Sumatra Selatan

10 Restoran & Tempat Makan di Lahat yang Paling Enak

Inilah rekomendasi tempat makan dan restoran favorit di Lahat yang terkenal enak. Berkunjung ke Kabupaten Lahat menjadi lebih berkesan dengan menikmati sajian kuliner khasnya.

Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar Kabupaten Lahat? Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Selatan. Dibandingkan Palembang, tentu kabupaten ini kalah pamor dan jarang terdengar melalui media. Namun jangan salah, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Bengkulu ini sarat akan lokasi wisata.

Kabupaten ini memiliki potensi wisata alam yang sebagian besarnya ‘berbasis’ areal pegunungan. Sehingga, Anda bisa menemukan air terjun, bukit, dan tentunya gunung untuk didaki. Akan tetapi, berwisata tidak hanya mengenai melancong ke tempat-tempat indah, bukan? Ada kalanya Anda pun ingin mencoba untuk melakukan wiskul, alias wisata kuliner.

Apakah Lahat kota yang baik untuk berwisata kuliner? Hal itulah yang akan dibahas dalam artikel ini. Jadi, jika Anda akan berkunjung ke Kabupaten Lahat, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih restoran atau tempat makan untuk dikunjungi kala perut menuntut untuk diisi.

1. Pondok Jawi

Image Credit: Google Maps (Zeri Yunada)

Berlokasi di kawasan Pasar Baru, Anda dapat mengunjungi rumah makan ini untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Pasalnya, rumah makan ini buka dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 21.30.

Di dalam rumah makan ini ada dua tipe tempat duduk. Anda bisa memilih untuk duduk di kursi, atau bersantap dengan suasana lesehan yang santai. Selain itu, tempatnya cukup luas.

Salah satu menu andalan yang ada di rumah makan ini adalah tempoyak mujair. Jika Anda mencarinya di internet, Anda akan tahu bahwa tempoyak ini adalah hasil fermentasi durian yang dimasak bersama dengan lauk. Ikan, contohnya.

Berbagai pilihan minuman pun bisa Anda pesan, seperti jus buah segar atau soda gembira. Bagi Anda yang datang dalam rombongan, jangan khawatir. Walaupun baru sekitar 5 tahun beroperasi (restoran buka sejak tahun 2015), rumah ini selalu mengedepankan kepuasan pelanggan yang dapat dicapai dari fasilitas maupun cita rasa masakannya.

Lokasi: Jl. Letnan Amir Hamzah, RT.10/RW.03, Pasar Baru, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

2. Ayam Kremes Pak Gendhut

Ayam Kremes Pak Gendhut

Image Credit: Google Maps (Jamil Ihsan)

Walaupun namanya ‘ayam kremes’, rumah makan ini tidak hanya menjual ragam masakan ayam saja. Bisa dibilang, menu yang disajikan cukup lengkap.

Suasana di rumah makan ini santai dan nyaman untuk makan. Untuk bersantap, ruang lesehan yang luas akan menyambut Anda. Mulai dari bihun goreng, nasi goreng, dan kwetiau, disajikan dengan porsi yang cukup besar dan harga yang pas di kantong. Namun, tentu saja ayam kremesnya tetap jadi primadona.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Terhits Dikunjungi

Di rumah makan ini, Anda dapat menjumpai ayam goreng kremes yang pedasnya bertingkat. Maksudnya, Anda bisa memesan sambal yang pedasnya level 5 hingga level 50. Hal inilah yang membuat pengunjung tertarik untuk mencoba menu ayam kremes ini. Tentunya, Anda juga bisa menantang seberapa ‘tangguh’ Anda dalam menangkal pedas.

Lokasi: Pasar Lama, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

3. Saung Oemak Café n’ Resto

Saung Oemak Café n’ Resto

Image Credit: Google Maps (Nurul H. Salamah)

Saung Oemak Café n’ Resto merupakan salah satu tempat makan yang cukup populer di Kabupaten Lahat. Tempat makan ini cukup luas, dengan banyak meja untuk makan dan juga lesehan. Anda pun bisa melihat meja makan yang terbuat dari kayu gelondongan yang sudah dihaluskan dan dipipihkan bagian permukaannya.

Menu yang disajikan di rumah makan ini adalah menu Nusantara dan juga menu khas Sumatera Selatan. Beberapa menu khas yang terdapat di rumah makan ini adalah gulai tempoyak ikan nila/salai, tehung kerutuk ikan salai, dan ada juga brengkes tempoyak.

Sedangkan untuk menu yang lebih umum, Anda bisa menjumpai ragam olahan ikan seperti gurame asam manis dan pindang ikan patin. Beberapa menu ayam juga tersedia bagi Anda yang tidak terlalu gemar makan ikan. Untuk minuman, suguhan yang tersedia cukup standar, seperti jus buah, teh, dan kopi.

Lokasi: Jl. Kol. M.Nuh Jl. Lembayung No.39, Bandar Jaya, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

4. Rumah Makan Sederhana

Rumah Makan Sederhana Lahat

Image Credit: Google Maps (Adriansyah Putera)

Bagi Anda yang doyan masakan Padang, tidak ada salahnya mencicipi masakan Padang di tanah Lahat. Nama rumah makan ini adalah Rumah Makan Sederhana. Meski begitu, menurut para pengunjung, rasa masakan yang disajikan sama sekali tidak sederhana, bahkan tidak berlebihan jika dikata luar biasa.

Banyak sekali menu yang bisa Anda cicipi di rumah makan ini selayaknya rumah makan Padang lainnya. Anda bisa mencoba menyesap kentalnya bumbu yang meresap dalam sate padang serta kepala kakap. Jika Anda berkunjung ke sini, dua menu ini adalah menu yang direkomendasikan.

Lokasinya yang strategis di daerah Pasar Lama membuat rumah makan ini lumayan ramai dikunjungi warga lokal. Dengan area parkir yang memadai, serta mushola dan toilet yang bersih, Rumah Makan Sederhana menjadi rujukan warga untuk makan menu masakan Padang, walaupun dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Lokasi: Jl. Mayor Ruslan, Pasar Lama, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

5. Rumah Makan Singgah Kudai

Rumah Makan Singgah Kudai

Image Credit: Google Maps (Datuk Kalu)

Masih berlokasi di daerah Pasar Lama Kabupaten Lahat, rumah makan ini menyajikan pilihan menu dalam jumlah besar bak rumah makan Padang. Walaupun lokasinya tidak cukup luas, pada saat jam makan siang tiba, rumah makan ini lumayan ramai dikunjungi orang.

Di sini, Anda bisa menemukan tempoyak sebagai menu khas dari Sumatera Selatan. Ada pindang ikan serta ayam goreng yang empuk sebagai menu pilihan. Jika berkunjung ke sini, rasanya akan susah untuk menentukan pilihan. Tentu hal ini disebabkan karena banyaknya pilihan lauk yang tersedia.

Jika Anda hendak berkunjung, hindari jam-jam makan siang, yaitu mulai pukul 11.00 hingga sekitar pukul 13.30. Rumah makan ini tutup pada pukul 15.00, jadi sebagai opsi berkunjung, Anda bisa melakukannya saat pagi hari. Rumah makan ini buka pada pukul 08.00 WIB.

Lokasi: Jl. Mayor Ruslan III, Pasar Lama, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

6. Lesehan Bu Tri

Lesehan Bu Tri

Image Credit: Lesehan-bu-tri.business.site

Sesuai dengan namanya, untuk penataan interior, memang tidak sebaik rumah makan. Namun masalah rasa, jangan diragukan lagi. Ada banyak menu yang bisa Anda pesan ketika berkunjung kemari. Tentunya dengan harga yang cukup ramah untuk kocek Anda.

Selain menu-menu seperti nasi goreng, mie goreng, serta capcay, ada juga menu paket hemat yang bisa Anda pilih. Misalnya saja, menu paket ayam bakar, kuah soto, lalapan, serta nasi; ditambah pula dengan sambal dan teh botol. Menu ini dapat dibanderol dengan harga kurang dari Rp 30.000.

Ikan bakar adalah menu paket hemat yang juga perlu dicicipi kala berkunjung ke Lesehan Bu Tri. Selain ikan bakarnya sendiri, paket ini juga memiliki isi yang serupa jika Anda memesan paket ayam bakar. Lalu, jika Anda ingin tambahan sayur, cah kangkung juga siap untuk menemani makan Anda.

Lokasi: Jl. Kolonel H. Burlian No.25, Bandar Jaya, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

7. Rumah Makan Mang Awang

Rumah Makan Mang Awang

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Dengan menu soto Betawi dan pindang ikan patinnya yang nampol, tak heran banyak pejabat yang makan di rumah makan ini saat jam makan siang. Selain dua menu tersebut, Anda bisa memesan pecel lele, ayam goreng, ayam bakar, dan ayam gepuk. Menu terakhir cukup banyak digemari pengunjung.

Untuk pilihan minuman sendiri sebenarnya cukup standar. Seperti es teh, teh hangat, jeruk hangat, dan kopi hitam. Kendati demikian, makan di rumah makan ini tidak terlalu membebani di kantong. Harga makanan mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 35.000. Sedangkan minuman dapat Anda pesan mulai Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Palembang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Manggul, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

8. Bakso Sumur

Bakso Sumur

Image Credit: Facebook.com @baksosumur

Konon, hal yang baik bisa Anda dapatkan di tempat yang tidak terduga. Hal ini lumayan menggambarkan kondisi warung bakso ini. Lokasinya sedikit masuk dari jalan raya, membuat warung ini tidak memiliki lokasi yang strategis. Namun, setelah sampai di tempat, Anda akan takjub karena Anda akhirnya bisa makan dengan budget Rp 10.000.

Jika datang dengan anggaran sedemikian rupa, Anda bisa mencicipi mie ayam original di warung ini seharga Rp 8.000. Untuk seporsi bakso, anggarkan Rp 15.000 untuk satu porsi baksonya. Bakso di sini dikatakan bakso sumur karena bentuk baksonya yang menyerupai ‘sumur’; dimana bakso akan jadi mangkok yang menampung isian lain.

Anda bisa memesan bakso sumur dengan atau tanpa telur rebus. Jika memilih bakso sumur tanpa telur, tentunya harga akan dipotong. Selain itu, ada juga menu nasi telur crispy dan mie goreng yang bisa Anda pesan cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 8.000.

Lokasi: Jl. A. Yani, Gg. Bakti, Pagar Agung, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

9. Pempek Wong Kito 19

Pempek Wong Kito 19

Image Credit: Google Maps (depri adu)

Masih berkutat dengan daerah Pasar Baru, kali ini rekomendasi tempat makan selanjutnya berasal dari warung pempek. Ikon kuliner Palembang ini memang sudah tersebar ke banyak daerah, tidak terkecuali Kabupaten Lahat.

Warung ini buka pukul 08.00 hingga malam, tapi terkadang tidak sampai malam karena pempek ini laris. Rasa ikan di pempek Wong Kito ini sangat kuat, ditambah dengan cuko yang memiliki cita rasa benar-benar Palembang. Selain pempek, Anda juga bisa mencicipi tekwan dan mi celor di warung ini.

Lokasi: Jl. Laskar Rukiah, Pasar Baru, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

10. Rumah Makan Pindang Meranjat Lahat

Rumah Makan Pindang Meranjat Lahat

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Dengan nama yang cukup panjang tapi unik, rumah makan ini mendapatkan review yang tinggi dari para pengunjung. Bukan karena lokasinya yang tidak jauh dari Kantor Bupati Lahat, tapi karena rasa masakannya yang juara. Sebagai menu rekomendasi, rumah makan ini menyediakan pindang dengan rasa ikan yang segar dan nikmat.

Anda juga bisa memilih ikan yang Anda suka untuk selanjutnya diolah dan dimakan bersama lalapan. Jika Anda tidak suka ikan, ayam goreng bisa Anda pesan untuk selanjutnya disantap bersama nasi putih, sambal, dan lalapan rebus. Duh, jadi lapar!

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Pasar Lama, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

Itulah daftar rekomendasi tempat makan dan restoran di Kabupaten Lahat. Jangan ragu untuk berwisata ke kabupaten ini. Selain karena keindahan alamnya, ada banyak rumah makan yang patut dicoba yang sudah terkenal dengan cita rasanya.