Taman Seribu Janji, Taman Wisata Favorit Liburan Keluarga di Batam

Taman Seribu Janji, Taman Wisata Favorit Liburan Keluarga di Batam
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Tidak banyak hal yang dapat ditemukan saat mengunjungi Taman Seribu Janji di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Pada dasarnya, ini merupakan sebuah lapangan luas dengan aneka pohon tumbuh subur di sekitarnya. Biasanya digunakan oleh warga setempat untuk sekadar jalan-jalan di sore hari atau bertemu dengan teman.

Meskipun begitu, objek wisata cantik ini menawarkan udara segar yang sulit didapatkan saat berada di tengah kota. Anda bisa sekadar duduk melihat-lihat aktivitas dari pengunjung lain atau sambil menikmati makanan favorit. Saat akhir pekan, bisa pula dijadikan rujukan untuk mengajak keluarga berolahraga atau piknik sederhana.

Berada di Kecamatan Nongsa, taman yang luas itu mampu memberi Anda perasaan segar. Nikmati udara sejuk di antara pohon-pohon lebat, lalu lupakan sejenak beban kerja dan aktivitas rutin harian yang menjemukan. Terkadang, orang bahkan bisa mampir ke sini setelah kembali dari kantor mereka.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Seribu Janji

Daya Tarik Taman Seribu Janji Batam
Image Credit: Google Maps Achmad Ridho Susilo Susilo

1. Lapangan Luas

Mungkin bagi sebagian orang lapangan luas akan tampak monoton jika hanya datang berkunjung tanpa melakukan apa-apa. Padahal, adanya suatu area yang lapang bisa menjadi kesempatan bagus untuk menjalankan berbagai macam aktivitas sesuai fisik. Contohnya, Anda bisa mengajak pasangan bersepeda di Taman Seribu Janji saat setiap sorenya.

Pilihan lain, pengunjung juga bisa menjadikannya sarana berolahraga seperti main voli atau sepak bola. Pasalnya, kedua cabang olahraga ini tidak membutuhkan persiapan lapangan yang harus profesional. Bahkan, cenderung memanfaatkan apa yang bisa digunakan meskipun itu sebatas tali rafia sebagai pengganti net saat bermain voli.

Singkatnya, lapangan yang luas merupakan alternatif bijak bagi wisatawan dengan budget terbatas. Namun di sisi lain, tetap ingin menikmati suasana santai bersama segala keseruan yang mungkin bisa dilakukan saat berkumpul bareng teman terdekat. Apalagi, taman rindang ini juga begitu mudah diakses sehingga tidak akan membuat Anda repot mencarinya.

Terkadang, itu dapat pula dijadikan lokasi janjian bersama kawan lama. Di tempat yang luas tanpa banyak penghalang, pandangan jadi cenderung lebih jauh sehingga menggampangkan orang-orang untuk saling mengenal satu sama lain.

2. Pohon Rindang

Satu paket dengan lapangan yang luas, itu juga menawarkan suasana sejuk dengan banyaknya pohon di sekitar Taman Seribu Janji. Keberadaan pohon-pohon tersebut dapat digunakan sebagai tempat beristirahat atau berteduh saat cuaca sedang begitu terik. Terkadang, bisa pula dipilih sebagai tempat berlindung sementara ketika gerimis turun.

Pepohonan rindang pada waktu yang sama juga memberikan kesan romantis, terutama bila dikunjungi saat sore hari. Sinar jingga kemerahan di langit akan membuat suasananya jadi lebih berkesan. Meskipun demikian, tersimpan pula kesan mistis dengan nuansa horor bagi sebagian orang.

Mana pun itu, keberadaan banyak pohon di suatu lokasi pada prinsipnya akan menciptakan udara segar. Ini merupakan pilihan yang cocok jika Anda sedang mencari referensi tempat sejuk di bilangan Nongsa, terlepas dari apa pun rencana kegiatan yang diharapkan.

3. Jalur Joging

Ingin berolahraga tetapi malas melakukan latihan yang berat? Joging dapat dijadikan pilihan tepat buat Anda dengan kondisi fisik cenderung mudah lelah. Gunakan sepatu ternyaman dan bawalah air minum saat memutuskan untuk melintasi lapangan di Taman Seribu Janji.

Anda bisa datang pada pagi atau sore hari, lalu berlari setidaknya 30 menit di objek wisata yang luas ini. Agar tidak merasa kesepian, Anda dapat menambahkan musik selama melakukan olahraga atau mengajak kawan terdekat.

Meskipun destinasi yang sejuk itu bukan satu-satunya pilihan jalur joging di Kecamatan Nongsa, tetapi keberadaannya di dekat pemukiman warga akan memberikan keuntungan tersendiri. Misalnya, saat merasa kapar Anda dapat mampir ke warung di sekitar sini dan mengisi tenaga usai berlari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Seribu Janji Batam
Image Credit: Google Maps Achmad Ridho Susilo Susilo

Taman Seribu Janji bukanlah destinasi terkenal yang bisa Anda temukan hanya dengan memasukkan kata kunci relevan di mesin pencari. Meskipun letaknya ada di dekat pemukiman warga di Kecamatan Nongsa, tetapi keberadaannya belum begitu menarik atensi secara luas.

Maka dari itu, datang ke sini akan mendorong Anda bertanya alamat persisnya kepada penduduk yang mungkin ditemui di Kabil, Kelurahan Nongsa. Pada dasarnya, objek cantik ini terletak di Kepulauan Riau.

Berhubung kondisi destinasi berbasis lapangan tersebut belum begitu terurus dengan ragam macam fasilitas, maka tidak ada pula biaya yang dibutuhkan untuk sekadar masuk ke sini. Taman Seribu Janji memberikan kebebasan sebanyak dan sesering yang Anda inginkan saat berkunjung, tidak perlu ragu!

Namun, ingat selalu untuk menjaga ketertiban saat beraktivitas di lapangan teduh ini. Apakah itu datang saat pagi, sore, atau bahkan di malam hari, jadilah orang yang bertanggung jawab.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Seribu Janji

Aktivitas Taman Seribu Janji Batam
Image Credit: Facebook Effi Komariana

1. Bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan yang terbilang menyenangkan sekaligus berpotensi membuat badan lebih sehat. Khususnya jika dilakukan bersama teman-teman, aktivitas ini akan memberikan kesan terbaik. Di Taman Seribu Janji, Anda dapat menjalankannya dengan ringan tanpa terbebani lalu-lalang kendaraan bermotor.

Menyusuri ruas-ruas jalan setapak di taman setidaknya cukup untuk membuat badan berkeringat. Tentu semua itu menyesuaikan kesanggupan Anda mengayuh dan tidak memaksakan diri. Apabila merasa haus atau lapar mendadak, jangan ragu mampir ke rumah makan atau warung di pemukiman warga.

2. Melihat Sunset

Kebanyakan orang mungkin merasa bahwa sunset lebih bagus jika dilihat di atas ketinggian atau di tepi laut. Memang benar, tetapi lapangan yang luas juga bukanlah pilihan buruk. Anda dapat menikmati keindahan langit saat sore hari dengan bepergian ke Taman Seribu Janji lalu mengabadikan momen estetis di sini.

Sebagian lanskap matahari saat benar-benar akan tenggelam bisa saja tertutupi oleh atap rumah. Namun, bukankah di situ letak menariknya? Menciptakan potret sunset yang ideal di tengah keterbatasan kondisi. Barangkali datang ke sini juga dapat menjadi kesempatan mengasah kemampuan fotografi Anda.

3. Piknik

Ingin liburan namun modal terbatas? Ingin sekadar pergi dari rumah beberapa saat untuk menghirup udara segar?

Jangan tunda lagi, datanglah ke taman lapangan yang cantik ini dan ambil waktu-waktu terbaik Anda. Siapkan perbekalan sebelum meninggalkan rumah, baik minuman maupun makanan agar tidak perlu repot mencari lagi.

Anda bisa memasak dini hari lalu datang saat pagi, atau pilihan lainnya, memasak saat siang kemudian berkunjung sewaktu sore. Keduanya sama-sama menawarkan suasana berbeda meskipun memiliki kemiripan. Baik sore maupun pagi, hawa udara di lokasi Taman Seribu Janji cenderung sejuk dan menyenangkan.

Itu semua terjadi karena adanya pepohonan rindang yang tumbuh di sepanjang lapangan. Hanya butuh kepercayaan diri untuk datang ke sini lalu menggelar alas duduk dan menikmati bekal yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Sepak Bola

Dengan perlengkapan terbatas, Anda tetap bisa membuat kegiatan yang menyenangkan saat datang ke taman cantik ini. Dalam hal olahraga, belum ada yang mengalahkan aturan simpel khas sepak bola.

Anda hanya perlu kawan bermain, kemudian menyiapkan gawang seadanya semisal tumpukan batu. Meskipun begitu, jangan lupa untuk membersihkan kembali lapangan sebelum Anda pulang. Hindari pergi begitu saja sebab tindakan tersebut berpotensi mengganggu kenyamanan umum.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Seribu Janji Batam
Image Credit: Google Maps Hanya Saya

Taman Seribu Janji mempunyai fasilitas yang cenderung terbatas mengingat destinasi indah ini hanya berupa lapangan luas dengan beragam pohon di sekelilingnya. Namun, jika Anda mencari tempat untuk makan, barangkali itu bisa dipenuhi di warung makan terdekat milik penduduk setempat.

Demikian pula jika Anda berharap bisa merasakan beristirahat di bawah pohon rindang, maka tidak akan jadi masalah untuk mampir sejenak dan duduk santai. Udaranya bisa membuat rasa lelah hilang sebelum disibukkan kembali oleh rutinitas harian, baik itu pendidikan maupun pekerjaan.

Adapun urusan memarkir kendaraan, dapat dilakukan di lapangan yang luas ini. Pastikan untuk senantiasa memosisikan mobil atau motor Anda dengan rapi dan tertib sehingga tidak menghalangi pengunjung lain. Kemudian, jika ingin melaksanakan salat bagi yang beragama Islam, Anda bisa pergi ke masjid atau musala di kawasan Nongsa.

Taman Seribu Janji tampaknya masih perlu banyak renovasi agar fasilitasnya lebih memadai. Harapannya perbaikan tersebut dapat membuat jumlah pengunjung bertambah dan mereka bisa betah berlama-lama di sini. Barangkali ada pula potensi untuk mengembangkan ekonomi kreatif demi mendorong kesejahteraan warga lokal.

REKOMENDASI DESTINASI