Bangka Belitung

10 Restoran & Tempat Makan di Bangka Tengah yang Paling Enak

Bangka Tengah dikenal memiliki tempat makan yang menyajikan hidangan yang lezat. Inilah deretan restoran favorit di Bangka Tengah yang layak Anda kunjungi untuk makanan enak.

Kepulauan Bangka Belitung merupakan sebuah tempat di Indonesia yang memiliki jutaan pesona alam yang begitu mempesona. Banyak sekali para wisatawan yang berbondong-bondong ke lokasi ini untuk mengisi waktu liburan mereka. Terutama di Kabupaten Bangka Tengah yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan tempat lain.

Banyaknya turis asing maupun lokal yang datang ke Bangka Tengah untuk menikmati liburan mereka dan mereka menyempatkan diri untuk menginap beberapa malam di kabupaten ini. Sebab, untuk menjelajah semua tempat wisata yang ada di kepulauan ini tidak akan cukup hanya dengan sehari saja.

Supaya liburan tetap menyenangkan, pastinya di sebelah hotel atau penginapan yang mereka tempati terdapat beberapa restoran dan juga rumah makan yang siap membuat perut kenyang. Berikut rekomendasi restoran dan tempat makan di Bangka Tengah yang paling terkenal karena suasana dan juga hidangannya yang begitu nikmat.

1. Restoran Jabrik

Restoran Jabrik

Image Credit: Google Maps (maya sari)

Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan wisata bahari yang sangat melimpah. Oleh sebab itu, restoran yang menyajikan makanan laut akan sangat mudah untuk ditemui. Salah satu tempat makan yang sangat direkomendasikan dalam menghidangkan olahan seafood ada di Restoran Jabrik.

Restoran yang terletak di Jalan Raya Koba ini memiliki daya tarik dari tempat yang begitu nyaman serta luas. Menu-menu yang tersaji juga lumayan banyak. Tidak hanya makanan seafood saja yang bisa Anda dapatkan di sini. Anda masih bisa memilih berbagai macam olahan sayur-sayuran yang begitu segar.

Berbagai fasilitas juga terdapat di Restoran Jabrik. Dengan tempat parkir yang sangat luas, mushola yang siap digunakan untuk beribadah, kamar mandi yang sangat bersih, serta pelayanan dari pramusajinya yang sangat ramah membuat tempat makan ini terkenal.

Lokasi: Jl. Raya Koba KM. 55 Gang. Polwan No. 123, Kampung Dul, Kec. Pangkalan Baru, Kab. Bangka Tengah.

2. Rumah Makan Yuli

Rumah Makan Yuli

Image Credit: Google Maps (melly yayang)

Terkenal dengan kepala ikan yang diolah menjadi sebuah lempah kuning, Rumah Makan Yuli telah menarik perhatian dari warga lokal maupun para wisatawan yang datang ke situ. Sebab, Anda tidak akan menemukan makanan khas Bangka tersebut dengan cita rasa yang khas di tempat manapun.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Belitung Timur yang Murah & Enak

Terletak di Jalan Raya Dul, tempat makan ini sangat mudah untuk ditemui sebab lokasinya sangat strategis. Tidak hanya menu khas Bangka saja, namun masih banyak makanan-makanan lain yang bisa dipesan, seperti mie kuah ikan, siomai, soto ayam, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebaiknya untuk datang ke Rumah Makan Yuli jangan sampai bertepatan dengan jam makan siang karyawan. Sebab, warung ini akan ramai di jam-jam tersebut dan sangat laris. Bahkan, tidak sampai sore hari, makanan yang biasanya tersedia akan habis terjual karena sangat ramainya pembeli.

Lokasi: Jl. Raya Dul, Dul, Kec. Pangkalan Baru, Kab. Bangka Tengah.

3. Mie Koba Iskandar

Mie Koba Iskandar

Image Credit: Google Maps (Surya Thio)

Salah satu mie yang paling laris di Kepulauan Bangka Belitung adalah mie koba. Mie Koba Iskandar adalah salah satu tempat yang menjual mie ini dengan rasa yang begitu menggoda selera. Sebab tidak sedikit orang-orang yang menyarankan tempat ini sebagai rumah makan yang wajib dikunjungi saat berada di Bangka Tengah.

Meskipun hanya menyediakan menu mie koba saja, namun rasanya sangat enak dan tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Meskipun menggunakan kuah ikan, tidak tercium aroma amisnya. Dengan menambah satu butir telur ayam rebus, rasanya dijamin semakin nagih. Untuk harganya sendiri cukup bersahabat, yakni mulai dari Rp 15.000 per porsinya.

Lokasi: Jl. K.H. Hassan Basri No.83, RT.02/RW.01, Batin Tikal, Kec. Taman Sari, Kota Pangkal Pinang.

4. Warjo Koba

Warjo Koba

Image Credit: Google Maps (Irawan Iwan)

Banyaknya suku Jawa di Bangka Belitung, membuat pemilik dari warung Warjo Koba mampu menghidangkan berbagai macam masakan Jawa dan Sunda yang sangat terkenal di sini. Dengan konsep warung yang berwarna hijau, membuat penampilan dari warung ini semakin terlihat menarik.

Lokasi yang cukup strategis di Jalan Soekarno Hatta II, membuat tempat makan ini cukup mudah untuk diakses. Berbagai masakan tradisional hingga modern bisa Anda nikmati di tempat makan ini. Dengan ciri khas Jawa dan Sunda yang begitu kental, pastinya membuat para pecinta masakan suku tersebut akan jatuh hati kepada warung ini.

Fasilitas yang menarik dan belum ada di tempat lain adalah free wi-fi. Dengan mengandalkan fasilitas tersebut, pastinya mampu mengundang banyak sekali pengunjung. Selain itu, tempat yang sangat luas dan bersih juga bisa menciptakan suasana makan siang menjadi nyaman.

Lokasi: Jl. Sukarno Hatta, Kec. Koba Kab. Bangka Tengah

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

5. Hendri Saucu

Hendri Saucu

Image Credit: Google Maps (HENDRI BONG)

Bagi pecinta daging babi, mungkin warung makanan non Muslim ini sangat cocok untuk Anda datangi bersama keluarga saat berlibur ke Bangka Belitung tepatnya di Bangka Tengah. Tempat yang sangat terbuka di daerah Beluluk, membuat rumah makan ini banyak didatangi khususnya warga Tionghoa.

Dengan menu andalannya yakni babi panggang yang sangat menggoda, tentu saja warung ini telah mendapatkan perhatian lebih dari para wisatawan yang baru datang ke sini. Apabila Anda memang penggila daging babi, sangat direkomendasikan ke warung Hendri Saucu karena hanya di sini satu-satunya yang menjualnya.

Lokasi: Beluluk, Kec. Pangkalan Baru, Kab. Bangka Tengah.

6. Tiska

Tiska

Image Credit: Google Maps (Marlita Putri Ekasari)

Salah satu rumah makan yang menyediakan masakan khas Bangka lainnya adalah Tiska. Anda akan menemukan banyak sekali masakan asli dari provinsi ini yang memiliki banyak sekali olahan ikannya.

Salah satu makanan favorit dan paling laris dari rumah makan ini yaitu lempah dan juga olahan rusipnya. Rusip adalah sebuah fermentasi dari ikan Bilis yang sangat terkenal di Bangka. Apabila Anda datang ke tempat makan ini, sangat disarankan untuk mencoba lempah kuning pari dan juga asam rusip yang sangat nikmat.

Sangat disarankan untuk datang ke tempat ini sebelum jam makan siang dimulai. Sebab, warung ini nantinya bakal akan ada banyak sekali pengunjung untuk menikmati makan siang mereka. Bahkan, kebanyakan menu-menu yang tersedia, akan habis dalam sekejap sebelum sore.

Lokasi: Jl. KH. Abdul Hamid, Gedung Nasional, Kec. Taman Sari, Kota Pangkal Pinang.

7. Tung Tau Soetta

Tung Tau Soetta

Image Credit: Google Maps (gagat danang nararyo)

Apabila Anda hanya ingin nongkrong di tempat yang modern, sangat disarankan untuk singgah ke Tung Tau Soetta. Banyak sekali macam menu yang sangat pas buat nongkrong bersama teman-teman untuk menghabiskan waktu malam Anda.

Kebanyakan hidangan yang ada di Tung Tau Soetta adalah jajanan ringan yang bisa disantap setiap saat. Salah satu yang paling populer adalah roti bakarnya yang sangat manis dan enak. Selain itu, untuk minumannya cukup beragam, baik dari kopi hitam hingga ice cream yang sangat menggugah selera.

Selain tempat yang begitu nyaman dan pas untuk acara ngobrol-ngobrol bersama seseorang, pastinya saat datang ke sini akan semakin mengasikkan. Terlebih lagi bila datang di malam minggu, Anda akan mendapati live music yang sangat dibutuhkan oleh para pengunjung.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Belitung yang Paling Enak

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.28, Dul, Kec. Pangkalan Baru, Kab. Bangka Tengah.

8. Warung Bakso Mas Slamet

Warung Bakso Mas Slamet

Image Credit: Google Maps (Dody Anto)

Di daerah Koba tepatnya di Jalan Sinar Surya II terdapat sebuah warung bakso yang sangat legendaris, yakni Bakso Mas Slamet. Warung bakso ini telah lama berdiri dan memiliki banyak sekali saingan. Meskipun banyak pesaingnya, namun warung ini masih tetap berdiri kokoh, malah lebih berkembang daripada sebelumnya.

Dengan rasa yang begitu khas, bakso ini telah membuktikan kalau rasa tersebut masih mampu membuat banyak pengunjung kekenyangan saat makan adonan daging sapi tersebut. Banyaknya pengunjung yang pernah datang ke sini berkata kalau bakso milik Mas Slamet ini lebih enak daripada yang lain, serta harganya sangat murah.

Lokasi: Jl. Sinar Surya 2, Padang Mulya, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

9. Otak-Otak Ase

Otak-Otak Ase

Image Credit: Google Maps (Nurul Andarwati)

Salah satu tempat untuk menikmati makanan pembuka khas Bangka Belitung yakni berada di Otak-otak Ase. Menjual otak-otak yang sangat murah dan juga pempek baik yang dikukus maupun yang digoreng.

Anda dapat menikmati makanan khas Bangka tersebut dengan saus yang telah terdapat di atas meja. Pastinya akan sangat lengkap bila otak-otak tersebut Anda celupkan ke sambal taucho yang sangat khas di warung ini.

Selain menikmati otak-otak dan pempek, warung makan ini juga menyediakan berbagai macam camilan oleh-oleh yang identik dengan Kepulauan Bangka Belitung. Harga cukup murah untuk setiap makanan dan juga oleh-olehnya.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, Beluluk, Kec. Pangkalan Baru, Kab. Bangka Tengah.

10. Restaurant Seafood Mr. Adox

Image Credit: Google Maps (D S)

Seafood Mr. Adox adalah sebuah restoran yang menyajikan berbagai olahan masakan laut dengan bumbu-bumbu nusantara. Bahkan, restoran ini telah memiliki sertifikasi Halal, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai bahan-bahan yang digunakan. Terutama, bahan-bahan yang digunakan tersebut masih fresh yang didapat langsung dari laut.

Anda bisa memilih berbagai macam olahan ikan yang hendak disajikan di meja makan. Kepiting asap dan ikan lempah kuning di tempat makan ini terkenal karena rasanya yang sangat istimewa.

Restoran ini memiliki tempat yang sangat luas dan juga bersih. Sangat disarankan untuk datang bersama keluarga karena porsi yang dihidangkan cukup besar dengan harga yang super murah.

Lokasi: Jl. Alexander Raya, Simpang empat, Bacang, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang.

Itulah daftar restoran atau tempat makan yang paling direkomendasikan saat Anda sedang berkunjung ke Bangka Tengah. Pastinya, makanan yang tersaji di atas meja memiliki rasa yang tidak akan bisa Anda temukan di mana saja. Oleh sebab itu, sangat wajib untuk mendatangi tempat makan tersebut untuk mengisi perut Anda.