Telaga Bidadari, Objek Wisaya Alam yang Menyegarkan di Batam

Telaga Bidadari, Objek Wisaya Alam yang Menyegarkan di Batam

Telaga Bidadari salah satu objek wisata alam yang menakjubkan di Muka Kuning, Batam, Kepulauan Riau. Menyuguhkan kolam dengan pancuran alami di tengah hutan yang hijau menarik untuk dieksplor pesonanya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Loasi
Alamat: Kabil, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Walaupun Batam merupakan salah satu kota industri, namun siapa sangka kalau ternyata kota ini juga mempunyai tempat wisata air yang sangat menakjubkan. Telaga Bidadari sudah menjadi salah satu tempat wisata andalannya. Selain di Batam, telaga seperti ini sendiri memang sudah bisa Anda temukan di beberapa daerah lainnya.

Menariknya, telaga yang satu ini menjadi satu-satunya objek wisata air terjun yang ada di Batam. Oleh karena itu, tidak heran apabila telaga ini sudah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat disana. Tempat wisata ini juga mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung kesana. Tidak hanya wisatawan dalam negeri saja, melainkan juga terdapat beberapa wisatawan yang berasal dari luar negeri.

Oleh sebab itu, wisata yang satu ini sangat disayangkan apabila tidak Anda kunjungi saat berada di Kota Batam. Akan tetapi, sebelum hendak mengunjungi telaga yang satu ini, alangkah baiknya apabila mengetahui berbagai hal mengenai tempat wisata ini terlebih dahulu. Nah, berikut ini terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan tempat wisata Telaga Bidadari yang wajib Anda ketahui.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Bidadari

Daya Tarik Dimiliki Telaga Bidadari
Image Credit: Google Maps (Zayn Al Basil)

1. Lokasi Telaga di Dalam Hutan

Letaknya yang ada di tengah-tengah hutan membuat tempat ini seolah-olah merupakan surge tersembunyi yang menyimpan segudang keindahan. Namun, pengunjung yang akan datang kesini tentu harus melalui cukup banyak tantangan terlebih dahulu. Pasalnya, Anda perlu menembus hutan yang rimbun untuk bisa sampai kesana.

Namun, jangan khawatir karena Anda juga bisa menikmati pemandangan hutan yang dipenuhi oleh pepohonan yang hijau. Cocok sekali untuk Anda yang ingin rehat sejenak dari sibuknya kehidupan yang ada di perkotaan besar. Disini Anda akan semakin dekat dengan alam yang sangat memukau.

2. Air Terjun Mini

Di Telaga Bidadari juga terdapat air terjun yang menjadi salah satu daya tarik dari wisata yang satu ini. Apalagi, sudah tidak ada lagi wisata air terjun lainnya di kota Batam selain telaga tersebut. Percikan air terjun tersebut tidak akan sakit apabila mengenai tubuh Anda, karena tidak terlalu tinggi. Ketinggian dari air terjun tersebut kurang lebih hanya 3 meter saja.

Selain itu, aliran air di telaga tersebut juga tidak terlalu deras. Sehingga telaga yang satu ini tergolong tidak berbahaya untuk pengunjung. Suara gemercik air terjun juga menambah kenyaman saat menghabiskan waktu liburan di tempat wisata yang satu ini.

Daya Tarik Telaga Bidadari
Image Credit: Facebook.com @riko.meidagdo

3. Tempatnya yang Bersih

Kebersihan dari tempat wisata merupakan salah satu hal penting yang bisa berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung. Oleh sebab itu, telaga keren yang ada di Bata mini selalu dijaga kebersihannya. Salah satunya dengan menghimbau seluruh wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarang di tempat wisata ini.

Sampah yang ada harus dibawa lagi oleh seluruh pengunjung. Oleh sebab itu, saat berkunjung ke tempat wisata ini, sebaiknya tidak usah membawa produk makanan atau minuman yang dikemas menggunakan plastik.

4. Udaranya Segar dan Asri

Dikarenakan ada di tengah hutan dan dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan hijau, maka tak heran apabila udara yang ada disini sangat segar dan asri. Menghirup udara yang masih segara di tempat wisata ini mampu membuat pikiran seketika tenang dan damai. Waktu liburan pun bisa semakin terasa sangat menyenangkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Telaga

Alamat Lokasi Telaga
Image Credit: Instagram.com @fredricanatasi

Lokasi dari tempat wisata Telaga Bidadari ini terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Tepatnya ada di Kawasan Simpang Dam, Muka Kuning, Kota Batam. Untuk dapat tiba di telaga tersebut, pengunjung yang berangkat mulai dari pusat Kota Batam dapat menuju ke Muka Kuning. Lalu, di depan gerbang kiri di kawasan Industri Batamindo akan ada gang masuk yang menuju ke Kampung Aceh.

Gang masuk ke Kampung Aceh itulah yang menjadi rute yang bisa Anda gunakan untuk bisa menuju ke kawasan tempat wisata yang satu ini. Namun, untuk bisa menikmati keindahan dari telaga ini, maka diperlukan perjuangan yang sedikit berat. Anda akan menapaki trekking di tengah hutan lindung yang lebat. Perjalanan akan diawali saat Anda ada di Kampung Aceh.

Dari sana Anda akan mulai menapaki jalanan yang masih berupa tanah dengan pepohonan yang rindang di kanan dan kiri jalan. Disisi lain, kondisi jalanan yang terkadang berupa tanjakan dan terkadang juga berupa turunan. Anda pun setidaknya akan melintasi empat buah jembatan yang sangat sederhana serta kondisinya tidak terlalu baik.

Untuk jembatan yang pertama, terbuat dari batang pohon dan disusun sedemikian rupa hingga mudah untuk dilewati. Kemudian dilanjutkan lagi dengan jembatan yang kedua dengan kondisi yang tidak terlalu jauh berbeda, yakni masih terbuat dari batang pohon dengan ukuran yang lebih besar. kondisinya pun menurun serta mengenai air sungai.

Jembatan yang ketiga dan keempat memiliki kondisi yang sama seperti jembatan pertama, yaitu terbuat dari batang kayu tetapi terlihat lebih kokoh untuk Anda lewati. Perjalanan yang tidak mudah itu akan Anda lewati kurang lebih 1 sampai 1,5 jam. Tergantung dengan berapa kali dan berapa lama Anda beristirahat di perjalanan karena kelelahan.

Akan tetapi, saat sampai di lokasi Telaga Bidadari, maka seluruh rasa lelah setelah melangkah jauh seketikan akan terbayarkan dengan panorama alam yang indah dan segarnya aliran air disana. Lakukan perjalanan ke tempat wisata ini dengan mengajak teman atau kerabat agar Anda tidak kesepian saat melakukan trekking.

Harga Tiket Masuk Telaga Bidadari Batam

Harga Tiket Telaga Bidadari
Image Credit: Facebook.com @NAMBELLA99

Tiket masuk menuju ke wisata alam di Batam ini sampai sekarang masih belum diberlakukan. Oleh karena itu, Anda bisa mengunjungi telaga tersebut tanpa harus membayar biaya masuk alias gratis. Namun, Anda mungkin hanya akan dikenakan tarif parkir saja apabila membawa kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor.

Jangan khawatir karena tarif parkir yang dikenakan kurang lebih hanya 5 ribu rupiah saja. Anda juga dapat mengunjungi telaga ini kapan saja. Pasalnya telaga ini buka selama 24 jam penuh mulai hari Senin sampai Minggu. Namun, karena harus melakukan trekking juga, maka sebaiknya datang dan pulang saat matahari masih bersinar terang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Telaga Bidadari

Kegiatan di Telaga Bidadari
Image Credit: Instagram.com @zoarazebua

1. Berenang dan Bermain Air

Buat Anda yang gemar dengan kegiatan berenang, maka jangan sampai melewatkan untuk menceburkan diri ke kolam alami yang ada di telaga ini. Anda juga dapat menyelami hingga ke dasar kolan tanpa terhalangi pandangan karena airnya sangat jernih. Dikarenakan kolamnya dalam, sehingga hati-hati jika Anda masih perenang amatiran.

2. Melompat atau Body Jumping

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan yaitu melompat dari tebing yang ada di samping kiri air terjun yang tingginya kisaran 3 m. Dikarenakan tebingnya tidak terlalu tinggi, sehingga aman untuk Anda lakukan. Kegiatan ini akan sangat seru apabila dilakukan bersama dengan teman-teman.

3. Hunting Foto Keren

Seusai melakukan berbagai kegiatan dan menik mati panorama alam, jangan lewatkan untuk mengabadikan keindahan dan momen seru saat ada di Telaga Bidadari ini dalam sebuah foto ataupun video. Lalu, Anda posting di beragam media sosial milik pribadi supaya orang lain bisa melihat indahnya telaga yang satu ini.

Kegiatan Menarik di Telaga Bidadari
Image Credit: Google Maps (Lirik Hanugraha Krishdianantan)

4. Camping di Kawasan Telaga

Untuk Anda yang merupakan pecinta alam sejati, di area hutan sekitar telaga tersebut Anda dapat mendirikan tenda dan camping bersama dengan teman untuk menciptakan sebuah keseruan di sepanjang malam. Anda akan menghabiskan malam dengan udara terbuka serta akan ditemani oleh suara serangga dan deburan air terjun.

5. Piknik Seru

Anda bisa melakukan piknik di tempat ini dengan membawa tikar dan perbekalan makanan sendiri dari rumah. Pasalnya, disana tidak ada tempat penyewaan tikar ataupun penjual makanan. Piknik di tempat wisata ini sangat menyenangkan karena ditemani dengan suasana alam yang luar biasa indahnya.

Kegiatan yang satu ini juga bisa membuat hubungan Anda bersama teman ataupun kerabat semakin terjalin dengan erat. Namun, perlu diingat bahwa sampah-sampah yang ada setelah melakukan piknik tidak boleh ditinggalkan begitu saja, melainkan harus dipungut kembali.

Fasilitas yang Tersedia di Telaga Bidadari Batam

Fasilitas di Telaga Bidadari
Image Credit: Google Maps (Demank Marsono Soerryatmodjo)

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam ini masih sangat belum lengkap dan memadai. Pasalnya, kawasan ini terletak di tengah-tengah hutan lindung yang butuh usaha untuk bisa menjangkaunya. Sehingga, memang masih belum memungkinkan untuk menyediakan berbagai fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti, warung makan, dan lain-lain di tempat wisata tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang berkaitan dengan tempat wisata Telaga Bidadari di Batam yang sangat memukau. Ketika berwisata ke telaga tersebut, dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman seru yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Supaya tidak semakin penasaran, segera kunjungi telaga ini saat waktu liburan telah tiba.