Sumatra Barat

10 Restoran & Tempat Makan di Padang yang Paling Enak

Inilah Rekomendasi 10 Restoran dan Tempat Makan di Padang yang Paling Enak. Referensi daftar restoran dengan makanan lezat, murah, dan terkenal di Padang.

Cita rasa masakan Padang memang tiada duanya. Kenikmatan dari hidangan khas Ranah Minang ini sudah teruji kelezatannya bahkan hingga ke penjuru dunia. Semakin hari, masakan khas Padang ini semakin eksis.

Tak heran jika menemukan rumah makan Padang tidaklah menjadi hal yang sulit. Saat ini restoran Padang sudah tersebar di pelosok negeri. Namun, jika mencari cita rasa kuliner Kota Padang yang legendaris, Anda hanya akan menjumpainya saat mengunjungi kota tersebut.

Jika baru pertama kali mengunjungi kota ini, mungkin sangat bingung untuk memilih mana kuliner yang harus dicoba. Tak perlu khawatir dan kebingungan sebab berikut ini merupakan rekomendasi tempat makan yang wajib Anda kunjungi di Kota Padang.

1. Rumah Makan Ampera Mama

Rumah Makan Ampera Mama

Image Credit: Traveloka.com

Jika Anda sedang berkunjung ke Padang, salah satu rumah makan yang wajib didatangi ialah restoran satu ini, yaitu RM. Ampera Mama. Cita rasa khas Ranah Minang dari rumah makan ini wajib Anda cicipi bersama keluarga. Di restoran ini, tersedia berbagai olahan makanan tradisional Padang yang lezat, khas, dan unik.

Banyak sekali menu Andalan dari restoran ini yang selalu habis diburu pengunjung, beberapa di antaranya ialah ayam goreng, gulai tunjang, serta ikan bakar. Soal harga, Anda tak perlu khawatir lagi. Restoran yang buka setiap hari ini terkenal dengan makanan bisa dijangkau seluruh kalangan. Jika datang beramai-ramai pun tak akan menguras kantong Anda.

Lokasi: Jl. Raya Siteba No.Kel, Surau Gadang, Kec. Nanggalo, Kota Padang

2. Restoran Simpang Raya

Restoran Simpang Raya

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Rumah makan ini sangat cocok untuk Anda yang sedang ingin menjamu teman-teman terdekat yang tengah berkunjung ke Padang. Lingkungannya sangat bersih dan luas, cocok untuk makan beramai-ramai. Tak hanya itu, makanan di restoran ini terbilang cukup murah dan terjangkau. Maka dari itu, restoran ini cukup terkenal dan laris manis di Padang.

Menu Andalan dari rumah makan ini tak lain dan tak bukan ialah cita rasa asli Padang, yaitu ikan asam pade, ayam pop, udang balado, dan gulai cumi. Menariknya, cita rasa makanan di restoran ini tak hanya bisa Anda nikmati di Kota Padang saja. saat ini rumah makan ini telah memiliki franchise yang hadir di beberapa kota di Indonesia.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Pariaman yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Bundo Kanduang, Kp. Jao, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

3. Rumah Makan Fuja

Rumah Makan Fuja

Image Credit: Rm-fuja.business.site

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pinggir pantai sembari menyantap kuliner khas Padang, di sinilah tempat yang paling tepat Anda kunjungi. Restoran Fuja ini berada di pinggir pantai dan cocok untuk dijadikan wisata kuliner seafood yang nikmat dan segar. Tak hanya itu, harganya pun terbilang murah.

Harga-harga makanan di rumah makan ini berkisar dari 30 ribu hingga 70 ribu saja. Banyak sekali olahan seafood yang disajikan di resto ini. Menu yang paling laris dan terfavorit ialah udang, kerang, cumi, serta ikan baronang. Menariknya, jika datang sebelum senja, Anda bisa menikmati keindahan sunset khas Padang sembari menyantap hidangan seafood lezat.

Lokasi: Jl. Samudera No.24, Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

4. Rumah Makan Lamun Ombak Khatib Sulaiman

Rumah Makan Lamun Ombak Khatib Sulaiman

Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Salah satu restoran yang cukup terkenal di Ranah Minang dan wajib Anda kunjungi saat sedang liburan atau berada di Padang ialah RM Lamun Ombak Khatib Sulaiman. Rumah makan ini bahkan sudah ada cabangnya di kota Malang dan Jakarta. Restoran yang buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 10 malam ini selalu ramai dikunjungi orang.

Di restoran ini, Anda bisa mencoba berbagai masakan khas Padang, seperti ayam pop, ikan asam padeh, gulai otak, hingga rendang. Tak perlu khawatir soal kantong, harga makanan di resto ini cukup terjangkau, mulai dari 6 ribu hingga 80 ribu. Lokasinya yang strategis dan dekat dengan bandara membuat restoran ini semakin digandrungi pengunjung.

Lokasi: Jl. Khatib Sulaiman No.99, Ulak Karang Selatan, Kec. Padang Utara, Kota Padang.

5. Rumah Makan Rizky Fajar

Rumah Makan Rizky Fajar

Image Credit: Idntimes.com

Terkenal dengan makanan yang super lezat dan enak, Rumah Makan Rizky Fajar sangat patut Anda kunjungi saat berada di Kota Padang. Pasalnya, hidangan yang disajikan sangat enak dan bumbunya begitu berasa serta meresap. Tak hanya itu, tersedia berbagai makanan di resto ini, mulai dari makanan khas Padang, hingga lalapan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Bukittinggi yang Paling Enak

Jika mengunjungi resto ini, Anda wajib mencoba menu Andalannya yaitu dendeng batokok, belut cabai, ayam pop, ayam opor, hingga gulai cincang. Rumah makan yang buka setiap hari mulai dari pukul 7 pagi hingga 9 malam ini sangat cocok untuk jadi tempat makan malam, siang, bahkan sarapan pagi.

Lokasi: Jl. Cendana Tahap No.9, Koto Baru Nan XX, Kec. Lubuk Begalung, Kota Padang.

6. Kedai Nasi Pauh Piaman

Kedai Nasi Pauh Piaman

Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Jika Anda fanatik dengan masakan khas Padang, rumah makan ini patut Anda coba. Kedai ini menawarkan salah satu menu Andalan yang paling banyak dicari pengunjung, yaitu gulai ikan. Tak main-main, ikannya pun 100% diambil dari laut dan terjamin kesegarannya. Ikan yang dimasak gulai biasanya berupa ikan kakap, ikan kerapu, serta ikan kerang.

Satu porsi gulai kepala ikan dihargai sekitar 70 ribu. Hidangan gulai ikan mengandung bumbu yang khas dan lezat sehingga membuat rumah makan ini dibanjiri pengunjung. Hampir setiap hari menu gulai ikan menjadi primadona. Tak hanya gulai ikan, terdapat menu Andalan yang lain, seperti ikan pangek padeh, dendeng, ayam panas, dan masih banyak yang lain.

Lokasi: Jl. Pesisir Selatan IV No.453, Surau Gadang, Kec. Nanggalo, Kota Padang.

7. Sate Mak Syukur

Image Credit: Kulinerbangsakoe.blogspot.com

Berlibur ke Padang rasanya kurang puas jika belum mengunjungi tempat makan legendaris satu ini. Pasalnya selain hidangannya sangat enak, ternyata resto ini telah ada sejak tahun 1941 alias sudah lebih dari 75 tahun lamanya. Meski sudah ada begitu lama, resto ini masih sangat eksis. Makanan Andalannya tentu saja adalah sate.

Rasa sate yang khas ditambah dengan kuah yang begitu kental dan lezat membuat rumah makan ini tak pernah sepi pengunjung. Jangan salah, meski warungnya terlihat biasa saja dan sederhana, Anda tak akan kecewa dengan rasa satenya yang luar biasa enak. Tak hanya itu, Anda juga bisa memesan minuman unik khas warung Mak Syukur, yaitu teh telur.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.250, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

8. Soto Garuda

Soto Garuda

Image Credit: Detik.com

Soto Padang merupakan hidangan khas yang wajib Anda cicipi saat berada di Padang. Untuk mencicipi hidangan ini, kunjungilah Rumah Makan Soto Garuda. Restoran ini sudah ada sejak tahun 1976 dan hingga kini masih eksis. Soto khas Padang di restoran ini punya kualitas rasa yang tak tertandingi dan sudah teruji lebih dari 40 tahun lamanya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Padang Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kuah sotonya yang begitu segar ditambah potongan daging lezat membuat kebanyakan orang ketagihan. Anda juga bisa memesan paru goreng sebagai pelengkap makan soto Padang. Tak lupa, lengkapi santapan soto Anda dengan menambahkan kerupuk merah, bihun, serta kentang.

Lokasi: Jl. S. Parman Kelurahan No.110, Lolong Belanti, Kec. Padang Utara, Kota Padang.

9. Kedai Cisangkuy GOR

Kedai Cisangkuy GOR

Image Credit: Foodreviewpadang.wordpress.com

Jika hanya ingin nongkrong sambil menyantap beragam makanan dan hidangan yang enak serta menarik, kedai ini lah solusi yang pas untuk Anda. Kedai Cisangkuy GOR merupakan tempat nongkrong yang punya banyak hidangan enak. Tempatnya sangat asyik dan strategis ditambah beberapa menu Andalan yang bisa mengenyangkan perut Anda.

Beberapa menu Andalannya ialah roti pisang bakar dan ayam geprek dengan sambal yang super pedas alias mercon. Tak perlu risau soal harga, hidangan yang disajikan di tempat makan ini sangat bisa dijangkau oleh seluruh kalangan. Jika ingin mengunjungi, resto ini buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga setengah 11 malam.

Lokasi: Jl. Rimbo Kaluang No.21, Rimbo Kaluang, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

10. Restoran Kubang Hayuda

Restoran Kubang Hayuda

Image Credit: Detik.com

Kuliner Padang ternyata tak melulu tentang rendang dan opor. Masih ada kuliner lain yang wajib Anda coba saat berada di Padang. Tak lain dan tak bukan ialah martabak khas dan enak dari Restoran Kubang Hayuda. Menariknya, yang membuat martabak di sini sangat terkenal ialah ukuran dan porsinya yang lebih tebal dibanding martabak lain.

Tak hanya itu, pilihan rasanya pun beragam, ada yang biasa, spesial, dan super. Jika mencicipi martabak ini dijamin Anda akan ketagihan dengan rasanya yang lezat. Tak heran jika restoran ini sangat ramai dan menjadi salah satu tempat menyantap martabak yang sangat terkenal di Padang.

Lokasi: Jl. Rimbo Kaluang No.21, Rimbo Kaluang, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

Itulah 10 referensi tempat makan dan restoran di Padang yang paling enak dan wajib Anda coba. Ternyata, banyak restoran dengan cita rasa yang khas dan lezat. Beberapa di antaranya bahkan merupakan restoran legendaris yang sudah ada berpuluh-puluh tahun yang lalu.