Taman Punti Kayu, Taman Wisata Alam Hits di Tengah Kota Palembang

Taman Punti Kayu, Taman Wisata Alam Hits di Tengah Kota Palembang

Punti Kayu salah satu taman wisata alam yang terletak di tengah kota Palembang. Kawasan pelestarian alam yang menyuguhkan pemandangan hutan pinus nan indah dan beragam wahana yang menarik.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kol. Burlian, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Berlibur merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan pada saat akhir pekan. Beberapa tujuan wisata yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat ialah pegunungan ataupun pantai. Namun untuk Anda yang tidak ingin menghabiskan wisata dengan perjalanan yang panjang, maka Taman Punti Kayu ialah jawaban dari pencarian destinasi wisata Anda.

Berlokasi di tengah kota, taman ini ramai dikunjungi pendatang dari berbagai kalangan untuk menghabiskan waktu luang di hari libur. Selain lokasinya yang sejuk dan asri, Taman Punti Kayu juga menyediakan berbagai macam fasilitas hiburan dan aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke taman wisata alam ini.

Selain sebagai destinasi wisata, taman wisata ini juga merupakan kawasan hutan pinus terbesar di Indonesia yang terletak di dalam kota. Taman ini tentunya sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata, namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk berpergian ke luar kota. Berikut ini beberapa informasi tentang Taman Punti Kayu, Palembang.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Wisata Punti Kayu

Daya Tarik Wisata Punti Kayu
Image Credit: Google Maps (G.N. Habibah)

1. Lokasi di Tengah Kota

Lokasinya yang berada di dalam kota membawa kesan tersendiri pada Taman Wisata Alam Punti Kayu. Sebagian warga yang tinggal di kota kurang menyenangi wisata yang jauh dari tempat tinggalnya oleh karena aksesnya yang cukup jauh sehingga waktu mereka akan habis hanya untuk perjalanan menuju lokasi.

2. Hutan Pinus yang Rindang dan Menyejukkan

Hutan pinus yang rindang merupakan pesona utama dari taman ini. Di kawasan ini Anda dapat melihat banyak sekali pohon pinus yang tumbuh dengan subur menjulang tinggi hingga menutupi cahaya matahari yang panas. Setiap batang dari pinus ini tumbuh dengan jarak yang sudah diatur dengan rapi, sehingga nyaman dilihat oleh mata.

Di hutan ini Anda dapat merasakan sejuk seperti liburan di pegunungan. Aroma daun pinus yang kering yang khas. Oleh karena khasiatnya, aroma pinus ini banyak digunakan sebagai aromaterapi. Efek yang diberikan oleh aroma ini dapat membuat Anda mudah rileks dan membantu untuk menghilangkan stress berlebih.

Di area ini Anda dapat menemukan beberapa dekorasi unik yang menarik sehingga Anda dapat menikmati perjalanan mengelilingi kawasan Taman Wisata Alam Punti Kayu. Selain itu Anda juga dapat duduk di beberapa bangku kayu yang diletakkan di sepanjang track di dalam hutan pinus yang rindang ini.

Daya Tarik Taman Wisata Punti Kayu Palembang
Image Credit: Google Maps (mat telok)

3. Jembatan Gantung

Jembatan gantung ini membentang di tengah-tengah danau yang indah. Anda dapat menyebrangi danau melalui jembatan yang terbentuk dari kayu dan tali. Jembatan ini diberi nama sebagai Canopy Bridge. Dan dari atas jembatan ini Anda dapat melihat beberapa perahu kecil yang berlalu lalang melewati kolong Canopy Bridge.

4. Replika Keajaiban Dunia

Spot foto yang satu ini sangat unik dengan tema 7 keajaiban dunia. Di kawasan ini Anda bebas berfoto-foto dengan icon yang menarik ini. Monumen-monumen ini juga dapat menjadi wisata edukasi bagi anak-anak Anda yang masih kecil. Hal ini dikarenakan pada setiap monumennya, Anda dapat membaca artikel mengenai latar belakang ataupun sejarah dari keajaiban dunia ini.

5. Habitat Flora Khas Indonesia

Di kawasan ini, Anda dapat menemui berbagai macam pohon yang sudah sulit ditemui di pekarangan Anda. Beberapa diantaranya ialah pohon kayu putih, ketapang, keruing, waru dan lain sebagainya. Pohon-pohon ini tumbuh dengan subur dan dirawat di kawasan ini. Tentunya hal ini mengajarkan untuk menjaga alam dengan lebih baik agar masih dapat melihat spesies flora ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Taman Punti Kayu

Alamat Taman Punti Kayu
Image Credit: Google Maps (G.N. Habibah)

Taman wisata ini berada di tengah-tengah kota yang terkenal dengan hidangan pempeknya. Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi ialah wisatawan lokal. Taman Punti Kayu ini tidak terlalu jauh dari kota, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat. Anda dapat menggunakan berbagai macam moda transportasi seperti bus, angkot, maupun ojek online.

Tiket masuk taman cantik ini tidak terlalu mahal. Untuk kendaraan dikenakan biaya 10.000 rupiah untuk mobil dan 5.000 rupiah untuk motor. Biaya ini sama pada hari biasa maupun hari minggu. Akan tetap untuk tiket pengunjung terbagi menjadi dua, yaitu tiket untuk anak-anak dan dewasa.

Tiket untuk anak di bawah 12 tahun dibanderol dengan harga 20.000 pada hari biasa dan 25.000 pada hari minggu. Dan untuk tiket dewasa dibanderol dengan harga 25.000 pada hari biasa dan 30.000 di hari minggu. Tentunya dengan pembelian tiket ini, Anda telah mendapatkan akses pada seluruh wahana wisata yang berada di Taman Punti Kayu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Punti Kayu

Kegiatan di Taman Punti Kayu
Image Credit: Google Maps (G.N. Habibah)

1. Wisata Kuliner

Di Taman Wisata ini, Anda dapat menikmati beberapa jenis makanan ringan hingga hidangan makan siang di area kuliner yang disediakan. Di warung ini Anda dapat menemukan kuliner khas Palembang yang beragam dengan rasa yang lezat. Tentunya Anda dapat menikmati hidangan ini sembari berjalan-jalan dan bersantai menikmati rindangnya pepohonan.

Tentunya Anda tetap harus ikut menjaga kebersihan dari taman ini. Sampah plastik yang berasal dari beberapa makanan yang dibeli di warung ini sebaiknya Anda buang di tempat sampah yang sudah disediakan. Hal ini tentu penting agar tidak banyak sampah yang mengotori kawasan, sehingga keasrian kawasan dapat dinikmati oleh seluruh orang yang berkunjung.

2. Perahu Bebek

Di dalam Taman Wisata Alam Punti Kayu, terdapat sebuah danau yang indah dan cukup luas untuk dikelilingi. Anda dapat menyewa perahu bebek untuk mengelilingi danau ini bersama dengan anak, ataupun pasangan. Angin yang sejuk dan air yang jernih tentunya sangat menyenangkan untuk beraktivitas. Anda juga dapat melihat beberapa fasilitas dan pepohonan yang rindang di sekitar danau.

3. Kegiatan Outbond

Outbond di taman ini disediakan untuk anak-anak. Walaupun areanya tidak begitu luas, namun anak-anak tetap dapat menikmati berbagai fasilitas menantang seperti memanjat tali hingga flying fox. Tentunya permainan ini akan memicu anak Anda untuk tidak takut terhadap tantangan dan ketinggian bahkan memotivasi anak dalam berbagai macam hal.

4. Waterboom

Di water boom ini Anda dapat bermain air dengan keluarga. Selain berenang, Anda juga dapat bermain dengan seluncur yang memiliki tinggi 6 meter ini. walaupun tidak terlalu tinggi, seluncuran ini aman karena kolam dibawahnya memiliki ketinggian air satu setengah meter. Anda tidak perlu khawatir akan terluka dan tenggelam.

Selain itu, Anda juga dapat bermain dengan anak-anak di kolam yang cetek. Kolam ini tentunya dikhususkan untuk anak anak dengan tinggi dibawah 1 meter. Di kolam ini Anda tidak perlu khawatir tenggelam ataupun tersedak, karena ada pengawas kolam yang siap sedia membantu Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

5. Bersepeda

Dengan areanya yang cukup luas, Anda dapat bersepeda di jalur yang sudah dibangun. Bersepeda di kawasan Taman Wisata Punti Kayu tentunya cukup menyenangkan. Anda akan dibawa berkeliling taman dan bersepeda di bawah pohon-pohon yang rindang. Tentunya Anda tetap harus berhati-hati agar tidak menabrak pengunjung lain yang sedang berjalan-jalan di taman.

Suasana yang rindang dan sejuk akan menambah motivasi Anda dalam bersepeda. Tentunya Anda dapat menikmati suasana dan beberapa dekorasi yang akan terlihat di sepanjang perjalanan Anda mengelilingi taman. Hal ini membuat olahraga bersepeda Anda tidak akan terasa melelahkan dan membosankan.

6. Dunia Margasatwa

Di kawasan ini Anda juga dapat melihat beberapa fauna yang sudah hampir punah. Anda dapat menemukan hewan darat seperti kera, bajing, ular, biawak hingga unggas yang sudah endemik seperti burung cendrawasih. Tentunya dengan adanya fauna-fauna khas Indonesia ini, Anda dapat membawa anak-anak untuk belajar menyayangi hewan ataupun belajar mengenai mereka.

7. Berkuda dan Menunggangi Gajah

Kuda dan Gajah bukanlah hewan asli dari daerah Sumatra. Oleh karena itu, menemui kuda dan gajah di kawasan ini tentulah langka. Namun Anda dapat merasakan menunggang kuda dan gajah yang sudah dilatih dengan baik. Tidak perlu khawatir dengan kuda dan gajahnya, karena sepanjang perjalanan Anda akan didampingi oleh pawang yang akan menjaga Anda agar tidak terluka.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Wisata Punti Kayu

Fasilitas di Taman Wisata Punti Kayu
Image Credit: Google Maps (J W)

Fasilitas yang tersedia pada Taman Wisata Punti Kayu ini tergolong sangatlah lengkap. Dari fasilitas mendasar seperti ruang ganti dan toilet, hingga fasilitas umum seperti bangku taman, lampu taman dan berbagai macam spot foto yang menarik. Anda juga dapat membeli sovenir dan berbagai macam makanan ringan pada warung di area kuliner.

Setelah membaca informasi di atas, tentunya taman ini akan menjadi destinasi wisata yang cukup menarik untuk Anda pertimbangkan sebagai pelepas lelah di akhir pekan. Anda dapat menyiapkan berbagai macam keperluan tambahan untuk melengkapi liburan di Taman Punti Kayu ini.