10 Restoran & Tempat Makan di Mandailing Natal yang Paling Enak

10 Restoran & Tempat Makan di Mandailing Natal yang Paling Enak

Berkunjung ke Mandailing Natal terasa lengkap ketika mecicipi kuliner khasnya yang bikin ketahigan. Inilah daftar tempat makan dan restoran favorit di Mandailing Natal yang menjadikan hidangan tradisional dan modern.

Mandailing Natal merupakan salah satu kabupaten yang berada di Sumatera Utara. Banyak pula yang menyebutnya dengan Madina sebagai singkatan dari Mandailing Natal. Kabupaten Madina terletak di bagian paling ujung yang berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Barat dan lautan lepas.

Wilayah kabupaten Mandailing Natal rata-rata penduduknya adalah suku Mandailing yang mana budaya dan bahasanya masih satu rumpun dengan suku Batak. Suku Minangkabau juga menjadi penduduk yang telah lama menetap di wilayah ini. Namun seiring berkembangnya waktu, banyak pula suku luar pulau ikut menetap di kawasan ini.

Penduduk dengan suku beragam yang membuat budaya Mandailing Natal bervariasi, pun dengan kulinernya. Berbagai jenis hidangan di Mandailing Natal tak hanya didominasi oleh masakan khas Sumatera Utara saja, namun juga beberapa wilayah Indonesia lainnya. Berikut rekomendasi restoran dan tempat makan terbaik di Mandailing Natal yang bisa dijadikan tujuan menikmati sajian sedap.

1. Rumah Makan Pondok Paranginan 2

Rumah Makan Pondok Paranginan 2
Image Credit: Google Maps (Daulat Hasibuan)

Berada di Mandailing Natal kurang afdol rasanya jika tak menyantap langsung makanan khasnya. Salah satu rumah makan yang menyediakan masakan khas Mandailing Natal ini akan memberikan kepuasan bagi para pengunjungnya.

Rumah makan yang terletak di Panyanbungan, kabupaten Mandailing Natal menawarkan menu lezat seperti Pusuk Otang, Ikan Bakar, Ikan Sale, Sup, aneka olahan sayuran dan aneka lauk pendamping lezat lainnya. Namun menu andalan yang wajib dicoba ketika makan di tempat ini adalah olahan ikan mas besar yang segar dan kaya rasa.

Selain makanan yang mengenyangkan perut, tersedia pula Kopi Takar Panyabungan yang merupakan kopi khas kabupaten Madina. Uniknya kopi tersebut disajikan dalam batok kelapa sehingga menambah kesan tradisional yang alami.

Lokasi: Pidoli Dolok, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

2. Coffee EL

Coffee EL
Image Credit: Google Maps (Coffee EL)

Coffee EL ini cocok disinggahi jika ingin mencari suasana makan baru yang lebih modern di Mandailing Natal. Seperti namanya, tempat ini menyediakan berbagai varian kopi baik itu kopi murni atau kopi yang dicampur dengan bahan lainnya. Meskipun begitu tempat ini tak hanya menyediakan kopi saja, namun juga jenis minuman lainnya.

Cafe yang berada di Sipolu Polu, Panyabungan ini juga menyediakan makanan berat mulai dari hidangan nusantara, western, hingga makanan ringan untuk mengganjal perut. Berbagai menu variatif tersebut sangat cocok dinikmati dengan suasana café yang nyaman, bersih dan tenang. Maka tak heran jika tempat ini kerap dijadikan tujuan para anak muda atau keluarga untuk berkumpul bersama.

Lokasi: Jl. Willem Iskandar No.173-C, Sipolu Polu, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

3. Rumah Makan Jembatan Aek Manis

Rumah Makan Jembatan Aek Manis
Image Credit: Google Maps (AHMAD BAKRI)

Rumah makan ini adalah salah satu rumah makan yang menyediakan masakan Padang serta kerap disambangi pengguna jalan trans Sumatera. Rumah Makan Jembatan Aek Manis ini terletak Muara Mais, kecamatan Tambangan.

Suasana yang nyaman dan pemandangan hijau yang asri membuat pengunjung tak ragu menjadikan tempat ini sebagai tempat beristirahat untuk mengisi perut. Serasi dengan namanya, rumah makan ini berdekatan dengan jembatan yang di bawahnya merupakan sungai Aek Mais sehingga menjadi pemandangan khas sambil menyantap makanan di sini.

Bermacam-macam masakan khas Padang yang kerap dipesan pengunjung adalah Sate Padang, Rendang, Cincang Daging, Daun Ubi Tumbuk, Ikan Sale dan aneka masakan Padang lainnya. Pengunjung kerap kali bingung ketika memilih makanan yang akan disantap karena banyaknya pilihan menu di rumah makan ini.

Lokasi: Muara Mais, Kec. Tambangan. Kab. Mandailing Natal.

4. Resto Lia Garden Pujasera Waterpark

Resto Lia Garden Pujasera Waterpark
Image Credit: Google Maps (ahmad parwis)

Salah satu restoran unggulan di kabupaten Mandailing Natal. Pasalnya tempat ini tak hanya menyediakan makanan namun juga terdapat kolam renang dengan perosotan serta taman bermain yang ramah untuk anak-anak. Selain itu terdapat pula musholla yang memadai sehingga sambil menunggu makanan datang pengunjung bisa beribadah terlebih dahulu.

Restoran ini berada kawasan yang strategis sehingga mudah ditemukan, tepatnya di Dalan Lidang, Panyabungan. Adapun beberapa menu yang kerap dipesan pengunjung yaitu Udang Asam Manis, Ikan Nila, Ikan Bakar, Ayam Penyet Krispi, Nasi Goreng, Sop Daging, Biatik Serta Ice Cream Pudding. Tak perlu bingung karena selain menu tersebut, masih banyak hidangan yang tak kalah menggoda di restoran ini.

Lokasi: Dalan Lidang, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

5. Rumah Makan Incor Laru

Image Credit: Google Maps (HEPY CAHYO WICAKSONO)

Incor Laru merupakan rumah makan yang berada di Laru Baringin, Tambangan kabupaten Mandailing Natal. Rumah makan tersebut tak pernah sepi pembeli karena menghidangkan masakan yang lezat dan kaya rasa. Tempat makan satu ini sangat mudah ditemukan karena lokasinya strategis serta bersebrangan langsung dengan sungai yang mana menjadi pemandangan khas di rumah makan ini.

Menu yang ada di rumah makan ini sangat bervariasi mulai dari olahan ikan segar hingga masakan Melayu dengan rasa khasnya. Jenis olahan ikan yang sering dipesan yaitu Gulai Ikan Baung dan Ikan Mas. Meskipun begitu ada pula hidangan lainnya yang tak kalah menggugah selera seperti Daun Ubi Tumbuk, Gulai Laru Ikan, Ikan Asam Pedas, sayur rebus dan aneka olahan pedas lainnya.

Lokasi: Laru Baringin, Kec. Tambangan, Kab. Mandailing Natal.

6. Pawon Mak Rempong

Pawon Mak Rempong
Image Credit: Google Maps (Achmad Yusuf)

Meskipun berada di tanah Sumatera bukan berarti tak bisa menikmati masakan Jawa. Pawon Mak Rempong salah satu rumah makan yang menghidangkan masakan-masakan Jawa dengan rasa yang nikmat.

Rumah makan ini menyediakan menu khas Jawa seperti Soto Ayam Babon dengan Koya Klapa, Mie Goreng Jawa, Pecel Pincuk, Nasi Bakar, Ayam Bakar Sambal Pencit dan Nila Asam Manis Pedas. Rumah makan yang berada di Dalan Lidang, Panyabungan ini juga menyediakan Sayur Asem dan Tongkol Suwir yang biasanya dipesan sebagai pendamping makanan utama.

Lokasi: Jl. Lintas Timur, Dalan Lidang, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

7. Pondok Paranginan

Pondok Paranginan
Image Credit: Google Maps (Hery Firdaus)

Menikmati hidangan dengan pemandangan sungai di bawahnya pasti menjadi pengalaman baru bagi pengunjung yang singgah ke Pondok Pangaringan ini. Pemandangan hijau dan hawa yang sejuk membuat nafsu makan bertambah. Belum lagi dengan nuansa bambu yang layaknya seperti desa di jaman dahulu.

Rumah makan Pondok Paranginan ini ada di Kayu Laut, Panyabungan Selatan. Beberapa menu andalan di Pondok Paranginan ini antara lain Ayam Kampung Gulai, Ikan Mas Asompode, Sambal Bolut, Ikan Laut Tepung, Ayam Dan Ikan Sambal. Kopi Takar juga menjadi minuman favorit pengunjung di sini karena mempunyai rasa yang khas.

Selain itu, tempat makan ini juga menyediakan beberapa camilan atau oleh-oleh khas Mandailing Natal dan beberapa spot foto di belakang restoran. Jadi selain makan, pengunjung juga bisa belanja dan menambah stok foto jalan-jalan.

Lokasi: Kayu Laut, Kec. Panyabungan Selatan, Kab. Mandailing Natal.

8. Rumah Makan Sopo Incor

Rumah Makan Sopo Incor
Image Credit: Mandailingonline.com

Gulai Incor merupakan salah satu kudapan khas Mandailing yang kini agak sulit dijumpai. Namun, salah satu rumah makan ini bisa mengobati rasa rindu akan rasa Gulai Incor yang segar dan penuh rasa. Selain menu incor, rumah makan ini juga menyediakan masakan khas lainnya seperti Gulai Aporas, Aporas Asam Pedas dan tak ketinggalan Sambal Tuk Tuk yang siap menggoyang lidah.

Rumah makan ini berada di Salambue, kabupaten Mandailing Natal. Tak sulit menemukan tempat ini karena letaknya berada di pinggir jalan arah menuju Gunung Baringin. Oleh karena itu, rumah makan ini memiliki hawa yang sejuk dan sangat pas apabila diimbangi dengan menyantap menu khas nan lezat di tempat ini.

Lokasi: Salambue, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

9. Dapoer Nenek

Dapoer Nenek
Image Credit: Google Maps (DAPOER NENEk)

Restoran Dapoer Nenek terletak Pidoli Dolok, kecamatan Panyabungan. Memiliki tempat yang luas dan asri membuat tempat ini sering dijadikan tempat berkumpul keluarga atau kolega bersamaan dengan menyantap masakan yang lezat.

Beberapa menu yang disediakan di tempat ini sangat bervariasi antara lain Ayam Bakar Sambal Ijo, Ikan Bakar Special Nenek, Tahu Gimbal, Bakso Goreng, Soto Kombinasi, Cah Kangkung, hot plate dan aneka minuman segar lainnya. Tersedia pula menu Ayam Petir yang terbuat dari potongan ayam dan irisan cabe hijau sebagai bumbunya.

Selain menikmati makanan yang terdapat di restoran ini, pengunjung biasanya juga menyempatkan untuk berfoto ria. Di beberapa tempat atau spot tertentu disediakan furniture atau barang yang sengaja dihias dengan indah oleh pemilik rumah makan agar lebih enak dipandang mata.

Lokasi: Pidoli Dolok, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

10. Rumah Makan Pondok Kelapa

Rumah Makan Pondok Kelapa
Image Credit: Google Maps (AHMAD BAKRI)

Apabila merindukan cita rasa masakan Mandailing Natal datang ke rumah makan Pondok Kelapa adalah solusinya. Rumah makan ini menyediakan berbagai jenis hidangan yang cocok dengan lidah warga Mandailing Natal seperti Asam Padeh Tongkol, Ikan Mas Bakar, Jengkol, Gule Bulung Gadung Khas Mandailing, Soto Medan, Telur Puyuh Cabe Hijau dan lain-lain.

Rumah makan ini terletak di Parbangunan, kabupaten Mandailing Natal. Uniknya rumah makan ini terdiri dari saung-saung yang digunakan sebagai tempat menjamu para pengunjung. Pengunjung bisa memilih saung untuk lesehan atau dengan kursi meja.

Tak perlu khawatir kehabisan tempat karena saung yang tersedia cukup banyak sehingga bisa menikmati dengan keluarga atau rombongan dengan nyaman. Tempat parkir di rumah makan ini juga luas yang mampu menampung cukup banyak kendaraan atau bis.

Lokasi: Jl. Trans Sumatera Bukittinggi – Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

Itulah beberapa restoran dan tempat makan yang terdapat di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Rumah makan di atas dapat dijadikan referensi kunjungan wisata kuliner saat liburan ke kabupaten Madina atau hanya sekadar tempat untuk bersantai sambil menikmati waktu luang.