Riau

10 Restoran & Tempat Makan di Dumai yang Paling Enak

Dumai memiliki ragam kuliner yang menarik untuk Anda coba. Inilah daftar restoran dan tempat makan terbaik di Dumai untuk menikmati sajian khas yang lezat.

Dumai merupakan salah satu daerah yang masih kental dengan budaya melayu, termasuk dalam urusan kuliner. Makanan dengan cita rasa yang khas dapat dicoba pada berbagai menu khas Dumai. Kekayaan kuliner yang ada di daerah ini menjadi salah satu potensi wisata yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Daerah ini juga menjadi salah satu tempat pilihan untuk Anda yang ingin berburu kuliner seafood. Banyak tempat makan seperti restoran, café, atau warung makan biasa yang menyediakan berbagai menu seafood yang menggugah selera.

Selain makanan khas Dumai, beberapa tempat makan di daerah ini juga menawarkan menu makanan modern yang bisa dicoba. Berikut daftar restoran paling enak dari sekian banyak tempat makan di Dumai yang bisa Anda kunjungi.

1. Seafood 2000

Seafood 2000

Image Credit: Google Maps (Ayu Rizky)

Salah satu rekomendasi tempat makan seafood paling enak di Dumai adalah Seafood 2000. Rumah makan sederhana yang terkenal dengan hidangan lautnya yang lezat. Berbagai jenis olahan seafood seperti cumi, udang, kepiting, dan kerapu disajikan di tempat ini. Menu paling favorit adalah ikan kerapu dan juga olahan kepiting.

Sajian menu makanan di tempat ini memang cukup sederhana, namun untuk soal rasa tempat ini juaranya. Banyak masyarakat termasuk wisatawan yang berkunjung ke Dumai akan mampir ke rumah makan ini untuk mencoba menu seafood mereka yang terkenal enak.

Bagi pecinta pedas, menu seafood dengan saus asam manis bisa menjadi pilihan yang tepat. Rasa pedas yang mantap dan menggugah selera makan. Menu makanan ini paling nikmat disantap dengan nasi hangat. Aroma dari bawang dan cabai cukup terasa dengan tekstur ikan yang begitu lembut.

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin No.Kelurahan, Rimba Sekampung, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

2. Kedai Mie Sagu

Kedai Mie Sagu

Image Credit: Google Maps (shinta duga)

Kedai mie sagu bisa menjadi tempat makan paling enak untuk mencicipi berbagai menu khas Dumai. Menu yang pasti layak untuk dicoba adalah mie sagu. Olahan mie tradisional Dumai yang dibuat dari tepung sagu. Jenis mie yang satu ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dibanding mie pada umumnya.

Mie sagu asli Dumai dapat disajikan dengan kuah atau mie goreng. Kuliner lezat yang juga murah meriah ini biasanya campuran tauge dan telur. Penyajian mie sagu dapat diberi taburan bawang merah goreng agar aroma dan rasanya lebih nikmat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Indragiri Hilir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Kesehatan, Tlk. Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai.

3. Sewu Roso Coffee & Resto

Sewu Roso Coffee & Resto

Image Credit: Google Maps (Alif Ghazali)

Tempat makan enak dengan beragam pilihan menu khas Nusantara ditawarkan oleh Sewu Roso Coffee & Resto. Rumah makan yang sudah terkenal dengan menu-menu lezatnya ini menyediakan tempat makan yang nyaman. Berbagai menu dengan cita rasa khas yang ditawarkan antara lain ayam binggi dan olahan seafood.

Menggunakan resep pribadi yang menjadikan menu-menu andalan di tempat ini memiliki rasa yang begitu khas. Kepiting saus asam manis bisa menjadi menu pilihan untuk Anda coba. Daging kepiting yang tebal dan lembut dengan bumbu yang kaya akan rempah siap menggugah selera makan.

Tempat makan ini juga menyediakan banyak pilihan minuman untuk pengunjung. Tempat makannya terdiri dari lesehan dan tempat makan dengan meja makan. Fasilitas di rumah makan ini juga cukup lengkap seperti Wifi yang membuat pengunjung lebih betah dan juga nyaman.

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin, Simpang Tetap Darul Ihsan, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

4. Pondok Kayu Resto

Pondok Kayu Resto

Image Credit: Google Maps (Agung Kusmadi)

Tempat makan enak di Dumai bagi Anda pecinta olahan seafood bisa datang ke Pondok Kayu Resto. Rumah makan yang sebagian besar konstruksi bangunannya terbuat dari kayu. Suasana di tempat ini pun cukup nyaman untuk para pengunjung bersantap dan bercengkrama bersama teman, saudara, atau rekan kerja.

Ada beberapa menu seafood yang bisa dicoba dan salah satunya adalah olahan kerang. Menu yang satu ini menawarkan rasa pedas dan sedikit asam. Kuahnya diberi potongan buah nanas yang membuatnya segar. Kerang dimasak dengan oleh ahli yang sudah berpengalaman mengolah seafood ini sehingga dagingnya mudah dilepas dan dikunyah.

Selain olahan seafood, pengunjung juga bisa mencoba menu lain seperti ikan asin dengan bumbu cabai hijau. Menu yang satu ini cocok untuk lauk nasi hangat. Rasa pedas dari cabai rawit hijau terasa mantap dan membuat ketagihan.

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin No.110, Ratu Sima, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

5. Rumah Makan Pak Datuk

Image Credit: Google Maps (Ali Gunawan)

Tempat makan yang bisa dikunjungi untuk Anda yang ingin menikmati olahan ayam kampung di Dumai adalah Rumah Makan Pak Datuk. Berbagai menu olahan berbahan dasar daging ayam dapat dijumpai di tempat ini. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah gulai ayamnya yang sudah terkenal lezat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kuantan Singingi Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Gulai yang disajikan dengan kuah santan kental ini memiliki daging yang empuk. Bumbu-bumbunya meresap hingga ke dalam serat ayam yang terasa lembut. Kuah santannya tidak begitu pedas walaupun dari tampilannya terlihat begitu merah. Satu porsi biasanya berisi dua potong ayam yang cukup untuk menemani santap Anda dengan nasi hangat.

Warung makan ini juga menjadi rekomendasi untuk Anda yang ingin mencicipi ayam pop di sekitar Dumai. Olahan ayam kampung yang memiliki tampilan pucat namun rasanya kaya akan rempah-rempah. Kelezatan ayam pop di tempat ini akan semakin nikmat dengan dicocol sambal cabai merah.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.321, Bintan, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai.

6. Kebab Turki Baba Rafi

Image Credit: Website-7191696121087970411199-cafe.business.site

Restoran kebab Turki yang satu ini memang sudah terkenal dengan menu kebab yang enak dan berbeda dari lainnya. Jika sedang berada di Dumai, Kebab Turki Baba Rafi bisa menjadi salah satu tempat yang dikunjungi untuk wisata kuliner. Pengunjung dapat menikmati kebab asli Turki di tempat ini dengan harga yang tidak begitu mahal.

Beberapa jenis kebab yang bisa dicoba antara lain adalah kebab sapi, kebab telur keju, dan kebab hitam. Jangan lupa juga untuk memesan roti maryam yang enak dan unik di tempat ini. Selain kebab, menu lain yang ditawarkan adalah makanan-makanan ringan seperti kentang goreng, mie instan, onion, ring, dan lain sebagainya.

Berbagai jenis minuman juga tersedia dalam menu, mulai dari minuman cokelat, thai tea, dan oreo blend. Pengelola tidak hanya memanjakan pengunjung dengan menu makan dan minuman lezat tersebut, beberapa jenis permainan juga disediakan. Pengunjung dapat bersantai dan bermain otello, ular tangga, uno, dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Kelurahan No.28, Rimba Sekampung, Kec. Dumai Barat, Dumai Kota.

7. Sambal Desa Harapan

Image Credit: Google Maps (Filosofi Sambal Dumai)

Menikmati ayam goreng yang gurih dan berbumbu dapat dicoba di warung makan ini. Menu sederhana ini terkenal dengan rasanya yang lezat. Cocok untuk teman makan nasi hangat dengan sambal yang pedas. Pengunjung yang datang dapat mencoba berbagai pilihan rasa untuk sambal-sambal yang pedasnya mantap.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Rokan Hulu yang Murah & Enak

Sambal korek atau sambal bawang ekstra pedas bisa dicoba untuk teman makan ayam goreng. Ada juga sambal tomat yang nikmat untuk teman makan cumi goreng, tempe mendoan, udang, atau tahu.

Rumah makan ini benar-benar memuaskan pengunjung dengan beragam jenis sambal. Mulai dari sambal bajak, sambal terong, sambal tahu, hingga sambal tempe bisa dicoba di tempat ini. Rumah makan ini biasanya akan penuh saat jam istirahat kantor atau saat jam makan siang.

Lokasi: Jl. Pattimura No.28, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai.

8. Dharda Steak

Dardha Steak

Image Credit: Google Maps (Dharda Steak)

Menikmati steak lezat dengan harga yang ramah di kantong adalah salah satu yang ditawarkan di Dharda Steak. Warung makan yang satu ini menawarkan berbagai pilihan menu seperti chicken steak dan sirloin steak. Pengunjung dapat menikmati steak dengan tempat dan suasana yang cukup nyaman.

Pilihan minumannya juga banyak seperti lemon tea, jus buah, hingga milkshake. Semua menu makanan dan minuman di tempat ini cukup terjangkau. Tempat makan ini bisa menjadi referensi untuk berburu kuliner di Kota Dumai.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.Kelurahan, Tlk. Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai.

9. Canai Aslam

Canai Aslam

Image Credit: Google Maps (galih ramiaji)

Restoran di daerah Dumai ini menawarkan berbagai menu khas melayu yang enak dan kaya rasa. Pengunjung dapat menyantap berbagai hidangan di tempat yang nyaman dan bersih. Beberapa menu makanan dan minuman yang ditawarkan pun harganya cukup terjangkau.

Pilihan menu canai di tempat ini sangat bervariasi, mulai dari canai original, canai keju, canai telur bawang, canai pisang keju, hingga canai cokelat. Menu minumannya pun sangat banyak, namun yang menjadi favorit pengunjung di restoran ini adalah teh tarik khas Melayu.

Lokasi: Buluh Kasap, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai.

10. Sate Kambing Muda Rahayu

Sate Kambing Muda Rahayu

Image Credit: Google Maps (nurul yatu sholekhah)

Rumah makan yang satu ini adalah rekomendasi pilihan untuk mencicipi olahan daging kambing. Sate kambing muda menjadi salah satu menu primadona di tempat ini. Namun tidak hanya sate, olahan daging kambing lainnya juga bisa dicoba seperti gulai kambing dan tongseng. Semua olahan kambing di tempat ini enak dan tidak bau kambing.

Bagi pengunjung yang tidak suka atau menghindari olahan daging kambing, restoran ini juga menyediakan menu daging ayam dan daging sapi. Menu ayam bakar madu, ayam goreng, sup ayam, atau sup daging bisa Anda coba. Setiap porsi menu makanan di warung ini cukup terjangkau.

Lokasi: Buluh Kasap, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai.

Itulah beberapa pilihan tempat makan dan restoran paling enak yang ada di Dumai. Selain restoran atau rumah makan, Dumai juga memiliki banyak café yang menyediakan makanan-makanan lezat dan tentunya tempat yang nyaman.