Sumatra Utara

15 Restoran & Tempat Makan di Medan yang Paling Enak

Medan memiliki letak posisi yang strategis bagi para pedagang sejak zaman dahulu. Tidak mengherankan, banyak budaya yang bercampur di sana. Suku budaya yang terkenal di sana adalah suku batak serta suku melayu ataupun orang tiongha yang tinggal di Medan.

Medan merupakan ibu kota dari provinsi Sumatera Utara yang mana kota tersebut termasuk salah satu kota metropolitan yang cukup padat penduduk. Selain itu, banyak destinasi wisata di Medan yang bisa menghibur hari-hari Anda. Untuk berjalan-jalan menikmati kota Medan, jangan lupa mampir untuk wisata kuliner.

Usai melakukan trip wisata, pastinya Anda perlu melakukan wisata kuliner untuk mengisi kembali energi setelah seharian beraktivitas. Kebetulan, karena banyaknya budaya di sana sehingga menghasilkan berbagai macam perpaduan masakan kuliner yang memanjakan lidah. Berikut 15 restoran & tempat makan di Medan dengan menu low budget yang wajib dikunjungi.

1. Ayam Pepes Medan

Ayam Pepes Medan

Image Credit: Mhm.asia

Menu pepes yang tersedia di kedai ini tidak hanya pepes ikan saja. Ada pepes udang, pepes ayam, dan pepes bebek. Proses penyajian pepes dilakukan menggunakan dua piring yang beralaskan anyaman kayu sehingga bisa dipakai kembali.

Harga porsi pepes dijual mulai dari Rp 15.000 dan telah termasuk nasi putih. Untuk pepes ayam kampung maka harganya dijual sekitar Rp 25.000. Pepes dari kedai ini memakai daun pisang sebagai lapisannya dan akan disajikan hangat pada pelanggan yang baru memesan. Isi dari piring tersebut yaitu pepes, nasi putih hangat, dan sambal.

Lokasi: Jl. HM. Joni No.121, Teladan Timur, Kec. Medan Kota, Kota Medan.

2. Mie Ayam Jamur Amigos

Mie Ayam Jamur Amigos

Image Credit: Youtube.com (Medanfood blog)

Tidak seperti mie ayam pada umumnya yang hanya disajikan secara biasa, salah satu tempat makan di Medan ini mempunyai karakteristik khas. Mie ayam disajikan dengan ayam yang disemur ditambah semur jamur dengan rasa pas. Perpaduan antara keduanya menghasilkan rasa yang sedap.

Kombinasi dalam mie ayam jamur ini pun begitu bervariasi. Mie yang empuk dicampur dengan potongan cabe merah pedas asam, acar, dan terakhir disiram kaldu kuah yang lezat. Membayangkannya saja pasti sudah membuat air liur menetes. Harganya pun lumayan terjangkau dan mengenyangkan perut.

Lokasi: Jl. Mayjen D.I Panjaitan No.15, Merdeka, Kec. Medan Baru, Kota Medan.

3. Rumah Makan Tabona

Rumah Makan Tabona

Image Credit: Openrice.com

Tempat rumah makan satu ini lumayan terkenal di kota Medan karena sudah berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama. Menu andalan dari rumah makan ini yaitu kari bihun yang digunakan sebagai menu sarapan pagi. Dalam satu penyajian berisi bihun, aneka lauk pauk, kentang rebus, dan lain sebagainya.

Bumbu yang dipadukan berhasil menciptakan kuah kari yang memiliki cita rasa lezat dan kental. Selain itu, tersedia nasi sebagai pilihan opsi. Rumah Makan Tabona juga menyediakan mie pangsit sebagai hidangan sampingan. Anda tinggal memilih menu makanan sesuai selera dan keperluan perut Anda.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batu Bara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Mangkubumi No.17, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

4. Socrates Vegan

Socrates Vegan

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Jika Anda adalah seseorang yang menyukai sayuran, maka pergi ke restoran ini adalah pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Karena restoran Socrates Vegan menyediakan menu makan vegetarian yang menyehatkan. Makanan dimasak tanpa menggunakan bahan-bahan penyedap rasa seperti MSG.

Menu utama dari restoran ini yaitu brokoli lima warna dan Asparagus Socrates. Tidak hanya itu, tersedia menu gepuk sambal Socrates yang menggunakan bahan dari kaki jamur hioko. Minuman yang disajikan semuanya pun sehat terbuat dari sayuran dan buah. Hidangan menu dari restoran ini penuh gizi dan tentunya menyehatkan.

Lokasi: Jl. Airlangga No.14 – C, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan.

5. Dim Sum Ayong

Dim Sum Ayong

Image Credit: Gramho.com @nie_diana

Nama Ayong diambil dari nama pemilik tempat makan dimsum ini. Bagi orang Medan, tempat dimsum ini tentunya sudah tak asing lagi. Menu yang paling banyak dipesan adalah kwetiau polos, sayap ayam, dan siomay special. Makanan dimsum  di Medan memang sudah banyak cabangnya. Akan tetapi, tempat makan ini menyediakan dimsum dengan racikan bumbu sedap.

Untuk minumannya sendiri, orang-orang sering memesan Chinese tea yang katanya cocok diminum berdampingan dengan dimsum yang telah dipesan. Bagi yang ingin datang bersama keluarga dan teman, harga dimsum di sini cukup terjangkau. Cocok untuk dijadikan menu makan siang maupun makan malam.

Lokasi: Jl. Babura Lama No.12, Darat, Kec. Medan Baru, Kota Medan.

6. Restoran Nelayan

Restoran Nelayan

Image Credit: Medanlook.blogspot.com

Restoran yang menyediakan konsep masakan Chinese food yaitu termasuk retsoran nelayan ini. Ketika sedang berwisata kuliner di Medan, restoran ini tidak boleh sampai terlewatkan. Karena banyak menu yang ditawarkan dengan rasa menggiurkan.

Menu-menu itu antara lain vegetarian, ayam, dimsum goreng, bebek peking, bahkan sampai hidangan pancake durian yang menjadi makanan khas pencuci mulut Kota Medan. Jika Anda sering datang kesini dan menjadi member, maka bisa mendapatkan voucher promo untuk seluruh cabang.

Lokasi: Jl. KH. Zainul Arifin No.7, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kec. Medan.

7. Mie Aceh Titi Bobrok

Mie Aceh Titi Bobrok

Image Credit: A-journo.blogspot.com

Siapa sih yang tidak tahu mie aceh? Mie aceh termasuk salah satu mie yang terkenal di Indonesia. Di Medan sendiri ada beberapa warung mie aceh dan salah satunya merupakan mie aceh Titi Bobrok.

Keunikan dari mie aceh ini terletak pada irisan daging kepiting yang dipadukan dengan kuah kental yang kaya akan rasa rempah-rempah. Apalagi jika menyantapnya ketika malam tiba, pastinya akan menghangatkan perut.

Lokasi: Jl. Setia Budi No.17 D, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sibolga Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Sop Sumsum Langsa

Sop Sumsum Langsa

Image Credit: Kba.one

Tidak heran melalui tangan-tangan kreatif bisa menghasilkan sumsum yang diolah menjadi beberapa varian makanan. Salah satu tempat makan yang mengelola sumsum yaitu sop sumsum langsa.

Seperti namanya yaitu sop, maka kuahnya pun seperti sop pada umumnya. Menggunakan jahe, bawang putih, garam, merica, dan kayu manis. Dari racikan bumbu pada kuah bisa menghasilkan rasa yang lezat dan gurih. Sehingga menjadi ketagihan untuk memakannya.

Sop Sumsung Langsa ini mempunyai 3 cabang tempat. Masing-masing cabang tidak terlalu jauh jaraknya. Untuk bisa makan di tempat ini, mulai dari harga sekitar Rp 21.000 sampai dengan Rp 38.000 Anda bisa makan sepuasnya. Jika menginginkan menu makanan lain, tersedia soto dan sop buntut.

Lokasi: Jl. KL Yos Sudarso No.73, Glugur Kota, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

9. Warung Soto Sinar Pagi

Warung Soto Sinar Pagi

Image Credit: Adesiana.com

Warung soto ini selalu ramai pengunjung karena cita rasanya yang enak. Bisa dibilang warung soto ini menjadi wakil dari masakan soto medan yang mana kuahnya dimasak sampai berwarna kuning kehijau-hijauan dicampur santan dan rempah.

Perbedaan soto lainnya dengan soto medan yaitu pada penggunaan jinten untuk bumbunya. Karena memakai santan sebagai campuran kuah, menjadikan kuah soto ini kental dan gurih. Topping soto diberi perkedel, potongan daging sapi, kerupuk, dan terakhir ada sambel kecap. Sudah bisa dibayangkan bagaimana ramainya soto yang diwadahi mangkuk itu.

Lokasi: Jl. Sei Deli No 2D, Silalas, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

10. Nasi Ayam Mama Koki

Nasi Ayam Mama Koki

Image Credit: Qupas.id

Seperti namanya, tempat makan ini menjual berbagai menu yang terbuat dari bahan utama ayam. Menu itu antara lain ayam panggang, ayam goreng, ayam bakar, dan ayam kampong. Penyajiannya dihidangkan bersama nasi putih hangat.

Tidak hanya menghidangkan menu ayam, tempat makan ini juga mempunyai menu lain. Seperti misalnya saja, kol goreng, tumis kangkung, kari ayam, soto udang, dan beberapa makanan khas Indonesia lainnya. Harganya aman di dompet dan memuaskan lapar.

Lokasi: Jl. Singa, Pandau Hulu II, Kec. Medan Area, Kota Medan.

11. On Do Grill Batak

On Do Grill Batak

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Lokasi rumah makan On Do Grill Batak cukup mudah untuk ditemukan. Rumah makan ini mempunyai lahan parkir yang luas sehingga Anda bisa membawa banyak teman dan keluarga Anda untuk mampir makan di sini. Namun, biasanya pada siang hari parkiran akan penuh karena padatnya pengunjung.

Alasan mengapa rumah makan grill ini bisa ramai karena menyediakan menu babi panggang yang lezat. Bagi yang beragama non-muslim, rumah makan grill ini cocok digunakan sebagai tempat makan. Daging babi itu nantinya akan dipotong kecil-kecil dan tipis sehingga rasanya bisa gurih.

Lokasi: Jl. Pabrik Tenun No.45, Sei Putih Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Padang Sidempuan Terbaru & Terhits Dikunjungi

12. Sate Memeng

Sate Memeng

Image Credit: Makanmana.net

Lokasi warung sate ini berada di sekitar Center Poin Mall Medan. Walaupun luas warungnya tidak terlalu besar, akan tetapi warung sate memeng cukup terkenal sehingga ramai pengunjung datang. Racikan bumbu yang merasuk ke daging sate menjadikan Sate Memeng menjadi rekomendasi salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi di Medan.

Pilihan daging dari sate memeng ini cukup bervariasi. Mulai dari daging ayam, sapi, jeroan, dan sate usus ada di warung ini. Dilengkapi dengan jenis sambel yang berbeda-beda seperti sambal kacang, sambal kecap, dan sambal khas padang. Anda bisa mengambil sambal mana saja yang sekiranya sesuai selera.

Lokasi: Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Timur, Kota Medan.

13. Wajir Seafood

Wajir Seafood

Image Credit: Phinemo.com

Anda pencinta makanan seafood? Bingung mencari tempat makan seafood yang enak? Jawabannya ada di Wajir Seafood yang menyediakan berbagai menu makanan laut beraneka macam. Harganya pun cukup terjangkau sehingga banyak disukai orang-orang. Bahan yang digunakan pun masih segar dari laut.

Menu-menu yang tersedia dalam kedai ini yaitu ikan uap tiociu, cah kangkung belacan, cumi masak telur asin, dan telur masak cabai hijau. Wah, dari namanya saja sudah menggiurkan. Cita rasa makanan seafood di kedai ini tidak kalah enak dari restoran.

Lokasi: Jl. Kol. Sugiono No.31, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

14. Rumah Makan Pohon Pisang

Rumah Makan Pohon Pisang

Image Credit: Makanmana.net

Nama rumah makan ini terbilang cukup unik. Rumah Makan Pohon Pisang merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan menu dengan harga bersahabat. Cita rasa dari rumah makan ini selalu sedap untuk disantap.

Berbagai menu tradisional Indonesia tersedia disini dengan berbagai sajian yang berbeda. Misalnya seperti ayam tangkap, urap, gurame, cumi, ayam goreng, dan sajian menu lainnya yang dimasak dengan cara tumis atau goreng. Dengan harga mulai dari Rp 10.000 Anda sudah bisa menikmati makanan di rumah makan ini.

Lokasi: Jl. S. Parman No.16-17, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan.

15. Tip Top Medan

Tip Top Medan

Image Credit: Today.line.me

Dengan desain yang masih meninggalkan corak Belanda, restoran ini cukup dikenal oleh masyarakat Medan karena telah berdiri lama bahkan sebelum kemerdekaan. Terdapat menu makanan barat yang disajikan di restoran ini. Seperti misalnya, steak, kentang goreng, salad, dan es krim.

Tidak hanya mengandalkan menu makanannya, restoan Tip Top Medan mempunyai berbagai macam jenis kue dan roti. Selain itu, menu es krim banyak disukai oleh kalangan muda. Es krim seperti ystraat ice, Carmen ice, es johor, dan java ice lah yang paling banyak digemari.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.92 A-B, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

Itulah rekomendasi 15 tempat makan dan restoran di Medan yang wajib dikunjungi. Wisata kuliner di Medan memang menyuguhkan berbagai macam menu pilihan. Setiap menu berbeda-beda tergantung rumah makan atau tempat restorannya. Beberapa tempat dan restoran di atas bisa menjadi referensi Anda ketika liburan ke Medan dan mencoba melakukan wisata kuliner.