Kepulauan Riau

10 Restoran & Tempat Makan di Batam yang Paling Enak

Batam merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam Kepulauan Riau. Kota yang terkenal dengan ikon Jembatan Barelang ini merupakan kawasan pesisir atau terletak di tepi laut. Itulah mengapa, terdapat banyak pantai cantik disini. Kota ini juga merupakan jalur pelayaran internasional yang sangat sibuk.

Selain berbagai macam wisatanya, mulai dari pantai, laut, maupun darat, Batam memiliki kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Tak sampai disana kota ini juga menawarkan kekayaan kuliner. Tak sulit untuk menemukan makanan di daerah ini. Pilihannya juga beragam, ada seafood, street food, makanan tradisonal atau lokal, hingga makanan dari mancapun ada.

Letaknya yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura menjadikan banyak wisatawan yang plesiran ke Batam. Saat berkunjung kesini, jangan lupa mampir dan mencicipi kulinernya, berikut ini ada 10 rekomendasi tempat makan enak di Batam yang sayang jika dilewatkan.

1. Nagoya

Image Credit: Rumahnandra.wordpress.com

Nagoya disebut juga kota Jepang di Batam, banyak pernak-pernik, aksesoris, dan fashion Jepang dijajakan disini, tak lupa juga kulinernya. Tidak sulit untuk menemukan makanan di kawasan Ini. Banyaknya street food dengan berbagai macam menu andalannya yang dapat membuat pusing ketika memilihnya.

Salah satu dari banyak tempat makan di wilayah ini yang terkenal yaitu Nagoya Mansion. Restoran ini mampu melayani pelanggan hingga 24 jam. Jadi saat lapar di tengah malam, bisa langsung saja ke sini dan memesan makanan.

Menu yang ditawarkan halal dan juga termasuk makanan lokal yang tentunya sangatlah enak. Tempat yang luas dan iringan alunan-alunan musik daerah dapat menjadi pilihan untuk bersantap bersama keluarga. Semua fasilitas ini ditawarkan dengan harga yang pastinya tidak menguras kantong.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam.

2. Resto Saka

Resto Saka

Image Credit: Umroh.com

Bagi Anda yang penasaran dan ingin sekali mencoba berbagai macam masakan tradisional ala Batam, disinilah tempatnya. Restoran ini menyajikan aneka hidangan unik dari Batam. Menu andalan Resto Saka yaitu Sup Tulang, salah satu menu yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung kesini.

Tak hanya itu, menu khas lainnya ada gulai kepala ikan kakap, aneka sup, dan olahan ayam juga ada. Untuk menemukan resto ini tidaklah sulit, karena lokasinya berada di Kota. Pengunjung yang datang tak hanya bisa menikmati makanan yang lezat, namun juga ruangannya sangat estetik. Pasalnya resto ini berhias furniture kayu dengan desain sangat kreatif.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Bintan yang Paling Enak

Lokasi: Jl. Raja Isa, Baloi Permai, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

3. Rezeki Seafood Restaurant

Rezeki Seafood Restaurant

Image Credit: Heartlandertourist.wordpress.com

Rumah makan terapung yang satu ini merupakan tempat kuliner yang unik. Selain berada di tepian laut lepas, pengunjung juga bisa merasakan sensasi angin yang sepoi-sepoi. Tempatnya juga luas dan menyediakan banyak tempat duduk. Sehingga sangat cocok saat Anda datang bersama rombongan keluarga atau kerabat.

Berbagai macam masakan dijual disini, bahkan tidak hanya seafood saja. Soal rasa sudah tidak diragukan lagi. pasalnya pengunjung di restoran satu ini tak hanya kalangan lokal saja, melainkan juga ada wisatawan dari manca negara.

Lokasi: Jl. H. Moh. Saleh, RT.002/RW.001, Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam.

4. De Sampan Seafood & BBQ

De Sampan Seafood & BBQ

Image Credit: Amriltg.wordpress.com

Sesuai dengan letaknya yang berada di pesisir, kota Batam memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah. Inilah mengapa banyak sekali berjajaran restoran seafood di kota ini. Salah satunya adalah De Sampan Seafood & BBQ.

Tempat makan yang sangat populer ini tidak hanya menawarkan seafood sebagai menu utama, namun juga ada barbeque. Meski jam bukanya sore hingga malam, resto ini tetap mampu menyajikan olahan hasil laut yang masih segar. Mungkin ini bisa jadi tempat dinner favorit Anda.

Lokasi: Jl. Ruko Greenland Jl. Raja M Tahir No.2, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

5. Ichiban Sushi

Ichiban Sushi

Image Credit: Kepri.antaranews.com

Berbicara mengenai ikan laut, Jepang merupakan negara yang olahan ikannya paling terkenal. Tapi untuk dapat menikmati berbagai macam makanan khas negeri sakura ini tidaklah perlu jauh-jauh. Cukup datang saja ke Ichiban Sushi yang terletak di Batam.

Sesuai namanya, resto ini menjual sushi dan berbagai macam makanan Jepang. Meski dibandrol dengan harga murah, namun rasa dan kualitas yang diberikan patut diacungi jempol.

Tak hanya itu, tempat yang digunakan juga bernuansa cerah sehingga akan membuat ceria. Salah satu bagian ruangnya juga tersusun dari bambu-bambu. Kemudian kursi dan mejanya juga warna-warni dan lucu.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Natuna Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Pembangunan, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam.

6. De Lozzo Resto

De Lozzo Resto

Image Credit: Facebook.com @Delozzoresto

Pemberian nama yang unik ini sebanding dengan kenyetrikan yang ditampilkan di resto ini. Berbeda dengan tempat makan pada umumnya, De Lozzo menawarkan konsep layaknya sebuah kapal laut. Tak hanya itu, dibagian atapnya juga dipajang meja dan kursi dengan posisi terbalik. Ornamen serta funituren kayu yang digunakan juga menambah kesan nyata.

Resto yang merupakan cafe juga menawarkan masakan dengan berbagai macam resep nusantara. Bahkan ada juga yang menyebutnya makanan kampung karena kesederhaan makanan disini. Meski memiliki tempat yang instagramable, namun harga yang ditawarkan pas dikantong.

Lokasi: Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam.

7. Lesehan Mitra Mall di Batam

Lesehan Mitra Mall di Batam

Image Credit: Pariwisataku.com

Bagi Anda yang suka jalan-jalan malam untuk mencari camilan, makanan, dan lain-lainnya, disinilah paling cocok. Meski lesehan, namun suasananya rapi dan juga tertata. Tak hanya itu, karena berada di ruang terbuka, jadi pelanggan bisa makan dengan memandangi langit yang indah.

Berada di area yang luas, kawasan ini memberikan berbagai macam pilihan makanan yang bisa dipilih sesuai selera. Ada banyak sekali pedagang dan gerobak yang siap untuk memanjakan perut Anda. Sebelum memilihnya, alangkah lebih baik untuk berkeliling dahulu agar tidak menyesal nantinya.

Lokasi: Jl. Letjen R. Suprapto, Bukit Tempayan, Kec. Batu Aji, Kota Batam.

8. My Garden Restaurant

My Garden Restaurant

Image Credit: My-garden-restauran-cafe-bar.business.site

Mengusung tema perkebunan yang asri, restoran satu ini pas banget buat orang-orang yang ingin makan ditemani suasana alam. Restoran yang dilengkapi taman indah ini, merupakan satu dari sekian banyak tempat romantis di kota Batam. Letaknya yang dekat dengan bandara juga menjadi alasannya diserbu banyak pengunjung.

Selain menjadi tempat makan, resto yang instagenic ini juga cocok banget untuk dijadikan tujuan refresing. Tidak hanya ada bangku dan kursi, namun ada banyak pilihan tempat makan. Ada Cabana, Sky Terrace, Lagona Area, Bakery Corner, Sky Garden, dan Container Resto. Semua itu dapat dipilih sesuai keinginan pelanggan.

BACA JUGA:  13 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasinya yang sejuk juga dapat menjadi tempat bersantai, apalagi bagi pecinta tanaman dan keasrian. Jangan lupa untuk mampir dengan keluarga, pasangan, atau rekan.

Lokasi: Jl. Raja M Selah, Belian, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

9. Rumah Makan Mie Tarempa

Image Credit: Kmtour.com

Mie Tarempa merupakan salah satu makanan khas Batam. Mie pipih yang dihidangkan dengan rasa pedas dan bertabur ikan tongkol kering ini sangatlah menggiurkan. Pilihannya juga ada yang kuah maupun goreng, keduanya memiliki komposisi yang sama dan tentunya tetap menggugah selera.

Selain mie tarempa, restoran satu ini juga menjual camilan atau makanan kecil khas Batam, Luti Gendang. Bentuknya oval, atau lonjong memanjang berwana coklat dengan tekstur luar renyah, sedangkan dalamnya lembut. Bagian dalam yang lembut tersebut berasal dari daging tuna yang dimbumbui rempah-rempah. Luti sendiri memiliki arti roti.

Tak cukup kedua menu itu saja, rumah makan ini juga menjual berbagai macam olahan mie. Mulai dari mie sagu, mie goreng lembab, mie goreng basah, dan kering. Selain itu ada juga nasi dagang, yaitu nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang. Hampir sama dengan nasi bungkus biasanya, hanya saja yang ini ditambah dengan lauk ikan dan sambal.

Lokasi: Ruko Royal Sincom, Blk. D No.15 – 16, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

10. Golden Prawn 933

Image Credit: Hotelgoldenview.com

Terakhir ada restoran yang sangat populer di Batam, yaitu Golden Prawn 933. Biasa disebut juga sebagai surganya seafood di Batam. Ada dua cabang dengan angka yang berbeda, yaitu Golden Prawn 933 dan Golden Prawn 555. Saking terkenalnya resto ini, sampai ratusan karyawan dipekerjakan untuk dapat melayani pelanggan yang datang.

Sama halnya dengan tempat makan di Batam lainnya, Golden Prawn juga menjual makanan olahan hasil laut. Namun ada salah satu hidangan yang sangat spesial disini, yaitu gonggong. Gonggong, adalah olahan dengan bahan dasar seperti siput dan disajikan dengan sambal. Pastinya perpaduan rasanya akan memanjakan lidah Anda.

Lokasi: Jl. Golden Prawn, Tanjung Buntung, Kec. Bengkong, Kota Batam.

Itulah 10 referensi tempat makan enak di Batam yang bisa dikunjungi. Batam memang memiliki berbagai macam restoran yang unik. Selain itu, makanan-makanannya juga beragam, kaya akan rasa, dan tentunya lezat. Nah dari rekomendasi diatas, semoga dapat menjadi pilihan tempat makan saat Anda berkunjung ke Batam, atau hanya sekedar mampir.