Sumatra Selatan

10 Restoran & Tempat Makan di Palembang yang Paling Enak

Berbicara tentang Palembang, kita pasti teringat akan ikon kuliner kota dengan Sungai Musi dan Jembatan Ampera ini, yaitu pempek. Jika Anda sedang berkunjung ke Palembang, memang pempek menjadi sajian spesial yang wajib Anda coba.

Namun, bagi Anda yang tidak begitu suka dengan ikon kuliner ini, jangan khawatir. Masih banyak lokasi-lokasi kuliner yang bisa bikin kenyang dan tentu saja, lemak nian! Sebagai ibukota provinsi, Palembang memiliki ratusan tempat yang bisa menjadi rujukan Anda untuk makan. Berikut 10 tempat makan di Palembang yang paling enak menurut review pelanggannya.

1. Depot Mie Celor 26

Depot Mie Celor 26

Image Credit: Tribunnews.com

Mie celor merupakan makanan khas Palembang yang disajikan dengan menggabungkan mie tebal, kuah santan, dan kaldu udang. Jika kuah santannya saja sudah membuat sajian ini unik, proses memasak mienya pun lebih unik. Mie pada mie celor hanya diseduh dengan air panas. Sebagai toppingnya, terdapat potongan udang, telur, dan sayuran seperti tauge dan seledri. Bawang goreng pun tak lupa digunakan untuk menambah cita rasa gurih mie celor ini.

Mie Celor 26 sendiri sudah terkenal sebagai salah satu depot penjaja mie celor. Bahkan menurut review pelanggan di TripAdvisor.com, depot ini menjadi jawara dari 200 lebih restoran di Palembang. Jadi, rasa mie celor di depot ini tak perlu diragukan lagi!

Lokasi: Jl. Merdeka No.54, Talang Semut, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang.

2. Rumah Makan Pondok Kelapa

Image Credit: Rumah-makan-wong-palembang.business.site

Ketika berwisata ke Palembang, mungkin tiba-tiba Anda ingin mencicipi masakan laut. Atau, mungkin keinginan Anda sesederhana ingin menjajal masakan khas Indonesia. Maka, tidak ada salahnya jika Anda bertandang ke Rumah Makan Pondok Kelapa ini.

Rumah makan Pondok Kelapa menyajikan beragam jenis seafood, seperti cumi, kepiting, bawal, kakap, udang galah, dll. Jika Anda bukan penggemar makanan laut, jangan khawatir. Ayam goreng, burung dara goreng, tahu, telur, dan masakan yang umum kita jumpai seperti capcay atau fuyunghay, siap dipesan saat Anda berkunjung.

Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun No.184, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang.

3. Kuto Besak Theatre Restaurant

Kuto Besak Theatre Restaurant

Image Credit: Flickr.com @Duaarts-photoworks

Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah mendengar tentang Benteng Kuto Besak. Bangunan ini dulunya merupakan bangunan keraton yang menjadi pusat pemerintahan kesultanan Palembang.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Palembang yang Murah & Enak

Nah, restoran yang berlokasi dekat dengan Benteng Kuto Besak ini tidak hanya menawarkan makanan yang enak, tapi juga suasana dan interior yang luar biasa. Tempat ini banyak direkomendasikan karena rasa masakannya yang enak dan desain interior yang benar-benar indah.

Memang, bangunan restoran ini didesain dengan gaya kolonial. Sangat elegan dan cocok untuk spot berfoto. Kuto Besak Theatre Restaurant merupakan restoran tang menerapkan konsep fine dining serta menghadirkan suasana heritage masa lalu. Jadi, jangan kaget jika Anda akan menemui perabot-perabot yang terkesan jadoel banget.

Kuto Besak Theater Restaurant seringkali dijadikan tempat perkumpulan, resepsi perkawinan, dll. Untuk menu makanan sendiri, restoran ini menyediakan ragam masakan western food dan Indonesian food. Walaupun harga di restoran ini sedikit lebih mahal daripada restoran lain, namun kepuasan pelanggan dapat terjamin.

Lokasi: Jl. Sekanak No.46, 22 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

4. Martabak HAR

Martabak HAR

Image Credit: Tribunnews.com

Jika Anda berkunjung ke Palembang pada musim hujan, tidak ada salahnya untuk mencicipi Martabak HAR di hari yang dingin. Konon, martabak HAR ini dimiliki oleh seorang saudagar dari India bernama Haji Abdul Razak.

Walaupun saat ini Martabak HAR sudah tidak dikelola langsung oleh si saudagar, rasa martabak di tempat ini tidak bisa diremehkan. Yang berbeda dari martabak HAR ini adalah kuah karinya. Dengan kuah kari yang kental, digabungkan dengan irisan daging dan bumbu rempah khas India yang kuat, siapa yang bisa menolak?

Tidak hanya martabak, restoran ini ternyata juga menyediakan menu masakan lain seperti nasi minyak kari, roti canai, rendang, serta ayam goreng. Hingga saat ini, restoran Martabak HAR sudah memiliki cabang di berbagai penjuru Palembang. Sehingga, akses menuju restoran juga lebih mudah. Anda juga dapat memesan melalui ojek online.

Harga martabak di restoran ini bervariasi dari Rp 15.000,00 – Rp 37.000,00; sedangkan untuk menu lain seperti roti canai, harga juga bervariasi dari Rp 20.000.00 – Rp 42.000,00. Uniknya, di tempat ini, tidak hanya martabak telur saja yang tersedia. Martabak sayur, martabak daging, martabak ikan tuna, hingga martabak cheese mushroom juga tersedia.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No.597A, 18 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

5. Riverside Restaurant

Image Credit: Merahputih.com

Masih berada di daerah Benteng Kuto Besak, kali ini kita akan membahas Riverside Restaurant. Restoran ini berada di tepi Sungai Musi, sesuai dengan nama restoran itu sendiri. Restoran ini memang sangat dekat dengan Kuto Besak Theatre Restaurant yang disebutkan sebelumnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Dengan pemandangan Jembatan Ampera dan Sungai Musi, restoran ini menyajikan ragam masakan seafood. Lokasinya yang strategis membuat restoran ini mudah dijangkau. Area yang luas dan juga adanya live music semakin membuat asyik waktu makan Anda.

Waktu yang disarankan bagi pengunjung adalah malam hari, karena pemandangan Jembatan Ampera dan Sungai Musi semakin bagus pada malam hari sangat indah diiringi gemerlap lampu yang warna-warni.

Riverside restaurant juga merupakan tempat yang pas untuk makan beramai-ramai, misalnya saja untuk buka puasa bersama, reuni, atau pertemuan keluarga. Menu yang beragam mulai dari seafood, sayuran, hingga minuman yang lezat dijamin membuat Anda ingin terus kembali ke restoran ini.

Lokasi: Jl. Rumah Bari, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

6. Warung Es Mamat (Es Kacang Merah)

Warung Es Mamat (Es Kacang Merah)

Image Credit: Wisatakulinerpalembang.wordpress.com

Tak seimbang rasanya jika kita membicarakan hal-hal kuliner namun melewatkan sesuatu yang menyegarkan seperti es. Di Palembang, es kacang merah adalah salah satu menu kebanggaan khas Palembang. Salah satu tempat yang menjual es kacang merah ini adalah Warung Es Mamat.

Kendati namanya hanya ‘warung’ dan penjualnya hanya menggunakan gerobak untuk berjualan, jangan salah, yang antri bahkan berasal dari kalangan pejabat. Es yang sederhana dan hanya dibuat dengan menggunakan empat bahan ini melegenda karena sudah dijual sejak tahun 1984.

Kombinasi kacang merah, susu, sirop, dan tentunya parutan es memang mantap untuk menghilangkan dahaga. Jadi, kapan nih Anda mau mampir ke warung ini?

Lokasi: Jl. Kebun Manggis, Kepandean Baru, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

7. RM Sarinande Tempo Doeloe

RM Sarinande Tempo Doeloe

Image Credit: Palembang.tribunnews.com

RM Sarinande merupakan salah satu restoran legendaris yang berada di kota Palembang. Dikenal karena pindang Palembangnya yang juara, restoran ini menyediakan berbagai macam menu pindang, seperti pindang patin, pindang ikan gabus, ikan baung, iga, dll.

Selain pilihan menu lauk yang beraneka ragam, di restoran ini Anda bisa memilih untuk makan nasi putih biasa atau nasi minyak yang mirip seperti nasi biryani. Selain pindang ikan, ayam dan daging yang dimasak dengan olahan khas Palembang tidak kalah menggugah selera. Hmm, lemak nian!

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Palembang yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Mayor Ruslan No.966, 20 Ilir D. I, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

8. Wisata Kuliner Tepian Sungai Musi

Wisata Kuliner Tepian Sungai Musi

Image Credit: Palembang.tribunnews.com

Akan kurang greget rasanya jika Anda ke Palembang, namun melewatkan momen makan di atas perahu yang dialihfungsikan jadi rumah makan di Sungai Musi. Salah satu di antara rumah makan perahu ini adalah Rumah Makan Terapung Mbok Sri. Di rumah makan ini, Anda dapat merasakan sensasi makan di atas perahu yang bergoyang.

Di Rumah Makan Terapung Mbok Sri, harga pindang ikan sebagai menu utama bisa dipesan dengan rentang harga Rp20.000,00-Rp30.000,00. Bahkan itu sudah mencakup nasi, lalapan, dan sambalnya. Cukup terjangkau, bukan?

Lokasi: Jl. Ps. 16 Ilir No.23, 16 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

9. Pagi Sore

Pagi Sore

Image Credit: Boombastis.com

Menggabungkan atmosfer restoran yang nyaman dan resep khas Minang, Pagi Sore menjadi sasaran para pemburu masakan Padang yang ada di Palembang. Mungkin Anda juga bingung, mengapa harus makan masakan Padang di Palembang?

Dari rendang hingga gulai kepala kakap, dari ayam pop hingga dendeng, Pagi Sore memang menyajikan masakan Padang yang berkualitas. Restoran ini juga sering disebut sebagai restoran Padang legendaris di Palembang, terbukti dengan selalu penuhnya restoran ini saat jam makan siang.

Walaupun dominan menyajikan masakan Padang, Pagi Sore rupanya juga menyediakan lauk lain seperti ikan, ayam, dan bahkan seafood.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.3008, 20 Ilir D. III, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

10. RM Sri Melayu

Image Credit: Zonatau.com

Restoran yang menyajikan menu pindang dan masakan lain seperti aneka sayur dan salad ini terkenal dengan keasrian lingkungan restorannya. Anda bisa melihat ikan-ikan yang berenang di bawah saung atau gazebo. Selain itu, di sini Anda bisa makan dengan duduk lesehan atau duduk di kursi.

Dengan penataan yang baik dan pelayanan yang ramah, tentu banyak orang yang tak ragu untuk merasakan kelezatan menu masakan rumah makan ini.

Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang.

Itulah 10 rekomendasi restoran & tempat makan di Palembang yang wajib Anda singgahi. Dengan kekayaan kulinernya, Palembang selalu siap untuk memanjakan lidah kita di kala berkunjung ke kota ini. Oleh karena itu, pastikan kunjungan ke restoran-restoran tersebut ada dalam itinerary perjalanan Anda selama di Palembang.