10 Restoran & Tempat Makan di Belitung Timur yang Paling Enak

10 Restoran & Tempat Makan di Belitung Timur yang Paling Enak

Ketika Anda berlibur ke Belitung Timur jangan lupa untuk menjajal wisata kulinernya. Inilah daftar restoran dan tempat makan di Belitung Timur yang menyajikan beragam menu yang lezat.

Belitung Timur menyimpan pesona wisata kuliner yang khas. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai jenis hidangan hasil olahan laut. Cita rasa dari masakan Belitung Timur tidaklah sama dengan daerah yang lain, sebab bumbu dan cara pengolahan yang diaplikasikan pasti berbeda. Bahan dasar yang digunakan pun memakai seafood yang benar-benar fresh, sehingga makanan yang tersaji lebih lezat.

Terdapat restoran maupun kedai yang menyajikan beragam menu dengan harga yang bervariatif. Sehingga harga sebuah menu yang sama di restoran yang satu akan berbeda dengan restoran yang lain. Hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan cara pengolahan, bumbu yang digunakan, tenaga kerja yang memasak, maupun faktor lain yang berperan. Tapi secara rata-rata harganya masih seragam.

Anda bisa melakukan wisata kuliner ini sembari berlibur menikmati indahnya pemandangan di Belitung Timur. Jika Anda ingin kembali menikmati sajian kuliner Belitung, Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh, namun hanya jika makanan tersebut memiliki daya tahan ataupun daya simpan yang cukup. Dengan wisata kuliner juga akan menambah wawasan Anda, terutama tentang kuliner nusantara. Berikut rekomendasi tempat makan dan restoran di Belitung Timur yang bisa Anda kunjungi.

1. Warung Kopi Ake

Warung Kopi Ake
Image Credit: Google Maps (Tri Adinugroho)

Belitung sendiri dikenal dengan julukan “negeri 1001 warung kopi”, sehingga rasanya kurang lengkap jika Anda belum berkunjung ke Warung Kopi Ake. Anda bisa menjadikan warung kopi ini menjadi pilihan saat Anda merasa lapar di pagi hari, sebab di sini disajikan beraneka ragam menu sarapan yang cukup mengganjal perut sebelum Anda melanjutkan aktivitas wisata.

Keunikan dari Warung Kopi Ake yaitu bahwa tidak dibukanya cabang di tempat yang lain. Lokasinya ada di wilayah Kecamatan Tanjung Pandan. Warung ini telah berdiri sejak tahun 1911 dan pemiliknya telah memasuki generasi yang ke-empat. Rasa dari kopi di sini sangat otentik, sebab proses pembuatannya memakai alat yang sama seperti sejak warung ini dibuka.

Lokasi: Jl. Veteran No.47, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

2. Restoran Dynasty

Restoran Dinasti
Image Credit: Google Maps (Willy Sutanto)

Tempat makan yang satu ini merupakan restoran Cina yang paling bagus di wilayah Belitung. Karena merupakan restoran Cina, maka menu yang disajikan yaitu chinese food, khususnya chinese seafood. Anda bisa berkunjung di tempat ini ketika Anda ingin merasakan cita rasa masakan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan tempat makan yang lain di Belitung Timur.

Porsi setiap menu yang disajikan rata-rata cukup besar. Bahkan pada beberapa menu bisa dinikmati berdua. Setelah Anda melakukan berbagai macam aktivitas wisata, pasti Anda akan merasa lelah. Di tempat ini Anda bisa beristirahat sembari menikmati lezat hidangan chinese food dengan cita rasa yang begitu lezat, seperti sup bakso ikan, kepiting isi, cumi, dan capcay udang.

Lokasi: Jl. Dr. Susilo, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

3. Mie Belitung Atep

Mie Belitung Atep
Image Credit: Google Maps (zhee D)

Hidangan Mie Belitung Atep merupakan sajian mie telur berwarna kuning yang disiram dengan kuah udang yang kental, sehingga akan membuat siapapun ingin mencicipinya. Nama “Atep” dari kedai ini diambil dari nama pemilik sekaligus pengelola restoran tersebut, yaitu Nyonya Atep. Beliau memperoleh resepnya dari nenek moyangnya, sehingga mie ini termasuk menu otentik.

Kedai Mie Belitung Atep memiliki desain bangunan yang cukup sederhana. Akan tetapi, hal tersebut tidak menyurutkan minat pengunjung untuk makan di tempat ini, sebab rasa dari menu yang disajikan dapat membuat siapapun yang pernah mencobanya akan ketagihan untuk kembali menikmatinya. Kedai tersebut dibuka sejak pukul 08.00 dan ditutup pukul 20.00.

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.27, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

4. Rumah Makan Berage

Rumah Makan Berage
Image Credit: Google Maps (Kenny WS)

Seperti tempat makan di Belitung pada umumnya, Rumah Makan Berage juga mempunyai menu andalan berupa gangan. Jika Anda termasuk yang gemar pada olahan ikan, menu ini akan menjadi menu favorit Anda. Walaupun demikian, rumah makan ini juga tetap menyediakan menu lain selain ikan, sehingga jika Anda tidak terlalu menyukai ikan, Anda dapat memilih menu lain.

Tempat makan ini buka sejak pagi dan tutup pada malam hari. Apabila Anda merasa lapar dan lelah di malam hari setelah melakukan berbagai jenis aktivitas wisata, Anda bisa mengunjungi Rumah Makan Berage. Di tempat ini Anda pasti akan merasa kenyang, sebab porsi yang disajikan tidaklah sedikit, melainkan cukup, bahkan satu porsinya bisa disantap berdua.

Lokasi: Jl. Raya Gantung, Padang, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

5. Suto Belitung Mak Janah

Kedai Mak Jannah
Image Credit: Google Maps (Minda Habibah)

Apabila diperhatikan secara sekilas, nama dari kedai ini terdengar seperti menjual soto. Namun, ternyata bukanlah demikian, melainkan menjual menu semacam ketupat sayur, akan tetapi dengan rasa yang sedikit berbeda. Tapi yang jelas, rasanya sangat enak dan tidak kalah sedap dengan ketupat sayur. Lokasi tempat makan ini ada di daerah Kecamatan Tanjung Pandan.

Menu yang dihidangkan di kedai ini berupa perpaduan lontong, bihun, daging, kerupuk melinjo, serta kuah suto kental yang bisa menarik minat pengunjung untuk segera mencicipinya. Kuah yang disiramkan pada hidangan ini menggunakan iga sapi yang direbus dengan bumbu dan diberi tambahan santan. Ketika Anda pernah mencobanya, Anda pasti akan merindukan rasanya.

Lokasi: Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

6. Rumah Makan Fega

Rumah Makan Fega
Image Credit: Google Maps (azarudeen anis)

Rumah Makan Fega sangat cocok untuk dijadikan pilihan ketika Anda melakukan wisata alam di tempat-tempat yang ada pada film Laskar Pelangi. Hal ini karena Rumah Makan Vega letaknya berdekatan dengan tempat-tempat tersebut. Ketika Anda sudah melihat-lihat bagaimana replika dari SD Laskar Pelangi serta Museum Andrea Hirata, Anda bisa sejenak beristirahat di restoran.

Sembari beristirahat, Anda juga bisa menikmati sajian kuliner daerah setempat. Ukuran dari rumah makan ini cukup luas, bahkan terdapat sebuah tempat makan yang khusus dibuat menyerupai bentuk kapal. di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai jenis hidangan, seperti gulai, sayur, sate, seafood, maupun menu yang lain. Anda bisa mengunjunginya di daerah Baru.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

7. Rumah Makan Sari

Rumah Makan Fega
Image Credit: Google Maps (azarudeen anis)

Kedai ini seperti kedai pada umumnya di daerah Belitung yang menyajikan menu gangan. Gangan sendiri adalah sajian menu yang dibuat dengan bahan ikan laut yang diberi bumbu lungkuas dan kunyit. Bumbu tersebut sebelum dicampur bersama ikan, akan digoreng terlebih dahulu, baru kemudian dicampur air, supaya bukan rasa bumbu yang mendominasi hidangan ini.

Kemudian barulah cabai dimasukkan untuk memberikan sensasi rasa pedas. Teknik memasak demikian merupakan cara khusus dalam mengolah gangan di daerah Belitung. Namun, kini resep membuat gangan sudah beragam. Terdapat tiga resep diantaranya resep asli, oriental, dan modifikasi. Di Rumah Makan Sari Anda dapat menikmati hidangan tersebut dengan resep asli.

Lokasi: Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

8. Andini Resto

Andini Resto
Image Credit: Facebook.com @nananggokasi.belitung

Nama resto in diambil dari pemiliknya yaitu Andini. Walaupun merupakan restoran yang berada di Belitung, konsep yang diusung justru menggunakan nuansa jawa. Fasilitas yang ada di resto ini termasuk lengkap. Di sini tersedia toilet, mushola, lima saung, pendopo, ruang VIP, dan tenda. Di bagian pendopo sendiri juga dilengkapi dengan adanya LCD, TV, layar lebar, meja, dan kursi.

Sedangkan saung di sini dikelilingi kolam ikan serta terdapat tempat untuk pengunjung yang ingin maka dengan cara lesehan. Di samping itu, di sini Anda juga bisa menikmati akses internet dengan fasilitas jaringan WiFi. Bahkan ketika Anda sedang menikmati menu di sini, Anda juga diperdengarkan musik jawa. Kapasitas Andini resto bisa menampung sekitar 70 orang pelanggan.

Lokasi: Lalang, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

9. Rumah Makan Timpo Duluk

Timpo Duluk
Image Credit: Google Maps (Medio Venda mario)

Tempat ini termasuk rumah makan yang unik dengan ciri khasnya, yaitu berada pada sebuah rumah dengan gaya tradisional melayu khas Belitong. Bahkan resep yang dimiliki sudah ada sejak bertahun-tahun silam, yaitu tahun 1918. Hiasan dekorasi yang diaplikasikan menggunakan pernak-pernik dengan gaya otentik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri di mata pengunjung.

Selain itu, ornamen kayu yang digunakan juga akan membawa pengunjung menuju kenangan zaman penjajahan Belanda, yaitu tampak seperti bentuk rumah Belitong pada masa itu. Keunikan lainnya terdapat pada cara mengantarkan pesanan yang menggunakan nampan besar yang disebut dulang yang dilengkapi dengan tudung saji. Sajian utama dari tempat ini yaitu Gangan.

Lokasi: Jl. Lettu Mad Daud No.22, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

10. Unique Bistro

Unique Bistro
Image Credit: Google Maps (siti halijah)

Tempat makan tersebut merada di daerah Tanjung Pandan dan dekat dengan daerah wisata di Pantai Tanjung Pendam. Desain tempat makan ini lebih mengarah ke kafe, sehingga setiap malamnya terdapat live music. Kafe ini bisa menampung sekitar 150 orang, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat dilangsungkannya berbagai acara seperti ulang tahun atau gathering.

Menu yang dihidangkan di kafe ini diantaranya kentang goreng, roti bakar, pisang goreng vla, ayam bakar, capcay, udang tepung, dan pampi. Selain itu Anda juga dapat memesan minuman seperti jus, soft drink, bahkan bir. Harga dari menu yang tersaji di sini sangat beragam, mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 30.000.

Lokasi: Tanjung Pendam, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

Itulah beberapa tempat makan dan restoran yang bisa menjadi referensi sebelum Anda berwisata ke Belitung Timur. Dari penjelasan menu yang ada, Anda dapat melakukan perencanaan akan mencoba menu makanan yang apa dan sensasi rasa makan seperti apa. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.