10 Restoran & Tempat Makan di Batubara yang Paling Enak

10 Restoran & Tempat Makan di Batubara yang Paling Enak

Batubara termasuk daerah yang memiliki beragam kuliner khas yang terkenal enak dan layak Anda coba. Inilah deretan restoran dan tempat makan terbaik di Batubara untuk menikmati sajian lezat.

Sumatera Utara merupakan sebuah provinsi yang memiliki keberagaman suku di dalamnya. Selain ada Batak yang mayoritas bermukim di sana, terdapat beberapa suku lain seperti Melayu yang sangat kental dengan kebudayaannya. Sehingga, Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa restoran yang menyajikan masakan khas Melayu terutama di Kabupaten Batubara.

Kabupaten yang memiliki 12 kecamatan tersebut, telah banyak didatangi karena berbagai alasan oleh orang luar dari Provinsi Sumatera Utara. Ada yang memiliki alasan pekerjaan, hanya singgah, atau sedang berlibur karena memiliki banyak sekali tempat pariwisata yang mengagumkan.

Sebagai pelengkap dari tempat pariwisata tersebut, pastinya restoran-restoran yang menyediakan berbagai macam hidangan yang sangat enak juga bisa dengan mudah ditemukan di sana. Berikut beberapa rekomendasi restoran dan rumah makan yang paling populer di Batubara. Pastinya setiap rumah makan tersebut memiliki ciri khasnya sendiri.

1. Rumah Makan 100 & Mariana Inn Hotel

Rumah Makan 100 & Mariana Inn Hotel
Image Credit: Google Maps (Ratu Shalicha Anindra)

Batubara terkenal karena lokasinya yang terletak di dekat pantai dan memiliki banyak sekali olahan seafood yang memanjakan lidah. Salah satu tempat makanan yang menghidangkan aneka masakan seafood berada di Rumah Makan 100 & Mariana Inn Hotel yang terletak di Jalan Medan Kisaran tepatnya di KM. 100.

Berbagai macam olahan makanan laut dapat Anda rasakan dengan bumbu-bumbu yang begitu khas. Bahan-bahan yang sangat fresh menjadikan hidangan yang disajikan tetap terjaga kesegarannya.

Tidak hanya makanan yang begitu enak, namun tempatnya yang sangat bersih dan nyaman membuat para pengunjung menjadi betah di sini. Fasilitas yang ada di sini juga cukup lengkap, mulai dari toilet hingga mushola yang siap Anda gunakan kapan saja.

Lokasi: Jl. Medan – Kisaran KM. 100, Air Putih, Sei Suka/Deras, Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

2. Rumah Makan Atun

Rumah Makan Atun
Image Credit: Shutterstock.com

Apabila saat ini Anda sedang berada di sekitar Jalan Kwala Tj. dan ingin menikmati sepiring nasi lele goreng yang sangat lezat, langsung saja putar kemudi ke Rumah Makan Atun. Meskipun tempatnya sederhana, namun sangat luas bagi Anda yang membawa hingga 10 orang.

Selain kapasitas yang cukup besar, jangan tanya soal kualitas hidangan lele gorengnya, dapat dipastikan sangat enak apabila dicocol ke dalam sambal hijaunya. Tidak hanya menu itu saja, namun masih banyak lagi hidangan yang bisa Anda pesan sesuai selera. Terlebih lagi, harga makanannya sangat murah.

Lokasi: Kwala Tanjung, Kec. Sei Suka, Batu Bara.

3. Rumah Makan Family Minang

Rumah Makan Family Minang
Image Credit: Google Maps (Muhammad Duharsyah)

Salah satu tempat makan yang wajib Anda datangi saat berkunjung di Kabupaten Batubara adalah Rumah Makan Family Minang yang ada di Jalan Acces Road Inalum. Tidak heran kalau warung makan ini menyediakan masakan Padang yang begitu enak, sebab percampuran budaya yang ada di kabupaten ini.

Selain masakan Padang, Anda juga bisa menemukan bakso daging yang begitu menggoda selera yang harganya sangat murah untuk satu porsinya. Bahkan, kekenyalan bakso tersebut tidak bisa Anda temukan di tempat manapun. Pastinya rasa kaldu sapi yang berpadu dengan rempah-rempah Melayu menjadi andalan bakso tersebut.

Selain itu, yang menjadi nilai tambah agar Anda mengunjungi Rumah Makan Family Minang ini adalah tempatnya yang sangat nyaman dan bersih. Tidak hanya itu saja, pelayanan yang diberikan juga sangat baik.

Lokasi: Jl. Acces Road Inalum, Pakam Raya, Kec. Medang Deras, Kab. Batu Bara.

4. Tapian Nauli

Image Credit: Google Maps (Steven Girsang)

Salah satu rumah makan yang bernuansa Batak, Tapian Nauli bisa menjadi pilihan yang tepat bila Anda mencarinya. Lokasi dari rumah makan ini berada di Pakam Raya. Tempat makan ini merupakan salah satu yang banyak dikunjungi oleh para penduduk lokal maupun wisatawan asing.

Banyak sekali menu yang tersedia di restoran ini. Akan tetapi, bagi Anda yang Muslim, lebih diperhatikan lagi sebab terdapat menu yang diolah dari bahan dasar daging babi. Lebih baik pilih masakan ayam pinadar yang begitu nikmat dan juga olahan dari ikan mas. Pastinya rasanya tidak akan membohongi lidah Anda.

Selain tempat makan yang nyaman, Tapian Nauli juga memiliki area parkir yang luas juga. Sehingga sangat aman bagi Anda yang ingin membawa mobil ke tempat ini. Selain itu terdapat fasilitas lainnya, seperti kamar mandi dan juga mushola kecil bagi orang-orang yang hendak beribadah.

Lokasi: Pakam Raya, Kec. Medang Deras, Kab. Batu Bara.

5. Pondok Bakso Maira

Pondok Bakso Maira
Image Credit: Google Maps (Pondok Bakso Maira)

Salah satu warung bakso yang sangat direkomendasikan baik itu warga lokal maupun para turis yakni Pondok Bakso Maira yang terletak di kawasan Pakam Raya. Dengan tekstur bakso yang sangat kenyal dan kuahnya yang begitu gurih, menjadikan warung ini pilihan terfavorit.

Banyak jenis bakso yang bisa Anda pesan di sini. Salah satu yang banyak dipesan adalah Bakso Granat. Jenis menu ini sangat unik, sebab Anda akan disajikan 1 mangkuk bakso berukuran besar. Saat Anda membelahnya, maka akan terlihat bakso-bakso dengan ukuran kecil di dalamnya. Sangat pas bila Anda tambahkan dengan sedikit sambal dan kecap.

Untuk minumannya sendiri juga sangat bervariasi. Mulai dari es cendol, es gula merah, es teh, kopi, dan masih bayak minuman lainnya. Harganya juga cukup murah, mulai dari Rp 10.000 untuk menikmati bakso yang super lezat dan siap mengenyangkan perut Anda.

Lokasi: Pakam Raya, Kec. Medang Deras, Kab. Batu Bara.

6. Cafe & Resto Ikan Bakar Diva

Cafe & Resto Ikan Bakar Diva
Image Credit: Google Maps (Putra Pewaristunggal)

Bila ingin menikmati makanan dengan pemandangan laut yang sangat indah, Anda bisa mendatangi Cafe & Resto Ikan Bakar Diva yang ada di Jalan Imam Bonjol. Tempat yang sangat luas dan bisa memilih antara lesehan atau dengan kursi.

Ditemani dengan sepiring ikan bakar yang berasal langsung dari nelayan pantai di depannya, menjadikan daging ikan semakin segar saat disantap. Selain menu ikan bakar, tentunya masih ada banyak pilihan makanan lain apabila Anda alergi dengan seafood seperti tumis sayur dan lain sebagainya.

Pemandangan langsung ke arah pantai menjadi nilai tambah untuk Cafe & Resto Ikan Bakar Diva ini. Terutama pada saat menjelang petang, Anda bisa menikmati indahnya pantai di sore hari yang begitu memukau.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol, Labuhan Ruku, Kec. Talawi, Kab. Batu Bara.

7. RM Khas Batak Sopo Toba

RM Khas Batak Sopo Toba
Image Credit: Google Maps (fei zhan)

Salah satu rumah makan yang menyediakan berbagai macam makanan khas Batak ada di Sopo Toba. Anda bisa mencoba cicipi makanan-makanan tersebut yang tempatnya terletak di kawasan Sukaraja.

Anda akan memperoleh daftar menu yang mana makanannya bisa Anda pesan sesuai selera. Bahkan tempat ini terkenal karena posrinya yang cukup banyak tapi murah. Selain itu, tempatnya yang luas dan bersih menjadi poin yang sangat diperhatikan untuk warung ini. Pastinya Anda akan betah hingga berjam-jam di tempat makan satu ini.

Lokasi: Sukaraja, Kec. Air Putih, Kab. Batu Bara.

8. Riak Danau Maninjau

Riak Danau Maninjau
Image Credit: Google Maps (Ardi Al Felip)

Tidak ada salahnya untuk mencoba masakan Padang yang berada di rumah makan Riak Danau Maninjau. Sebab di warung yang terletak di Jalan Lintas Sumatera ini Anda akan disajikan beberapa masakan khas Padang yang begitu menggoda selera.

Uniknya dari tempat makan ini, Anda cukup mengambil beberapa masakan yang telah tersaji di atas meja tempat Anda ingin menyantapnya. Anda tidak perlu khawatir mengenai harganya, sebab sangat murah dan cukup membayar menu yang Anda ambil saja.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Pematang Panjang, Kec. Air Putih, Kab. Batu Bara.

9. Rumah Makan Sempurna

Rumah Makan Sempurna
Image Credit: Google Maps (Desain Kreatif)

Rumah makan Sempurna adalah salah satu tempat makan yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Sebab di tempat ini Anda akan menemukan banyak sekali masakan dengan berbagai macam olahan. Terutama bila Anda ingin menyantap makanan dari 3 suku yang berbeda, langsung saja datang ke Jalan Lintas Sumatera di KM 99.

Selain menu yang sangat melimpah, rasa yang dimiliki juga tidak tanggung enaknya. Pasalnya usia dari warung ini sudah lebih dari 20 tahun. Selain hidangan utama, menu pencuci mulut yang ada di rumah makan Sempurna ini juga sangat beragam.

Terdapat beberapa fasilitas seperti area parkir yang sangat luas, toilet yang cukup bersih, dan juga mushola bagi Anda yang ingin beribadah di sini. Sebab, Anda tidak akan cukup hanya beberapa menit saja untuk menghabiskan makanan di warung ini.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Km. 99, Tanjung Gading, Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

10. RM Sederhana Baru

RM Sederhana Baru
Image Credit: Google Maps (Robbie Siregar)

Saat lokasi Anda berada di Simpang Gabus dan sedang merasa lapar, langsung saja datangi rumah makan Sederhana Baru. Untuk menemukan tempat ini, cukup ikuti di mana lokasi SPBU yang ada di lokasi tersebut. Di warung ini, Anda akan mendapati masakan Padang yang begitu menggoda.

Menu andalan yang paling banyak diminati oleh para pengunjung adalah gulai ayam yang begitu lezat, serta sambal balado hatinya yang sangat pas untuk dipadukan dengan menu apapun.

Meskipun masakan yang disajikan semuanya sangat enak, namun harganya sangat murah. Selain itu tempat yang sangat bersih menjadi sebuah pengalaman makan siang yang terbaik di sini. Anda bisa datang ke rumah makan Sederhana Baru mulai dari pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Lokasi: Simpang Gambus, Kec. Limapuluh, Kab. Batu Bara.

Itulah beberapa rekomendasi restoran atau rumah makan yang tersebar di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Bila Anda sedang menghabiskan di kabupaten ini, sangat disarankan untuk mengisi perut di tempat-tempat tersebut.