Teluk Kiluan, Wisata Bahari Nan Eksotis di Tenggamus Lampung

Teluk Kiluan, Wisata Bahari Nan Eksotis di Tenggamus Lampung

Teluk Kiluan salah satu objek wisata bahari tersembunyi yang memukau di Tenggamus, Lampung. Teluk eksotis yang menawarkan beragam pesona alam, mulai dari pantai, laguna hingga menyaksikan Lumba-Lumba.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.

Teluk Kiluan terletak di Tenggamus, Provinsi Lampung. Teluk ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat cantik dan mempesona. Diantarannya seperti lumba-lumba, paus, serta pantai yang berwarna biru. Keindahannya tersebut membuat para wisatawan tertarik untuk berlibur ke tempat ini.

Bukan itu saja, fasilitas yang dimilikipun cukup menunjang pengunjung. Selain itu harganya juga cukup terjangkau loh, tapi bukan berarti keindahan alamnya juga murah ya. Justru alam disini sangat terlihat mahal karena panoramanya yang menawan. Sangat cocok sekali untuk Anda berlibur panjang.

Masih banyak hal-hal menarik mengenai Teluk Kiluan ini loh. Seperti daya tariknya, dan ragam aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Penasaran kira-kira apa saja?

Daya Tarik yang Dimiliki Teluk Kiluan

Daya Tarik Teluk Kiluan
Image Credit: Instagram.com @telukkiluan.official

1. Pantai yang Indah

Teluk Kiluan memiliki pantai yang sangat indah dan dapat menarik minat pengunjung untuk berlibur ke tempat ini. Selain pepohonan hijau yang mengelilinginya, air jernihnya juga membuatnya sangat memukau apalagi saat langitnya juga cerah berwarna biru. Pasti akan sangat serasi dengan warna lautnya.

Selain itu pasir yang ia miliki berwarna putih dan teksturnya sangat lembut. Adapun ombak yang tidak terlalu besar, yang menghembuskan angin sejuk di tengah teriknya sinar matahari.

Adapun pantai yang unik, yaitu pantai Gigi Hiu. Sebab terdapat karang berserakan dengan ujungnya yang lancip menyerupai Gigi Hiu.

2. Atraksi Lumba-Lumba

Daya tarik yang paling kuat dari tempat ini adalah Lumba-lumba yang atraksi. Apalagi saat di dekati ia bukannya takut malah mendekati balik manusia yang mendekatinya. Lumba-lumba tersebut akan bergerombol dan berenang ke permukaan pada jam-jam tertentu.

Tampak unik sekali bukan? Tentu momen tersebut sangat cocok untuk menjadi koleksi video Anda. Lumba-lumba tersebut juga ada 2 jenis loh, yakni paruh panjang dan juga hidung botol.

3. Spot Foto

Tempat ini memiliki banyak spot foto, mulai dari perjalanan hingga sampai di pantainya. Seperti spot foto dengan latar belakang sawah, spot foto saat berenang di Laguna yang bersih dan jernih, serta foto di pantai Gigi Hiu yang unik.

BACA JUGA:  Menara Siger, Ikon Cantik Lampung & Titik Nol Sumatera

Untuk itu siapkan kamera terbaik Anda dan ruang penyimpanan ponsel yang banyak. Sebab spot foto di tempat ini sangat beragam. Cocok sekali untuk Anda yang hobi berfoto.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Teluk Kiluan

Alamat Teluk Kiluan
Image Credit: Instagram.com @telukkiluan.official

Teluk Kiluan terletak di provinsi Lampung, tepatnya di Desa Kiluan Negeri. Desa tersebut berada di kecamatan Kalumbayan kabupaten Tanggamus Lampung. Jaraknya relatif jauh dari kota Bandar Lampung, yakni kurang lebih 80 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit berkendara.

Wisata ini buka setiap saat setiap hari. Namun ada waktu istimewa untuk melihat lumba-lumba, yakni pukul 16.00 hingga 17.00 serta pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Sehingga Anda bisa mempersiapkan waktu untuk perkiraan sampai di tempat ini dan tidak ketinggalan untuk melihat lumba-lumba.

Ada beberapa rute untuk menuju wisata Teluk Kiluan. Rute atau jalur tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama jika Anda dari Jakarta, yang Anda harus lakukan adalah menyebrangi selat sunda dengan perantara kapal laut yang ada di pelabuhan Merak. Kapal tersebut akan menuju pelabuhan Bakuheni yang ada di Lampung.

Setelah sampai di pelabuhan Bakuheni selanjutnya menuju ke Bandar Lampung, tepatnya di desa Kiluan. Dari pusat kota hingga ke lokasi wisata ini, Anda memerlukan waktu sekitar 4 jam. Itupun jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Rute yang Anda lewati dimulai dari padang cermin kemudian melewati pulau pahawang sampai masuk ke persimpangan pangkalan TNI AL. Saat berada di persimpangan Anda harus mengambil jalur sebelah kiri. Dimana jalur tersebut merupakan pangkalan AL/Bumi Marinir/Punduh Pidada.

Selanjutnya Anda ke kecamatan Punduh Pidada dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Anda tinggal terus saja hingga sampai di Pasar Bawang. Kemudian ambil jalur kanan dan sampai ke persimpangan yang terakhir. Baru Anda pilih jalur yang kiri dimana ada gapura ke arah Teluk Kiluan.

Akses ke tempat ini cukup mudah karena jalanannya yang mulus. Namun waspada tetap diperlukan untuk menjaga keselamatan Anda sendiri. Sebab jalan tersebut berupa turunan dan tikungan yang cukup tajam.

Harga Tiket Masuk Wisata Teluk Kiluan Lampung

Harga Tiket Teluk Kiluan Lampung
Image Credit: Instagram.com @pr.yuliaditta

Dengan indahnya panorama yang Teluk Kiluan berikan, harga tiketnya terbilang murah yakni hanya Rp 15.000 per orang untuk tiket masuknya. Sedangkan untuk masuk ke area Laguna Anda harus membayar lagi sebesar Rp 5.000.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Way Kanan yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

Selain itu, Anda juga bisa ke pulau di lepas pantai menggunakan perahu yang harganya cukup murah. Hanya dengan Rp 15.000 saja Anda bisa menaiki perahu tersebut untuk pergi ke pantai lepas.

Bukan itu saja, Anda juga bisa menyewa jasa pemandu wisata. Mungkin cukup mahal namun masih bisa dijangkau, yakni Rp 50.000. Dengan pemandu wisata Anda akan mengetahui berbagai informasi di Teluk Kiluan ini.

Harga tiket ini sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan. Dikarenakan kebijakan dari pengelola setempat. Biasanya saat lebaran atau hari libur lainnya tiketnya bisa berubah. Untuk itu, siapkan saja uang lebih ya atau datang saja di hari biasa, selain hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Teluk Kiluan

Kegiatan di Teluk Kiluan
Image Credit: Instagram.com @_rasgod

1. Pemandangan Bak Surga

Saat perjalanan menuju Teluk Kiluan pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang hijau dan asri. Diantarannya adalah sawah-sawah dan jajaran pepohonan yang menyegarkan mata. Selain itu, adapun gapura yang memiliki arsitektur khas daerah Lampung yang berfungsi sebagai pertanda teluk cantik ini sudah dekat.

Saat Anda sampai di telukpun Anda akan melihat pemandangan hijau pepohonan dan birunya laut dengan ombak yang mengehembuskan angin. Pasirnya yang putih menambah indahnya panorama di tempat itu.

2. Berenang

Teluk Kiluan memiliki wahana wisata yang terletak di balik bukitnya. Wahana tersebut adalah sebuah Laguna yang bersih dan jernih. Laguna tersebut memiliki nama yaitu Gayau. Di tempat ini Anda bisa berenang sepuasnya. Namun untuk mencapai tempat ini hanya butuh waktu 30 menit dengan alat transportasi berupa perahu.

Laguna tersebut terbentuk alami dengan air yang jernih dan berwarna biru. Dimana ia masih mendapati aliran dari air laut yang terdapat di sebelahnya. Laguna tersebut memiliki kedalaman sekitar 1 hingga 3 meter. Dengan demikian ia bisa dimanfaatkan sebagai tempat beragam.

3. Snorkling

Teluk Kiluan memiliki air yang jernih, sampai-sampai terlihat berwarna biru. Sehingga teluk ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat mempesona. Hal tersebutlah yang menjadi alasan diadakannya wahana snorkling di tempat ini. Letaknya ada di Pulau Kelapa yang masih menjadi area dari teluk yang indah ini.

Jarak untuk menempuh ke Pulau tersebut hanya sekitar 15 menit saja. Setelah itu Anda bisa bersnorkling sambil melihat ikan yang memiliki aneka variasi warna seperti ikan badut. Adapun bintang laut yang memiliki warna biru yang ada di bawah laut tersebut. Selain itu, adapun trumbu karang yang sangat terawat dan indah.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Pesawaran yang Murah & Enak

4. Spot Foto Pantai Gigi Hiu

Tempat ini juga memiliki pantai bernama Gigi Hiu. Di pantai ini terdapat banyak karang yang tinggi mirip dengan gigi hiu. Sebab ujungnya terlihat tajam dan letaknya pun tak beraturan alias nampak berserakan. Tentunya sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi fotografi.

Biasanya pengunjung berfoto dengan cara naik di atas karang tersebut. Jangan khawatir ombak disini relatif tenang kok alias tidak terlalu deras. Bata karang tersebut juga menghalangi ombak supaya tidak menghantam kawasan pantai.

5. Melihat Lumba-lumba Berenang

Teluk Kiluan sangat terkenal dengan Lumba-lumbanya, yang mana lumba-lumba tersebut bisa diajak berinteraksi. Misalnya saat Anda naik perahu maka ia akan muncul dan terlihat mendekati perahu secara perlahan. Akan tetapi, lumba-lumba ini hanya muncul pada jam-jam tertentu.

Saat sore hari ia akan muncul pada pukul 16.00 sampai 17.00 WIB. Namun saat pagi hari ia akan muncul pada pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Lumba-lumba tersebut akan muncul dan berenang hingga menyembul sampai pada permukaan.

Bukan hanya satu jenis saja lumba-lumba yang ada di Teluk Kiluan tersebut, melainkan ada dua jenis lumba-lumba. Diantarannya seperti lumba-lumba paruh panjang dan hidung botol. Ia menjadi lumba-lumba terbanyak yang ada di dunia. Hal tersebutlah yang membuat pengunjung tertarik datang ke tempat wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Teluk Kiluan Lampung

Fasilitas di Teluk Kiluan Lampung
Image Credit: Instagram.com @abdvlrachmatharahap

Teluk Kiluan memiliki fasilitas yang cukup memadai. Pastinya fasilitas tersebut berguna untuk menunjang kebutuhan para pengunjung yang ada di tempat ini. Beberapa di antaranya adalah area parkir kendaraan, toilet, dan masih banyak lagi.

Selain itu Anda yang rumahnya jauh juga bisa menginap, sebab tempat ini sudah memiliki penginapan. Bukan itu saja tempat ini juga memiliki mushola, sehingga Anda bisa beribadah tepat waktu.

Tempat ini juga memiliki banyak warung berjajaran. Tentunya makanan di warung tersebut terasa nikmat dan lezat. Cocok sekali dimakan setelah lelahnya berenang.

Nah, demikianlah artikel mengenai pesona Teluk Kiluan di Tenggamus, Lampung. Flora dan faunanya tentu membuat pesona tersendiri yang bisa menarik hati para pengunjung. Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik untuk berwisata ke teluk eksotis ini?