Taman Simalem Resort, Ekowisata & Penginapan Hits Berlatar Danau Toba

Taman Simalem Resort salah satu tempat ekowisata hits berlatar Danau Toba yang memadukan konsep wisata alam dan penginapan yang dapat memanjakan mata pengunjung. Taman wisata seluas 105 hektar menawarkan beragam wahana menantang.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kodon-Kodon, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Taman Simalem Resort adalah destinasi wisata yang memadukan wisata dan penginapan. Destinasi ini berada di Provinsi Sumatera Utara, dengan ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Ketinggian tersebut, memberikan pemandangan keindahan Danau Toba yang mengesankan dari ketinggian. Selain itu, destinasi ini memberikan suasana yang nyaman dan tenang pada pengunjung.

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata Taman Simalem, Anda akan dimanjakan dengan banyaknya fasilitas dan kegiatan yang menarik. Kegiatan tersebut dapat Anda nikmati bersama keluarga maupun teman. Selain itu, Anda dapat mengabadikan kunjungan Anda dengan berfoto di spot-spot foto yang indah, berlatarkan alam.

Taman Wisata Simalem ini tidak kalah menariknya dengan destinasi lainnya yang ada di Sumatera Utara. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang destinasi yang satu ini, berikut adalah ulasan mengenai Taman Simalem Resort.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Simalem Resort

Daya Tarik Taman Simalem Resort
Image Credit: Instagram.com @r10gurusinga

1. Pemandangan Keindahan Danau Toba

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Danau Toba. Danau yang terletak di Sumatera Utara ini menyuguhkan keindahan yang menakjubkan. Jika Anda berkunjung ke kawasan taman wisata dan resort ini, Anda akan disuguhi keindahan panorama Danau Toba secara keseluruhan, dari ketinggian.

2. Spot-Spot Foto yang Menarik

Jika berkunjung ke destinasi wisata, tentu tidak lengkap jika tidak diabadikan dengan berfoto. Di destinasi wisata Taman Simalem Resort, pengunjung disediakan spot-spot foto yang indah dan menarik. Tidak hanya spot foto berlatar belakang alam yang indah, namun juga spot foto buatan yang estetik.

3. Tempat yang Sejuk, Nyaman dan Bebas Polusi

Jika Anda jenuh dengan kesibukan kota dan ingin mencari suasana yang sejuk dan nyaman, Anda dapat berkunjung ke Taman Wisata Simalem. Tempat ini adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan Anda, diiringi berbagai aktivitas lainnya yang ada di destinasi wisata ini. Selain itu, tempat wisata ini memiliki udara yang bebas polusi.

4. Wahana yang Menarik

Ada banyak wahana menarik yang dapat pengunjung nikmati. Destinasi wisata ini menyediakan wahana berupa wisata petualangan, permainan ketangkasan, flying fox, dan panjat tebing. Wahana tersebut sayang jika terlewatkan. Selain itu, pengunjung dapat belajar cara menanam dan proses pembibitan beberapa tanaman.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Taman Simalem Resort

Alamat Taman Simalem Resort
Image Credit: Instagram.com @tamansimalem

Lokasi penginapan dan ekowisata hits ini berada di Desa Merek, Kabupaten Karo. Untuk mengakses tempat wisata ini tergolong mudah, karena jalan sudah beraspal. Ada sedikit perbedaan rute jika Anda mencapai kawasan wisata ini dengan jalur darat, laut, maupun udara.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Sibolga yang Paling Populer

Jika lokasi Anda berada di pusat kota, Anda dapat menuju Jln. Iskandar Muda. Selanjutnya Anda harus melewati Jln. Tongkoh menuju ke Jln. Besar Kabanjahe. Setelah Anda berada di Jln. Raya Merek-Sidikalang, Anda akan tiba di Taman Simalem Resort.

Jika Anda berada di Pelabuhan Belawan, Anda dapat berkendara menuju Jln. Tol Belmera. Selanjutnya, Anda harus melakukan perjalanan ke Patumbak. Setelah itu, Anda dapat melalui Jln. Lintas Sumatera menuju Jln. Besar Kabanjahe Merek. Setelah berada di Jln. Raya Merek-Sidikalang, Anda akan sampai di kawasan Taman Simalam Resort.

Jika Anda berada di Bandara Kuala Namu, Anda dapat berkendara melalui Jln. Tol Medan-Kuala Namu ke Patumbak. Selanjutnya, Anda dapat melalui Jln. Lintas Sumatera menuju Jln. Besar Kabanjahe Merek. Setelah berada di Jln. Raya Merek-Sidikalang, Anda akan sampai di tempat wisata Taman Simalam Resort.

Harga Tiket Masuk Taman Simalem Resort

Harga Tiket Taman Simalem Resort
Image Credit: Instagram.com @tsr_862

Jika Anda berkunjung ke Taman Wisata Simalem, Anda akan dikenakan tarif yang berbeda, berdasarkan kendaraan yang digunakan dan kapasitas penumpangnya. Setelah membayar, Anda akan mendapatkan voucher beberapa wahana dan denah wisata. Bagi para pejalan kaki, untuk memasuki kawasan wisata ini, cukup membayar Rp 20.000 (hari kerja) atau Rp 50.000 (weekend).

Bagi pengunjung dengan kendaraan minibus tergantung kapasitas minibus tersebut. Minibus dengan kapasitas 20 orang, untuk harga tiket masuk perlu membayar Rp 750.000 (hari biasa) atau Rp 1.100.000 (weekend). Sedangkan untuk minibus berkapasitas 15 orang harus membayar tiket sebesar Rp 400.000 (hari biasa) dan Rp 700.000 (weekend).

Jika Anda menggunakan bus dengan kapasitas penumpang lebih dari 20 orang, harga tiketnya Rp 1.200.000 (hari biasa) atau Rp 1.400.000 (weekend). Bagi pengunjung dengan kendaraan roda empat, berkapasitas 8 orang, harga tiket sebesar Rp 200.000 (hari biasa) atau Rp 300.000 (weekend). Untuk sepeda motor, perlu membayar Rp 100.000 (hari biasa) atau Rp 125.000 (weekend).

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Simalem

Kegiatan di Taman Simalem
Image Credit: Instagram.com @tsr_862

1. Berfoto

Kegiatan yang tidak boleh ketinggalan adalah berfoto. Ada banyak spot-spot menarik untuk berfoto, terutama di taman yang dinamakan Plaza Pearl of Lake Toba. Di taman ini, ada banyak hamparan bunga. Selain itu, Anda juga dapat melihat panorama keindahan perbukitan yang menghiasi sisi-sisi Danau Toba.

2. Menelusuri Hutan (Jungle Track)

Destinasi wisata Taman Simalem Resort ini, memiliki kegiatan yang dinamakan Jungle Track. Aktivitas yang dilakukan berupa menyusuri hutan Sibuaten. Rute penelusuran masih berupa jalan setapak yang alami dan untuk mengaksesnya harus berjalan kaki. Ketika menelusuri hutan, pengunjung akan diiringi oleh kicauan burung dan pemandangan pepohonan hijau yang indah.

BACA JUGA:  Istana Maimun, Istana Megah Kesultanan Deli & Ikon Kota Medan

3. Menikmati Pesona Air Terjun Kembar

Air terjun ini berlokasi di dalam hutan Sibuaten. Jika Anda melakukan jungle track, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun ini. Setelah menelusuri hutan, pengunjung akan melihat Air Terjun Kembar. Dinamakan Air Terjun kembar, karena ada 2 air terjun yang jaraknya berdekatan, yaitu berjarak sekitar 25 m antara air terjun yang satu dengan air terjun lainnya.

4. Pengambatan Valley

Pengambatan Valley adalah wahana yang berada di dekat gerbang utama. Ada banyak pohon di wahana ini, karena masih termasuk area perhutanan. Pengunjung akan ditawarkan untuk melakukan pembibitan tanaman buah, bunga, maupun sayur yang dilakukan secara organik. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan berbagai macam bunga yang indah.

5. Flying Fox dan Panjat Tebing

Jika Anda tertarik pada kegiatan yang memicu adrenali, maka Anda dapat melakukan kegiatan flying fox maupun panjat tebing. Sebelum melakukan fliying fox, Anda akan memakai alat pengaman dan ada arahan dari operator. Kegiatan Panjat tebing dilakukan juga dengan pengaman dan arahan dari perator. Oleh karena itu, kedua kegiatan ini aman untuk dilakukan.

6. Menunggang Kuda dan Bersepeda

Jika Anda ingin merasakan sensasi berkuda di padang rumput yang luas, Anda dapat melakukan kegiatan ini dengan menyewa kuda poni yang tersedia. Selain padang rumput yang luas, banyaknya pepohonan dan sejuknya udara memberikan sensasi yang unik.

Bagi Anda yang takut berkuda atau ingin berkeliling Taman Simalem Resort, dapat menyewa sepeda sport yang tersedia di kawasan wisata. Anda dapat menikmati kebersamaan bersepeda bersama keluarga, dengan rute perbukitan dan pemandangan yang indah.

7. Berkunjung ke Toko Souvenir dan Galeri

Jika pengunjung tertarik untuk membeli souvenir, maka tersedia toko souvenir dan galeri di Taman Simale Resort. Toko tersebut berisi kerajinan tangan, oleh-oleh, dan kain tenun khas Sumatera Utara. Jika lelah, pengunjung dapat memilih fasilitas spa yang ada di dekat sana.

8. Togging Point

Kegiatan ini memiliki area yang luas dan ada bermacam-macam kegiatan rekreasi yang menyenangkan. Togging point menyiapkan gedung serbaguna untuk keperluan acara, rapat, atau acara lainnya. Selain gedung, ada juga fasilitas di area terbuka yang digunakan untuk rekreasi. Selanjutnya, terdapat Tea House yang menyuguhkan menu khas masakan Cina.

9. Menikmati Pentas

Kegiatan lainnya yang dapat Anda nikmati adalah pertunjukan terbuka. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan pentas Amphitheatre. Pertunjukan dilakukan di area terbuka, tepatnya di pinggir tebing yang mengarah ke Danau Toba. Oleh sebab itu, selain menikmati pentas, Anda juga dapat menikmati pemandangan Danau Toba.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Toba Samosir Terbaru & Terhits Dikunjungi

10. Memanah

Selain pentas, pengunjung dapat melakukan permainan memanah untuk melatih fokus. Sebelum memanah, akan ada arahan dari operator. Arahan dari operator berupa bagaimana pose memanah yang baik dan cara memegang panah dan busur yang baik.

11. One Tree Hill

One Tree Hill adalah wahana yang berada paling tinggi di kawasan wisata Taman Simalem Resort. Wahana ini menyuguhkan pemandangan yang indah dari Danau Toba secara keseluruhan. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat berbagai aktivitas di danau dan juga perkampungan yang ada di sekitar danau.

Lokasi ini dapat diakses juga dengan kendaraan pribadi, melalui jalan raya. Perjalanan memiliki rute menanjak dan menurun, serta berkelok-kelok. Ada banyak pengunjung yang singgah di lokasi ini.

Wahana ini juga dijadikan tempat untuk hangout, karena ada cafe bernama One Tree Hill Cafe yang. Cafe ini berada di pinggir tebing dengan posisi menghadap Danau Toba, sehingga akan menyuguhkan keindahan danau.

12. Berpetualang di Labirin

Kegiatan yang satu ini tidak kalah menarik dari kegiatan lainnya. Labirin ini terletak setelah melewati perempatan yang memiliki Tugu Air Mancur. Anda dapat bermain bersama keluarga dan mencari jalan keluar bersama dari labirin.

13. Mengunjugi Toko Buah dan Sayur Organik

Selain labirin, ada pusat perbelanjaan yang dinamakan Agro-Mart. Di Taman Simalem, pengunjung dapat membeli sayuran dan buah organik. Di sebelah Agro-Mart, terdapat Agro Cafe yang menyediakan makanan secara prasmanan. Anda dapat makan sepuasnya dengan sekali bayar (all you can eat).

Selain Agro-Cafe, terdapat juga cafe lainnya, yaitu Toba Cafe yang terdiri dari 2 lantai. Di lantai 2, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan alam berupa perkebunan kopi, lapangan golf, dan perkebunan teh.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Taman Simalem Resort

Fasilitas di Taman Simalem Resort
Image Credit: Instagram.com @tsr_862

Ada banyak fasilitas yang tersedia di Taman Wisata Simalem. Fasilitas ini cukup lengkap dan kebersihannya terjaga. Fasilitas ini diadakan untuk menunjang kegiatan wisatawan. Destinasi wisata ini memiliki fasilitas berupa wahana outbond & flying fox, bercocok tanam, dan memanah.

Ada juga fasilitas pendukung lainnya berupa mushalla, lahan parkir yang luas, dan toilet. Selain itu, Anda juga dapat memanjakan lidah di restoran atau cafe atau membeli souvenir di toko souvenir dan galeri. Ada juga fasilitas penginapan dengan pemandangan perbukitan.

Itulah beberapa fasilitas, daya tarik, harga, dan rute menuju destinasi wisata Taman Simalem Resort di Karo, Sumatera Utara. Baik Sarana maupun prasarana di objek wisata ini sudah cukup lengkap, sehingga pengunjung dapat berlibur dan menikmati pesona alam dan taman di destinasi wisata ini.