Sumatra Selatan

10 Restoran & Tempat Makan di Pagaralam yang Paling Enak

Mengunjungi Pagaralam tidak lengkap jika belum mencicipi kuliner daerahnya. Inilah deretan restoran dan tempat makan terbaik di Pagaralam yang menarik Anda kunjungi.

Kuliner menjadi salah satu daya tarik wisatawan agar berkunjung ke daerah tidak terkecuali untuk Kota Pagaralam. Pagaralam merupakan kota yang berada pada kaki Gunung Dempo. Dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi, sehingga kota ini menjadi salah satu sub terminal agribisnis terbesar di Sumatera Selatan.

Dikenal dengan kota 1.000 air terjun, Pagaralam memberikan keindahan pemandangan alami yang menawan. Destinasi wisata yang ditemui di wilayah ini antara lain Curup Tujuh Kenangan, Curup Embun, dan lain-lain.

Destinasi kuliner di Pagaralam juga tidak kalah menggodanya dengan wisata alam yang di tawarkan kota ini. Berikut beberapa rekomendasi restoran dan tempat makan di Kota Pagaralam yang paling enak dan wajib Anda singgahi.

1. Rumah Makan Legenda

Rumah Makan Legenda

Image Credit: Google Maps (Bunda Febby)

Tempat kuliner pertama yang wajib Anda kunjungi jika datang ke kota Pagar Alam yaitu Rumah Makan Legenda. Tempat ini menawarkan masakan Nusantara yang menggugah selera dengan makanan Pagaralam yang menjadi andalan.

Mengusung konsep lesehan, tempat ini mempunyai kenyamanan tersendiri bagi Anda yang membawa anak kecil dan keluarga. Rumah makan ini sudah mempunyai banyak pelanggan tetap dari dalam dan luar daerah.

Jika Anda datang ke Pagaralam, tetapi belum mempunyai tempat penginapan maka tidak usah khawatir Rumah Makan Legenda ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Karena ada penginapan yang di sediakan pemilik pas berada di sebelah rumah makan ini.

Selain penginapan, rumah makan legenda ini menawarkan fasilitas karaoke yang berada di lantai 2. Serta pada hari-hari tertentu seperti Sabtu malam terdapat live music yang memanjakan pengunjung.

Lokasi: Jl. Dempo Raya, Nendagung, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

2. Resto 88

Image Credit: Tribunnews.com

Tempat makan favorit di Kota Pagaralam ini sudah berdiri kurang lebih satu dekade. Awal mula resto ini berdiri hanya dengan tenda saja, kemudian pemilik mengembangkan menjadi resto ketika menu makanan yang dimiliki sudah banyak penikmatnya.

Menu yang ditawarkan oleh Resto 88 adalah olahan dari ayam kampung, bebek dan pindang patin. Masakan yang paling sering di pesan dari tempat makan ini adalah ayam kampung goreng yang menawarkan citarasa khas Pagaralam. Dalam menu resto, terdapat paket yang dapat Anda pilih dengan harga yang sangat terjangkau.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Resto 88 menjadi pilihan utama bagi pengunjung baik dari dalam atau luar Pagaralam. Karena tempat kuliner ini bersih dan sangat nyaman jika Anda membawa anak-anak. Lokasi terbagi menjadi dua yaitu tempat duduk kursi dan lesehan. Dengan memiliki tempat yang luas, dapat menjadi rekomendasi Anda untuk berkumpul bersama keluarga.

Lokasi: Ulu Rurah, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

3. Ayam Bakar MS

Ayam Bakar MS

Image Credit: Google Maps (Yuni Nyun)

Sesuai namanya, kuliner khas kota Pagaralam satu ini menawarkan olahan ayam. Menu andalan di tempat makan ini adalah ayam bakar madu dan ayam bakar MS yang selalu di pesan oleh pengunjung.

Dimasak dengan cara di bakar di atas arang membuat aroma dan rasa yang khas pada masakan ini. Ditambah dengan bumbu khas yang dimiliki oleh tempat makan ini, membuat citarasa yang sangat menggugah selera Anda.

Selain ayam bakar, disini juga menyediakan menu lain seperti ayam kampung goreng khas MS. Selain itu, ada juga berbagai masakan sayur yang menjadi pelengkap dari menu utama seperti tumis kangkung, dll.

Lokasi: Jl. Kombes H.Umar No.1015, Basemah Serasan, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

4. Lesehan Lembur Kuring Karjak

Lesehan Lembur Kuring Karjak

Image Credit: Google Maps (andry Syariza)

Selanjutnya tempat makan yang unik ini berdiri di atas sungai serta memiliki pemandangan cantik dari Gunung Dempo secara langsung. Pemandangan yang memanjakan mata ini cocok dinikmati pada sore hari.

Lesehan lembur kuring karjak menawarkan masakan olahan dari seafood yang dimasak dengan bumbu khas Pagaralam. Menu unggulan dari rumah makan ini adalah Udang karjak dan ikan bakar saus asam manisnya.

Konsep lesehan yang digunakan oleh rumah makan ini sukses membuat suasana sangat hangat dan kekeluargaan. Ditambah dengan pelayanan yang sangat ramah menjadi pengunjung betah di tempat ini.

Lokasi: Tj. Agung, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

5. Bakso Mercon Pagar Alam

Bakso Mercon Pagar Alam

Image Credit: Google Maps (Dapit Dapit)

Kuliner selanjutnya adalah kuliner yang dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia yaitu bakso. Namun, bakso yang di tawarkan oleh rumah makan ini berbeda dari bakso pada umumnya.

Jika Anda penikmat selera pedas, maka kuliner satu ini pasti cocok dan wajib untuk dicicipi. Bakso mercon yaitu bakso dengan isian cabai ini sangat menggugah selera. Ketika Anda membelah bakso ini di dalam terdapat olahan cabai yang dimasak dengan sedemikian rupa sehingga menciptakan sensasi meledak di mulut.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Rawas Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tetapi, bagi Anda yang tidak menyukai pedas jangan khawatir ada pilihan bakso lain yang dapat dinikmati dengan kuah kaldu yang sedap. Varian bakso disini juga lengkap tersedia berbagai macam bakso, gorengan, dan mie.

Lokasi: Jl. Let. A. Rahman, Tebat Giri Indah, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

6. Waroeng Tenda Chef Dadang

Waroeng Tenda Chef Dadang

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Kuliner yang menggugah selera selanjutnya ada Waroeng Tenda Chef Dadang Pagaralam. Awalnya kuliner ini hanya dijajakan dengan tenda dan menyediakan hanya menu steak dan spagetti saja. Namun, sekarang tempat makan ini sudah menawarkan tempat yang nyaman dan menyediakan beberapa menu masakan Nusantara.

Meskipun menu yang ditawarkan adalah banyak menu luar namun rasanya sudah diadaptasi dengan lidah masyarakat lokal Pagaralam, sehingga siapapun dapat menikmatinya. Varian menu yang sangat beragam sehingga dapat memanjakan pengunjung dengan masakannya.

Tempat makan ini menjadi rujukan beberapa kantor untuk melaksanakan meeting atau pertemuan di luar tempat kerja. Selain itu, terdapat live music dan tidak jarang dimanfaatkan oleh pengunjung untuk unjuk gigi.

Lokasi: Jl. Letnan A. Rahman No.5, Sidorejo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

7. Bakso Oshin 889

Bakso Oshin 889

Image Credit: Grab.com

Bakso memang sudah merakyat di kalangan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali dengan Kota Pagaralam. Bakso Oshin 889 mempunyai rasa yang sudah tidak diragukan lagi dengan berbagai varian bakso di makan bersama kuah kaldu yang nikmat. Varian bakso seperti berbagai macam bakso urat, tahu, aneka gorengan, lontong, dan mie.

Harga yang bersahabat menjadikan tempat makan yang berada di rumah pemilik ini ramai pengunjung dari semua kalangan. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap dengan adanya WIFI yang dapat di akses oleh pengunjung.

Selain bakso, disini juga menawarkan varian bakso bakar, siomay, mie ayam serta mie ramen dengan citarasa yang tak kalah nikmatnya dengan menu utama. Semua menu yang disediakan di tempat makan ini merupakan resep asli dari pemiliknya.

Lokasi: Ulu Rurah, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

8. Pagar Alam Culinary Night

Pagar Alam Culinary Night

Image Credit: Fornews.co

Tempat ini baru diresmikan pada tahun 2019 oleh pemerintah daerah. Pagar Alam Culinary Night merupakan tempat bagi beberapa penjual yang menjajakan berbagai macam jajanan dan makanan berat.

Buka dari pukul 17.00 WIB sampai tengah malam, menjadi tempat tongkrongan favorit bagi kaum muda mudi Pagaralam. Selain menyediakan berbagai penjual makanan, disini juga terdapat hiburan seperti live music pada hari libur dan malam minggu.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Lubuklinggau yang Paling Populer

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak jangan khawatir karena ada tempat khusus untuk tempat bermain anak di salah satu sudut Pagar Alam Culinary Night ini. Tempat berkumpulnya warga lokal ini merupakan lokasi yang wajib dikunjungi ketika Anda datang ke Pagaralam.

Lokasi: Sidorejo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

9. Pondok Teteh Cafe & Resto

Pondok Teteh Cafe & Resto Pagar Alam

Image Credit: Google Maps (Harry Siestanto)

Rumah makan yang mengusung tema cafe & resto ini sangat populer di kalangan anak muda di Pagaralam. Berada di tengah Kota Pagaralam menjadikan tempat yang cocok untuk sekedar bersantai atau bercengkerama dengan teman atau keluarga.

Buka setiap hari dari mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB cafe dan resto ini menawarkan berbagai masakan rumahan dengan kualitas terbaik. Dari masakan Indonesia, Japanense, Eropa dan Tionghoa dapat Anda temui disini. Masakan yang menjadi andalan Pondok Teteh ini adalah olahan seafoodnya.

Tempat yang nyaman dengan berdirinya saung-saung menjadikan lokasi yang cocok untuk berkumpul dengan keluarga. Dari saung Pondok Teteh ini, Anda dapat menikmati kota Pagaralam dari ketinggian.

Lokasi: Gg. Duku No.31, Basemah Serasan, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

10. Waroeng Ridwan

Waroeng Ridwan

Image Credit: Facebook.com (WAROENG LESEHAN RIDWAN)

Tempat makan terakhir yang dapat Anda jadikan referensi jika berkunjung ke Pagaralam adalah Waroeng Ridwan. Warung yang menyediakan masakan rumahan khas Nusantara ini memiliki penggemar terhadap setiap masakan yang dihidangkan.

Berlatar belakang Gunung Dempo, Anda dapat merasakan suasana yang nyaman dengan konsep arsitektur Jawa yang kental. Meskipun masih baru berdiri, warung ini sudah memikat hati pengunjungnya.

Menu yang ditawarkan oleh warung ini yang menjadi unggulan adalah ikan gurami bakarnya. Ikan gurami dimasak dengan di bakar di atas tungku serta diberi bumbu khas rempah Pagaralam, sudah dapat di bayangkan bukan nikmatnya.

Meskipun masakan berkulitas, namun harga di waroeng Ridwan ini sangat terjangkau, dibandrol mulai harga Rp 25.000 saja Anda sudah mendapatkan satu paket makanan. Selain ikan gurami bakar, di tempat makan ini juga sudah di sediakan aneka olehan pindang dan daging kambing, seperti dimasak tongseng atau sop.

Lokasi: Jl. R. Soeprapto, RT.05/RW.07, Karang Dapo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

Itulah beberapa tempat makan dan restoran yang akan memanjakan lidah Anda dengan masakan khas Pagaralam. Tidak hanya menawarkan makanan yang lezat dan menggoyang lidah, tempat yang bersih dan nyaman juga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan lokasi berwisata kuliner. Semoga informasi dapat bermanfaat untuk Anda.