Tapak Tuan Tapa, Wisata Sejarah dengan Legenda Telapak Kaki Raksasa di Aceh

Tapak Tuan Tapa, Wisata Sejarah dengan Legenda Telapak Kaki Raksasa di Aceh
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gampong Pasar, Kec. Tuan, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

Tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang masih perawan dan mempesona, Kabupaten Aceh juga menyimpan banyak wisata dengan cerita sejarah yang menarik untuk terus diulik. Salah satu wisata bersejarah di Kabupaten Aceh yang menarik untuk dikunjungi adalah Tapak Tuan Tapa.

Seperti namanya, wisata hits ini merupakan sebuah situs jejak kaki seorang alim yang disebut Tuan Tapa yang berada di atas batu karang. Konon tapak kaki yang ada disana merupakan sebuah jejak dari seorang petapa yang sangat taat beragama.

Singkat cerita seorang petapa alim tersebut telah mengalami perkelahian dengan dua ekor naga untuk menyelamatkan bayi dari raja dan permaisuri Tionghoa yang dibawa oleh kedua naga tersebut. Cerita sejarah yang sangat legendaris tersebut akhirnya menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Tapak Tuan Tapa

Daya Tarik Tapak Tuan Tapa
Image Credit: Google Maps kamal STUDIO

Karena keunikan dan teka-teki cerita sejarah yang dimilikinya, wisata fenomenal ini berhasil menarik banyak perhatian wisatawan untuk berkunjung. Tidak hanya wisatawan lokal saja, bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang datang dan tertarik untuk menggali situs bersejarah tersebut.

1. Jejak Kaki Raksasa

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Tapak Tuan Tapa akan disuguhkan sebuah pemandangan situs sejarah yang cukup fenomenal. Anda akan melihat Sebuah batu karang legendaris dengan bentuk tapak kaki raksasa di atasnya. Tapak kaki tersebut diperkirakan mencapai panjang hingga 6 meter dengan lebar mencapai 2,5 meter.

Saking besarnya, pengunjung bahkan bisa masuk dan bermain bak sedang berada di kolam berbentuk tapak kaki. Dengan ukuran kaki sebesar itu, maka bisa dibayangkan seberapa besar manusia yang disebut sebagai Tuan Tapa tersebut.

2. Cerita Sejarah yang Menjadi Misteri

Tidak hanya bentuk tapak kaki raksasa yang unik, destinasi wisata legendaris ini juga terkenal dengan sejarah yang telah dipercaya secara turun temurun. Adanya tapak kaki raksasa tersebut diyakini oleh masyarakat sebagai napak tilas dari seorang pertapa alim di Gunung Lampu.

Jejak peristiwa tersebut ditunjukkan oleh adanya tapak kaki besar dan makam yang dipercaya adalah sisa sejarah dari Tuan Tapa tersebut. Selain itu, sepasang suami istri kerajaan dan bayinya yang berhasil diselamatkan juga menjadi salah satu jejak sejarah munculnya populasi di Kota Tapak Tuan ini.

Cerita sejarah yang masih belum diketahui kebenarannya dan masih menjadi misteri ini justru menjadi keunikan tersendiri bagi wisata keren ini. Teka teki sejarah tersebut justru mendatangkan banyak perhatian wisatawan untuk berkunjung.

3. Batu yang Menyerupai Kopiah dan Tongkat

Selain Tapak Kaki Raksasa yang menjadi bukti sejarah, ada bukti sejarah lain yang dipercaya masih memiliki hubungan dengan petapa sakti tersebut. Bukti sejarah selanjutnya yang berada tidak jauh dari tempat tapak kaki adalah kopiah dan tongkat yang telah menjadi batu di tengah laut.

Kopiah dan tongkat yang dipercaya telah menjadi batu tersebut konon merupakan kopiah milik Tuan Tapa yang terjatuh ketika terjadi perkelahian dengan dua ekor naga. Kedua batu tersebut berada tidak jauh dari tapak kaki raksasa, sehingga pengunjung bisa menikmatinya dari tempat Tapak Tuan Tapa.

Daya Tarik Dimiliki Tapak Tuan Tapa
Image Credit: Google Maps Falih Muhammad

4. Makam Tuan Tapa

Masih berhubungan dengan sejarah, daya tarik yang dimiliki wisata hits ini adalah sebuah makam yang terletak tidak jauh dari lokasi wisata. Makam yang memiliki ukuran cukup panjang ini dipercaya merupakan makam dari Tuan Tapa.

Konon Tuan Tapa wafat selang satu minggu setelah berhasil menang melawan dua ekor naga. Jasad Tuan tapa kemudian dimakamkan di area perkampungan tersebut.

Hingga sekarang makam tersebut masih dianggap keramat oleh warga setempat. Bentuknya yang sangat besar mengundang banyak perhatian dari wisatawan, bahkan ada beberapa pengunjung yang sengaja berdoa di makam yang dianggap keramat tersebut.

5. Keindahan Pantai Tapak Tuan

Beralih dari cerita mistis tersebut, ada pesona lain yang turut menyumbang daya tarik wisata viral ini. Letak tapak kaki yang berada di bibir pantai tentu tidak akan terlepas dengan keindahan panoramanya.

Birunya pantai seluas mata memandang dengan bebatuan karang di sekitar bibir pantai menyuguhkan panorama yang sungguh indah. Gulungan ombak yang menyapu batuan karang sekaligus tapak kaki kian menambah nilai estetika pantai cantik ini.

Gugusan bukit yang dihiasi pepohonan nan hijau juga semakin mempercantik panorama alam di pantai hits ini. Keindahan panorama alam yang begitu mempesona tentu akan menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tapak Tuan Tapa
Image Credit: Google Maps Bur hanis

Situs legendaris ini terletak di sebuah desa bernama Gampong Pasar, Kecamatan Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Lokasi wisata fenomenal ini tidak jauh dari pusat Kota Tapak Tuan Tapa yakni hanya berjarak 1,5 km saja atau setara dengan 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Dari pusat Kota Tapak Tuan, anda bisa memulai perjalanan melalui Jl Hamzah Fansuri ke arah Jl Syekh Abdl Rauf. Setelah sampai di bundaran, maka ambil jalan keluar pertama menuju Jl Lintas Barat Sumatera.

Di bundaran berikutnya belok ke kanan menuju Jl Merdeka. Cukup ikuti jalan merdeka hingga sampai pada pintu masuk menuju tempat wisata.

Jarak pintu masuk dengan lokasi situs legendaris tersebut kurang lebih 300 meter. Dari pintu masuk tersebut, anda akan menghadapi jalanan yang cukup rusak.

Kondisi tersebut semakin diperparah dengan kondisi hujan yang membuat jalan menjadi licin dan berlubang, sehingga wisatawan harus fokus dan berhati-hati saat melewatinya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Tapak Tuan Tapa
Image Credit: Google Maps hendy pratama

Untuk menikmati situs legendaris ini tidak diperlukan biaya yang cukup mahal. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 maka anda sudah bisa menikmati semua keindahan yang tersuguhkan disini sepuasnya.

Jika destinasi wisata lain memiliki harga tiket yang berbeda saat hari biasa dan hari libur, maka berbeda dengan Tapak Tuan Tapa yang tidak merubah harga tiket masuk meski di hari libur sekalipun. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadinya perubahan harga tiket sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan pengelola wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tapak Tuan Tapa

Kegiatan Menarik Tapak Tuan Tapa
Image Credit: Google Maps ALVINUR NASWAR

1. Hunting Foto

Berkunjung ke sebuah situs yang begitu fenomenal tentu sayang jika tidak diabadikan. Untuk mengenang momen indah di situs bersejarah ini, maka anda bisa mengambil beberapa foto saat berada disana.

Berfoto dengan sebuah napak tilas bersejarah tentu menjadi momen yang tidak terlupakan. Bukan hanya itu saja, panorama alam di sekitar situs yang begitu menawan semakin mempercantik hasil bidikan anda.

2. Menikmati Keindahan Samudera

Letak Tapak Tuan Tapa yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia tentu menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Batu-batu karang besar yang berdiri kokoh seolah sedang menghalau ombak ini semakin menambah nilai estetika wisata cantik ini.

Hamparan laut biru berpadu dengan hijaunya pepohonan dan langit yang cerah membentuk sebuah bingkai alam yang begitu mempesona. Menikmati hasil karya Tuhan yang sungguh menakjubkan dengan ditemani semilir angin pantai kian menambah syahdu liburan anda.

3. Berziarah ke Makam Tuan Tapa

Setelah berkelana menuju situs bersejarah ini, anda bisa melanjutkan wisata dengan berkunjung ke Makam Tuan Tapa. Makam yang berada sekitar 1 km dari situs tapak kaki ini dipercaya sebagai makam Syeikh Tuan Tapa yang memiliki jejak kaki raksasa tersebut.

Makam Tuan Tapa terletak di kaki Gunung Lampu, tepatnya berada di belakang Masjid Tuo. Keunikan dari makam ini adalah ukuran makamnya yang sangat panjang, yakni mencapai 15 meter dengan lebar 2 meter.

Berkunjung ke sebuah makam sakral dengan ukuran yang sangat besar tentu akan menciptakan memori liburan yang tidak akan terlupakan. Selain berkunjung, anda juga bisa mengulik sejarah dari masyarakat sekitar makam tersebut.

Kegiatan Menarik di Tapak Tuan Tapa
Image Credit: Google Maps Dedi Setiadi

4. Piknik Ceria

Piknik bersama keluarga tentu menjadi kegiatan yang sangat asik dan menarik, apalagi jika piknik tersebut dilakukan di area wisata bersejarah. Bercanda gurau di pinggir pantai bersama keluarga tentu akan menambah indah momen berlibur anda.

Keindahan panorama alam di sekitar situs menjadi pemandangan indah yang bisa anda nikmati selama piknik di wisata fenomenal ini. Semilir angin Samudera Hindia kian menambah syahdu suasana santap siang anda bersama keluarga tercinta.

5. Mendaki

Letak Tapak Tuan Tapa yang berada di atas bukit batu karang tentu mengharuskan para wisatawan untuk mendaki hingga sampai pada lokasi situs tersebut. Proses mendaki ini tentu akan menjadi kegiatan menarik dan seru jika dilakukan bersama teman atau keluarga.

Kontur batu karang yang tidak rata akan menjadi jalur pendakian yang cukup menantang. Besarnya ombak Samudera Hindia yang menghantam dinding batu karang ini juga akan memacu adrenalin anda saat melakukan pendakian tersebut.

6. Berburu Kuliner Khas Kota Naga

Bagi anda yang tidak sempat membawa bekal dari rumah saat berkunjung ke Tapak Tuan Tapa tidak perlu khawatir. Rumah makan di sekitar area wisata telah banyak menawarkan menu-menu khas Tapak Tuan dengan cita rasa yang sangat nikmat.

Setelah puas menjelajah semua situs bersejarah dan bermain di sekitar pantai cantik ini, anda bisa mencoba beberapa kuliner lezat disini. Hidangan khas Tapak Tuan hingga kuliner khas wisata bahari seperti see food siap memanjakan lidah anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tapak Tuan Tapa
Image Credit: Google Maps ulul azmi

Wisata legendaris ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memberi kenyamanan pada pengunjung wisata. Fasilitas tempat ibadah seperti mushola telah tersedia disini. Selain itu toilet atau kamar mandi yang cukup memadai juga telah disediakan oleh pengelola wisata.

Tapak Tuan Tapa juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas, sehingga anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir saat berkunjung kesini. Beberapa rumah makan juga sudah tersedia dan siap memanjakan lidah anda dengan sajian lezat khas Tapak Tuan.

Wisata fenomenal ini juga sudah dilengkapi dengan akses jalan setapak yang telah dicor menuju pusat lokasi. Tidak hanya itu, pagar-pagar pembatas jalan menuju situs telah dipasang oleh pengelola sebagai pengaman para pengunjung wisata.

Keunikan yang terbungkus dalam sebuah sejarah telah menjadikan wisata legendaris ini banyak menyedot perhatian wisatawan. Misteri legenda yang melekat pada Tapak Tuan Tapa memang selalu membuat siapa saja penasaran untuk mengetahui lebih detail teka-teki tersebut.