10 Restoran & Tempat Makan di Kerinci yang Paling Enak

10 Restoran & Tempat Makan di Kerinci yang Paling Enak

Kerinci merupakan tempat strategis untuk berburu kuliner yang mengugah selera. Inilah daftar restoran dan rumah makan favorit di Kerinci yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati hidangan lezat.

Berkunjung di suatu daerah yang terbilang baru untuk Anda pasti menimbulkan rasa bingung terkait alamat-alamat yang tertera. Apalagi jika niat awal adalah ingin berwisata maka sebelumnya harus menetapkan tujuan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda sudah mendapatkan pandangan yang jelas dan bisa segera melanjutkan perjalanan sesuai dengan arah destinasi.

Dapatkan info-info terbaru secara update terutama wisata kuliner di Kerinci yang cukup terkenal. Banyak restoran yang dibuka disana dan telah dikunjungi oleh para wisatawan lokal hingga mancanegara. Kerinci merupakan sebuah wilayah di Kota Jambi dengan pilihan berbagai destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Cita rasanya yang lezat membuat orang-orang mencobanya dan membuat ketagihan.

Sebelum memasuki restoran atau rumah makan, pastikan bahwa menu yang Anda inginkan tersedia disana. Anda tentu tidak mau masuk ke restoran yang salah dan membuang-buang uang demi makanan yang tidak disukai. Jadi, penting mengetahui lokasi wisata kuliner sebelum terlanjur masuk ke dalam rumah makan atau restoran. Inilah daftar tempat makan favorit di Kerinci yang bisa Anda pilih.

1. Restoran Gulai Ikan Semah

Gulai Ikan Semah
Image Credit: Google Maps (DEPI DENDRA HAYADI)

Ketika mengunjungi Kerinci jangan lupa mampir ke restoran gulai ikan semah yang paling terkenal. Restoran ini menyediakan menu andalan berupa olahan gulai yang dibuat dari ikan semah. Meskipun begitu, Anda tidak hanya akan menemukan masakan gulai saja. Ada beberapa jenis masakan yang menggoda selera mulai dari olahan sayur hingga daging.

Untuk menambah pengetahuan Anda, ternyata ikan semah cukup langka karena hanya hidup di danau Kerinci dan Sungai Batang Merangin. Oleh karena itu, banyak wisatawan luar kota yang mengincar masakan satu ini. Setidaknya Anda bisa menikmati kemewahan Kerinci melalui olahan gulai sedap ikan semah.

Bumbu yang dibuat di restoran gulai ikan semah diracik dengan takaran pas sehingga menghasilkan cita rasa sedap dimana racikan bumbu tadi merasuk ke dalam masakan. Anda bisa memesan gulai ikan semah sebagai hidangan utama atau beberapa makanan pendamping lainnya yang tak kalah enak. Misalnya seperti rendang, sop, kare, dan lain sebagainya.

Rasa dari gulai ikan semah sangat lembut ketika dikunyah serta kuahnya terasa pedas asin yang cocok disantap bersama sepiring nasi putih hangat. Datanglah sebelum jam makan siang supaya tidak perlu mengantri terlalu lama. Karena, para pekerja karyawan kantoran biasanya banyak yang menyempatkan diri untuk berkunjung. Jadi pasti akan ramai pembeli berkerumun disana.

Lokasi: Jl. RE. Martadinata, Pondok Agung, Kec. Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh.

2. Rumah Makan Ilok Rupo

Rumah Makan Ilok Rupo
Image Credit: Google Maps (Harun Irawan)

Tempat kuliner selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Rumah Makan Ilok Rupo. Lokasinya yang strategis menjadikan rumah makan ini banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun pendatang dari luar daerah atau negeri. Sebelumnya, rumah makan ini pernah mengalami kebakaran. Namun, dibangun kembali dengan versi yang jauh lebih baik.

Tampilan rumah makan yang sederhana membuat orang-orang semakin cepat beradaptasi layaknya rumah sendiri. Anda bebas duduk di kursi yang telah disediakan atau memilih lesehan di atas karpet. Varian menu yang disajikan juga beragam mulai dari masakan kering hingga berkuah.

Cara memesannya hanya tinggal mengajukan makanan kepada penjual, jika keadaan sedang antri maka jangan menyela terlebih dahulu dan tunggu waktu yang pas. Baru kemudian penjual akan menyiapkan pesanan Anda. Selagi menunggu duduklah di kursi atau atas karpet lesehan yang telah disediakan.

Lauk pauk yang dijual di Rumah Makan Ilok Rupo meliputi ikan goreng, kari ayam, oseng-oseng, tumis sayuran, dan masih beberapa hidangan lainnya. Nikmati waktu makan Anda sampai merasa puas.

Lokasi: Pelayang Raya, Kec. Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh.

3. Rumah Makan Minang Soto

Rumah Makan Minang Soto
Image Credit: Google Maps (Armi C Budiman)

Dari namanya saja, Anda sudah tahu tempat makan apa satu ini. Memang benar bahwa Rumah Makan Minang Soto menyajikan soto sebagai menu utama yang digandrungi banyak orang. Rasa kuahnya yang kaya akan bumbu dan memiliki tingkat kecairan sangat pas patut diberi apresiasi. Potongan daging atau ayamnya sebagai pelengkap juga begitu menggiurkan.

Makanlah ketika soto sedang hangat-hangatnya bersama semangkuk nasi putih. Pesan minuman hangat atau dingin sesuai keinginan Anda. Selain itu, masih ada beberapa menu yang dapat dipesan antara lain ikan goreng, daging berbumbu, sup, dan lain-lain. Tampilan luar rumah makan gampang dikenali jadi mudah untuk menemukannya. Terdapat tulisan logo M dan S.

Lokasi: Jl. Muradi No.3, Koto Tinggi, Kec. Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh.

4. Restoran Simpang Jujun

Restoran Simpang Jujun
Image Credit: Google Maps (satria juliaris)

Tempat wisata kuliner selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Restoran Simpang Jujun. Ajaklah keluarga atau kerabat dekat untuk makan bersama-sama di restoran satu ini. Karena tempatnya cukup luas dan bisa ditempati oleh orang banyak. Selain itu, Anda juga bisa melakukan reservasi demi keperluan acara seperti pesta ulang tahun atau perayaan kecil.

Kerinci memiliki danau yang ekosistemnya masih terjaga baik. Jadi, beberapa menu masakan dibuat dari hasil tangkapan danau berupa ikan-ikan yang masih segar dan tampak lezat. Restoran Simpang Jujun mengolah tangkapan ikan dari danau Kerinci untuk dibuat sebagai hidangan dengan berbagai variasi cara pengolahannya.

Jumlah menu makanan yang disediakan di daftar menu dapat dipilih sesuka hati tergantung selera. Bahkan Anda bisa meminta tambahan nasi apabila masih dirasa kurang. Selain itu, mejanya cukup besar sehingga dapat ditempati bersama orang ramai.

Lokasi: Jujun, Kec. Keliling Danau, Kab. Kerinci.

5. Rumah Makan Dendeng Batokok

Dendeng Batokok
Image Credit: Google Maps (Agung Setiaji Utomo)

Apakah Anda tipe orang yang menyukai segala macam masakan pedas? Kalau begitu berkunjung saja ke Rumah Makan Dendeng Batokok yang menyediakan masakan dendeng dengan varian pedas biasa sampai luar biasa. Jangan ngaku pencinta pedas kalau belum pernah mampir ke rumah makan yang terkenal di Kerinci.

Sambel yang dipakai untuk menambah cita rasa dendeng dan ditaruh di bagian lapisan paling atas terasa begitu nendang ketika masuk ke dalam mulut. Bahan cabainya dipilih dengan kualitas tinggi yang pastinya pedas alami tanpa campuran bahan instant lainnya.

Bahkan Anda bisa melihat biji cabai yang tampak segar di olahan sambel sehingga siapapun yang menyantapnya akan mengira bahwa hidangan tersebut pedas. Makanlah bersama nasi putih agar rasanya semakin nikmat.

Lokasi: Siulak Deras, Kec. Gunung Kerinci, Kab. Kerinci.

6. Rumah Makan Marantama

Rumah Makan Marantama
Image Credit: Google Maps (Vijal Mano)

Berikutnya ada Rumah Makan Marantama yang sudah berdiri cukup lama. Jadi masyarakat sekitar mengenalnya dan menjadikan RM Marantama sebagai lokasi kuliner yang tidak boleh sampai dilewatkan begitu saja. Disana tersedia berbagai olahan ikan, daging, dan sayuran yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan masakan berkualitas.

Menu yang dapat Anda pesan disana meliputi sambal penyet terong, ayam goreng, kentang goreng, tumis sayuran, dan masih banyak hidangan lain yang perlu dicicipi lain kali. Cuci tangan terlebih dahulu di wastafel yang telah disediakan pihak rumah makan kepada pengunjungnya sebelum menyantap masakan.

Lokasi: Koto Aro, Kec. Siulak, Kab. Kerinci.

7. Rumah Makan Danau Kaco

Rumah Makan Danau Kaco
Image Credit: Google Maps (Saipul Ja)

Wilayah Kerinci memang banyak dijumpai danau di pinggiran jalannya. Oleh karena itu, destinasi wisatanya juga banyak yang memakai air sebagai daya tarik utama. Disamping itu, Anda dapat menemukan Rumah Makan Danau Kaco yang menyediakan berbagai hidangan masakan lezat. Anda bisa memilih sepuasnya menu yang disajikan terutama hidangan lautnya.

Rumah Makan Danau Kaco mempunyai olahan seafood seperti ikan, udang, atau cumi yang telah dimasak maksimal sehingga menghasilkan cita rasa sedap ketika disantap. Tidak heran banyak pengunjung datang kemari untuk mendapatkan seporsi makanan dengan harga terjangkau dan pelayanan yang didapat juga ramah. Anda tidak akan rugi karena telah datang.

Lokasi: Jl. Depati Parbo No.4444, Karya Bakti, Kec. Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh.

8. Rumah Makan Haji Romi

Rumah Makan Haji Romi
Image Credit: Google Maps (Edwin Malindo)

Di Kerinci terdapat pemberhentian bus atau travel dari Jambi yang letaknya tak jauh dari Rumah Makan Haji Romi. Jadi, banyak pengendara yang memutuskan istirahat dan singgah ke rumah makan strategis di pinggir jalan satu ini. Secara tidak langsung area ini terkenal sebagai tempat peristirahatan para pengendara yang jenuh di jalanan.

Anda bisa langsung makan di tempat atau membawanya pulang sesuai kebutuhan. Ulasan dari pelanggan mengenai Rumah Makan Haji Romi dinilai cukup baik dan positif. Hampir seluruh pengunjung merasa puas akan masakannya dan pelayanannya begitu cekatan sehingga Anda dapat dengan mudah merasa nyaman.

Lokasi: Muara Hemat, Kec. Batang Merangin, Kab. Kerinci.

9. Restoran Bakso dan Mie Ayam Anugrah

Restoran Bakso dan Mie Ayam Anugrah
Image Credit: Google Maps (Denny Aditia)

Bagi Anda pencinta daging bakso dan mie wajib datang ke Restoran Bakso dan Mie Ayam Anugrah. Disana tersedia menu bakso dan mie ayam yang disajikan dalam porsi berbeda. Harganya cukup terjangkau dan rasanya pas di lidah. Anda dapat mengunjungi restoran ini maksimal sebelum jam 10 malam ketika tutup.

Kuah kaldu dari bakso kaya akan bumbu dan suwiran ayam kecap di atas mie ayam juga diberi lumayan banyak. Selain itu, pelayanannya dipuji sopan serta meninggalkan kesan bagus di mata pelanggan.

Lokasi: Jl. Lintas Sungai Penuh-Padang No.16, Ps. Siulak Gedang, Kec. Siulak, Kab. Kerinci.

10. Swarga Cafe

Swarga Cafe
Image Credit: Google Maps (Hidayat Syarifuddin)

Mungkin remaja yang bingung menentukan tempat tongkrongan bisa mampir ke Swarga Café. Café ini memfasilitasi makan ditempat, pesan antar, dan di bungkus pulang. Sajian hidangan yang ditawarkan mengikuti trend jaman kini.

Terdapat coffe latte dan kentang goreng serta saos sambal cocol yang ditaruh di atas piring putih. Selain itu, cafenya juga lumayan estetik sehingga pas dipakai foto bersama teman untuk di update ke sosial media nantinya.

Lokasi: Lindung Jaya, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

Nah, itulah rekomendasi tempat makan di Kerinci untuk menikmati sajian lezat. Salah satu dari destinasi yang telah disebutkan wajib didatangi ketika luang. Pilih rumah makan atau restoran sesuai budget yang dimiliki sejak awal.