Taman Putroe Phang, Taman Indah dengan Kisah Cinta yang Melegenda di Aceh

Taman Putroe Phang, Taman Indah dengan Kisah Cinta yang Melegenda di Aceh
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merapi No.37, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

Aceh merupakan provinsi yang memiliki banyak tempat rekreasi. Salah satunya adalah Taman Putroe Phang yang lumayan terkenal di kalangan masyarakat. Wisata ini memiliki sejarah unik yang terkait dengan kisah Sultan Iskandar Muda dengan permaisurinya. Sampai saat ini taman tersebut masih dilestarikan dan dirawat dengan baik oleh petugas setempat.

Para pelancong yang ingin sekedar melepas penat di sela-sela padatnya aktivitas dapat melipir ke taman. Banyak pohon, bunga, dan berbagai tanaman lainnya yang berjejer rapi di dalam areanya. Hal ini membuat udara di sekitar terasa sejuk karena letaknya juga jauh dari polusi. Apalagi saat berkunjung mulai pagi, Anda akan merasakan suasana menenangkan.

Uniknya lagi taman tersebut dilengkapi dengan kolam dan beberapa replika seperti di kerajaan. Desainnya yang berwarna putih dan pemandangan rumput hijau membuat taman tampak cantik. Biasanya saat hari libur wisatanya akan dipadati oleh traveller dari berbagai daerah. Pengunjung yang datang pun dapat melakukan beragam kegiatan saat disana.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Putroe Phang

Daya Tarik Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps Bahasa Hanief

1. Spot Foto Instagramable

Kawasan Taman Putroe Phang yang terlihat sangat cantik dilengkapi dengan beberapa spot foto. Wisatawan bisa melipir ke tiap sudutnya untuk mendapatkan background yang menarik. Terdapat beberapa replika yang berwarna putih tampak seperti kuil kerajaan. Kolam yang berada di tengah taman pun sering dijadikan untuk mengabadikan momen.

Tak hanya itu saja, ada pula lorong koridor yang bagus dan terlihat unik. Pada sudut lain terdapat pintu khop berkarakter yang akan membuat foto semakin bagus. Anda dapat memilih spot sesuka hati dengan menggunakan properti berupa bunga atau benda lain. Maka dari itu, jangan lupa untuk membawa kamera saat berencana liburan ke taman ini.

2. Design Unik

Taman putroe diketahui dibangun sejak zaman kerajaan terdahulu. Tepatnya saat Sultan Iskandar Muda meraih puncak kejayaannya dan terpikat dengan salah satu putri raja. Kemudian mendirikan taman ini sebagai simbolik kisahnya. Hal itulah yang membuat desain taman terlihat unik dengan beberapa replika dan objek lain yang mempercantik wisata.

Tamu yang berkunjung akan dibuat kagum saat berada di dalamnya. Pada sudut lain ada mata air yang mengarah ke kolam di tengah taman. Selain itu dindingnya pun dicat dengan corak putih dan melambangkan kerajaan pada zaman dahulu. Disana terdapat beberapa bangunan lama dan bangunan baru yang telah mengalami renovasi dari pengelola.

3. Dikelilingi Panorama Alam

Taman Putroe Phang menawarkan beragam panorama alam yang menyejukkan mata. Mulai dari pohon, rumput, dan bunga warna-warni semuanya ada di kawasannya. Tumbuhan tersebut selalu dirawat oleh petugas sehingga tampak hijau segar. Anda yang berada disana tidak boleh mengotorinya agar taman tetap asri dan bisa dinikmati oleh semua orang.

Tempatnya yang terasa alami membuat sebagian pengunjung sering menghabiskan waktu disini untuk sekedar duduk di taman. Suasana yang nyaman ini akan membuat Anda betah berada lama-lama disini. Meskipun tidak banyak permainan yang ditawarkan, namun Anda dapat bersantai sesuka hati. Lahannya yang luas pun dapat menampung banyak wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps Aldi

Tempat rekreasi Taman Putroe Phang terletak di Jalan Merapi, Banda Aceh. Traveller yang berasal dari luar kota dapat naik pesawat dengan pemberhentian di Bandara Sultan Iskandar Muda. Kemudian dapat menyewa travel atau naik angkutan umum yang tersedia di sekitar. Letaknya mudah ditemukan karena dekat dengan pusat kota dan di pinggir jalan.

Anda yang berangkat dari arah Jalan Nyak Adam Kamil dapat menuju ke Jalan Hasan Saleh. Lanjut lurus terus sampai masuk ke kawasan Jalan Iskandar Muda. Ikuti arah jalan yang ada sampai ke rute lokasi wisata. Pada bagian depan destinasi ini dilengkapi dengan gapura yang bertuliskan nama taman, selain itu tampak pula kolam yang mengelilingi wisata tersebut.

Letaknya mudah dilalui oleh kendaraan apapun karena aspalnya sudah mulus. Wisatawan tidak perlu takut tersasar karena dapat mengaksesnya melalui google maps. Pengunjung bisa pula bertanya kepada penduduk setempat mengenai lokasi wisata. Tak hanya itu saja, pada sepanjang perjalanan terdapat papan petunjuk yang akan memudahkan perjalanan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps Raisha Ulfa

Anda yang berkunjung ke Taman Putroe Phang tidak perlu takut mengenai budgetnya. Hal ini dikarenakan di wisata tersebut tidak dikenai tarif tiket masuk. Para pelancong dapat sesuka hati bermain dan menikmati taman bersama kerabat. Apalagi taman ini dibuka mulai pagi hingga sore sehingga wisatawan bisa menghabiskan waktu untuk bersantai di areanya.

Namun, bagi traveller yang membawa kendaraan pribadi diharapkan meletakkannya di tempat parkir. Terdapat tarif karcis yang dikenakan yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Petugas akan menjaga kendaraan Anda sehingga dijamin aman. Selain itu lahannya juga luas untuk menampung banyak kendaraan tamu.

Pengunjung bisa berlibur ke taman putroe mulai hari senin sampai minggu karena buka setiap hari. Harganya yang tidak akan menguras kantong sangat cocok dikunjungi untuk sekedar melepas penat. Apalagi di tempatnya menyuguhkan beberapa pemandangan cantik. Tidak heran jika wisatanya sering dijadikan sebagai tempat liburan keluarga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Putroe Phang

Kegiatan Menarik Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps taqin 969

1. Piknik

Area Taman Putroe Phang yang tampak indah banyak dijadikan untuk piknik. Anda dapat membawa tikar dan beberapa makanan dari rumah. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir karena di beberapa sudut taman terdapat pedagang yang menjual camilan. Pemandangannya yang asri memang sangat cocok dijadikan spot piknik bersama kerabat.

2. Berfoto

Kamera atau smartphone menjadi barang yang tidak boleh tertinggal saat berlibur. Apalagi di dalam destinasi ini menyediakan beberapa spot unik untuk berfoto. Pengunjung bisa mengabadikan momen di dekat kolam taman atau di Gunongan. Bangunannya yang estetik dengan lorong yang tersedia pasti akan membuat hasil foto terlihat estetik dan bagus.

3. Jogging

Bagi yang suka berolahraga di tempat terbuka seperti di taman maka dapat melakukan aktivitas jogging. Apalagi olahraga ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Saat hari libur tempatnya akan dipadati oleh traveller untuk menikmati udara pagi sambil lari-lari kecil. Udaranya yang terasa sejuk pasti akan sangat mendukung kegiatan tersebut.

4. Memancing

Kolam yang tampak mengelilingi Taman Putroe Phang bisa digunakan untuk memancing. Ada beberapa ikan yang memang sengaja ditaruh di kolam tersebut. Namun Anda harus membawa peralatan pancing sendiri dari rumah karena disana tidak menyediakannya. Hal yang terpenting jangan mengambil ikan terlalu banyak dan izin ke petugas terlebih dahulu.

Kegiatan Menarik di Taman Putroe Phang
Image Credit: Google Maps Kat Saleh

5. Bersantai

Areanya yang dikelilingi dengan pohon dan tumbuhan hijau sangat cocok dijadikan tempat bersantai. Para pelancong yang ingin mencari tempat tenang dan jauh dari polusi dapat melipir ke taman ini. Traveller bisa duduk di tempat yang telah disediakan untuk sekedar menikmati pemandangan. Selain itu Anda juga bisa menikmati kuliner saat bersantai.

6. Bersepeda

Olahraga sepeda menjadi hal yang digemari sebagian orang. Saat berada di kawasan taman, pengunjung bisa membawa sepeda ontel dari rumah untuk berolahraga. Kegiatan tersebut juga berfungsi agar Anda tidak terlalu lelah saat mengelilingi taman yang memiliki lahan luas ini. Maka dari itu jangan lupa untuk membawa sepeda ontel untuk menemani saat berlibur.

7. Berkeliling

Lahan taman yang lumayan luas cocok digunakan untuk berkeliling. Para pelancong bisa menikmati keindahannya dari dekat. Ajak teman atau keluarga untuk bercengkrama sekaligus mengelilingi taman yang indah ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Putroe Phan
Image Credit: Google Maps taqin 969

Berlibur ke Taman Putroe Phang memang menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi di areanya menyediakan beberapa fasilitas penunjang yang bisa dinikmati wisatawan. Terdapat kursi yang berjejer rapi untuk tempat istirahat sambil menikmati pemandangan sekitar. Ada pula beberapa gazebo yang biasanya digunakan untuk rombongan keluarga.

Pada sudut lainnya disediakan tempat sampah agar Anda tidak membuang sampah sembarangan. Kebersihannya pun selalu dijaga dengan baik oleh petugas agar taman tampak asri dan terasa sejuk. Areanya juga menyediakan kamar mandi umum yang dapat digunakan oleh siapa saja. Hal yang terpenting jangan mengotori usai memakainya.

Tidak hanya itu, terdapat pula kolam yang mengelilingi Taman Putroe Phang. Pelancong dapat memancing di kolam itu atau menjadikannya spot foto. Bagi wisatawan yang membawa anak kecil bisa mengunjungi area playground. Disana menyuguhkan beberapa permainan anak mulai dari ayunan, jungkat jungkit, perosotan, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Taman Putroe Phang yang ada di Aceh. Pengunjung yang mencari tempat nyaman untuk bersantai dan tidak memerlukan banyak budget dapat menjadikannya pilihan wisata. Ajak keluarga atau kerabat dekat agar liburan tidak terasa membosankan. Jangan lupa pula untuk berfoto saat berada di kawasannya.