TN Way Kambas.

Pertunjukan atraksi gajah ini merupakan pertunjukan yang dibuka untuk umum setiap akhir pekan. Anda dapat menyaksikan kepiawaian para gajah dalam menari, bermain bola, melompat, hingga bersenda-gurau dengan penonton. Tentunya Anda juga berkesempatan berjabat tangan dengan belalai panjang milik si gajah.

BACA JUGA:  Teluk Kiluan, Wisata Bahari Nan Eksotis di Tenggamus Lampung

2. Berkeliling Menunggangi Gajah

Selain menyaksikan atraksi pertunjukan Gajah, Anda juga dapat berkeliling area kawasan taman konservasi ini sambil menunggangi Gajah. Tentunya pengalaman yang tidak biasa bukan untuk berkeliling dengan gajah? Meskipun demikian, Anda harus berhati-hati jangan sampai melewati batas waktu tunggang yaitu 90 menit maksimal.

3. Memandikan Gajah

Tak kalah seru, Anda dapat merasakan pengalaman memandikan gajah di Taman Nasional Way Kambas. Tentunya kegiatan memandikan Gajah ini merupakan kegiatan yang jarang dijumpai dalam kegiatan sehari-hari.

Tak perlu takut untuk memandikan Gajah, lantaran terdapat petugas yang menjaga dan mengawasi gerak-gerik si Gajah. Siapa sangka, kegiatan memandikan Gajah ini juga menjadi salah satu favorit wisatawan mancanegara yang berkunjung.

4. Birding (Memberi Makan) Burung di Way Kambas

Tak hanya gajah, Anda juga dapat menikmati keseruan bermain bersama burung-burung dalam penangkaran TN Way Kambas. Tentunya, Anda akan menjumpai beraneka ragam jenis dan ukuran burung di taman nasional ini.

Salah satu jenis burung yang menjadi ikon dari Way Kambas adalah Rangkong Gading. Burung dengan paruh yang besar serta memiliki warna menyerupai gading kuning (bunga) merupakan salah satu ikon yang banyak dicari para wisatawan.

Selain populer karena keunikan paruhnya, Burung Rangkong Gading juga dikenal dengan tanduknya yang menyerupai jembel berwarna merah. Perpaduan antara tanduk merah dan paruh kuning inilah yang membuat burung jenis ini diincar banyak oknum tak bertanggung jawab. Sehingga, kini berstatus sebagai satwa langka yang dilindungi.

5. Pantai Kuala Kambas, Way Kambas

Berkunjung ke kawasan Taman Nasional Way Kambas, Anda juga dapat memanjakan diri dengan kegiatan berpantai. Salah satu pantai yang terkenal di kawasan taman nasional ini adalah Pantai Kuala Kambas.

Pantai Kuala Kambas berada tepat di batas Timur Taman Nasional Way Kambas. Selain pasir putihnya yang bersih, Anda juga dapat menikmati indahnya Cemara Laut yang nampak tumbuh subur dan terawat.

Bahkan Anda juga dapat menyewa perahu nelayan setempat untuk bergerak ke tengah lautan. Tentunya Anda tak perlu khawatir dengan ombaknya sebab intensitas ombak di daerah pantai ini terhitung normal. Selain itu, Anda juga bebas bermain air di sepanjang bibir pantai.

6. Penelusuran Hutan

Bagi Anda yang tertarik dengan kegiatan jelajah alam liar, Anda dapat mencoba untuk melakukan tracking di TN Way Kambas. Jalur tracking di taman nasional ini di dominasi oleh hutan hujan dengan tanah rawa. Anda juga dapat menemukan kawasan hutan mangrove dan pantai apabila mengambil jalur tracking yang lebih luas.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Pesawaran yang Murah & Enak

Untuk melakukan kegiatan tracking ini, Anda akan didampingi oleh instruktur yang terlatih. Instruktur akan menjelaskan gambaran medan secara keseluruhan. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk mencoba tracking di kawasan konservasi Way Kambas.

7. Memancing di Alam Bebas

Para mancing mania tentunya tidak ingin melewatkan keseruan memancing di Taman Nasional Way Kambas bukan? Berbekal mata dan kail pancing Anda akan merasakan pengalaman memancing yang berbeda dari sebelumnya.

Berburu ikan baramundi ditemani dengan rimbunnya pepohonan dan udara yang segar merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Bagi Anda pemancing pemula, Anda tak perlu khawatir tertinggal dengan para senior. Hal ini lantaran terdapat instruktur yang dapat membantu Anda memenangkan strike (tangkapan) saat memancing.

8. Menemukan Kantung Semar

Tanaman yang melegenda seperti Kantung Semar ternyata juga dapat Anda temui di kawasan Way Kambas. Tanaman karnivora ini banyak ditemui di daerah hutan rawa TN Way Kambas.

Kesempatan menyaksikan langsung tumbuhan langka ini tentunya tak ingin dilewatkan begitu saja bukan? Meskipun Anda tidak bisa memetik dan membawa pulang tanaman ini sebagai buah tangan, Anda dapat mengabadikan momen dengan lensa kamera.

Anda pun tak perlu ragu untuk berswa-foto dengan tanaman ini dari jarak dekat. Lantaran tanaman Kantung Semar hanya memakan serangga dan binatang yang sesuai dengan ukurannya.

9. Berkemah

Jika Anda ingin menghabiskan malam bersama teman atau pun keluarga, berkemah juga dapat menjadi salah satu opsi kegiatan yang menarik. Kawasan Taman Nasional Way Kambas juga menyediakan lahan kemah (camping ground).

Bahkan, Anda tak perlu repot-repot membawa perlengkapan berkemah lantaran pengelola wisata setempat juga menyediakan persediaan berkemah yang lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Nasional Way Kambas

Fasilitas di Taman Nasional Way Kambas
Image Credit: Google Maps (Aslam Daniel)

Fasilitas yang tersedia di TN Way Kambas cukup lengkap. Anda dapat menemukan tempat beribadah, penginapan, tempat istirahat, cafetaria, wahana bermain anak, serta MCK yang memadahi di taman nasional ini.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, taman nasional ini juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Anda juga tak perlu risau dengan keamanan lokasi. Lantaran petugas keamanan selalu bersiaga di seputaran kawasan taman nasional ini.

Demikianlah gambaran daya tarik dari Taman Nasional Way Kambas. Memiliki panorama alam yang indah serta kaya akan keanekaragaman vegetasi, TN Way Kambas merupakan kawasan konservasi yang menyenangkan untuk dikunjungi. Tak heran, banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang mengunjungi lokasi ini baik saat hari biasa ataupun hari libur.