Sumatra Barat

10 Restoran & Tempat Makan di Bukittinggi yang Paling Enak

Inilah daftar tempat makan dan restoran terbaik di Bukittinggi yang terkenal enak favorit wisatawan. Berkunjung ke kota Jam Gadang terasa belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya.

Sumatera Barat menyimpan banyak kekayaan kuliner yang sudah tersohor hingga seantero negeri bahkan hingga ke luar negeri. Jadi sudah menjadi sesuatu yang biasa jika berkunjung ke Sumatera Barat wajiblah mencicipi kulinernya. Salah satu kota dengan sejuta kuliner khas Sumatera Barat adalah Kota Bukittinggi.

Kota yang dikenal dengan julukan Kota Jam Gadang ini tersimpan kekayaan kuliner yang tidak perlu diragukan lagi cita rasanya. Masyarakat luar negeri pun pasti mengakui rasa nikmatnya. Bahkan resto di Bukittinggi selain menyediakan makanan khasnya, juga menyediakan makanan dari Asia atau Eropa. Resto juga memadukan suasanya alam yang nyaman dengan makanan yang lezat. Berikut daftar restoran dan tempat makan di Bukittinggi yang bisa jadi rekomendasi wisata kuliner Anda.

1. Nasi Kapau Uni Lis

Nasi Kapau Uni Lis

Image Credit: Kulinerbangsakoe.blogspot.com

Mengulas tempat makan di Bukittinggi tidak akan bisa lepas dari yang namanya nasi Kapau. Nasi ini merupakan nasi khas dari Sumatera. Hanya saja jangan sampai salah memilih tempat makan yang menyediakan nasi kapau.

Salah satu restoran yang patut untuk dicoba adalah restoran nasi kapau Uni Lis. Resto ini menyediakan nasi kapau dengan rasa bintang lima tapi harga kaki lima. Cukup merogoh uang Rp 25.000 sudah bisa menikmati nasi kapau yang lezat dan nikmat.

Resto ini tereletak di Benteng Pasar atas. Bagi yang ingin sarapan di sini juga bisa karena resto sudah buka dari pukul 08.00. Jadi bagi wisatawan yang ingin sarapan nasi kapau maka resto ini bisa menjadi pilihan utama dan pertama.

Lokasi: Jl. Minangkabau, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

2. Rumah Makan Sianok

Rumah Makan Sianok

Image Credit: Maps.google.com @rm sianok kuliner

Bagi pecinta makanan pedas terutama itik maka wajib mencoba makan di Rumah Makan Sianok. Itik yang dipakai juga buka sembarang itik karena itik yang dimasak adalah itik muda yang berdaging lembut dan nikmat pastinya.

Resto ini lebih memilih itik muda supaya tidak memerlukan waktu lama untuk memasak dan memperoleh daging yang lembut. Itik muda ini dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Untuk menuju ke lokasi, wisatawan tidak perlu bingung karena lokasinya sangat strategis dan cukup dekat dengan tempat wisata. Di sini, sambil makan bisa menikmati keindahan alam. Sungguh perpaduan yang sangat pas dan pasti diinginkan oleh semua.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Padang yang Paling Enak

Bagi yang kurang menyukai itik, bisa menjajal makanan lain yang disediakan di resto ini. Dijamin akan ketagihan karena rasanya tidak perlu diragukan lagi. Resto ini berlokasi di Guguk Panjang. Soal harga jangan khawatir. Aman di dompet.

Lokasi: Jl. Laras Datuk Bandaro, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

3. Pical Sukai dan Lanang Café

Pical Sukai dan Lanang Café

Image Credit: Kaskus.co.id

Tempat makan selanjutnya yang patut dicoba adalah resto pical sukai dan Lanang Café. Resto ini berlokasi di Deket pintu taman panorama dan lobang Jepang. Café ini bisa menjadi pilihan bagi yang ingin makan dengan suasana yang nyaman.

Makanan yang disediakan merupakan makanan yang simpel tapi memiliki kalau urusan rasa pasti luar biasa. Pelayan resto sangat ramah dan tempatnya juga bersih. Jadi tidak heran jika pengunjung betah berlama-lama di café.

Resto ini menyediakan makanan khasnya yaitu pical sukai. Pecak sukai ini dimasak dari jantung pisang dan rebung di antara sayuran lainnya. Sayur tersebut dipadukan dengan bumbu kacang yang memiliki cita rasa manis dan tidak terlalu pedas.

Lokasi: Jl. Panorama No.19C, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

4. Martabak Kubang Simpang Yarsi

Martabak Kubang Simpang Yarsi

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bagi yang ingin makan-makanan gurih dan tidak terlalu berat maka bisa mencoba martabak. Martabak Bukittinggi yang paling terkenal adalah Martabak Kubang Simpang Yarsi. Sangat cocok dinikmati kala malam hari di kota ini.

Tempat makan ini terletak di Bukit Tinggi. Tempat ini menyediakan martabak telur spesial. Martabak di sini wajib dicoba karena martabak dibuat dengan resep sendiri sehingga mempunyai cita rasa gurih dan nikmat yang selalu terjaga dari waktu ke waktu.

Lokasi: Jl. Prof. Hazairin, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

5. Sate Mak Aciak

Sate Mak Aciak

Image Credit: 2pos.asia

Bagi yang ingin menyantap makanan sate, maka sate Mak Aciak bisa jadi rekomendasi. Sate ini sate merupakan sate khas Bukittinggi dengan cita rasa tradisional yang dijaga turun-temurun. Jangan kaget jika akan diberikan sate dengan wadah daun pisang. Di sini sate tidak memakai piring.

Justru inilah kelebihannya. Daun pisang yang dipakai menambah nikmat sate. Jika biasanya sate dimakan ditemani oleh lontong maka resto ini menyediakan nasi bagi yang tidak suka lontong. Jadi tinggal pilih saja nasi atau lontong.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Pesisir Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. By Pass, Pulai Anak Air, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi.

6. De Kock Café

De Kock Café

Image Credit: De-kock-cafe.business.site

Jika ingin menikmati suasana Kota Bukittinggi sambil menyantap makanan, De Kock Café bisa menjadi solusinya. Di sini pengunjung bisa berwisata kuliner dengan berbagai jenis makanan yang enak dan lezat. Mulai dari makanan tradisional minang hingga makanan luar.

Dengan berbagai macam pilihan makanan, pengunjung tidak perlu risau kalau tidak cocok dengan makanannya. Tinggal pilih saja. Makanan lokal atau makanan dari luar.

Café ini berlokasi di Benteng Pasar Atas. Jadi wisatawan akan sangat mudah menemukan resto ini. Karena resto ini mempunyai konsep yang sangat bagus maka pengunjung sering tidak mau beranjak dari tempat ini. Semua karena makanan dan kenyamanan sudah didapat.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.18B, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

7. Cafe and Resto Rumah Pohon Abdul

Cafe and Resto Rumah Pohon Abdul

Image Credit: Antvklik.com

Restoran selanjutnya yang bisa dijajal saat berkunjung ke Buktittinggi adalah Café and Resto Rumah Pohon Abdul. Resto ini terletak di Lambah Sianok. Di sana, pengunjung bisa menyantap makanan sambil berburu spot foto.

Dan uniknya, resto ini mempunyai konsep yang unik dan lain yaitu rumah pohon. Karena mempunyai konsep unik dan belum banyak ditemui di resto lain, tidak heran resto selalu ramai. Selain ingin mencicipi makanan juga ingin berfoto ria dari atas pohon.

Dengan konsep rumah pohon, pengunjung bisa memandang area sekitar dari atas pohon. Makanan yang dijual juga beraneka ragam. Mulai makanan khas Sematera Barat, Asia hingga Eropa. Jadi jangan heran kalau resto ini jadi resto utama bagi wisatawan untuk berkuliner.

Lokasi: Pendakian Lambah Sianok, Kota Bukittinggi.

8. Nasi Kapau Ni Er

Nasi Kapau Ni Er

Image Credit: Erfano.com

Selain nasi kapau Uni Lis, nasi kapau Ni Er ini juga patut untuk diperhitungkan. Resto ini berlokasi di Guguk Panjang. Bagi yang berburu kuliner khas Bukittinggi yang enak nan lezat, patut mencoba nasi kapau di resto ini.

Seperti namanya, resto ini spesial menjual nasi kapau lengkap dengan bermacam-macam lauk dan pauknya. Dan pengunjung bisa dengan leluasa memilih apa yang ingin dimakan. Resto ini cocok sekali bagi wisatawan yang ingin makan banyak dengan harga terjangkau.

Harga juga tidak akan membuat kantong jebol. Cukup terjangkau untuk semua. Harga tergantung lauk apa yang diambil. Tapi itupun masih bisa dikatakan murah meriah.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi yang Paling Populer

Mungkin resto ini sama saja dengan resto kapau yang lain yang menyediakan begitu banyak lauk sebagai teman makan. Tapi untuk cita rasa pasti berbeda. Olahan di sini sudah disesuaikan dengan lidah dan cita rasa orang Indonesia pada umumnya.

Lokasi: Aur Tajungkang Tengah Sawah, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

9. Pical Ayang

Pical Ayang

Image Credit: Pergidulu.com

Pical ayang, mungkin adalah nama yang tidak asing lagi bagi sebagian besar warga Bukittinggi. Resto ini terdapat di Ngarai Sianok. Tidaklah sulit untuk menemukan resto ini karena semua warga mengenal resto makanan khas Bukittinggi.

Banyak yang datang berkunjung ke resto karena ingin menyantap bubur kampiunnya yang khas. Bubur kampiun di sini adalah bubur manis yang diberi campuran candil, bubur lemu, bubur kacang hijau, dan campuran lapis yang disiram dengan gula merah dan kuah santan.

Pengunjung datang karena tidak bisa menemukan makanan serupa di tempat lain. Dan pastinya, mempunyai cita rasa yang khas lain dari yang lain.

Bagi yang ingin makan besar, resto juga menyediakan lotong sayur yang pas jika dimakan dalam keadaan hangat. Di samping itu, pengunjung juga bisa menyantap bala-bala, martabak mini, dan berbagai macam gorengan. Sudah nikmat, harga juga sangat ekonomis.

Lokasi: Jl. Simpang Atas Ngarai No.37, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

10. R.M. Family Benteng

R.M. Family Benteng

Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Resto selanjutnya adalah resto legendaris di Bukittinggi. Resto tersebut adalah R.M. Family Benteng. Tempat makan ini sudah dibuka sejak tahun1980. Resto ini berlokasi di dekat Kock. Sangat mudah ditemukan resto ini. Dan semua orang pasti mengenalnya.

Pada tahun 2007, rumah makan ini membuka cabang di tempat lain. Hal ini dilakukan untuk memenuhi keinginan dari tingginya permintaan dari masyarakat yang ingin menikmati makanan khas di resto ini. Dan hampir semua pengunjung pasti datang untuk mencicipi ayam popnya.

Ayam pop di sini diracik dengan resep turun temurun. Rasanya tidak perlu ditanya lagi. Mungkin akan dikira ayam pop di sini tidaklah enak karena mempunyai warna yang putih pucat. Menu lain di resto adalah gurame bakar, ayam bakar, rending hitam, gulai ikan, dendeng batokok dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.4, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Itulah rekomendasi restoran dan tempat makan yang bisa dikunjungi saat ke Kota Bukittinggi. Kebanyakan rumah makan menyediakan makanan khas. Semua makanan tersebut patut untuk dijajal karena mempunyai cita rasa yang khas penuh dengan rempah.